Cara Alami Mengatasi Jerawat

Cara Alami Mengatasi Jerawat (sumber gbr : wikipedia)
Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh remaja yang sedang puber dan sebagian orang dewasa. Wajah yang ditumbuhi jerawat dianggap menggangu dan dapat mengurangi kecantikan kulit wajah.
Menurut wikipedia, yang dimaksud dengan jerawat adalah pori-pori kecil tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang.

Apa saja yang menyebabkan jerawat timbul di wajah? Beberapa penyebabnya adalah :

  1. Sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. 
  2. Tidak rutin membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari.  
  3. Kurang asupan air putih. 
  4. Tidak lancarnya  pertukaran sel kulit yang telah mati dengan sel kulit yang baru. Untuk memperlancar penggantian sel kulit, dianjurkan memijat wajah pada malam hari sebelum tidur. Selain menimbulkan rasa nyaman, memijat juga dapat mencerahkan kulit wajah.
  5. Jerawat juga akan timbul di kulit wajah kita karena disebabkan bakteri, hormon yang tidak seimbang, stress, alergi dan faktor genetik
Berbagai macam jenis obat jerawat banyak tersedia di pasaran. Namun alangkah lebih aman jika kita menghilangkan jerawat dengan cara yang alami. Disamping kecil kemungkinan efek sampingnya, obat alami juga dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan  untuk mengobati jerawat dengan cara alami adalah sebagai berikut :

  1. Seduhlah daun teh dengan air yang sudah mendidih. Usapkan pada wajah yang berjerawat, maka wajah akan terasa lebih segar dan jerawat hilang.
  2. Gunakan kentang untuk mengobatinya. Caranya kupas kentang kemudian iris tipis-tipis. Tempelkan irisan kentang tersebut pada bagian wajah yang berjerawat hingga kentang mengering.
  3. Seduhlah 7-10 lembar daun sirih. Gunakan airnya untuk membersihkan muka dua kali sehari. Air seduhan daun sirih memiliki pH yang asam sehingga baik untuk mengobati jerawat. 
  4. Oleskan masker temulawak. Tumbuk halus temulawak lalu tempelkan pada wajah berjerawat hingga kering. Setelah masker dibersihkan, kompreslah wajah dengan menggunakan air es.
  5. Haluskan beberapa buah belimbing wuluh. Berikan sedikit garam. Gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah. Belimbing wuluh mengandung zat anti radang yang dapat mencegah jerawat semakin membesar. Buah berwarna hijau ini juga dapat memperkecil pori-pori di wajah
Bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan di sekitar kita bukan? Dan sangat membantu untuk mempercantik kulit muka. Sehingga tidak mengganggu penampilan lagi.
Selamat mencoba. 


Artikel Lainnya :
Tips Cerdas Dalam Mengolah Makanan
Pengaruh Lamanya Mandi Serta Manfaatnya
Tips Cermat Memilih Tas
Tips Melatih Konsentrasi Anak
Cara Mengolah Agar Vitaminnya Tidak Terbuang

2 comments:

  1. Tips yang bermanfaat utamanya mereka yang langganan jerawat.
    Kalau sering wudhu mestinya jarang berjerawat ya Jeng
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pakdhe. Kalo sering wudhu, kulit bisa bersih terus dan bebas dari jerawat ya..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}