Inilah 9 Cara Agar Kita Bisa Melakukan Banyak Hal Tanpa Stress

Sering mengeluh waktu terasa cepat berlalu, tanpa melakukan kegiatan yang positif? Atau merasa tertekan karena banyak hal yang harus dikerjakan dan akhirnya bingung, lalu tidak mengerjakan apa pun? Saya sering mengalami hal ini. Memiliki banyak rencana tetapi malah diam, karena bingung harus mengutamakan yang mana terlebih dahulu.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-agar-tanpa-stress.html

Sebenarnya, ada 9 cara agar kita bisa melakukan banyak hal tanpa stress. Yaitu dengan melakukan managemen waktu dengan baik.

Beruntung saya mendapatkan e-book Jago Ngatur Waktu yang diterbitkan oleh Indscript. Dalam naskah elektronik tersebut, Teh Indari Mastuti membagikan resep memanajemen waktu, agar bisa membuat waktu kita lebih produktif, efektif dan selalu happy setiap hari.

Seperti kita ketahui, waktu yang telah kita lalui, tidak akan pernah berulang. Kita akan merasa rugi jika tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Ada yang perlu kita camkan dalam diri baik-baik, kita tidak boleh melewatkan waktu sedetik pun dengan tidak berbuat hal yang bermanfaat. 
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-agar-tanpa-stress.html

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa melakukan banyak hal? Kuncinya dengan melakukan manajemen waktu. Cara memanajemen waktu menurut Teh Indari, yaitu :

1. Menuliskan Semua Aktivitas Harian Kita Sebanyak Mungkin.
Ada yang memiliki aktivitas harian sebanyak 100 kegiatan? Lebih? Atau kurang? Cobalah tulis sedetil mungkin aktivtas kita selama satu hari penuh. Aktivitas sebagai pekerja kantoran, pebisnis, penulis, ibu rumah tangga atau aktivitas lainnya. Rinci dengan lengkap dan detil. Semakin terperinci dituliskan, maka akan semakin baik.

2. Susunlah Semua Aktivitas Menurut Kategorinya Masing-masing
Setelah mendapatkan rincian semua aktivitas kita, susunlah berdasarkan kategorinya. Misalnya aktivitas bisnis, pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga, kegiatan yang berhubungan dengan menulis dan lain sebagainya.

3. Buat Prioritas
Yang selanjutnya dilakukan setelah mendapatkan kategori dari semua kegiatan sehari-hari, tentukan atau prioritaskan. Pilih mana pekerjaan yang perlu diutamakan atau prioritas, pekerjaan penting, pekerjaan yang bisa ditunda hingga pekerjaan yang tidak perlu dikerjakan.

Nah, bagaimana  cara mengetahui pekerjaan yang prioritas atau yang tidak? Yang dimaksud dengan pekerjaan prioritas adalah aktivitas yang tidak bisa kita tunda. Dan jika kita menundanya, dapat menimbulkan masalah atau kekacauan.

Pekerjaan disebut penting jika tidak dikerjakan, dapat berakibat pada pekerjaan lainnya. Sedangkan pekerjaan yang tidak penting yaitu pekerjaan yang dilakukan atau tidak dikerjakan, tidak memiliki pengaruh pada apa pun. Selanjutnya, pekerjaan sangat tidak penting adalah pekerjaan yang tidak memberi manfaat.

Berdasarkan kategori tersebut, kita pun sebaiknya dapat memilih untuk melakukan hal yang prioritas dab meninggalkan pekerjaan dalam kategori tidak penting serta sangat tidak penting.

4. Membuat Estimasi Waktu
Cara selanjutnya agar kita bisa melakukan banyak hal tanpa stress yaitu dengan membuat estimasi waktu dari pekerjaan yang kita lakukan. Cermati, total jam produktif yang telah kita miliki. Perhatikan, berapa lama kita membereskan rumah, mengantar anak ke sekolah, membuat draft tulisan atau melakukan aktivitas online untuk bisnis. 

Bagaimana? Sudah terlihat, kisaran waktu produktif yang kita miliki? Ternyata waktu produktif kita tidak sebanyak yang kita duga? Atau waktu yang ada tidak mencukupi?

5. Mengatur Waktu Dengan Efisien
Jika ternyata, jadwal kegiatan kita banyak menghabiskan waktu bahkan menyita waktu istirahat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :
  • Membuat estimasi waktu menjadi lebih efisien
  • Kembali pada cara ketiga, yaitu tentukan prioritas atau hal yang paling penting.
  • Mengerjakan dua atau tiga aktivitas sekaligus dalam satu waktu.

6. Manajemen Waktu Dengan Mengerjakan Dua Atau Tiga Kegiatan Sekaligus.
Untuk melakukan dua hingga tiga pekerjaan sekaligus, tidaklah sulit. Pilih pekerjaan yang dapat dilakukan dalam waktu yang sama dan pada tempat yang sama. Misalnya pekerjaan yang bisa dilakukan di dapur adalah, memasak, mencuci piring, mengajak anak-anak bermain di dapur.

Selain itu, kita juga bisa memilih pekerjaan yang mirip, seperti melakukan bisnis secara online, menulis dan menelepon. Atau kita cari kembali, apa saja pekerjaan yang dapat dilakukan secara sekaligus.

7. Membuat Target Pekerjaan
Pastikanlah agar waktu yang kita miliki efektif dan produktif untuk melakukan bekerja. Jangan sampai waktu kita habis karena masalah yang serius. Kita pun perlu memiliki waktu untuk mengurus rumah, meluangkan waktu untuk mendampingi anak, mengurus suami atau memiliki waktu untuk berbisnis.
Temukan kegiatan yang dapat menyenangkan bagi kita dan sekaligus dapat membantu wawasan kita bertambah. 

8. Konsisten Dengan Kategori Pekerjaan Yang Telah Disusun.
Kategori pekerjaan yang telah dibuat beserta estimasi waktunya, harus kita lakukan. Apakah terasa berat melakukan sederetan aktivitas tersebut? Mari kita coba terlebih dahulu, dan jadikan kebiasaan. Karena kebiasaan dapat terbentuk karena adanya pembiasaan dari diri kita sendiri. Tanamkan dalam diri kita, jika kita perlu konsisten dan mengingat waktu yang tidak akan berulang kembali.

9. Buat Motivasi Diri
Untuk menjalankan manajemen waktu yang baik, memang diperlukan motivasi yang kuat dari diri kita. Apa yang dapat memotivasi kita? Buatlah mimpi-mimpi yang mau kita capai. Dan berusahalah dengan maksimal untuk menggapai semua mimpi dengan cara melakukan hal-hal yang produktif dan efektif sepanjang waktu.

Sangat manusiawi jika kita merasa jenuh akan rutinitas yang itu-itu saja, setiap harinya. Untuk menyikapinya, lakukanlah hal lain yang menyenangkan untuk beberapa saat. Namun jangan lupa untuk kembali pada prioritas yang telah kita tetapkan sebelumnya seperti yang tertera di cara nomor 3. 

Itulah cara agar kita bisa melakukan banyak hal tanpa stress menurut e- book yang telah saya dapatkan. Dengan menuliskannya di postingan ini, saya berharap dapat melakukan manajemen waktu dengan lebih baik dan semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Apakah teman-teman memiliki cara lain agar bisa tetap bahagia meskipun melakukan banyak hal?

34 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama Mbak, terima kasih udah berkunjung :)

      Delete
  2. Mengatur waktu dg efisien, hmmm saya masih susah. Kadang ide nulis muncul pas lagi di tempat kerja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kita sama mbak, ide muncul waktu lagi ngerjain urusan domestik. Jadi hanya sempat nulis poin-poinnya aja di buku kecil.

      Delete
  3. Tipsnya ini boleh banget saya aplikasikan di rumah. TFS mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sedang berusaha mengaplikasikan mbak :)

      Delete
  4. Makasih tipsnya. Yang sering merusak itu jadwal anak2. Sudah dicatat rapi, tiba2 minta jemput :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyees, kita sama mbak, udah punya jadwal, tapi anak-anak punya acara sendiri yang bisa ganggu jadawal kita.

      Delete
  5. Aku suka banget postingan ini mba, bakal aku bookmark. Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Aku masih bermasalah sama manajemen waktu nih, padahal sehari-hari di rumah dan belum punya anak. TFS atas info dan tipsnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun sehari-hari di rumah, tapi kita memang butuh manajemen waktu yang baik, ya, Mbak :)

      Delete
  7. tips ayng lengkap , manajemen waktu juga perlu ya, aklau gak wah bakal riweuh

    ReplyDelete
  8. wah mesti diatur sedetil itu ya mba.. apa takutnya malah jadi stress lihat daftarnya. hihi... kalau saya mah lebih milih do it aja... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena detil, jadi kita tahu, apa yang harus dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak perlu dilakukan, Mbak.
      Tapi memang dalam penerapannya tergantung dengan selera masing-masing, ya :) Semangaat, mbak !

      Delete
  9. Plus me time supaya fresh lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip..me time memang harus dijadwalkan mbak :)

      Delete
  10. Kayaknya perlu dicoba ah...inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, Mbak, kita sama-sama belajar memanajemen waktu kita :)

      Delete
  11. Baca postingan ini seperti reminder ke diri saya mbak, bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. nice info mbak, harus pinter2 mengatur waktu ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak kita harus pinter-pinter ngatur waktu

      Delete
  13. Manajemen waktu... Msh jadi pe er ku sampe sekarang. Trims sharingnya mba.. Jd merasa tertampar nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih menjadikannya PR mbak :)

      Delete
  14. aku dah donlot ebooknya, teh. tp kok ga dikerjain tipsnya *dikeplak ebook*
    selama ini yg aku lakuin cuma menggelompokkan kerjaan sesuai jadwal. maksudnya biar fokus. kalo udah waktunya masak ya masak. waktunya jaga kerja jaga lapak ya jaga lapak. meski kadang masih suka disambi juga ama kerjaan lain sih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deuuuh, sama-sama dikeplak ebook dong, kita..hi..hi...
      saya juga baru melaksanakan sebagian dari isi ebooknya. Mudah-mudahan dengan menuliskannya di sini bisa jadi self reminder, deh :)

      Delete
  15. Managemen waktu itu sulit ya teh huhu
    Dan konsisten pada hal yang dituliskan sebagai prioritas pada akhirnya asana riweuh sendiri da semuanya penting hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Teh...sulit dalam praktek dan dalam hal konsistennya :)

      Delete
  16. bener nih mbak diriku sering terjebak dalam kondisi demikian.Semoga bisa aku aplikasikan tips jitu diatas ya ^_^

    ReplyDelete
  17. Kalau untuk pekerjaan kantor, biasanya aku membuat to do list sih. Cuma manajemen waktuku masih kurang rapi. Makasih banyak tips-nya ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama-sama berusaha ya, supaya semua manajemen waktu kita rapi :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}