Bagaimana Cara Menemukan Passion Dalam Diri ?

"Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah
hobi yang dibayar "
- Ridwan Kamil, Mayor of Bandung -

Saya sangat setuju dengan quote dari Bapak Ridwan Kamil tersebut. Karena, pada dasarnya hobi itu sesuatu yang kita senangi bukan? Bila sesuatu yang kita kerjakan berdasarkan hobi, tentunya kita akan senang dalam proses menjalaninya. Hobi merupakan kegiatan apa saja yang jika kita lakukan, maka akan merasakan kegairahan (passion) di dalamnya.
Salah seorang teman, pernah menanyakan bagaimana kita menemukan hobi atau passion kita? Apakah tidak terlambat mengetahui passion pada seseorang yang tidak muda lagi? Menurut saya,  tidak ada kata terlambat ! Karena untuk menemukannya butuh proses yang tidak sebentar.
Lalu, bagaimana cara menemukan passion yang ada dalam diri kita ?
Menurut Jillian Widjaja, kita dapat mencari passion dengan cara mengeksplorasinya. Caranya, dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini :
  • Pekerjaan apa yang bila kita lakukan akan membuat kita asyik hingga lupa waktu ?
  • Pada saat melakukan hal apa saja, yang bisa membuat kita ingin mengulang kembali hal itu?
  • Aktivitas apa yang menetap dalam diri kita dan tetap dinikmati sampai saat ini?
Bila tidak ditemukan jawaban atas semua pertanyaan tersebut, maka cobalah aktivitas-aktivitas baru yang pernah dilakukan sebelumnya. Dengan menelaah aktivitas lebih sering, maka akan semakin banyak bagian dari diri kita yang belum muncul dan belum pernah ditemukan sebelumnya. 
Tidak perlu terburu-buru menyimpulkan jika aktivitas yang kita jalanin adalah passion kita. Atau menganggap diri kita tidak memiliki passion. Karena menemukan passion  merupakan suatu proses.
Konsultan di Lembaga Konsultasi SDM EXPERD ini juga menambahkan, kita jangan merasa dengan passion yang kita miliki, sudah semestinya menjadi pemenang. Teruslah berlatih, maka kita akan melihat kemajuannya. Jika tidak, jadikan kegiatan itu sebagai sebuah hobi yang menghibur.
Orang yang bekerja atau berusaha dengan passion, akan dengan senang hati menjalaninya. Penuh semangat dan terus berusaha melakukan hal yang terbaik. Hal ini pun akan memicu untuk lebih giat untuk menghasilkan hal-hal baru, bahkan inovatif.
Apabila suatu saat menemukan masalah, orang yang melakukan pekerjaan dengan atas dasar cinta, tidak akan merasa putus asa. Biasanya akan segera bangkit lagi.

8 comments:

  1. Passionki di Traveling, tp smpe skrg msh blm move on dr pekerjaan sbg kary swasta. Haha.. Kepikiran berwisausaha di bidang traveling, soale kalo ngarep jd host acara jln2 di tv, gk memenuhi syarat good looking di dpn kamera. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..hi... kalo mau jadi host acara jalan-jalan di tv memangnya harus good looking ya..?
      Kalo pun iya, kan bisa dipermak..ha..ha..ha

      Delete
    2. Hihi sama nih passion ku di traveling tp apa daya blm bisa diwujudkan ..

      Delete
  2. Semangat bekerja semakin kuat dan menjalaninya dengan senang hati jika bekerja pada bidang yang sungguh disukai :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali..menjalankan pekerjaan di bidang yang disukai, jadi lebih menyenangkan

      Delete
  3. mencari pekerjaan yang sesuai dengan kreteria kita itu terkadang tidak mudah ya

    ReplyDelete
  4. cintai pekerjaan maka akan asik menjalaninya

    ReplyDelete
  5. Masih belum menemukan passion saya sampai detik ini...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}