Wisata de' Ranch Lembang


http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
De' Ranch Lembang
Wisata de'ranch LembangBagi sebagian besar orang, hari-hari di akhir minggu merupakan saat yang dinanti-nanti. Begitu dinanti karena pada saat itulah, biasanya kita bisa berkumpul dengan keluarga dan melakukan aktivitas bersama. 

Begitu pula dengan keluarga saya yang sangat menantikan akhir minggu, agar bisa berlibur bersama. Selain mencari tempat untuk membuat pikiran lebih fresh, rileks dan terlepas dari stres, berlibur juga bisa mendekatkan bonding diantara kami.

Tempat wisata yang dekat dengan kota kami dan memiliki banyak pemandangan yang menarik, berada di Lembang. Daerah yang sejuk di sisi sebelah utara Kota Bandung ini, memang banyak memiliki tempat wisata yang terasa sayang, jika tidak kita kunjungi. 

http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Berkuda dengan kostum cowboy
Salah satu tempat wisata di Lembang yang cukup sering kami kunjungi adalah de' Ranch. Mengapa kami bisa mengunjungi tempat ini hingga beberapa kali? Alasan kami adalah :
  • Tempat wisata ini dekat dengan jalan besar penghubung Kota Subang (tempat tinggal kami) dan Kota Bandung.
  • Wilayah tempat wisata ini, cukup luas. Terdapat beberapa lapangan rumput yang dijadikan sebagai kadang kuda dan kandang sapi. Banyaknya pepohonan di tempat ini, dapat memanjakan pengunjung dengan kandungan oksigen yang berlimpah.
  • Wahana permainan di sana pun cukup beragam. Dari permainan yang biasanya dinikmati oleh anak-anak dan dewasa hingga aktivitas yang biasa dilakukan oleh para cowboy dan bangsa Indian. 
  • Tiket masuk tempat wisata ini cukup murah yaitu sebesar Rp. 5.000. Tiket ini pun bisa ditukarkan dengan segelas susu murni. Ada beberapa varian yang disediakan di sana. Rasa stawberry, rasa melon atau untuk yang menyukai rasa susu aslinya, bisa memilih yang tawar.
http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Berkuda dengan kostum cowboy
Jika saat sebelumnya anak-anak senang bermain di bagian sebelah kanan pintu masuk, kedatangan kami kali ini, ingin menikmati permainan yang ada di sebelah kiri kawasan wisata yang terkenal dengan perternakan kuda itu. Oh iya, sebelumnya saya juga pernah menceritakan saat kami menikmati wahana bagian kanan, yang di dominasi oleh permainan ala cowboy.


Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, sebelah kanan tempat wisata ini, menampilkan nuansa yang biasa ada di daerahnya para cowboy. Untuk yang mau menunggang kuda, tempat ini menyediakan kuda-kuda besar yang siap dtunggangi dengan memakai kostum ala cowboy.

Demi untuk keselamatan pengunjung dan kesehatan kuda di sana, pengunjung yang hendak menunggang kuda, dibatasi berat badannya. Yang memiliki berat badan diatas 80 kg, tidak diperkenankan untuk berkuda.

Selain menunggang kuda, ada juga wahana tempat mencari batu emas. Permainan ini mengajak kita untuk seolah-olah berburu harta karun di dalam sungai. Dulu, anak-anak saya menyukai permainan ini. Karena bisa bermain air sambil menikmati keseruan mencari batu berwarna emas diantara ribuan batu yang ada di kolam tersebut.

Batu emas yang mereka peroleh, nantinya disetorkan kepada petugas dan kemudian ditimbang beratnya. Berdasarkan berat yang diperoleh, pencari harta karun tersebut bisa mendapatkan souvenir yang bisa dibawa pulang.

Sepertinya, anak saya masih menyukai permainan mencari batu tersebut. Namun karena kebanyakan yang bermain di sana anak-anak balita, sekarang mereka sepertinya agak sungkan untuk menikmati wahana itu.

Kakak dan adek kini lebih memilih bermain di wahana yang ada di sebelah kiri tempat Wisata de' Ranch Lembang. Jika di bagian sebelah kanan, didominasi permainan para cowboy, maka di sebelah kiri para pengunjung bisa bermain ala suku Indian. Dan salah satu permainan yang disukai oleh kakak, yaitu memanah.

http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Memanah dengan mengenakan kostum suku Indian
Bagi umat Islam, memanah merupakan olahraga yang diajurkan oleh Rasulullah selain berkuda dan berenang. Di tempat ini, anak-anak saya bisa melakukan dua olahraga, yaitu memanah dan berkuda dalam satu waktu

Tradisi yang sering dilakukan oleh Bangsa Indian ini, dapat menciptakan karakter yang kuat dan dapat membuat pribadi anak yang hebat dan bijaksana. Selain itu, memanah dapat melatih konsentrasi, melatih kesabaran dan menjaga fleksibilitas otot serta melatih ketajaman mata.

Jika boleh saya membandingkan, sarana memanah yang ada di de'Ranch, tidak sebagus yang ada di Dusun Bambu, Parongpong. Busur panahnya kurang kuat. Talinya pun terlihat mulai kendor. Anak panah yang ada di sini, tidak memiliki ujung yang berfungsi untuk mengaitkan anak panah pada tali busur. Sehingga tidak ada tumpuan agar anak panah bisa melesat jauh menuju sasaran. 
Etapi, ini menurut saya, ya.. teman-teman dapat mengamati busur panah, yang ada di tempat wisata Dusun Bambu seperti gambar berikut ini :

http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Properti memanah yang ada di Dusun Bambu - Parongpong

Namun, kekecewaan kami terhadap properti yang kurang memadai, dapat terobati dengan perlengkapan kostum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Ketika melakukan permainan memanah yang ada di de' Ranch, pengunjung dapat menggunakan kostum Indian, lengkap dengan asesoris pendukungnya.

Selain memanah, bagian sebelah kanan tempat wisata ini juga menyediakan arena kuda tunggang yang dilengkapi dengan kostum suku Indian. Selama beberapa kali berkunjung ke de' Ranch, anak-anak selalu mengenakan kostum cowboy ketika menunggang kuda. Sedangkan berkuda dengan kostum Suku Indian, mereka belum pernah mencobanya. Mungkin saat kunjungan kami berikutnya, mudah-mudahan mereka berkesempatan menunggang kuda dengan kostum Indian.

Oh iya, di tempat wisata ini juga tersedia tenda khas suku Indian, loh! Sehingga suasana tempat tinggal Suku Indian, semakin terasa, deh!
 
http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Tenda Suku Indian
Di bagian kiri tempat wisata ini, pengelola juga menyediakan permainan bola raksasa. Anak lelaki saya, menyukai permainan yang membutuhkan ketangkasan dan kekuatan otot. Untuk menikmati permainan ini, pengunjung hanya bisa bermain selama kurang lebih 15 menit saja. Selain banyaknya antrian anak yang mau bermain bola di atas air ini, keselamatan pemainnya juga menjadi perhatian pengelola tempat ini.
 
Dengan latar belakang kandang sapi, anak-anak bisa bermain, berguling dan berlari di dalam bola raksasa dengan riang gembira. Seru, bisa berguling-guling seperti hamster, begitu kata anak lelaki saya, ketika ditanya mengapa dia amat menyukai permainan ini.

http://www.nurulfitri.com/2016/10/wisata-de-ranch-lembang.html
Bola air raksasa
Setelah puas bermain, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang ada di tempat Wisata de' Ranch ini. Kudapan ringan seperti tempe mendoan, tahu brintik, sosis bakar, dan makanan ringan lainnya disediakan di kios-kios kecil yang terletak di sebelah kanan dan kiri pintu masuk.
Untuk yang menyukai makanan berat, bisa memilih aneka macam masakan khas sunda atau makanan ala western di cafetaria.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa jaket atau pakaian pelindung lainnya karena suhu di sana cukup dingin. Percaya, deh, suasananya yang adem dan asri bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh dan rileks, loh!

42 comments:

  1. Hmmm, menarik sekali ya, meskipun saya pernah ke Lembang, tapi belum tau ada wisata ini, soalnya saya jarang ke Bandung /subang sih, nggak gaul, hahaha..

    Itu kasian juga yang obesitas nggak bisa naik kudanya, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he..ayo gaul ke Bandung, Mas :)
      Iya, kalo yang obesitas naik kuda, nanti kasian kudanya ya...

      Delete
    2. Kudanya mesti yang obesitas lagi kali ya, hahaha

      Delete
  2. Berkuda dan memanah sunah rosul banget nih..keren konsepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, ditambah berenang, makin komplit ya..

      Delete
  3. Masuk dream list banget ini Mba D'Ranch. Duh, pengen cepet2 pindah dari Palopo kalau baca ginian :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti dapat waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bandung, ya, Mbak :)

      Delete
  4. Kyahh... Lembang... oh Lembang... :D kapan bisa kesana? Xixiixi
    Aku pingin bnget nyobain main bola raksasa itu mbak. Bwahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mbak, diagendakan ke Lembang. Supaya bisa nyobain bola raksasanya :)

      Delete
  5. Baca artikel ini jadi pengen ke De'ranch..haha..seru juga ya mba..ada aktivitas memanahnya segala..kapan2 mau coba ahh..hehe

    ReplyDelete
  6. seger banget liatnya mba, anak2 saya pasti suka. Bandung emang top

    ReplyDelete
  7. Iyaa mba..
    De Ranch itu salah satu tempat favorit kluarga kami kl sedang berlibur.

    Di sana semua harganya reasonable.
    Beda banget sama Dusun Bambu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, ternyata kita sama, ya. tempat favoritnya di de' Ranch.
      Memang sih, kalau soal harga mending di de'Ranch ya...

      Delete
  8. ANtrian masuk ke D'Ranch penuh nggak mbaa. Pernah ngelewatin kok pas antri ya. Lembang emang banyak tempat menarik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mulai gak penuh, kok. Kayaknya udah mulai terbagi pengunjungnya. Karena di dekatnya ada Lodge Maribaya, Floating Market, Farmhouse yang sama-sama jadi daya tarik wisatawan.

      Delete
  9. Seru kayaknya nih. Semoga suatu saat bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  10. kami yaa bolak balik bandung, tp blom pernah nyoba de ranch ini mbaa...suka males macetnya duluan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghindari macet, ke sananya pagi-pagi, Mbak :)

      Delete
  11. Serasa liburan diluar negeri yah

    ReplyDelete
  12. Duh moga kesampaian pas pulkam mampir dulu ke sini.

    ReplyDelete
  13. Ranch Lembang ini kamilah yang memplot lokasinya(melakukan survey pengukuran/ maping) dan mendesain peruntukkan yang sekarang ada di dalam ranch Lembang sesaat baru lulus kuliah dulu....eladala jadi bagus banget ya...lah sayahnya malah belum pernah balik lagi kesana setelah jadinya teh...kumaha ieu teh atuh nyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh, Mang Lembu, mampir ke sana atuh. Lihat hasil kerja sendiri. Semakin bagus, loh!

      Delete
  14. Bawa anak liburan ke sini memang cocok
    kapan2 pengen balik lagi :)

    ReplyDelete
  15. kl lg jalan2 ada perubahan suasana dari rutinitas sehari2 ya mbak :) dan kegembiraan yang dirasakan brg keluarga itu juga jd hal yg menyenangkan dan memorable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, gak usah susah mencari kebahagiaan. Pergi sama keluarga akan sangat menyenangkan dan memorable.

      Delete
  16. widih keren banget ya, padahal tiket masuknya murah tapi wahana yang ditawarkan beragam,, paling suka ya memanah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket masuknya murah ya, Kang. Tapi kalau mau bermain di wahananya, harus beli tiket lagi, loh! He he he

      Delete
  17. Tertarik sama naik kudanya apalagi dengan kostum ala koboy. Ya semoga nanti bisa ke tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas Anggar, naik kuda dengan kostum koboy :)

      Delete
  18. mb ajarin yang bikin album bisa gerak gerak dunk hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang, kok, Nit.
      Pake Photoscape, menyatukan beberapa gambar di bagian animated gift

      Delete
  19. Wah menarik sekali sepertinya Mbak, tapi yang bikin males di jalannya, jalur macet, palagi hari libur. Btw, salam kenal buat mbak & seluruh pengunjung blog ini.

    ReplyDelete
  20. Waaah De Ranch. Saya belom pernah ke sini. Beberapa bulan lalu, blogger2 diundang ke sini. Tapi saya sedang gak bisa. Seru ya ajak anak-anak ke sini. Iar bisa jadi koboy atau orang indian. :D

    ReplyDelete
  21. Itu bolanya bisa buat orang dewasa gak ya? :o Pengeeen :D

    ReplyDelete
  22. Tempat liburan yang sehat dan mengenalkan anak pada semesta ya. Semoga satu saat bisa ke ranch ini

    ReplyDelete
  23. Lembang memang asyik banget ya buat berlibur bawa keluarga.ramah anak juga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}