Menciptakan Generasi Platinum Melalui Stimulasi Kecerdasan Anak

Potensi kecerdasan setiap anak sangat luar biasa, bahkan anak yang mempunyai berkebutuhan khusus pun jika diberikan stimulasi dengan baik, akan membawa kesuksesan di kehidupannya.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Menciptakan Generasi Platinum Melalui Kecerdasan Anak
Seperti kita ketahui, setiap orang memiliki Multiple Intelligence atau kecerdasan multi talenta. Terdiri dari 8 kecerdasan dan tidak semua kecerdasan tersebut dominan. Agar terciptanya anak generasi platinum, orang tua perlu memberikan stimulasi pada kecerdasan anak yang paling menonjol. Dengan stimulasi yang baik, maka kecerdasan anak akan terasah dan menjadi sumber keberhasilan untuk masa depannya. 

Pahami Kecerdasan Yang Dominan
Untuk memberikan stimulasi pada anak, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kecerdasan yang dominan pada anak kita. Cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mengamati apa yang menjadi kebiasaan, minat dan hobi anak.

Kecerdasan dominan yang saya lihat dari Haikal, yaitu kecerdasan natural. Salah satu ciri yang dimilikinya yaitu sangat menyukai binatang. Beberapa kali merengek pada saya untuk bisa memiliki binatang peliharaan. Tentu saja, kami selaku orang tuanya, tidak keberatan jika dia mempunyai binatang peliharaan, asalkan Haikal mau bertanggung jawab.

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Anak dengan kecerdasan natural, senang sekali bermain dengan kucing
Setelah mengerti tugas dan tanggung jawabnya jika memiliki binatang peliharaan, akhirnya kami memperbolehkan Haikal memiliki peliharaan. Kebetulan ada anak kucing yang selalu datang ke rumah, yang akhirnya sampai sekarang menjadi binatang peliharaannya.

Kecerdasan lain yang saya lihat ada anak lelaki saya, yaitu kecerdasan kinestetik. 
Ciri yang menonjol pada anak cerdas kinestetik, menurut Prof, Dr. Howard Gardner, yaitu memiliki daya kontrol fisik yang baik, respon yang terlatih, reflek yang baik, banyak bergerak ketika sedang belajar, senang melakukan olahraga fisik, mahir dengan kerajinan tangan, suka bermain dan belajar dengan melibatkan diri, resah jika tidak melakukan apa-apa dan memiliki pola pikir mekanik.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Berlatih futsal, tidak lupa membawa bekal Susu Morinaga Chil-Go!
Haikal senang berolahraga, terutama olahraga futsal. Dia pun tidak suka, duduk diam atau tenang. Saya sempat khawatir dengan semua kegiatannya. Sepulang sekolah, setiap Hari  Senin, Kamis dan Sabtu, Haikal mengikuti latihan futsal. Tanpa istirahat terlebih dahulu, langsung pergi ke tempat latihan. Yang saya khawatirkan anak lelaki saya itu akan jatuh sakit. Karena banyak aktivitas yang dia lakukan. 

Untuk menghindari hal itu, saya selalu mempersiapkan gizi yang baik untuk menjaga kesehatannya. Makanan yang bergizi ditambah susu. Selain di rumah, Haikal yang senang minum susu, juga membawa bekal untuk di sekolah. Begitu pula ketika berlatih futsal, sebotol susu Chil-Go! dipersiapkan untuk mengisi waktu istirahat.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Bekal untuk ke sekolah, tidak lupa membawa Susu Chil-Go!
Mengapa Chil-Go!? Karena susu produksi dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga ini memiliki beberapa keistimewaan. Susu ini mendukung pertumbuhan dan pertahanan tubuh ganda. Kandungan Prebiotik, Zink dan Vitamin A,C serta E dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kita.

Alasan memilih Susu Chil-Go!
Kalbe mempunyai misi untuk menghasilkan produk bernutrisi yang baik untuk generasi muda Indonesia. Kini masyarakat bisa saling berinteraksi, berbagi informasi, serta mendapatkan informasi mengenai produk yang berkualitas, melalui Kalbe E-Store. Website ini juga dapat membantu masyarakat, untuk memperdalam pemahamannya mengenai produk nutrisi yang berkualitas demi membantu memelihara kesehatan.
Oleh karena itu, saya merasa aman untuk mengonsumsi produk dari Kalbe, terutama Susu Morinaga Child-Go! yang dapat memelihara kesehatan anak saya.
   
Agar anak-anak dapat terus menikmati susu dalam olahan yang lebih bervariasi, saya pun mengolahnya dalam bentuk makanan lain. Selain mencampurkannya untuk membuat sop buah, saya dan Haikal pun sering berkreasi membuat milkshake. 

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Bahan untuk membuat milkshake
Cara membuatnya tidaklah sulit hanya dengan menghaluskan biskuit coklat, es batu dan Susu Chil-Go! rasa vanila, maka milkshake yang manis dan menyegarkan pun akan habis dalam sekejap.
 
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Milkshake yang manis dan dingin menyegarkan
Melakukan Stimulasi 
Ketika saya sudah merasa yakin, jika kesehatan dan kebugaran anak telah terjaga dengan asupan gizi yang baik, maka saya dapat menstimulasi kecerdasan paling dominan yang dimiliki oleh Haikal.

Menstimulasi kecerdasan natural tidaklah begitu sulit, kita bisa mengajak anak untuk bermain di alam, dekat dengan lingkungan sekitarnya serta mengenal tentang tumbuhan, bebatuan dan hewan.

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
 
Setelah memberikan stimulasi untuk kecerdasan naturalnya, saya pun mencoba menstimulasi kecerdasan kinestetik Haikal. Anak yang menonjol pada kecerdasan kinestetiknya, menurut Howard Gardner, semestinya dilatih fisiknya yang mencakup koordinasi, keseimbangan, ketrampilan dan kekuatan. Caranya menggunakan objek, cara belajar memakai gerakan, serta menggunakan model seperti lego, mesin, kerajinan dan bermain peran.

Nah, untuk mendukung gaya belajar yang baik untuk anak kinestetik, saya pun membuat model berupa kerajinan agar bisa dijadikan alat peraga. Hal ini untuk menstimulasi koordinasi mata dan tangan.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Hasil karya Haikal dari kardu bekas dan botol bekas minuman
Kebetulan sekali, di rumah banyak botol bekas Susu Morinaga Chil-Go! dan kardus pembungkusnya. Untuk melatih ketrampilannya, saya menstimulasi Haikal dengan cara mengajaknya membuat kerajinan dari barang yang sudah tidak terpakai lagi. Karena anak kinestetik, senang belajar melalui bermain peran, maka saya dan Haikal sepakat untuk membuat berbagai macam alat transportasi dari botol susu dan robot dari kardus.

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut, selain botol minuman dan kardus, dibutuhkan pula gunting, lem, penggaris serta pensil.

Cara membuatnya pun terbilang mudah untuk anak usia 9 tahun. Namun ada beberapa tahapan yang perlu mendapat bantuan dari orang tua. Karena dikhawatirkan dapat membahayakan anak.
Untuk menstimulasi keseimbangan dan kekuatan tubuhnya, saya mengajak Haikal untuk bermain di alam. Kegiatan ini, sekaligus merangkap stimulasi kecerdasan natural yang dimiliki Haikal.
 
Oh iya, ternyata, tidak hanya kami yang perhatian dengan stimulasi kecerdasan anak. Morinaga meluncurkan Program Bekal Masa Depan  Chil-Go! (BMD Chil-Go!), yang mendukung orang tua, menciptakan Generasi Platinum melalui stimulasi kecerdasan anak

Dan kemarin secara tidak diduga, saya juga mendapat tantangan dari Ria Miranda untuk mengikuti program BMD Chil-Go! Program yang menyediakan sarana bagi orang tua menyumbangkan idenya, dalam menstimulasi kecerdasan yang dimiliki buah hati. Berikut ini tantangan Ria Miranda melalui akun instagram saya :


Hal ini sejalan dengan keinginan saya dan suami untuk menstimulasi kecerdasan yang dimiliki anak kami. Oleh karena itu, saya merasa tertantang untuk mengikuti program tersebut. Apalagi, saya juga sudah mempunyai bahan untuk Haikal. Lalu, bagaimana dengan teman-teman? Mari kita sukseskan program tersebut, yuk! Agar semakin banyak generasi platinum di negeri ini.
  
Selain menfasilitasi ide orang tua dalam menstimulasi kecerdasan anak, program yang diusung oleh Morinaga Chil-Go! tersebut, juga mendukung mempersiapkan tabungan pendidikan anak.

Mengapa Dana Pendidikan Harus Dipersiapkan?
Dana asuransi pendidikan anak sangat penting untuk dipersiapkan. Mengapa? Karena dana pendidikan tersebut dapat melindungi masa depan anak. Kita tidak akan pernah tahu, berapa lama kita akan hidup. Dengan memiliki dana asuransi pendidikan, anak tetap akan mendapatkan biaya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang tinggi meskipun orang tuanya meninggal dunia.

Selain itu, dana pendidikan perlu kita persiapkan sedini mungkin selagi anak masih kecil. Karena semestinya kita harus siap, dengan biaya pendidikan  yang akan bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, jangan sampai, deh, kita kerepotan dengan biaya pendidikan anak-anak di masa depan nanti.

Tidak hanya kita yang mengkhawatirkan dana pendidikan untuk anak di masa depan mereka nanti, di dalam tayangan berikut ini, kita pun dapat melihat ada orangtua lainnya yang memikirkan bagaimana cara mendapatkan dana pendidikan.

 
Kini, kita tidak perlu merasa terlalu risau. Karena kita bisa mendapatkan dana asuransi pendidikan dengan mudah. Salah satu caranya, dengan mengikuti Program BMD Chil-Go!. 

Dalam program tersebut, orang tua yang memiliki ide terbaik dalam melakukan stimulasi kecerdasan anak, akan mendapatkan hadiah berupa dana asuransi pendidikan. Wah, siapa yang tidak tertarik? Tentu semua orang tua akan tertarik mengikuti program dari Morinaga ini, bukan? Lumayan banget, hadiahnya, loh! Ikutan, yuk!

Jika berminat untuk mengikuti Program BMD Chil-Go!. Caranya cukup mudah. Morinaga memberikan kita  pilihan, untuk mendaftar melalui mekanisme secara online atau dengan cara offline. 


Cara ikutan dengan mekanisme online yaitu :
  1. Kita membeli minimal 6 botol susu Morinaga Child-Go! melalui www.kalbe store.com dan di www.orami.com dari Bilna, kemudian kita akan mendapatkan sebuah kode unik. Kode unik ini akan dikirimkan melalui email atau sms dalam waktu 2 X 24 jam setelah pembayaran diterima. Kode unik tersebut berlaku 30 hari hitungan kalender setelah dikirimkan.
  2. Setelah mendapatkan kode unik, daftarkan diri kita di www.BekalMasaDepan.com.
  3. Dengan memasukkan kode unik, maka kita pun telah bergabung dalam Program BMD Chil-Go! Di dalam website tersebut, kita bisa memilih kecerdasan mana yang sesuai dengan anak kita.
  4. Selanjutnya unggah ide yang kita miliki untuk menstimulasi anak menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.
  5. Bagikanlah keikutsertaan ke media sosial yang kita miliki dengan menggunakan hastag #BMDChilGo, kemudian tag 5 teman kita untuk ikut bergabung.


Sedangkan cara ikut dengan mekanisme offline yaitu :
  1. Membeli susu Chil-Go! di toko terdekat yang bekerja sama dalam wesite BMD Chil-Go! termasuk hypermarket, supermarket dan minimarket. Lalu, kumpulkan bukti struk pembeliannya.
  2. Unggah formulir yang ada di www.bekalmasadepan.com kemudian isi dengan data diri. Bentuklah formulir tersebut hingga menjadi sebuah amplop yang siap kirim. Kirim ke PT Bounche Indonesia Thamrin Office Park AA03-AA05 Jl.Boulevard Teluk Betung -Jakarta 10240.
  3. Sertakan struk pembelian yang asli beserta formulir pendaftaran ke PT Bounche Indonesia selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal pembelian. Pihak penyelenggara akan melakukan verifikasi selama 5 X 24 jam.
  4. Selanjutnya kita akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi kode unik melalui email dan sms bila bukti struk pembelian kita dinilai valid oleh juri.
  5. Setelah itu, unggah ide yang kita miliki dalam menstimulasi anak agar menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.
  6. Bagikan ide yang telah kita unggah, ke media sosial yang kita miliki dengan menggunakan hastag #BMDChilGo, kemudian tag 5 teman kita untuk ikut bergabung.
Itulah cara agar bisa menyumbangkan ide stimulasi kecerdasan anak. Mudah, bukan? Dan cara saya mengikuti program ini, adalah dengan mendaftar melalui cara offline. Inilah tahapan yang saya lakukan untuk mengikuti Program BMD Chil-Go!

Pertama, saya membeli Susu Morinaga Chil-Go! di minimarket yang lokasinya dekat dengan perumahan. 
 
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Kedua, saya mendownload formulir keikutsertaan yang ada di website www.BekalMasaDepan.com yang selanjutnya diprint untuk diisi dengan data diri saya dan anak lelaki saya. Setelah diisi, saya kirimkan formulir yang telah dibentuk menjadi amplop tersebut ke PT Bounche Indonesia. Tidak lupa, saya selipkan struk pembelian yang asli untuk dikirimkan bersama formulir tersebut.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Ketiga, menyimpan bukti pengiriman formulir tersebut. Bersama foto/scan formulir dan foto/scan struk pembelian, bukti pengiriman yang telah di foto/di scan dikirimkan melalui email penyelenggara.

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Keempat, saya pun mendapatkan email dan sms yang berisi kode unik. Kode unik tersebut, digunakan untuk memasukan ide cara menstimulasi kecerdasan anak.

Kelima, saya menggunakan kode unik tersebut untuk ikut serta dalam Program BMD Chil-Go!

Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya, saya menstimulasi Haikal dengan cara meminta dia untuk membuat robot dari kardus bekas dan bermacam-macam alat transportasi dari botol minuman bekas. Tujuan dari aktivitas membuat pola, menggunting, membentuk serta menempel, dapat melatih koordinasi mata dan tangan Haikal. 

Karena saya ingin berpartisipasi dalam Program BMD Chil-Go! maka saya pun mengikutsertakan aktivitas Haikal ketika membuat kerajinan dari kardus bekas dan bekas botol minuman.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Untuk membuat robot, saya membantunya dengan membuat pola dasar, yang kemudian digambarkan pada kardus. Setelah itu, dengan mengikuti pola yang ada, anak lelaki saya pun mengguntingnya. Sebaiknya dampingi anak ketika sedang menggunakan benda tajam, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Setelah pola robot terbentuk, dengan menggunakan stiker bergambar, Haikal pun menyempurnakan bentuk robot yang dibuatnya.

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Sedangkan untuk membuat alat transportasi, alat yang dibutuhkan yaitu kardus bekas, botol minuman bekas, gunting, serta lem. Tujuan stimulasi ini  untuk keseimbangan koordinasi antara mata dan tangan anak.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html
Selain itu, dengan membuat mainan dari barang yang tidak terpakai lagi, dapat melatih kesabaran anak. Menggunting pola yang kecil, merekatkan bidang yang sempit, harus dilakukan lebih teliti.
Setelah miniatur alat transportasi selesai dibuat, Haikal pun bermain peraga dengan dilengkapi robot buatannya. Di sini, anak lelaki saya belajar merangkai kata dalam bermain peran. 

http://www.nurulfitri.com/2016/08/ciptakan-generasi-platinum-melalui-stimulasi-kecerdasan.html

Setelah hasil ketrampilan selesai, maka saya pun memasukkan ide tersebut ke dalam website www.BekalMasaDepan.com. Langkah yang saya lakukan untuk memasukkan ide tersebut yaitu :

Pertama, log in ke website www.BekalMasaDepan.com dengan menggunakan email yang telah terdaftar. Memasukkan ide yang saya miliki dengan menggunakan kode unik. 

Kedua, saya memilih satu kecerdasan yang akan diberi stimulasi. Setelah itu, saya pun harus memasukkan judul yang menarik dan maksimal terdiri dari 2 buah kata atau 120 karakter.

Ketiga, saya mulai menuliskan cerita, ide yang saya miliki untuk memberi stimulasi kecerdasan anak. Tidak lupa saya sertakan foto atau video yang mendukung.

Keempat, menunggu verifikasi dari pihak penyelenggara.

Yeay, akhirnya saya ikut serta dalam memberikan ide untuk menstimulasi kecerdasan anak. Semoga bisa bermanfaat untuk anak saya dan juga generasi platinum di negeri ini. Aamiin.

Oh, iya, jika ayah bunda ingin mengetahui informasi mengenai program ini, atau ingin mengetahui promo yang ada, dapat berkunjung ke media sosial Morinaga Platinum.
 
Facebook   : Morinaga Platinum
Twitter      : @morinagaid
Instagram  : @MorinagaPlatinum 

28 comments:

  1. Stimulasi kecerdasan anak memang penting banget ya

    ReplyDelete
  2. ulasannya cakeppp bin lengkap mbk, kece euyyyy,
    aku jg mau ikutan bmd ah, kali aja rejeki dpet dana pendidikan, tengkiu infonya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ikutan, Mbak. Lumayan kan hadiahnya he he he

      Delete
  3. semoga anak mbak nurul selalu diberi kesehatan dan menjadi anak yang soleh utk kedua orang tuanya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..aamiin, terima kasih atas doanya, Mas Robby :)

      Delete
  4. Bener banget mba. Sebagai org tua sangat penting ya untuk mengenal tipe kecerdasan anak biar stimulasinya tepat..

    Duh bang haikal kreatif banget.. tar ajarin bintang bikin robotnya juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat robotnya gak begitu sulit, kok, Mbak. Cukup mudah untuk anak 9 tahun :)

      Delete
  5. btw milkshakenya juga bisa loh mbak di bikin ice cream :D
    sepertiny enak, aalagi dengan tambahan chil-go ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya...bisa dibuat jadi ice cream...hmm yummy ya...

      Delete
  6. Waah haikal kreatif niih bisa bikin mainan seru sendiri

    ReplyDelete
  7. Kreatif euy, daripada beli mainan mending bikin sendiri ya dari botol bekas susu. Itung-itung sambil belajar keterampilan dan stimulasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Daripada beli mainan terus :)

      Delete
  8. wahhhh adik saya mungkin juga akan saya terapkan simulasi seperti ini.... thanks sharenya... sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku juga sangat suka kucing, jd masuk ke kecerdasan natural ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak April, itu termasuk kecerdasan natural

      Delete
  10. waah Haikal ..
    seneng ya bisa main n bikin robot2an

    makasih sharing2nya , woow lengkap banget

    ReplyDelete
  11. Bebaskan anak berkreasi ya mbak karena akan membentuk kecerdasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, supaya anaknya lebih kreatif juga :)

      Delete
  12. Wah kreatif yah, semoga anak- anak kita sehat selalu ya mbak dan selalu berkreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga semua sehat selalu, ya..

      Delete
  13. Stimulasi kecerdasan memamg penting ya Mba.. Apalagi orangtuanya kan belum paham sejak awal anaknya menonjol d kecerdasan apa.. Jd harus kreatif.:)

    Ide permainannya seru Mba..! 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang tua memang yang paling mengerti tentang anak-anaknya ya..

      Delete
  14. Wah hasil karya Haikal bagus juga, kreatif!
    Anakku waktu kecil juga minum morinaga :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}