Mau Menjalankan Ramadhan Ekstra? Berbelanjalah dengan Cerdas dan Hemat


Tidak terasa, sebentar lagi kita akan bertemu dengan Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, saat yang dipenuhi rahmat, dan waktu yang tepat untuk berdoa kepada Sang Pencipta. Di bulan tersebut, seluruh umat Islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.


mau menjalankan ramadhan ekstra? berbelanjalah dengan cerdas dan hemat

Yang dimaksud dengan puasa di sini, tentu saja bukan hanya sekedar berpuasa, menahan lapar dan dahaga saja. Namun, selayaknya kita sebagai umat Islam bisa menahan diri dari perbuatan yang dilarang dan semua hal yang sia-sia. Kita tentunya menginginkan dapat menjalani bulan Ramadhan dengan ekstra, lebih baik dari tahun kemarin.

Baca juga : 7 Kunci Agar Fokus Menjalani Ibadah di Bulan Ramadhan

Tidak hanya saya, teman-teman juga pasti berharap menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun kemarin, bukan? Masa, sih, keadaan kita sama atau bahkan lebih jelek dari tahun kemarin? Seharusnya kita bisa lebih baik lagi, deh!
Bagaimana cara teman-teman melakukannya?

Kalau saya, berharap bisa melakukan ibadah wajib maupun ibadah sunah lebih baik lagi. Meniatkan untuk lebih banyak menuntut ilmu agar bisa sejalan saat mempraktekan ibadah. Selain itu, saya akan berusaha untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Menjaga kesehatan beberapa hari menjelang puasa dengan harapan agar bisa lebih fit ketika menjalankan puasa.

Tidak hanya mempersiapkan rohani dan jasmani untuk menjalani puasa, mempersiapkan kebutuhan sehari-hari sejak dini, bisa membuat kita lebih fokus beribadah juga. Termasuk menyiapkan kebutuhan untuk hari raya jauh hari sebelumnya, dapat membantu pelaksanaan ibadah dengan maksimal.

Dan demi bisa menjalankan ibadah yang maksimal, saya lebih memilih belanja kebutuhan sehari-hari ataupun untuk keperluan hari raya, secara online. Berbelanja online bagi saya dirasakan lebih praktis dan tentu saja bisa lebih hemat. 

Mengapa bisa lebih hemat? Karena kita bisa membeli semua kebutuhan tanpa ongkos dan bisa menghemat bahan bakar yang biasanya dikeluarkan untuk berbelanja ke pusat perbelanjaan. Selain itu bisa menghemat waktu dan tenaga juga, loh! 
mau menjalankan ramadhan ekstra? berbelanjalah dengan cerdas dan hemat

Toko online yang sering dikunjungi oleh keluarga saya adalah Tokopedia. Karena di sana serba ada. Apa pun yang kami butuhkan selalu tersedia. Setidaknya ada beberapa tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia, yaitu:


  1. Cermat membandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Untuk bisa berbelanja dengan cerdas dan hemat, kita perlu cermat pula memilih tempat untuk berbelanja. Tokopedia memiliki banyak toko online berkualitas, sehingga memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup mencari produk yang diperlukan, maka berbagai barang dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2.           Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Memiliki barang bagus, berkualitas atau bermerek? Boleh saja. Tetapi untuk menciptakan Ramadan Ekstra, kita tidak mesti selalu memakai barang branded dengan harga selangit. Tahukah teman, Tokopedia sebagai e-commerce dengan produk terlengkap, menyediakan koleksi berbagai produk. Baik hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Demi Ramadhan ekstra hemat, sebaiknya kita memilih produk kreasi dari kreator lokal. Karena produk lokal pun hadir dengan kualitas bersaing tetapi dengan harga yang lebih miring.

3.           Cermat mencari toko online terdekat
Mengapa harus memilih toko online yang terdekat? Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim atau ongkir. Oleh karenanya pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan kediaman kita, untuk mengurangi ongkir yang terlalu besar. Tidak perlu cemas deh, soalnya di Tokopedia, kita bisa mengenali lokasi toko online secara terperinci sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

4.          Memilih cara pembayaran yang tepat
Hemat di Bulan Ramadhan juga bisa dicapai dengan cara memilih pembayaran yang tepat saat berbelanja online. Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia yaitu tata cara pembayarannya. Kita dapat menggunakan cara pembayaran yang umum digunakan seperti menggunakan Saldo Tokopedia, kartu kredit, cicilan, transfer bank, hingga pembayaran melalui minimarket. Saat kita memilih metode pembayaran yang cermat dan sesuai dengan kondisi keuangan, tentu saja dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5.           Gunakan metode pengiriman yang paling efisien
Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman kepada konsumennya. Mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online, dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik di antara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. Cerdas dan hemat, bukan?

6.     Cermat dengan spesifikasi produk
        Ketika berbelanja secara online, sebaiknya kita lebih cermat dalam                    memperhatikan spesifikasi barang yang akan dibeli. Karena kita tidak bisa          melihat secara langsung, maka sebaiknya lebih cermat dengan                          spesifikasinya.

7.           Manfaatkan promo dan diskon
Memanfaatkan promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Apalagi untuk kita yang berniat menjalankan Ramadhan Ekstra. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru yang menarik, bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan, kita bisa menggunakannya untuk mewujudkan Ramadan kali ini makin Ekstra.

mau menjalankan ramadhan ekstra? berbelanjalah dengan cerdas dan hemat

Ada yang bisa membuat Ramadhan kita bisa semakin ekstra lagi, akan ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Nah ... nah, udah gak sabar lagi, kan? Apa saja yang akan diberikan oleh Tokopedia dalam rangka memberi kejutan untuk Ramadhan Ekstra? Jadi penasaran, nih. Sepertinya saya harus bolak-balik lihat websitenya. Jangan sampai ketinggalan info di tanggal 25 Mei 2018 nanti!
Bagaimana dengan teman-teman? Mau menjalankan Ramadhan ekstra dengan berbelanja cerdas dan cermat? Belanja online di Tokopedia dan nantikan kejutan Ramadhan di sana, ya ...

Baca juga : Cermat Mengelola Keuangan Agar Saldo Tidak Nol Setelah Lebaran

22 comments:

  1. hmmm, kusukanya belanja langsung kalo udah menjelang ramadhan gini kak. Soalnya agak krusial gitu, apalagi barang yng di mau nantinya enggak sesuai ekspetasi. hmmm. seteliti-telitinya sih ya kak.

    ReplyDelete
  2. Tanggal 25 di tokped~ wkwkwk tips di atas selalu aku lakuin kapan pun kalau sedang berbelanja online. Biasa harus jeli dan yang pasti harus untung ya gak? hemat pangkal bahagia~ wkwk

    ReplyDelete
  3. hayo belanja online yang cerdas, aku tuh kalau belanja online kadang kalap mbak. banyak pilihan soalnya, barangnya lucu-lucu pula haduhhhhh

    ReplyDelete
  4. Aku juga udah gak sabar nungguin kejutan tanggal 25 nanti. :)

    ReplyDelete
  5. Tips pertama yang aku lakukan waktu belanja di TOKPED adalah cari seller yang tokonya ada di Surabaya atau Malang, biar murah ongkirnya hihihi.
    Tapi kemarin waktu belanja aku dapat gratis ongkir dari tukar poin...lumayan.

    ReplyDelete
  6. Asyik ya ada kejutan nih di Tokped, jadi penasaran sama diskon-diskon Ramadhan-nya

    ReplyDelete
  7. nah betul tuh. ramadan bukannya hemat, siap siap bakal tekor belanja bulanannya hehe.. makanya kudu ati2

    ReplyDelete
  8. yyyuk ah ramadan dari pada keluar panas2an risiko banyak dosa marah2 sama tergoda es kelapa mending belanja dari rumah :D

    ReplyDelete
  9. berbicara soal berbelanja di bulan puasa, aku memang lebih prefer belanja langsung kalo cari berbuka. tapi, untuk keperluan lain, akan lebih baik jika dilihat-lihat lagi, takutnya barang tidak sesuai dengan apa yang ada dijual.

    bisa aja dijual karpet harga murah, taunya cuma foto doang yang dikirim. lah buset, penipuan banget.

    ReplyDelete
  10. Iya nih, kalau ramadhan harusnya hemat tapi kok kenapa pengeluaran jd lebih membengkak ya. Bagus mbak Nurul tipsnya, aku mau mempraktikkan beberapa yg kubisa.

    ReplyDelete
  11. Untuk kebutuhan harian Ramadan nanti dikit2 udah nyicil kaya bumbu dapur, minyak, gula. Kalau biat lebaran, mau order online aja biar cepet. Lumayan kalau bisa ikut Black Friday juga

    ReplyDelete
  12. Wah bener nih kudu membatasi bukber ya. Dan hal berlebihan lainnya. Setuju kalau belanja online jadi hemat waktu

    ReplyDelete
  13. Gemeeessh kalo pergi-pergi nge-mall jaman sekarang.
    Karena mamak gak bisa anteng milih barang.
    Ada anak-anak yang kalo mamak gak sigap, uda lelarian ke mana aja.

    Belanja online menjadi salah satu pilihan kami.

    Nunggu Black Friday jugaa aah...buat belanja Ramadan Ekstra.

    ReplyDelete
  14. langganan banget aku belanja di tokopedia, apalagi menjelang ramadhan gini banyak Cashback nya.. asik banget hehe

    ReplyDelete
  15. aku gak sabar banget nich nunggu tanggal 25 soalnya udah panjang list ku buat belanja persiapan lebaran. Kudu pantengin ahhh

    ReplyDelete
  16. Saya sungguh tak sabar menantikan tanggal 25 Mei besok. hehehe. Penasaran sama kejutan dari Tokopedia. Tapi yang penting puasanya gak boleh terganggu dengan belanja2 terus yaa :)

    ReplyDelete
  17. Diskon emang bertaburan kala Ramadhan, meski demikian tetep harus jeli ya mbak? Kalau belanja onln jg saya milih yang lokasi seller dekat, jd lebih hemat ongkir.

    ReplyDelete
  18. Enak sih ya skrg kl belanja online, kl satu kota, bisa pake kuris instan kayak gosend, jd bisa lebih cepet sampe yaa :)

    ReplyDelete
  19. Ekstra niat ibadah
    Ekstra semangat nya
    Ekstra pengeluaran tp hrs bisa hemat beli kebutuhan puasa dan lebaran

    ReplyDelete
  20. Cocok banget ya bisa tetep belanja sambil bedrest gini. Semoga kubisa fokus dan tamat puasanya (tamat, kayak jaman SD kecil aja) hahaha

    ReplyDelete
  21. Bener teh. Aku yg di Jogja pasti sebisa mungkin nyari olshop yg di Jogja. Terus walau barang sudah ada teteeep bandingkan lagi dgn toko lain sampe pol mentok nemu yang paling murmer tp produk sama 😂

    ReplyDelete
  22. Sepakat, lebih baik beli produk UKM lokal di Tokopedia daripada tertipu kualitas abal-abal produk luar negeri

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}