Mau Mandiri Finansial atau Meningkatkan Kemampuan? Bergabunglah dengan Joeragan Artikel

"Baik atau buruknya sebuah negara 
dapat dilihat dari bagaimana perempuan di negara tersebut."

Ungkapan tersebut menggambarkan, bahwa peranan seorang perempuan sangat penting dalam kehidupan umat manusia, baik perannya dalam rumah tangga ataupun peran publik.

Dalam perannya sebagai seorang istri dan ibu dari buah hatinya, perempuan bertugas menghadirkan keharmonisan, kebahagiaan dan kedamaian dalam keluarga.
Namun dalam menjalankan perannya tersebut, bukan berarti perempuan tidak bisa bergerak ritmis dan dinamis. Hanya statis terpaku  dengan kodratnya sebagai istri dan seorang ibu. 

Seperti halnya kaum lelaki, perempuan pun harus bisa meng-upgrade kemampuan sesuai dengan kompetensinya. Apalagi di ranah publik, perempuan juga memiliki peran strategis dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Diantaranya mengajak kepada kebaikan dan mencegah kejahatan dari lingkungan keluarga hingga meluas ke lingkungan sosialnya.


http://www.nurulfitri.com/2017/11/mandiri-finansial-bersama-joeragan-artikel.html
Dapat dipastikan inilah alasan di balik terbentuknya Joeragan Artikel. Ummi Aleeya sebagai foundernya, merasa perlu membentuk wadah bagi perempuan-perempuan yang ada di sekitarnya untuk bisa berdaya guna dan mandiri secara finansial.

Di tengah kemajuan teknologi, di saat semua serba elektronik, seperti hadirnya e-book, e-library, e-education dan e-commerce, perempuan pun dituntut untuk bisa turut ambil bagian di dalamnya.

Dengan memanfaatkan media online, ibu dari 4 orang anak ini membuka kelas pelatihan yang diperuntukkan khusus bagi perempuan. Pelatihan yang bertujuan mengembangkan kemampuan menulis, sekaligus memfasilitasi pesertanya hingga mandiri secara finansial dengan cara memanfaatkan kemampuannya tersebut.

Saya termasuk salah satu alumni Joeragan Artikel, yang berkesempatan mengembangkan kemampuan menulis. Tidak hanya menulis artikel, di Joeragan Artikel kita juga dibimbing untuk langsung mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh. Dengan begitu, alumni JA semakin bertambah pengalamannya, bertambah porfolionya serta bisa memiliki penghasilan.

Dari setiap kelas training, peserta yang telah mendapatkan ilmu tersebut dibentuk menjadi sebuah kelompok yang diberi julukan "pasukan". Setiap pasukan dibuatkan nama sesuai dengan kelas training yang telah diikuti. Contohnya saja, peserta yang telah mengikuti Kelas Status Cantik maka diberi julukan Pasukan Endorse, sesuai dengan ilmunya membuat tulisan soft selling.

Setiap kelas yang diadakan oleh Joeragan Artikel bertujuan membuat perempuan-perempuan yang ikut serta di dalamnya untuk bisa mengembangkan kemampuannya dan mandiri secara finansial.

Lalu, apa saja pasukan yang ada di Joeragan Artikel tersebut?

Pasukan Blogger
Yang menjadi anggota pasukan blogger adalah mereka yang telah mengikuti kelas gampang menulis artikel. Kelas yang berisi pelatihan yang membahas seputar menulis artikel.

Peran pasukan blogger selain menjadi penulis di media online yang dapat membantu memasarkan sebuah produk, pasukan ini juga bertugas sebagai marketer, buzzer dan influencer. 

Didampingi oleh penanggung jawab Mak Rahayu Asda Putri dan Mak Dira Indira, pasukan ini setiap minggu mengadakan tantangan untuk menulis postingan setiap dua kali dalam seminggu. Kegiatan ini otomatis sangat membantu anggotanya dalam mengasah kemampuan menulis. Semakin sering membuat postingan, semakin sering berlatih maka kemampuan menulisnya akan semakin meningkat.

Selain itu, di dalam grup yang diadakan di facebook ini, kerap mengadakan Give Away dengan hadiah yang menarik. 

http://www.nurulfitri.com/2017/11/mandiri-finansial-bersama-joeragan-artikel.html

Pasukan Editor
Kelas editor merupakan kelas belajar yang alumninya dibentuk menjadi pasukan editor. Ilmu mengedit naskah yang telah dikuasai tersebut, kemudian disalurkan dan langsung dipraktekkan untuk mengedit artikel yang akan tayang di web emakpintar.org

Penanggung jawab pasukan ini adalah Mak Kartika Susilowati dan Mak Lita Mayasari Rijanto.

Pasukan Endoser
Satu lagi pasukan yang bisa meningkatkan kemampuan menulis dan dapat mendulang pundi-pundi rupiah yaitu pasukan endoser. Anggotanya merupakan alumni kelas status cantik yang diadakan di media sosial Facebook. Dengan berbekal brief dan product knowledge, pasukan ini berfungsi sebagai marketer online dengan cara beriklan secara halus.

Aktivitas mereka membuat status bergizi di facebook, yang mengandung ulasan produk yang akan diiklankan. Tujuan dibentuknya pasukan endorse yaitu untuk mempertemukan pebisnis dan penulis konten untuk bekerja sama.

Hampir setiap hari mereka menuliskan status soft selling. Dengan demikian, kemampuan menulis mereka akan semakin bertambah dan yang paling menggembirakan, kegiatan ini berbayar. 

http://www.nurulfitri.com/2017/11/mandiri-finansial-bersama-joeragan-artikel.html

Sudah jelas, jika pasukan yang ada di Joeragan Artikel berfungsi meningkatkan kemampuan anggotanya. Dan ketika kemampuan mereka sudah semakin terasah, perempuan-perempuan yang ada di dalamnya bisa lebih mandiri secara finansial.

Semoga semakin banyak perempuan-perempuan yang berkeinginan untuk bisa lebih berkembang dan berpenghasilan dari kegiatan menulis. Karena perempuan pun berhak untuk berkembang, tidak hanya statis, diam di rumah tanpa melakukan hal yang bermanfaat. Teruslah bergerak perempuan Indonesia. Berkarya dan buatlah sesuatu yang bermanfaaat bagi orang lain.

18 comments:

  1. Dua duanya Mak kemandirian finansial sekaligus meningkatkan kemampuan yeeee

    ReplyDelete
  2. Amin, semoga bs terus bergerak, berkarya dan bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ... bisa tergabung dalam pasukan joeragan artikel.

    ReplyDelete
  4. Yap kalau perempuannya baik maka baik pula negara tersebut. Maka jadilah perempuan yang berjaya.

    ReplyDelete
  5. JA wadah yg tepat untuk menulis sekaligus menambah penghasilan

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillaah bisa jadi salah satu pintu rezeki

    ReplyDelete
  7. Terus belajar, berkarya dan menghasilkan bersama JA.

    ReplyDelete
  8. Peran perempuan dalam perekonomian bangsa tak dapat di kesampingkan begitu saja.

    ReplyDelete
  9. Bersama Joeragan Artikel dengan para pasukannya, semoga kita menjadi perempuan yang memberikan kontribusi positif bagi negara.

    ReplyDelete
  10. Kalau aku karena masih beginner, yang penting nambah ilmu dan teman. Semoga Semua bonus termasuk bisa mandiri secara finansial bisa segera tercapai

    ReplyDelete
  11. Bangga bergabunh dengan pasukan artikel.

    ReplyDelete
  12. jadi pasukan JA menjalin silaturahmi dan dapat fee pula. Sipp

    ReplyDelete
  13. Produktif bersama @JA emang kece badai

    ReplyDelete
  14. Wow, luar biasa. Gak nyangka saya bisa jd bagian pasukan yg super keren ini...

    ReplyDelete
  15. JA telah mewadahi banyak perempuan untuk bisa mandiri dan berkarya mengembangkan potensi diri. Salut JA!

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}