Mengolah Limbah Menjadi Karya yang Mendunia

sumber : www.kraviti.com
                                        
Aktivitas masyarakat saat ini semakin bertambah diikuti dengan tingkat konsumsi yang semakin meningkat. Akibatnya limbah yang dihasilkan pun semakin bertambah. Untuk limbah yang sulit terurai, dapat membuat sampah semakin menumpuk. Demi menghindari hal terebut, banyak kegiatan yang menggalakkan ketrampilan untuk mendaur ulang limbah yang sulit terurai. Salah satunya kain perca. Kain perca atau potongan kain ini kerap kali disisihkan, dianggap sebagai barang yang tidak berguna. Barang ini seringkali akhirnya dibakar sehingga mengakibatkan polusi udara dan pencemaran lingkungan.
Di tangan Titin Agustina, limbah kain perca bisa ini diolah menjadi kerajinan yang sangat apik. Kraviti yang didirikannya pada tahun 2009, membuat kain perca menjadi rangkaian kain atau dikenal dengan kerajinan patchwork dan quilting. Dikerjakan oleh tangan-tangan terampil hasil binaannya, memanfaatkan kain perca batik menjadi home textile.  Produk yang dihasilkan dari kain perca batik itu merupakan beragam corak untuk Bed cover, Table cloth & Runner dan berbagai macam aksesoris.
Barangkali banyak orang yang tidak menyangka, jika produk Kraviti yang sudah menjangkau konsumen di negeri Belanda ini, merupakan hasil ketrampilan para wanita lapas di Bandung. Kraviti memberikan pengharapan bagi para penghuni lapas tersebut agar dapat lebih percaya diri ketika kembali ke tengah masyarakat. Kraviti memberikan keterampilan mengolah kain perca batik kepada para penghuni lapas, kemudian selanjutnya turut membantu di dalam memasarkan hasil kerajinan mereka. Agar mereka memiliki harapan dapat mempunyai penghasilan tetap setelah keluar dari lapas.
Untuk membantu memasarkan produk dari kain perca ini, Kraviti selalu mengikuti pameran-pameran kerajinan. Saat ini produk Kraviti dapat ditemukan di SMESCO UKM Jakarta dan Pendopo Alam Sutera BSD. Pemasaran produk Kraviti juga ditunjang oleh partner Kraviti , seperti Galeri Batik Tasik Deden dan Batik Komar. Melalui semua itu, diharapkan produk Kraviti dapat menjangkau ke seluruh pelosok negeri. Anda tertarik turut serta memasarkan produk mereka? Anda dapat menghubungi mereka di situs  www.kraviti.com.  
Dengan turut serta menyebarkan produk Kraviti, semoga dapat membantu mewujudkan harapan para penghuni lapas agar lebih percaya diri dan bisa diterima kembali di tengah masyarakat. Sehingga dihindari timbulnya ketakutan, masuk ke lembaga pemasyarakatan kembali karena tidak memiliki pekerjaan tetap yang menghasilkan.
                                    sumber : www.kraviti.com

3 comments:

  1. mudah-mudahan saya bisa ngikutin jejak juga, berhasil dengan handmade saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah-mudahn handmade teh Dina bisa mendunia juga, btw produknya apa Teh? Di share atuuh..xi xi xi

      Delete
  2. Sampah plastik kian berterbaran dimana-mana, sebaiknya Anda muali menjadi salah satu yang memulai menggunakan produk ramah lingkungan. Contohnya, mulai dengan menggunakan Kemasan makanan yang terbuat dari kertas.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}