Mudik Yang Terencana Itu, Aman dan Mengasyikkan

Mudik Yang Terencana Itu, Aman dan Mengasyikkan. Lebaran tinggal beberapa hari lagi akan kita jelang. Ritual mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia di kala merayakan Hari Raya Idul Fitri.  Sedangkan untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya, pemudik memiliki caranya masing-masing.
http://www.nurulfitri.com/2016/07/mudik-terencana-itu-aman-dan-mengasyikkan.html
Ada yang menggunakan transportasi udara atau transportasi laut. Ada juga yang menggunakan transportasi darat seperti bus, kereta api atau menggunakan kendaraan pribadi. Teman-teman, melakukan perjalanan mudik, menggunakan transportasi apa? Apapun caranya, kita tetap harus melakukan kegiatan mudik yang terencana dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, maka mudik pun akan terasa lebih aman dan mengasyikkan.
Nah, inilah beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk melakukan perjalanan untuk mudik. Terutama untuk pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, ya. Apa saja yang perlu dipersiapkan?
  1. Siapkan kendaraan dalam kondisi yang baik dan layak untuk melakukan perjalanan. Perhatikan kondisi mesin, keadaan rem, kondisi ban dan perlengkapan lainnya. 
  2. Perhatikan banyaknya penumpang yang sesuai, dengan kapasitas kendaraan. Jika terlalu banyak penumpang, bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Apalagi bila melakukan perjalanan yang jauh. Muatan yang berlebih juga dapat membahayakan keselamatan semua penumpang.
  3. Kendalikan laju kendaraan dalam batas yang aman. Hindari saling susul menyusul, atau mengemudi dengan ugal-ugalan. Patuhilah peraturan lalu lintas yang ada. Karena bukan keselamatan kita saja yang dipertaruhkan, ada banyak pengguna jalan yang harus kita jaga juga keselamatannya.
  4. Istirahat di tempat yang aman jika merasa lelah. Hindari berhenti di tempat yang sepi. Pilihlah tempat yang ramai, seperti di rest area, di pom bensin atau di mesjid yang besar. Hal ini juga menghindari agar tidak terjadi tindakan kriminalitas.
  5. Membawa makanan dan minuman yang cukup. Ketika menghadapi kemacetan yang panjang dan memakan waktu lama, pengemudi akan mengalami kelelahan dan stress. Hal ini berpotensi menimbulkan rasa lapar dan haus. Untuk menghindari hilangnya konsentrasi, sebaiknya persediaan makanan dan minuman telah tercukupi. Bawa juga perlengkapan dan makanan ringan yang dapat mengalihkan perhatian anak selama di perjalanan. Mainan atau buku favorit mereka, perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi anak rewel.
  6. Bawa peta atau GPS, jika hendak melakukan perjalanan yang tidak begitu dikenal daerahnya. Peta dan GPS juga sangat berguna jika kita hendak melewati jalan alternatif, ketika berniat menghindari jalan utama yang telah macet.
  7. Membawa uang secukupnya. Perkirakan besarnya biaya untuk membeli bensin atau untuk makanan. Bila ada keperluan mendesak lainnya, lebih baik mengambilnya di ATM terdekat saja. Simpan uang pada tempat yang terpisah untuk menghindari kecopetan. Hindari juga memakai perhiasan yang berlebihan dan mencolok. Selain rawan dirampok juga untuk melindungi keselamatan diri kita sendiri. 


Selain persiapan mudik yang terencana seperti telah dipaparkan sebelumnya, sebaiknya kita juga membawa surat-surat atau perlengkapan yang berhubungan dengan kesehatan maupun keselamatan selama berkendara. Misalnya saja, dengan membawa kartu kesehatan atau kartu asuransi kecelakaan diri. Karena kita tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi, ketika sedang melakukan perjalanan mudik.

Kepemilikan asuransi, kini telah menjadi bagian penting bagi kehidupan kita. Di saat melakukan perjalanan, kita pasti berusaha sebaik mungkin menjadi pemudik yang santun dan menjaga keselamatan. Namun orang lain belum tentu, bukan? Oleh karenanya memiliki asuransi kecelakaan diri, sangat penting untuk direncanakan ketika mudik.

Belum memiliki asuransi untuk melindungi keluarga kita? Tidak paham karena prosedurnya yang sulit dan produknya yang berbelit-belit? Kini ada Futuready yang bisa membantu semua kesulitan kita, loh! 


Bagaimana caranya, ya? Jadi gini, teman-teman, kita bisa mencari asuransi yang paling pas atau cocok untuk kita miliki dengan bantuan Futuready. Situs ini merupakan broker asuransi online yang menyediakan produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka.

Futuready membantu kita menjelaskan tentang asuransi, dalam bahasa yang mudah kita mengerti dan informasi yang ringkas serta sederhana. Dan yang asyiknya lagi, broker asuransi ini tidak memungut biaya apa pun untuk informasi dan saran yang akan diberikan pada kita.

Nah, semakin mudah untuk memiliki asuransi untuk perlindungan keluarga, bukan? Bagaimana dengan teman-teman, sudah siap mudik sambil membawa kartu asuransi kecelakaan diri dan kartu kesehatannya? Mudik yang terencana itu, aman dan mengasyikkan, bukan?

Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan, ya..
 

12 comments:

  1. Alangkah nyamannya jika perjalanan mudik sudah mendapat proteksi maksimal ☺

    ReplyDelete
  2. Bener banget niy mudik tuh butuh persiapan yang maksimal dari segi lahir dan batin nya. Ditambah lagi dengan bekal asuransi, makin jos aja niy.

    Mudik makin asyik ya dan tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, persiapannya harus maksimal, lahir dan bathin :)

      Delete
  3. wa perjalanan mudik jd lancar krn ada asuransi perjalanan ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada asuransi, mudik jadi lancar dan tenang, mbak

      Delete
  4. Wah asyik banget ya Mbak, ada aplikasi Futuready. Bermanfaat banget supaya kita bisa paham dan mengerti kelebihan serta kekurangan setiap asuransi. Kita juga tahu mana asuransi yang cocok untuk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, jadi lebih mudah milih asuransi yang cocok ya :)

      Delete
  5. Bener banget nih, perlu persiapan yang bener-bener extra.

    ReplyDelete
  6. Bener-bener harus disiapin baik-baik ya, Mbak. Biar nyaman dan tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak persiapannya harus mateng, biar mudik aman :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}