Apa Sih, Asyiknya Nulis di Blog?

Apa sih, asyiknya Nulis di Blog? Beberapa hari yang lalu, saya sempat menulis status di beranda FB tentang keikutsertaan saya dalam sebuah lomba blog. Ternyata status saya itu, membuat beberapa teman penasaran. Iya, mereka penasaran, kenapa sih, saya senang sekali menulis di blog?
Apa Sih, Asyiknya Nulis di Blog?
Sebenarnya setiap orang memiliki alasannya sendiri, mengapa lebih senang menulis di blog. Okelah teman-teman, berikut ini asyiknya nulis di blog versi saya ya...

Manfaat Nulis di Blog

1. Asyik Berekspresi

Siapa yang pernah berkhayal sewaktu kecil, menjadi seorang putri yang kemudian bertemu dengan pangeran yang sangat menawan hati? Atau khayalan lain menjadi seorang astronot yang bisa pergi ke bulan? Teman-teman pernah punya khayalan seperti itu, nggak? He he he...

Beranjak dewasa, jenis khayalannya pun biasanya akan semakin berkembang dan lebih berwarna. Contohnya saja ketika seorang teman curhat kepada saya, dari semua ceritanya pun bisa menjadi khayalan tersendiri. Membayangkan, bagaimana jika ada kejadian lain yang akan terjadi selanjutnya. 

Misalnya, ketika ada seorang teman yang baru putus karena pacarnya ketahuan selingkuh. Saya membayangkan, setidaknya ada 3 situasi yang bisa saja terjadi.

Pertama, ternyata cowoknya selingkuh dengan cewek yang tidak baik. Setelah sadar, si cowok minta balikan.
Kedua, merasa tertipu dengan selingkuhan, ingin memperbaiki hubungan lagi, tapi ternyata si ceweknya udah punya pacar lagi.
Ketiga, cowok yang selingkuh, nggak tau, ternyata dia juga diselingkuhi oleh ceweknya.

See ..., tiga kemungkinan itu, asyiknya dibuat cerita pendek (cerpen), kan? Nah, tempat yang paling enak untuk nulis ide itu, di mana? Ya, di blog. Saya tuliskan apa yang ada di dalam khayalan. Dari curhatan teman, bisa jadi 3 ide tulisan yang bisa dicurahkan dalam blog.

Nah, setelah menjadi sebuah tulisan, saya bisa mempostingnya untuk khalayak umum, atau cukup menyimpannya saja di draft, sebagai dokumen pribadi. Bagi saya, yang penting, semuanya sudah terekspresikan. Tidak hanya sebatas khayalan yang disimpan di kepala saja. :)

2. Tempat Curhat/Melepas Stress

Dengan menulis, kita bisa melepaskan stress atau segala hal yang mengganjal di hati. Dengan menulis, kita bisa mencurahkan apa yang dirasakan dan apa ada di dalam pikiran kita dalam bentuk tulisan.

Mungkin bagi beberapa orang, menulis itu susah. Sehingga  mereka enggan melakukannya. Padahal yang dimaksud menulis itu, tidak harus berupa deretan kata yang berlembar-lembar. Membuat status di media sosial juga bisa dikatakan menulis. Meskipun hanya beberapa baris kalimat saja. Sesederhana itu! Jadi bagaimana, menulis itu sulit atau tidak?

Ahli linguistik, Dr. Stephen D. Krasher pernah mengatakan dalam bukunya "The Power of Reading" jika menulis dapat membantu kita memecahkan masalah yang sedang membelenggu pikiran kita. Karena dengan menulis, semua hal yang selama ini terpendam bisa diekspresikan dalam bentuk tulisan.

Nah, dari pada harus selalu memendam rasa, lebih baik kita curahkan saja semua unek-unek, dalam sebuah tulisan. Perasaan pun bisa jadi lebih lega, karena sudah mengeluarkan segala yang dirasakan.

Asyiknya Nulis di Blog

3. Sarana Belajar Menulis

Untuk bisa menulis dengan baik sesuai ejaan dan tata bahasa yang sempurna, diperlukan latihan, latihan dan latihan. Menulis di blog sebenarnya tidak ada aturan khusus. Karena blog yang punya kita sendiri, jadi terserah masing-masing, untuk diisi dengan tulisan apapun.

Kadang nggak ada aturan baku. Berapa jumlah kata, berapa banyak kalimat dalam satu paragraf dan aturan lainnya. Bahkan, sebagai sarana mengeluarkan segala unek-unek, terkadang tulisan yang tercipta, tidak memiliki alur atau kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak berhubungan.

Well, sah-sah aja, sih! Bukankah blog ini kita yang punya? 
Etapi... kita juga harus bisa menghargai pembaca blog kita, dong! Gimana perasaannya, jika menemukan tulisan yang nggak ada alur dan kalimatnya nggak nyambung? Kasihan, kan! Bisa aja, blog kita langsung di tutup atau yang lebih parahnya lagi, dia malah tebengong-bengong, nggak ngerti dengan isi tulisan kita ... hi hi hi. 
Jangan sampai seperti itu, deh!

Jadi, sebaiknya diusahakan untuk selalu memperbaiki isi tulisan kita. Belajar membuat tulisan yang menarik dan bisa bermanfaat bagi pembaca. Dan untuk menjadi tulisan yang berkualitas, tentu saja perlu latihan yang keras. Nah, menulis di blog dengan konsisiten, bisa juga, loh, memperbaiki kualitas tulisan.

4. Membuat Tulisan Yang Bermanfaat

Salah satu alasan asyiknya nulis di blog menurut saya, kita akan selalu dikenang. Iya, dikenang dengan tulisan kita. Tulisan yang bermanfaat dan berkesan, pastilah akan dikenang. 

Menulis di blog, bisa digunakan sebagai tempat untuk membuat tulisan yang bermanfaat. Kita semua berharap menjadi individu yang bisa bermanfaat untuk orang lain, bukan? Dengan menuliskan sesuatu yang dicari oleh pembaca, setidaknya blog kita bisa berguna untuk orang lain.
Terlebih jika kita mengingat, ketika jiwa ini tidak dikandung badan, hanya tiga hal yang terus mengalir. Yaitu, doa anak sholeh, sedekah yang kita keluarkan dan ilmu yang bermanfaat.

Maka... jika tulisan kita bermanfaat, InsyaAllah, ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia ini, amalannya akan terus mengalir. Aamiin...aamiin...aamiin Yaa Rabbal'alamiin.
 
Nulis di Blog Menebar Manfaat

5. Menambah Pengetahuan

Untuk membuat sebuah tulisan, kita perlu banyak membaca. Dengan banyak membaca, diharapkan bisa bermunculan ide untuk ditulis. Dengan banyak membaca, juga bisa membuat pengetahuan kita bertambah. Pengetahuan tentang cara menulis maupun menambah materi sebuah tulisan.

Salah satu cara untuk menambah pengetahuan selain banyak membaca buku, yaitu dengan melakukan blogwalking. Apa sih, blogwalking itu? Blogwalking (BW) adalah kegiatan mengunjungi yang dilakukan oleh penulis sebuah blog kepada blog lainnya.

Di saat mengunjungi sebuah blog, kita akan mendapatkan berbagai informasi. Setiap blog memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang senang membahas soal kesehatan, bercerita tentang aktivitas anak-anaknya, berbagi pengalaman ketika mengunjungi sebuah tempat wisata yang indah dan cerita asyik lainnya.

Dengan begitu, pengetahuan kita akan semakin bertambah, bukan? Begitu beragam pengetahuan yang bisa didapatkan. So, selain menulis, membaca blog teman juga sangat bermanfaat. Jadi, setuju dong, kalo nulis di blog itu kegiatan yang mengasyikkan? Iya-in aja, ya... *kedip-kedip mata

6. Menambah Pertemanan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kegiatan blogging tidak saja menulis di blog. Untuk menambah wawasan, diperlukan juga membaca blog yang lain. Bersilaturahmi ke rumah maya milik teman sekaligus menjalin pertemanan di sana.

Menambah Silaturahmi Berkat Ngeblog
Bersama dengan Blogger Bandung (Gambar milik Sun Life Indonesia)
 
Akhir-akhir ini banyak kegiatan atau liputan berbagai brand yang melibatkan para blogger. Hal ini tentu saja bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Bertemu secara tatap muka dengan teman yang sebelumnya hanya di kenal di dunia maya. Dapat ngobrol banya secara langsung.
Nah, satu lagi yang dapat diambil manfaatnya dari blogging, bukan? Menulis di blog itu dapat menambah pertemanan. Asyik, bukan?

Baca juga : Jawilin Blogger Untuk Menjalin Silaturahmi

7. Menghasilkan

Yup, nulis di blog bisa juga bisa menghasilkan. Memiliki penghasilan tambahan, bagi saya bonus yang bisa didapatkan, saat menekuni dunia blogging. Banyak kesempatan terbuka lebar untuk memiliki penghasilan dari kegiatan menulis di blog. 
Contohnya saja, kita bisa mendapatkan penghasilan dari job review (JR), Content Placement (CP), adsense atau mendapatkan berbagai hadiah ketika mengikuti  perlombaan.

Well, ternyata tinggal di rumah dengan menggunakan daster/baju rumahan saja, tetap masih bisa menghasilkan, bukan? Menjalin kerja sama dengan berbagai brand tertentu, dalam jangka waktu tertentu, dapat dikatakan sebagai jalannya rejeki ngeblog. 
Bonus dari menulis di blog ini, bisa saya nikmati secara rutin hingga saat kini. 

Baca juga : Hobi Yang Dibayar Itu, Pekerjaan Yang Asyik!
                  Tips Menulis Review Sebuah Produk

Nah, teman-teman, itulah beberapa alasan saya ketika ditanya mengenai asyiknya nulis di blog. Ini, sih hanya menurut saya aja, ya...

Kalau menurut teman-teman bagaimana? Ngeblog itu, asyik juga, kan? 


Catatan : Tulisan ini dibuat sebagai tanggapan dari tulisan Mak Handayani Abd. Widiatmoko yang berjudul Berbagi Kebaikan Melalui Blog
 
 Salam takzim

Post a Comment

34 Comments

  1. Emang ya ngblog itu seru dari hobi bisa jadi profesi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profesi yang menyenangkan ya, Mbak Naqi, hobi yang dibayar :)

      Delete
  2. yups setuju banget ngeblog selain melatih untuk menulis juga menambah pertemanan, aku ngalamin ini banget mbak

    ReplyDelete
  3. Ngeblog jaman sekarang sudah jadi pekerjaan :)

    ReplyDelete
  4. Asyik dapat duit #eeehhh
    Tapi emang bener sih banyak hal kudapat selama ngeblog, ga cuma duit aja, tp teman, pengalaman dll :D

    ReplyDelete
  5. point menghasilkan adalah nomer kesekiaaaaaann karena buat saya berbagi itu point utama point kedua adalah karena saya memang suka menulis :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting nulis ya Mbak. Memang menulis itu mengasyikkan ya...

      Delete
  6. Asyik banget, bisa ilangin stres. Dan yg pasti dapat kenal banyak teman2 baru seantero jagad dengamn ngeblog

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mbak dengan point-pointnya. Memang banyak hal yang membuat kita asik untuk ngeblog.

    ReplyDelete
  8. Ngeblog buatku jadi self-healing. padahal sehari-hari pekerjaanku editor, entah kenapa mencari pelarian dari kejenuhannya justru nulis lagi nulis lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, ternyata editor pun pelarian dari kejenuhannya dengan menulis ya... kirain udah bosen Mbak he he he

      Delete
  9. setuju smuaaaa, makanya hati aku nih tertaut bgd *aseg* dg yg namanya dunia blogging, :)

    ReplyDelete
  10. Perihal yang insyaAllah menjadi ladang amal. Jika menggunakan TLD lalu sepeninggal kita ternyata tidak ada yang meneruskan pembayaran domain, otomatis linknya menjadi mati meskipun bila kita masih menumpang hosting di google, tulisannya akan tetap ada. Menurut Mak Nurul bagaimana? Apakah tetap menjadi tulisan yang bermanfaat? duh pertanyaanku kok belibet ya.. ~_~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, yang sempat jadi bahan perbincangan. Gimana nasib tulisan kita kalau TLD berhenti? Tapi tulisannya masih tetep ada, meskipun numpang di google kan? Berarti masih ada kesempatan, ada yang membaca blog kita. Eh, bener, nggak, sih?

      Delete
  11. teman saya malah menjadikannya sebagai therapy loh utk menulis ini. Kami brg2 nulis dari awal2 tahun 2000-an. Dan dia masih konsisten nulis utk dirinya sendiri... Saya yg udah mau menjadikan sbg penghasilan aja kdg suka hiatus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, menulis juga bisa dijadikan therapy. Menulis itu asyik ya...he he he

      Delete
  12. Aku suka menambah pertemanan dari blog, karena pertemanan itu mahal harganya, bisa nambah rejeki juga lewat situ hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan Nita, pertemanan itu mahal harganya. Selain menambah rejeki juga sebagai salah satu untuk menambah pahala :)

      Delete
  13. Setuju banget, Mbak.
    Semua alasan itu iya banget. Terus juga sarana berbagi info pastinya. Saya awalnya nulis buat suka2 hati, trus lama-lama suka googling nyari info A trus baca blog orang. Jadi mikir: aku mau nulis juga ah, kalo lagi pergi ke suatu tempat atau ngapain aja yang kira2 bakal diperluin orang infonya.

    Alhamdulillah memang jadi berkah :)
    Semangat menulis! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ada satu lagi ya...bisa berbagi informasi. Saya juga banyak dapat informasi setelah baca blognya teman-teman. Asyik, ya...

      Delete
  14. Dengan blog kita bisa menyebarkan berita baik dan membarikan banyak hal positif ke semua orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Don, banyak hal positif yang bisa kta sebarkan. Apalagi Mas Dodon yang sering travelling, pasti banyak yang mengambil manfaat dari blognya. :)

      Delete
  15. menulis di blog memang beda ya mba Nurul rasanya dibanding menulis status. Kalau saya sih kok ya sayang ide banyak cuma ditulis di status. hehee..
    dan memang ngeblog itu banyak sekali manfaatnya. salah satunya bisa kenal dengan Mba Nurulll.. Yeyyy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul...lebih asyik nulis di blog ya...:)
      Iyaaa...senang bisa kenal dengan Mbak Ira... yipiii...!

      Delete
  16. Nah yang terakhir tu pas banget ..menghasilkan :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^