Cara Membuat Kerajinan Decoupage

CSR adalah kegiatan perusahaan/badan pemerintahaan sebagai rasa tanggung jawab pada sistem sosial dan lingkungan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan. STIA LAN sebagai lembaga pendidikan, juga turut serta memberdayakan masyarakat sekitar melalui program CSR. Salah satunya dengan cara mengadakan pelatihan membuat kreasi decoupage.

http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html

Decoupage berasal dari bahasa Perancis, de'cauper, yang berarti kerajinan atau karya seni yang terbuat dari potongan-potongan bahan, biasanya berupa potongan kertas tissue yang ditempelkan pada sebuah objek dan kemudian dilapisi oleh pernis atau pelitur.

Saya diundang oleh salah seorang teman yang bekerja di STIA LAN. Teman kuliah saya itu, sejak dulu memang menyukai kerajinan decoupage. Saya pun berkesempatan belajar membuat kerajinan dari tissue tipis tersebut bersama dengan beberapa anggota Blogger Bandung.
Bagaimana cara membuat decoupage? Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan decoupage yaitu :
  1. Media decoupage seperti talenan, tas anyam, canvas, tempat tissue dan media lainnya.
  2. Kertas tissue bergambar
  3. Gunting
  4. Lem kayu
  5. Pernis atau pelitur
  6. Cat
  7. Kuas
  8. Spon
  9. Plastik transparan yang tebal
  10. Kartu ATM/sejenisnya yang sudah tidak terpakai
  11. Hairdryer untuk mengeringkan

Cara Membuat Kreasi Decoupage
Pertama-tama pilih gambar tissue yang disesuaikan dengan media. Saya memilih media yang menggunakan talenan kayu. Sedangkan gambar pilihan saya yaitu pada kertas tissue dengan gambar pot yang berisi bunga dan dedaunan.
http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html


http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html



http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html


http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html


http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html



http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html


http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html


http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html



http://www.nurulfitri.com/2017/12/cara-membuat-kerajinan-decoupage.html

  1. Gunting tissue sesuai dengan yang diinginkan.
  2. Media yang akan ditempelkan tisu, diberi lem kayu. Keringkan. Setelah kering, tempelkan tissue dengan perlahan. Pastikan semua permukaan telah menempel erat di media.
  3. Setelah itu, ratakan tissue dengan kartu ATM/sejenisnya diatas media yang sebelumnya telah dilapisi oleh plastic tebal. Tekan-tekan perlahan, dari bagian tengah menuju pinggir hingga merata.
  4. Gunakan spon yang basah untuk membantu tissue menempel dengan sempurna. Tekan-tekan perlahan dari bagian tengah ke pinggir. Perlu diperhatikan agar tissue tidak terlalu basah sehingga bisa merusak atau membuat tissue menjadi robek. Keringkan hingga kering betul.
  5. Lapisi kembali tissue yang telah menempel tersebut dengan lem kayu. Keringkan lagi. Setelah kering, lapisi dengan pernis agar terlihat bercahaya. Keringkan kembali. Untuk media yang dipajang, pelapisan menggunakan pernis cukup dilakukan sekali saja. Namun jika menggunakan media yang sering digunakan, lebih baik pelapisan pernis dilakukan hingga tiga kali. Hal ini bertujuan agar, tissue terlihat mengkilap.

Apapun medianya, pelapisan kertas tissue tersebut dilakukan dengan langkah-langkah yang sama. Untuk media yang tidak rata, seperti tas anyam, perekatan kertas tissue perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Alhamdulillah, setelah acara pelatihan tersebut, kami para peserta diberi oleh-oleh beberapa lembar kertas tissue yang dapat kami gunakan untuk membuat decoupage di rumah.

Setelah sampai rumah, saya amati hasil kreasi yang telah saya buat bersama teman-teman. Dan saya pun puas melihat hasilnya. Tahukah teman, hal itu membuat saya jadi ketagihan untuk membuat decoupage lagi. He he he ...

Well ... siap-siap mengumpulkan bahannya, deh! Karena perlengkapan membuat decoupage tidak dijual di sembarang tempat. Peralatannya bisa kita cari di toko online atau toko offline yang menjual barang-barang kerajinan.

Nah, teman-teman, tidak sulit untuk membuat decoupage, bukan? Bahannya mudah didapat dan pengerjaannya pun mudah. Hanya perlu dikerjakan dengan sangat hati-hati, karena kertas tissu rentan sobek, ya ... Selamat mencoba!! :))


9 comments:

  1. dari dulu penasaran pengen coba bikin kerajinan decoupage tapi kalau ga liat langsung, ga kebayang.. kapan ya ?

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tahu lho bun jenis kerajinan ini. Ya ampun kreatif sekali ya orang yang pertama nemuin kreasi inj. Jadi bikin saya pengen buat juga ��

    ReplyDelete
  3. Pengetahuan baru bagi saya nih. Penasaran pengen praktek

    ReplyDelete
  4. Baru tahu caranya saya, padahal sudah punya satu tasnya... Thanks ceritanya

    Memang cantik ya Mbak..meski butuh ketelitian saat membuat decoupage ini..
    Ayo bikin lagi Mbak Nurul, siapa tahu bisa dibisniskan kan lumayan:)

    ReplyDelete
  5. Saya suka banget lihat hasil2 decoupage ini, tapi belum pernah praktek bikin sendiri. Makasih ulasannya, mba.

    ReplyDelete
  6. Saat melapisi tissue dengan lem kayu ini yang sangat butuh kehati-hatian ya. Kasar sedikit sobek, terlalu pelan lengket.

    ReplyDelete
  7. Pertama kali tahu dari stasiun televisi, kemudian tetangga ternyata juga suka bikin kerajinan ini, eh sekarang ibuku juga suka decoupage. Aku? belum pernah mencoba, kurang rajin, hiks

    ReplyDelete
  8. Udah lama pengen bisa, tp baca bukunya kok sptnya susah ya..
    Baca pengalaman mbak nurul jd terlihat mudah....☺️

    ReplyDelete
  9. Wah bisa jadi ide untuk kegiatan anak2 saat liburan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}