Mudahnya Buat Lele Sayur Santan Pedas

Untuk kalangan masyarakat Indonesia, lele menjadi menu favorit untuk bersantap. Apalagi memang lele adalah salah satu komoditi ikan air tawar yang banyak dibudidayakan. Sehingga tak salah bila ikan yang satu ini sering jadi ikan favorit pengganti ikan laut. Nilai protein yang ada pada ikan lele juga sangat bagus plus harganya juga murah. 


Ikan lele juga bisa diolah dalam berbagai masakan yang lezat, Salah satu menu lele yang bisa Anda nikmati adalah lele sayur santan pedas yang mantap dan mudah untuk dinikmati. Menu ini menggabungkan nikmatnya ikan lele dalam guyuran santan pedas dan padunya rempah-rempah. Untuk urusan santan, dalam menu kali ini akan menggunakan Sasa Santan Kelapa. Produk ini adalah produk baru yang dikeluarkan oleh pabrik kenamaan, Sasa. Maka sudah sepantasnya tidak perlu diragukan kualitasnya. Apalagi ia dikemas dengan teknologi hebat dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. 

Sumber gambar : resepmasakankreatif
Banyak kok yang bilang bahwa Sasa Santan Kelapa ini cocok untuk semua masakan, baik makanan maupun minuman. Terutama karena aroma dan rasanya se-segar kelapa yang baru diperas. Mau tahu bagaimana cara membuat lele sayur santan pedas? Berikut ini bahan dan cara membuatnya :

Bahan dan Cara Membuat Lele Sayur Santan Pedas

Kali ini akan disajikan resep untuk memasak lele sayur santan pedas untuk 3 porsi. Mari siapkan bahan-bahan berikut sebelum measak.

- 3 buah lele (Bisa dipotong dua untuk memudahkan dalam menggoreng) cuci bersih hingga tidak ada lendirnya, jangan lupa bersihkan bagian mulutnya, 1 buah labu siam dan potong dadu atau tipis memanjang. Sesuai selera. 5 buah jamur kuping dan potong sesuai selera, 1 kentang kupas dan potong sesuai selera, Garam dan gula pasir secukupnya, dan Kaldu jamur bubuk secukupnya

- Santan secukupnya. Bisa menggunakan satu bungkus Sasa santan kelapa dan jangan lupa minyak goreng secukupnya

Setelah bahan telah siap, mari siapkan bumbu halus yang nanti akan dilumurkan pada lele. Pastikan di dalam kepala lele diberi bumbu agar kres dan nikmat. Berikut adalah bumbunya.

- Kunyit dengan ukuran satu ruas jari

- Setengah sendok teh ketumbar bubuk

- Setengah sendok teh garam

- 2 siung bawang putih

Setelah bumbu lele siap, lanjut untuk bumbu halus untuk memasak lele sayur santan pedas

- 6 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 15 butir cabai rawit

- 2 butir kemiri

- Kunyit seukuran dua ruas jari

Ada lagi bumbu tambahan agar sayus lele santan pedas kian nikmat.

- 1 buah tomat dipotong kecil menjadi empat

- 4 buah cabe keriting dipotong tipis

- Lengkuas seukuran jari telunjuk digeprek

- Jahe seukuran dua ruas jari digeperek

- 2 lembar daun salam

Setelah semua siap, mari memasak.

1. Setelah lele dibumbui, goreng hingga matang. Angkat lalu tiriskan.

2. Siapkan wajan untuk menumis bumbu halus kurang lebih tiga menit sampai tercium aroma harm bumbu.

3. Masukan bumbu tambahan (tomat, cabe keriting, lengkuas, jahe dan daun salam). Aduk hingga merata dan harum.

4. Masukan potongan kentang, labu siam dan jamur. Aduk hingga rata.

5. Tambahkan Sasa Santan Kelapa. Aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.

6. Masukan leleTambahkan garam, gula dan penyedap.

7. Tunggu hingga bumbu meresap dan sayuran matang.

8. Setelah dicicipi dan rasa pas, angkat lalu sajikan hangat-hangat.


Nah, teman-teman, mudah membuatnya, bukan? Bahannya pun mudah di dapat. Agar masakan lebih nikmat, gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan ketika meracik masakan ya... 

Selamat mencoba !!



24 comments:

  1. Enaknyaaa mba.. bikin ngiler nih..
    Itu kalau di Jogja namanya Lele Mangut mba.. bersantan dan ada yang pedes ada yang manis..

    ReplyDelete
  2. Saya suka ikan lele, tapi biasanya dimasak digorengg gitu aja udah enak,mau cobain resep ini ah

    ReplyDelete
  3. belum pernah masak leel disantanin :)

    ReplyDelete
  4. Wah aku biasanya lele di goreng doank trus di penyet. Sekarang jadi dapat ide baru, mana bumbunya gampang pula

    ReplyDelete
  5. Biasanya saya kalau masak lele digoreng aja, atau paling banter dibikin pecel lele. Eh tapi yang masak pecel lele ibu saya. Hehehe...
    Ini kayaknya patut dicoba. Btw kalau masak yang ada tomatnya biasanya saya masukinnya paling akhir, jadi enggak hancur dan masih fresh :)

    ReplyDelete
  6. Enakkknyaa.
    Aku suka lele gorenggg..
    Tapi kayanya lele santan enak juga yahh

    ReplyDelete
  7. kl dibikin berkuah spt ini amis ga ya mba?
    krg begitu suka lele oake kuah. mentok disambel or pecel aja. hehe tp boleh dicoba sih

    ReplyDelete
  8. Mbak makanan ini yang disebut dengan Mangut bukan sih?
    Wah makasih resepnya, saya suka lele tapi biasanya digoreng aja hehe.
    Saya bintangin resepnya :D

    ReplyDelete
  9. Sajian lele dengan kuah, patut untuk saya coba. Biasanya hanya dinikmati denngan digoreng atau difillet, tampaknya semakin mudah masaknya dengan Santan Sasa.

    ReplyDelete
  10. Aku blm pernah bikin Lele yg disantan, layak dicoba nih

    Aku pernah pakai santan instan dan emang kenthel banget. Kalau gak dipakai semua terus disimpan tp gak di kulkas bisa aman gak Mbak?

    ReplyDelete
  11. Lele goreng enak. Ini dipakai santan? Pasti ueenaak banget ya.

    ReplyDelete
  12. Wah sasa santan skrg udah ada bentuk krimnya ya. . aku sij pemakai santan bubuknya sasa. . enak dan praktis menurutku

    ReplyDelete
  13. Hahaha aku bacanya sampe nahan iler...enak banget ya mbak.

    Biasanya lele di rumah aku goreng aja, kayanya enak juga dicoba pake santan gini ya. Makasih resepnya ya mbak..

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget sama Lele. Tapi belum pernah nyobain Lele bumbu santan. Sepertinya enak.

    ReplyDelete
  15. Wuooo liat gambarnya rasanya enak banget ya mba... saya suka masak lele, tapi jzrang dimasak berkuah... biasanya kalau berkuah lebih sering jenis patin atau ikan laut

    ReplyDelete
  16. Ikan lele di gulaim aku paling cuma di sambal atau digoreng aja...
    Nah..ini dapat resep baru..mana ikan lele gampang banget didapat... Ntar di Cina resepnya..

    Apalagi pakai santan sasa pasti makin enak..

    ReplyDelete
  17. Wah enaknya! Memang masakan berbahan santan saya suka banget, dan ini warisan kuliner nusantara loh y

    ReplyDelete
  18. Saya baru tahu nih klu lele jg enak dimasak santan pedas
    Tahunya selama ini cuma digoreng aja
    Wajib dicoba nih
    Jd ngiler

    ReplyDelete
  19. Selain lele apa aja yang bisa dibikin dengan bumbu ini? Pengen bikin tapi aku gak boleh makan santan. Saddssss...

    ReplyDelete
  20. Aaaaah jadi ngiler. Yang kaya gini bikin gak tahan untuk cheating

    ReplyDelete
  21. Mbak ini kalau di Kediri namanya mangut lele.. Ibu saya kalau bikin enak bangets... Trims resepnya nanti saya coba :)

    ReplyDelete
  22. Wah menggoda 😍. Ternyata bunda nurul suka masakan yang pedas-pedaa juga ya 😃. Saya juga di rumah ada 2 buah santan sasa. Tapi belum pernah nyoba. Waktu itu beli karena harganya lebih murah dari yang lain 😃

    ReplyDelete
  23. Wuaah... Kalau lele saya sukanya yg ada di tukang pecel lele gitu, ga mau masak sendiri di rumah. Ngerii dan geli aja sih hahahha

    ReplyDelete
  24. Ya ampun enaknyaaa, selama ini tiap beli lele biasanya ku goreng aja.. Nanti mau cobain resep ini aaaah. Makasi resepnya ya maaaaak <3

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}