Kenali Penyakit Asam Lambung (GERD) dan Cara Mengatasinya

Apakah teman-teman pernah mengalami nyeri di lambung? Atau perasaan kembung setelah makan? Bagi yang pernah merasakan nyeri seperti yang pernah saya alami, perasaan kembung di perut itu sangat tidak nyaman, ya, kan? Kalau yang lambungnya masih baik, jangan sampai mengalami, deh! 

kenali penyakit asam lambung gerd

Sebenarnya gejala asam lambung sudah bertahun-tahun saya rasakan. Tentu saja, itu akibat pola makan saya yang salah. Saya masih ingat betul, dulu ketika masih di bangku sekolah, sangat senang sekali mengonsumsi makanan pedas. Di rumah, makan yang pedas-pedas, di sekolah pun sering jajan makanan yang pedas, bahkan ditambah dengan minuman bersoda. Wow, komplit, dah!

Kebiasaan saya mengonsumsi soda dan makanan pedas berpengaruh pada kondisi lambung saya. Produksi asam lambung saya pun meningkat dan perut terasa penuh serta kembung.

kenali penyakit asam lambung gerd

Merasa sakit itu, sangat tidak mengenakkan. Semua aktivitas akan terganggu apabila kita tidak sehat. Karena menyadari pentingnya menjaga kesehatan, saya pun mulai mengurangi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Selain itu, lebih banyak mencari pengetahuan tentang asam lambung dengan cara membaca buku, membaca artikel di internet atau mengikuti seminar kesehatan. Tujuannya, agar saya terbebas dari rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Nah, ketika mengetahui akan ada seminar kesehatan yang membahas GERD di Lineation Centre, saya sangat antusias sekali. Ini kesempatan saya untuk menambah wawasan seputar asam lambung. Dan pada Hari Sabtu, tepat di Hari Kartini tanggal 21 April, saya pun datang untuk menghadiri seminar kesehatan bertema "Sembuh GERD" yang diisi oleh dr. Isabella P.S.M sebagai pematerinya.

kenali penyakit asam lambung gerd

Saya tiba di lokasi tepat jam 10 pagi, sesuai dengan jadwal acara seminar yang telah diberitahukan sebelumnya. Bersama beberapa anggota Blogger Bandung, kami menyimak seminar yang diadakan di lantai dua gedung Lineation Centre. Tidak hanya acara seminar yang diadakan pada hari itu, ada juga donor darah gratis, pelayanan akupuntur gratis, konsultasi gratis dengan dokter umum dan pelayanan fisioterapi gratis.

Semua kegiatan yang memberikan pelayanan pada masyarakat secara gratis tersebut, membuktikan kepedulian Lineation terhadap kesehatan masyarakat. Rangkaian acara yang dilakukan hingga sore hari tersebut, diawali dengan seminar kesehatan yang diisi oleh dokter-dokter yang ada di Lineation Centre.

Apakah GERD itu?

GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease. GERD adalah masalah yang sering dialami oleh masyarakat yang ditandai dengan naiknya asam lambung sehingga menimbulkan nyeri hati dan menimbulkan sensasi rasa terbakar di perut hingga ke dada.

Sebenarnya asam lambung bermanfaat untuk membantu pencernaan, tetapi bila diproduksi secara berlebihan, bisa memicu asam lambung naik menuju esofagus. Lalu, apa sih, esofagus itu? Sebenarnya kita lebih mengenal esofagus sebagai kerongkongan. Nah, kondisi asam lambung yang naik ke kerongkongan  dan menimbulkan rasa seperti dicekik itulah yang dinamakan GERD. 

Saya bersyukur, tidak mengalami kerongkongan tercekik yang menyakitkan. Pada beberapa orang, ada yang merasakan sakit kerongkongan dan nyeri ketika digunakan untuk menelan makanan. Jika ada yang sering mengalami kerongkongan sakit dan sulit menelan makanan, sebaiknya dilakukan perawatan yang lebih serius.


kenali penyakit asam lambung gerd

Gejala GERD 

Selain menjelaskan apa itu GERD, dr. Isabella P.S.M juga menguraikan gejala yang sering dialami oleh penderita asam lambung. Gejala GERD yang biasa dirasakan diantaranya :

1. Merasakan nyeri di dada setelah makan.
2. Perasaan sesak di dada sesaat usai makan.
3. Sakit perut ditambah gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit.
4. Mengalami mual-mual dan muntah setelah menyantap makanan.
5. Merasakan gelisah.

Gejala yang ditimbulkan oleh GERD ini tidak selalu muncul semuanya, karena tergantung dari tingkat keparahannya. Gejala lain yang bisa timbul karena asam lambung yang sudah berlebih atau telah parah yaitu :

1. Setelah diisi makanan, lambung terasa sakit.
2. Timbul nyeri di bagian dada.
3. Kembung di perut setelah makan meskipun makannya sedikit.
4. Sendawa terus menerus dan berbau busuk setelah makan.
5. Mengalami konstipasi atau diare.
6. Kondisi feses tidak normal, contohnya sayuran yang dikonsumsi keluar masih dalam bentuk yang sama.

Menurut dokter cantik yang baru saja pindah dari Pulau Sumatera tersebut, untuk mencegah melonjaknya asam lambung perlu mengatur pola makan dengan baik. Usahakan tidak mengonsumsi makanan yang berbumbu menyengat, kurangi makanan berlemak dan tentu saja mengontrol makanan pedas yang akan dikonsumsi. 

Tindakan Awal Mengatasi GERD yang Bisa Dilakukan di Rumah

Apabila teman-teman merasakan gejala asam lambung atau GERD, sebagai tindakan pertama yang dapat dilakukan di rumah adalah :
  1. Selalu selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya makan dalam porsi kecil. Hindari makan yang berlebihan atau sekaligus banyak, dalam satu waktu makan.
  2. Hindari makanan dan minuman yang dapat pemicu timbulnya asam lambung. Makanan pemicu yang paling sering menimbulkan asam lambung yaitu makanan yang berlemak seperti gorengan, cokelat, saus sambal, mint, bawang putih, bawang merah, kopi, dan alkohol.
  3. Jangan berbaring setelah makan. Setidaknya kita perlu menunggu 3 jam setelah makan, baru bisa membaringkan badan atau tidur.
  4. Jaga berat badan yang normal. Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat memperburuk gejala GERD. Hal ini terjadi, karena lemak yang ada di perut dapat menambah tekanan pada lambung.
  5. Hindari pakaian yang ketat. Barangkali teman-teman bertanya-tanya, apa hubungannya dengan pakaian yang ketat? Ish, saya aja kali ya, yang bingung dengan korelasinya hihihi... Begini, ternyata pakaian yang ketat atau terlalu sempit, berpotensi menekan lambung sehingga memperburuk gejala GERD. Begitu! lol ...
  6. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menekan asam lambung yang berikutnya yaitu menghindari kebiasaan merokok. Merokok dapat mengurangi kemampuan fungsi sphincter esofagus pada bagian bawah dengan baik.
Meskipun penjelasan tentang GERD oleh dr. Isabella P.S.M terkesan sekilas-sekilas, tetapi bisa menambah pengetahuan tentang tindakan awal yang bisa saya lakukan di rumah, saat mengalami asam lambung naik. Dan yang paling penting, saya juga tahu makanan dan minuman yang perlu dihindari apabila tidak ingin merasakan mual, kembung atau merasa sakit di tenggorokan.

Bagaimanapun, kesehatan itu penting dan yang paling utama, bukan? Kalau diberikan kesempatan untuk kembali ke masa silam, ingin rasanya memperbaiki pola makan saya saat masih sekolah dulu. Well...karena waktu tidak bisa kembali, jadi satu-satunya yang akan saya lakukan yaitu menjaga pola makan dengan sebaik-baiknya. 

Bagaimana dengan teman-teman? Pernah merasakan sakit yang mengganggu? Bagaimana cara teman-teman menjaga kesehatan? Sharing, yuuk!

72 comments:

  1. Pernah kena asam lambung dan rasanya jangan ditanyaaa.. Perih, sakit di ulu hati sampai jejeritan sendiri. Hiks
    Sebabnya sepele sering nunda makan mbak, bukan karena gaya-gayaan diet.. Tapi karena ntar dulu ah.. Gitu doang. Padahal sudah masak. Kadang habis masak malah belom terasa lapar.. Kenyang nyium bau masakan. Jadilah telat makan dan kena lambungnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kebiasaan menunda makan, Mbak. Jadi aja kena lambungnya

      Delete
  2. Wah gorengan cokelat harus beneran ditinggalkan ya biar asam lambung gk meningkat. Kirain gejala diatas adalah maag, ternyata GERD ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal cokelat dan gorengan makanan yang enak ya..

      Delete
  3. Semenjak saya coba FC alhamdulillah keluhan asam lambung berkurang mba, sekarang banyak cheating jadi kadang muncul lagi keluhan tersebut, heuheuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata FC juga bisa menyembuhkan asam lambung ya..

      Delete
  4. Dulu waktu SMP saya pernah kena ini mba, gegara terlalu sibuk banyak kegiatan. Makan ga teratur, jajan semaunya juga hadeuuhh kapok deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu waktu masih sekolah, Mbak

      Delete
  5. Wah, Gerd. Agak takut sama penyakit ini. Kudu bener2 diwaspadai dari dikenali gejalanya, ya. Biar bisa dicegah. Atau diobati sebelom parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, lebih baik mencegah daripada mengobati

      Delete
  6. Waaah saya sering asam lambung sering naik kalo malam hari Mbak, abisnya suka banget sambal. Duh gak enak banget kena GERD yaa Mbak, terima kasih infonya jadi tahu dan bisa tahan diri gak makan yang memancing sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau senang sambal, memang biasanya kena asam lambungnya ya..

      Delete
  7. Wah, kayaknya saya sering kena ini. Terutama kalau telat makan. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  8. yang penting jaga makanan ya mbak, ikuti sunah rasul dalam mengonsumsi makanan insyaallah segala penyakit dari perut itu tidak terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Kak Liza, yang penting jaga pola makan

      Delete
  9. Wah kudu hati2 ya jangan sampai menunda makan... nanti asam lambungnya naik..Gorengan harus dihindari sama coklat juga itu dua jenis makanan favorit akuh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Teh..dua-duanya makanan favorit :(

      Delete
  10. Alhamdulillah tidak memiliki riwayat sakit lambung atau GERD. Cuma kadang2 (saya lupa kapan persisnya), kalau dah lamaaa banget gak makan dan sampai masuk angin, perut begitu sakit. Apakah itu sakit lambung atau hanya sekadar masuk angin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tipis ya, antara gerd dan masuk angin. Sama-sama mual soalnya

      Delete
  11. Biasanya kalau istirahat kurang, banyak deadline trus ngopi trus2an. Ulu hati saya langsung sakit kayak diremas-remas. Nah, kalau sudah kayak gitu saya lgs istirahat, minum jus buah tanpa gula, air putih sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah lumayan membantu, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum jus tanpa gula, sangat menyehatkan ya..

      Delete
  12. Kalau sudah sakit gerd begini bikin aktivitas jadi malas dan maunya istirahat saja ya. Kalau saranku mbak coba tiap pagi disaat perut kosong tuh minung air jeruk nipis hangat setiap hari. Insyaallah lama2 bisa sembuh.

    ReplyDelete
  13. wah makain banget, aku nich termasuk orang yang sering terkena asam lambung. Bahkan waktu nikah juga sampai harus dibawa ke UGD hikz

    ReplyDelete
  14. Waaahh ternyata sakit maag bukan yg paling sakit ya, masih ada gerd yg lebih sakit. Semoga sehat2 ya mbaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga kita selalu sehat, ya...

      Delete
  15. Asam lambungku biasanya suka naik kalau pas lagi hamil awal-awal Teh. Kalau selain itu, gak pernah sih. Paling kalau pas telat makan. Malah salatri deh jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hamil mah, efek hormon juga, ya, Teh

      Delete
  16. Wah gerd ini memang momok ya. Rasanya kayak asam lambung naik ke kerongkongan, menyakitkan pastinya. Pola makan harus bener nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak. Sakit kalau udah sampai kerongkongan

      Delete
  17. saya jg pernah asam lambung mba.. tapi kata dokter karena kecapekan dan terlalu banyak pikiran alias stress wkwkw.. dan benar juga dipicu sama makanan yang masuk gak sehat.. Sekarang sih udh normal karena memang bs menjaga konsumsi dan olahraga teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya.. stress itu pemicu yang utama, ya, Mas

      Delete
  18. Aku pernah sampai masuk rumah sakit 2 malam, Mbak. Muntah-muntah berhari-hari, dan akhirnya aku enggak kuat.
    2 minggu lalu aku mulai merasakannya lagi. Langsung panik. Aku enggak makan pedas, jarang kena soda. Tapi kopi aku kuat banget, dan memang beberapa minggu ini kurang istirahat.
    Kemarin akhirnya aku minum obat, maksain istirahat sejenak. Alhamdulillah udah membaik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu..kopinya yang bisa buat asam lambung naik, ya, Teh?

      Delete
  19. Apakah Gerd itu sama dengan asam lambung atau maag??

    Alhamdulillah saya tidak memiliki sejarah maag, tapi dengan membaca tulisan ini jadi semakin concern untuk terus menjaga tubuh , salah satunya dengan sarapan setia0 pagi. Karena sarapan konon katanya menjauhkan dari maag..

    Tentu saja dengan mengkonsumsi makanan yg bergizi dan banyak minum air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..jangan lupa sarapan ..supaya tetap sehat.

      Delete
  20. bagian point jangan makan kebanyakan agak gimana bacanya ya hehe...aku sering kalap mbak kalau makan. Kayaknya mulai sekarang harus ditakar nih

    ReplyDelete
  21. Ilmu baru nih, kayanya meskipun aku tidak pny masalah lambung, tapi suamiku justru maag akut. Jadi wajib sepertinya kudu mempelajari lebih detail

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah selama ini enggak pernah mngalami maag atau bahkan GERD. Masalah pencernaan paling "cuma" diare. Menyiksa banget ya Mbak pastinya kalau kena GERD ini. Semoga kita semua sehat-sehat selalu. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. semoga kita semua sehat selalu, ya, Mbak

      Delete
  23. Akujuga pernah gitu, teh...
    Trus aku gak mau obat warung, aku ke dokter lah..

    Sama dokternya langsung boleh pulang.

    Ternyata kenapa coba teh?
    Kata dokternya, aku stres teh...

    (( eaaa...stres apa juga kan yaa, teh? ))
    Hiikks~~

    ReplyDelete
  24. Aku gak punya GERD tapi suamiku asam lambungnya parah deh. Yg sering memicu memang benar sambal salah satunya. Dia suka gak tahan liat sambal buatanku. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali, kalau masak sambal, disumputin Mbak hihihi

      Delete
  25. Terima kasih ya mbak, kemungkinan saya juga mengalami hal tsb. Muntah tapi rasanya kecut sekali dan cuma air, itu yang beberapa saya alami.
    Tipsnya berguna

    ReplyDelete
  26. wahhh jangan jangan saya kena GERD,, gejalanya hampir sama. tapi tidak seluruhnya....

    tapi makasih banget tips mengatasi GERD... ternyata mudah banget

    ReplyDelete
  27. GERD itu efeknya bisa luar biasa, misalnya sakit rasang tenggorokan karena asam lambung naik ke tenggorokan, dulu nggak ngerti kenapa bisa radang tenggorokan ada hubungannya dengan lambung, sekarang jadi ngerti

    ReplyDelete
  28. Aku pernah ngalamin gerd, rasa sesak di dada kaya keselek. Biasanya kubawa makan buah dan minum air putih. Ini gejalanya masuk angin tapi di dada. Terimakasih Mbak Nurul tipsnya, akan saya amalkan supaya tidak lagi merasakan gerd karena rasanya itu gak enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya banyak minum air putih sangat membantu ya..

      Delete
  29. Pernah baca tentang penderita gerd, kesiksa dan agak susah nyembuhinnya. Bener banget kudu kontrol pedas, soda, rokok, atau bahkan alkohol. Semoga semuanya selalu terhindar yah dari gerd ini, amin.

    ReplyDelete
  30. Terimakasih mbak untuk artikelnya. Dari gejala yang dituliskan, sepertinya aku gerd juga. Tenggorokanku sering sakit, sering diare, dan mual gitu... Pola makan kudu dirubah emang

    ReplyDelete
  31. bener nih
    jgn pake pakaian ketat
    kadang bra aja bikin kambuh
    saya klu udah gitu selalu lepas bra meski dikantor
    hahaha ya meski lepas cantelannya aja

    ReplyDelete
  32. Aku pernah tuh dada tiba2 nyeri pas makan, lambung jg gak enak. Makanya udah biasain diri banget untuk gak tiduran setelah makan. Selain gak baik buat lambung, jadinya malas gerak

    ReplyDelete
  33. wahh,, saya baru tau lho mbak kalo gak boleh berbaring langsung setelah makan, harus 3 jam dulu... sipp.. sangat bermanfaat. TFS ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa..berikan waktu untuk pencernaan mencerna makanan hingga tuntas

      Delete
  34. Jangan sampai stress juga..karena kalo stress, sedih banyak pikiran..asam lambuk cepet naiknya...aku juga ada maag..

    ReplyDelete
  35. Pernah kena menderita banget rasanya. Trus pas muntah gak keluar apa2 cuma cairan.
    Kalau skrng saya sudah mulai kurang2oin makanan pedes, juga gorengan tapi ya masih susah seh hehe. Ini bagus artikelnya buat persiapan puasa nih mbak. Kalau pas puasa kena asam lambung hiks jgn sampai deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal gorengan, saya juga agak susah menguranginya Mbak hihiih

      Delete
  36. Sy sih suka sedia camilan biar pas lagi laper tp blm sempet makan, ya udah ngemil dulu aja hahaha :D

    ReplyDelete
  37. wih... saya biasanya ngalamin ini kalau malamnya makan agak banyak dan paginya pasti deh kambuh. Jera sih kalau makan sebelum tidur huhuhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga menghindari makan sebelum tidur, Kak

      Delete
  38. Diriku suka kambuh kalau misalnya makan sebelum tidur, biasanya suka terbangun karena ada cairan asam yang masuk kemulut. jadi jera deh makan sebelum tidur

    ReplyDelete
  39. Untung aja asam lambungku gak pernah menjadi masalah besar.. makasih artikeonya Mbak..
    Ntar kalau smape harus Gred perlu juga membaca tips2nya

    ReplyDelete
  40. trimakasih infonya mb, kalo asam lambungku lagi kumat waduhhh menyiksa banget

    ReplyDelete
  41. Bahaya juga ya asam lambung ini
    Semoga kita sehat2 selalu deh

    ReplyDelete
  42. Aku tahun2 kemaren baru punya asam lambung tinggi, padahal sebelomnya ga punya maag. Oh ternyata, setelah diselidik, Anda Stress? Oh, yes..oh no

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban yang paling baik ya..hmm..sedikit ada pikiran sih, gak stress wkwkwk

      Delete
  43. Ooh ternyata yang seperti itu gerd ya? Terus kalo maag kaya gimana dong? Apa masih sama?

    ReplyDelete
  44. nah kayaknya asam lambungku kadang juga naik nih, soalnya kadang setelah makan terasa perutku enggak enak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}