Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan

Gedung Jam Matahari (sumber disini)
Catatan kali ini saya akan coba merangkai perjalanan ketika mendampingi anak untuk mengikuti study tour SDIT Alamy ke Kota Baru Parahyangan. Seperti study tour sebelumnya, anak-anak menyambut kegiatan ini dengan begitu antusias. Mereka sudah membayangkan akan melalui semua kegiatan yang baru bersama teman-temannya.Sesampainya rombongan di Kota Baru Parahyangan, anak-anak tidak langsung menuju Gedung Iptek.
Berbaris untuk mengikuti kegiatan outbond
 Mereka diajak mengikuti kegiatan outbond yang melibatkan semua peserta study tour. Bekerja sama dengan kompak melakukan team building
Arena outbond
Selain kegiatan outbond, peserta juga diperkenalkan tentang Ilmu  Fisika, Ilmu Kimia serta Lingkungan Hidup. Ilmu ini diberikan dengan cara melakukan praktek langsung. Sehingga anak mempelajari semua ilmu itu, dengan senang. Mereka bermain sambil belajar.
Memperkenalkan Ilmu Pengetahuan dengan praktek






Setelah puas bermain air dan beberapa permainan yang menguras tenaga, anak-anak lalu diajak menonton Theather 4 Dimensi yang masih berada di lingkungan Kota Baru Parahyangan. Ketika kegiatan yang bertujuan melepas lelah ini usai dijalani, anak-anak menuju Gedung Puspa Iptek. Bangunan ini adalah Gedung Jam Matahari yang mengandalkan bayangan matahari. Dan ternyata merupakan Gedung Jam Matahari terbesar di Asia Pasifik. 
Begitu memasuki gedung yang didominasi warna kuning ini, pengunjung dapat melihat alat peraga yang banyak menggunakan ilmu pengetahuan.
Mengendarai sepeda di atas seutas tali
 Alat peraga berbentuk sepeda yang dijalankan di atas seutas tali begitu banyak menarik perhatian anak-anak. Sebagian  dari mereka takut menaiki sepeda ini. Padahal dengan beban yang berada di bawahnya, sepeda ini tidak akan jatuh terbalik ke bawah. Ilmu keseimbangan dipraktekkan di alat peraga ini. 
Wadah berisi air yang menggambarkan pusaran tornado
Patung wajah yang dapat berubah bentuk jika dilihat dari jarak yang berbeda
Bola yang digulirkan secara bersaman melalui jalan yang berbeda bentuknya
Loh, badan ade kemana ya..? he..he
 Gambar diatas hanya sebagian kecil alat peraga yang ada di dalam Gedung Iptek ini. Masih banyak alat peraga yang dapat dilihat dan dipelajari oleh para pengunjung yang mendatangi tempat ini. Kota Baru Parahyangan berada di Kota Cimahi dan merupakan tempat yang dapat dengan mudah dicapai. Tempat ini terletak dekat dengan gerbang tol Padalarang. Di tempat ini, semua pengunjung dapat mengamati dan belajar.  Selamat berkunjung!

12 comments:

  1. Wahana edukasi baru ya Mbak? Sangat bermanfaat untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama mbak...:) memang sangat bermanfaat bagi anak-anak

      Delete
  2. Duh senengnya bisa belajar sambil bermain.. Anak jadi gampang nangkep ilmu pengetahuan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak...anak merasakan sedang bermain saja, padahal mereka sedang belajar juga :D

      Delete
  3. Wah asik banget nih. Anak2 pasti senang

    ReplyDelete
  4. Jam Matahari...Keren SubhanAllah...tmpatny

    ReplyDelete
  5. Senanga yaa.. bis amenemani anak- anak mengunjungi tempat sekeren ini.. saya sendiri belum pernah ke sana.. Anak yang sulung sudah mengunjunginya saat acara study tour dari SD nya..menemani anak akan jadi kenangan kita berdua hingga nanti mereka dewasa yaa.. sayangnya karena bekerja saya hanya sempat ikut jika jam kerja memungkinkan.. slama hangat buat Te \h Nurul dan keluarga :)

    ReplyDelete
  6. asik banget tempatnya,q penasaan banget yg naik sepeda..pingin bangetlah hehehe

    ReplyDelete
  7. pengen ajak bocah-bocah kesiniii....:*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}