Cara Mendapatkan Uang Melalui Bisnis Online

Illustrasi sumber dari google


Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015, pemerintah diminta oleh Bank Indonesia untuk mempercepat berbagai upaya yang menunjang peningkatan perekonomian di negara kita. Banyak faktor yang dapat meningkatkan laju perekonomian sehingga menjadi negara yang kuat secara financial. Salah satunya, dibutuhkan para pebisnis yang handal dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu dan lapangan pekerjaan formal yang sulit didapatkan.
Kebebasan financial kerap kali dijadikan alasan yang paling digembor-gemborkan oleh pelaku bisnis. Suatu kebebasan yang dimana semua keinginan dan kebutuhan bisa tercukupi. Selain itu, kebebasan waktu yang bisa dinikmati menjadi hal paling dipertimbangkan. Beberapa alasan inilah yang belakangan membuat jumlah pebisnis semakin meningkat.
Hingga memacu munculnya berbagai macam jenis  bisnis yang dinilai memberikan keuntungan. Seperti bisnis kuliner, bisnis pakaian, sewa alat pesta, jasa penitipan anak, bisnis tutorial bagi siswa dan lain-lain. Dari sekian banyaknya ragam bisnis yang ada, berbisnis secara online dinilai menjadi bisnis yang memiliki banyak peminat dan difavoritkan.
Mengapa bisnis online menjadi salah satu bisnis yang difavoritkan? Selain didukung dengan kemudahan teknologi, bisnis ini bagi pemula tidak memerlukan  biaya yang besar. Dari segi waktu, tidak begitu banyak menyita. Bisnis ini juga tidak rumit dan tidak perlu makan tempat. Tersedianya fitur yang menunjang, menjadikan bisnis ini terasa lebih cepat dan meringankan. Mulai dari pembayaran online, sistem pemesanan dan pengiriman barang ke pembeli serta showroom secara online.
Pelaku bisnis online pun  kini mulai merambah dan dijalankan berbagai kalangan. Terutama ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan lebih memilih mendampingi buah hatinya di rumah. Tidak hanya oleh ibu rumah tangga, pegawai yang menginginkan penghasilan tambahan pun banyak yang menjalankan bisnis ini. Bahkan ada seorang gadis yang masih berstatus sebagai pelajar di sekolah menengah pertama sudah menekuni bisnis ini dan memiliki penghasilan cukup lumayan. Berjualan pakaian secara online kepada teman-temannya melalui media social facebook, BBM, twiter dan lain sebagainya.
Yang perlu diperhatikan di dalam mengelola bisnis online yaitu : pertama, agar memilih nama yang menarik dan menggambarkan jenis bisnis secara jelas. Sehingga konsumen bisa lebih mengerti mengenai produk yang dijual. Dalam memilih produk yang akan dipasarkan pun harus lebih teliti. Hindari produk yang menyulitkan dalam proses pengiriman, contohnya produk yang berbentuk cair. Karena biasanya ongkos pengiriman lebih mahal dan terkadang dianggap barang yang berbahaya.
Kedua, pahamilah karakter komunitas online yang akan dijalani.  Banyak pebisnis online yang ujung-ujungnya diblokir karena dianggap mengganggu pihak lain. Seperti menaruh link promosi atau beriklan di halaman kontak semua teman yang akhirnya dapat dianggap spam oleh penerima. Demi menghindari hal itu, ada baiknya pelaku bisnis online lebih aktif membagikan tips-tips penggunaan produk yang dijual kepada pangsa pasar dibandingkan memberi iklan secara terus menerus.
Ketiga, berikan informasi mengenai sistem penjualan kepada pengguna langsung atau membuka peluang bagi yang menginginkan menjadi reseller. Kemudian buat dokumentasi dan informasikan testimony dari pelanggan kita untuk menarik pelanggan baru. Ini terlihat lebih halus untuk menarik pelanggan.
Keempat, mendongkrak keberhasilan bisnis online yang dijalani tidak terlepas dari pihak-pihak di sekitar kita. Kerjasama dengan mereka memang perlu dilakukan. Seperti pihak yang melakukan pengiriman barang atau bank yang kita perlukan jasanya untuk mentrasnfer uang. Kelima, profesionalisme di dalam melakukan bisnis apapun patut kita junjung. Menjelaskan produk yang kita jual secara jelas dan terperinci tanpa ada sedikitpun yang ditutupi. Menjawab dengan sesegera mungkin jika ada konsumen yang ingin mengetahui keadaan produk yang kita jual.
Apapun jenis bisnisnya, pelaku harus tetap bisa menjaga semangat dalam menjalankannya. Jangan takut gagal, teruslah berinovasi dan lakukan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.



12 comments:

  1. Setuju dengan " jangan takut gagal dan selalu terus berinovasi"

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya mbak, untuk 5 tips berjualan online-nya. memang benar, nama sangat berpengaruh. Juga... ketika berjualan, jangan hanya ngiklan saja. tapi berikan manfaat, ilmu dan keterangan produk secara cerdas agar tidak dikomplain teman-teman. Juga 3 tips lainnya. Super!

    Jabat erat dari Jepara,
    Susindra

    ReplyDelete
  3. Iys mak, kadang sering jengkel kalo kronologi kita byk iklan dari orang jualan online.. Saya juga pengen punya bisnis online * masih mikir

    ReplyDelete
  4. Iya mak, kadang sering jengkel kalo wall kita banyak ditag orang jualan.. Saya juga pengen punya toko online mak.. *masih mikir

    ReplyDelete
  5. Bisnis online memang menggiurkan.. tks y artikelnya informatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menggiurkan dan mudah ya teh...ths udah mampir :)

      Delete
  6. iya mbak. iklan nyepam di wall facebook tuh kdg bikin gimanaaa gitu.

    ReplyDelete
  7. kejujuran adalah salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis online selain kesigapan respon terhadap permintaan customer.

    ReplyDelete
  8. Kejujuran memang harus selalu diutamakan dalam hal apapun bukan?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}