Memilih Bisnis Yang Tepat : Bule asal Italia Penjual Gorengan

Bule penjual gorengan (sumber : metrotv)
Melihat berita tadi pagi di salah satu stasiun tv, membuat saya sejenak berfikir. Ditayangkan ada seorang bule atau warga negara asing asal Italia yang mempunyai bisnis bidang kuliner, berjualan gorengan di pinggir jalan Kota Surabaya. Bukankah biasanya warga negara asing menetap di Indonesia untuk bekerja di sebuah perusahaan? Ternyata Fabrizio Urso memang pernah bekerja sebagai manager sebuah rumah makan Italia. Dan kini beralih membuka usaha sendiri masih di bidang yang sama yaitu kuliner.
Gorengan yang dijual Fabrizio antara lain pastel, tahu isi dan pisang goreng dan lain-lain. Di buat dengan bumbu khas Indonesia. Harga gorengannya terbilang cukup murah, sekitar Rp. 1000 - Rp. 3000. Dan laba yang diperolehnya antara Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000 per hari. Cukup lumayan bukan?
Meskipun berjualan di pinggir jalan, pria Italia ini terlihat sangat menikmati bisnisnya. Latar belakang pengalamannya sebagai manager sebuah rumah makan membuat dia begitu memahami karakteristik bisnisnya. Dapat dikatakan, dia memilih bisnis yang tepat bagi dirinya.
Hal ini dapat dijadikan acuan bagi kita yang akan memulai suatu bisnis. Pemilihan bisnis yang tepat dan sesuai dengan passion akan mempercepat pertumbuhan bisnis yang dijalankan. Ya, bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion akan memberikan kenikmatan bagi yang menjalaninya. Tidak akan mudah putus asa, ketika mengalami kegagalan. Bahkan akan selalu bangkit dan belajar dari kegagalan.
So..mau memiliki bisnis sendiri? Pilihlah yang tepat. Karena menurut Haryo Suryosumarto, pendiri PT Head Hunter Indonesia, memilih bisnis yang tepat sangat penting. Kenali potensi yang ada di dalam diri kita masing-masing. Lalu kenali karakter serta kecenderungan bidang bisnis yang akan kita jalankan. Yang lebih mudah bisa kita lihat adalah, apa saja yang bisa membuat kita betah dan menikmati proses menjalankan suatu bisnis. Sudah mencoba mengenali? 
Tapi ingat, tidak semua hobi atau kegemaran yang dimiliki dapat menjadi lahan bisnis kita. Mulailah mencoba, jangan hanya mengenali tapi tidak pernah mencobanya. Agar diketahui bisnis mana yang betul-betul paling pas. Hindari mengikuti bisnis yang dilakukan oleh orang lain. Karena belum tentu cocok dengan kita. Hindarkan membuka bisnis karena sekedar ikut tren. Nah ....selamat mencoba!

6 comments:

  1. Walah Bulenya yang bos. Tapi sing masak kaum kita yo mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut berita yang tadi saya liat, usaha ini merupakan usaha keluarga mbak. Istrinya asli orang Indonesia.

      Delete
  2. Bule aja gak gengsi yaa.. patut ditiru..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, keliatan enjoy aja walaupun jualan di pinggir jalan :)

      Delete
  3. Wah, inspiratif sekali nggih mbak... jual gorengan saja, untungnya sampai setengah juta per hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas...gorengan yang kadang dianggap kurang berkelas malah banyak diminati :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}