Rambut Putih (Uban) di Usia Muda

Rambut Putih (Uban) di Usia Muda
Rambut putih (uban)
 
Mulai menemukan rambut putih di antara rambut hitam yang ada di kepala kita? Rambut putih atau uban jika mulai muncul menghiasi kepala sering diidentikan dengan usia yang tidak muda lagi. Tapi seiring perkembangan jaman, uban tidak hanya terdapat di kepala orang yang sudah tua, kini beberapa anak muda sudah mendapati rambut putih di kepala mereka.
 
Penyebab rambut putih amat beragam. Kurangnya asupan oksigen pada batang rambut dapat menyebabkan rambut berwarna putih. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan uban datang lebih cepat sebelum waktunya. Selain itu faktor iklim, pengaruh tingkat stres serta pola hidup dapat mempengaruhi timbulnya rambut putih.

Uban Sebagai Nasihat

Ketika rambut putih timbul, apa yang akan kita lakukan? Ada yang beranggapan uban lebih baik dicabut, tapi sebagian orang juga melarang untuk mencabutnya karena akan merangsang pertumbuhan uban lebih banyak lagi. Sebagai seorang muslim, mulai timbulnya uban dapat dijadikan suatu nasihat bagi diri. Berbekal dari pengajian yang saya ikuti, Ust Agus berpesan pada kami bagaimana menyikapi timbulnya uban di kepala. Beliau mengatakan :

" Cukuplah ajaran Islam dan uban menjadi penuntun hidup,
 untuk mencegah dari pebuatan yang terlarang. "

Ketika uban telah mulai ada di kepala kita, sudah selayaknya kita mulai berpikir untuk terus memperbanyak ibadah kita dan meninggalkan segala larangan-Nya. Lalu, bagaimana dengan mencabut uban? Sesungguhnya mencabut uban tidak haram tapi merupakan perbuatan yang tidak disukai.
Seperti yang tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 282 
 
"Bahwa Nabi SAW melarang mencabuti uban, Beliau bersabda : Sesungguhnya uban itu cahaya seorang muslim."
 
Senada dengan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud no. 4202 yang menerangkan :
 
"Rosululloh SAW bersabda : Janganlah kamu sekalian mencabuti uban, sebab tidak seorang muslimpun yang beruban melainkan di hari kiamat nanti (uban tersebut) menjadi cahaya baginya "
 
 
Nah, lalu ada pertanyaan, apakah uban hanya dialami pada mereka yang memiliki usia lanjut? Ternyata pada kenyataannya, beberapa orang yang memasuki usia antara 30 hingga 40 tahun sudah memiliki uban. Sebenarnya apa yang menyebabkan tumbuh uban di usia muda?

Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Muda


Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda, di antaranya yaitu:

Faktok Genetik

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor genetika dan lingkungan memengaruhi pori tempat tumbuhny rambut atau sel induk folikel dan sel pigmen rambut (melanosit). Orang berusia muda yang memiliki uban ada kemungkinan orang tua atau kakek neneknya juga sudah memiliki uban ketika masih muda.

Kurang Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban ketika masih berusia muda. Vitamin B12 ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sel-sel rambut. Tugas vitamin B12 membantu sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh, termasuk ke sel-sel rambut.

Kekurangan vitamin B12 memengaruhi produksi melamin (pigmen pemberi warna) dan bisa membuat sel-sel rambut menjadi lemah. Gejala penyakit yang diakibatkan kekurangan vitamin B12 disebut anemia pernisiona. Merupakan kondisi tubuh yang tidak bisa menyerap cukup vitamin B12.

Mengalami Stres

Sebuah studi dari Nature Medicine di tahun 2013 menghasilkan data bahwa stres bisa menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat. Pada studi yang dilakukan pada tikus, diketahui hubungan antara stress dan penipisan sel induk di rambut tikus. Stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan sehingga menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut. 
 
Stres dapat memicu uban di usia muda


Kebiasaan Merokok

Dampak dari kebiasaan merokok yaitu memicu peningkatan racun yang dapat merusak bagian tubuh termasuk folikel rambut. Merokok juga dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Kondisi tersebut bisa mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut jadi rontok.

Mengonsumsi Obat-obatan

Faktor lain yang memicu timbulnya uban di usia muda yaitu mengonsumsi obat-obatan. Jenis obat anti malaria dan kemoterapi bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda. Melansir tulisan di hellosehat.com obat-obatan ini bisa menghambat reseptor tirosin kinase c-kit yang terdapat pada melanosit.

Ternyata usia muda tidak menjamin uban untuk tidak tumbuh, bukan? Karena ada beberapa faktor yang bisa memicunya.

Bisakah kita memperlambat pertumbuhan uban? Khususnya bagi yang masih berusia muda? Bisa.

Untuk memperlambat tumbuhnya uban, kita dapat mengonsumsi banyak makanan sehat tertentu. Kita bisa memilih makanan yang kaya vitamin B agar rambut menjadi lebih kuat dan berkilau.

Makanan Alami Pencegah Uban


Memilih makanan sehat yang alami bisa mencegah uban di usia muda. Berikut ini beberapa makanan yang bisa mencegah uban timbul di usia muda.

Hati Sapi

Hati sapi mengandung banyak vitamin B12 yang dapat mencegah uban pertama di usia muda. Selain itu hati sapi juga banyak memiliki kandungan tembaga.

Rumput Laut

Makanan pencegah uban di usia muda selanjutnya yaitu rumput laut. Makanan ini merupakan sumber kolagen vegan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut dan menjaga kilaunya. Rumput laut kaya dengan zinc, vitamin C, vitamin A serta beta-karoten yang dapat merangsang pertumbuhan dan produksi rambut.

Kentang

Pada tahun 2012 ada penelitian yang tercantum dalam jurnal Biological Trace Element Research mengenai rendahnya kadar zat besi dalam tubuh yang dapat menimbulkan tumbuhnya uban di usia muda. Oleh karenanya kentang sebagai sumber karbohidrat dan kaya zat besi dapat mencegah tumbuhnya uban.

Bayam

Sayuran hijau ini dipercaya kaya dengan kandungan zat besi. Vitamin B9 yang dikenal sebagai asam folat dapat menjawa warna rambut serta mencegah tumbuhnya uban di usia muda. Kekurangan vitamin B9 dapat membuat tubuh mudah lelah dan pertumbuhan yang kurang optimal.

Cokelat

Cokelat merupakan makanan manis yang banyak mengandung tembaga. Cokelat dipercaya dapat menghasilkan melanin pada rambut selain bermanfaat untuk menghilangkan stress serta mengembalikan mood kembali baik. Sel melanin ini berfungsi memproduksi warna sehingga dapat mencegah uban.
 
Selain makanan yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak makanan yang dapat mencegah timbulnya uban. Selain mudah didapat semua makanan tersebut juga lezat, bukan?

Nah dari berbagai makanan yang bisa mencegah timbulnya uban di usia muda ini, mana yang jadi pilihan teman-teman? Sharing, yuk!

Salam takzim

Post a Comment

13 Comments

  1. SubhanAllah......uban bercahaya s'at di dunia dan hari kiamat nanti y mbk..^_^

    ReplyDelete
  2. Bener mak. Ga perlu dicabut biar jadi cahaya akherat, insyaAllah :))

    ReplyDelete
  3. Hiks...mulai menghitung si rambut putiiih, ooh ga boleh dicabut yaa. kadang2 gatel banget nii rambut putih...trus ngumpul di satu tempat aja mak...jd suka dicabut klo gatel.
    Hmm ternyata dilarang yaa TFS maak

    ReplyDelete
  4. uban tidak usah dicabut, kalau bisa malah dibiarkan putih semua akan lebih bagus warna rambutnya

    ReplyDelete
  5. Ubanku nggak pernah tak cabut. Kan jadi bagus ntar kalau dah rata ubannya.kayak silver gitu hihihi

    ReplyDelete
  6. Kalau yang masih muda berarti juga gak mesti dicabut yaa ubannya?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya....biar jd cahaya,terus kalo dicabutin terus katanya malah nambah banyak :D

      Delete
  7. wah jadi nambah ilmu mbak waahhh kerenn mbak mksih ya mbak hehe, saya juga udah ada ubannya nie waahh cahay muslimm kerennn sangat mbak mantap

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^