Waspada dengan Penyakit Selulitis

Anak demam (sumber disini)

Baru saja, saya mendapat kabar bahwa seorang teman anak saya Haikal, dirawat di rumah sakit. Salah seorang bunda mengabarkan, jika Ira (bukan nama sebenarnya) dirawat sudah satu minggu di rumah sakit pemerintah yang ada di kota kami. Menurut bundanya, Ira terkena Penyakit Selulitis. Beberapa bunda, termasuk saya sebenarnya belum begitu familiar dengan nama penyakit ini.
Salah satu teman akhirnya menemukan apa sebenarnya penyakit Selulitis tersebut. Setelah googling, diketahui ternyata Selulitis adalah penyakit yang menyerang bagian kulit. Ditandai dengan kemerahan, pembengkakkan, nyeri jika ditekan dan sakit pada kulit yang disebabkan adanya peradangan pada jaringan ikat kulit.
Bunda Ira bercerita, jika anaknya mengeluhkan rasa tidak enak badan yang disertai demam dan menggigil. Gejala demam dan menggigil sebenarnya terjadi ketika Bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menyerang kulit yang tebuka. Seperti pada celah-celah kulit yang tidak terlihat oleh mata atau luka yang terbuka. Peradangan itu juga terjadi karena sebuah proses yang dialami tubuh untuk bereaksi terhadap bakteri. Bagian tubuh yang sering terkena penyakit ini yaitu lengan, kaki bagian bawah, sekitar leher dan kepala. Sedangkan Ira mengalami infeksi di bagian kaki. Pada kulitnya timbul warna merah dan terasa panas ketika dipegang sehingga menyebabkan kakinya bengkak
Selulitis dapat diobati melalui penggunaan antibiotik. Karena antibiotik dapat menghentikan penyebaran infeksi dan merupakan analgesik yang mengurangi rasa sakit. Beruntung, Ira cepat dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan di sana. Bila tidak diobati, akan menyebabkan terjadinya sepsis (keracunan darah), necrotizing fasciitis (infeksi jaringan yang lebih serius), atau endokarditis (infeksi yang menyerang katup pada jantung).
Menurut berita terbaru, Ira sudah dapat pulang hari ini. Kondisinya sudah lebih baik. Mengambil pelajaran dari semua ini, marilah kita menjaga kebersihan kulit seluruh anggota keluarga kita. Terutama anak-anak yang sangat rentan dengan kebersihan badan dan lingkungan sekitarnya.

7 comments:

  1. Bagaimanapun jenis penyakit itu tetap berbahaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jika tidak diobati malah akan menyerang bagian tubuh yang lain

      Delete
  2. Moga Ira lekas sembuh ya mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah , Ira sudah bisa keluar dari rumah sakit

      Delete
  3. Wah akupun baru tahu tentang penyakit itu mak, thanks inponya

    ReplyDelete
  4. saya baru tau jenis penyakit ini. Terima kasih untuk infonya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}