Menciptakan Waktu Berkualitas Bersama Faber Castell Colour to Life

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

"Bu, adek ke sekolah naik ojek aja, ya ...?"
Deeg!!
Saya yang sedang menyiapkan sarapan dan bekal anak-anak untuk ke sekolah, langsung menghentikan aktivitas. Kenapa adek mendadak mau pergi ke sekolah dengan ojek? Bukankah sekitar 30 menit lagi, mobil jemputan yang sudah jadi langganan selama ini, akan datang menjemputnya?

"Kenapa pakai ojek? Enggak pakai jemputan?" tanya saya sambil menatapnya.
Sambil menunduk adek berkata dengan lirih, "Tugas menghafalnya belum selesai."
"Loh, bukannya kemarin sore, adek udah menghafal?"
"Iyaa ... tapi belum hafal semua. Masih ada satu ayat lagi yang belum lancar," ujarnya lagi.

Saya menghela napas, tidak merespon jawabannya.
"Kalau pakai ojek, bisa berangkat siang. Ada sekitar satu jam lagi untuk menghafal. Boleh ya, Bu?" ujarnya dengan memohon.
Padahal kemarin habis magrib, saya lihat dia menghafal sebuah surat di Juz 28. Sepertinya adek salah prediksi. Dia kira waktunya cukup, untuk menghafal sebuah surat di juz 28, setelah salat magrib. Ternyata satu ayat di surat tersebut ada sekitar 3 baris. Cukup panjang, dan perlu waktu untuk menghafalnya.

"Hafalannya banyak, ya? Kenapa enggak menghafal dari sore?"
Anak lelaki saya itu hanya diam. Dia tahu maksud saya. Pasti saya mempermasalahkan kebiasaannya main game usai pulang sekolah. Anak lelaki saya itu, pulang sekolah sekitar jam 4-an, dan langsung main game atau menonton channel permainan kesukaannya.

Biasanya dia berhenti memegang gawai menjelang magrib dan bersiap-siap untuk pelajaran esok harinya. Ternyata peraturan yang saya buat untuk membatasi anak terlalu lekat dengan gawai belum maksimal. Buktinya anak masih terlalu asyik dengan gawainya sehingga kurang cermat membagi waktu untuk belajar.


Menciptakan Waktu Berkualitas
Selama ini saya memberikan dia kesempatan untuk bermain dengan gawainya, dari sore hingga menjelang magrib. Namun, terkadang dia begitu asyiknya, hingga lupa, jika esok harinya ada tugas dari sekolah yang harus dikerjakan. 
Tampaknya anak lelaki itu, harus saya arahkan lagi agar kejadian pada hari ini, tidak terulang lagi.

Dari yang saya pahami, anak belum begitu mengerti dan menyadari jika diperlukan kebijakan saat menggunakan gawai. Jadi selaku orang tua, saya harus mengarahkannya. Saya tidak akan melarangnya untuk dekat dengan gawai. Karena bagaimana pun juga, dia tumbuh di era digital. Mau tidak mau, dia perlu mengetahui dampak dari era yang serba digital.

Salah satu cara untuk menciptakan waktu anak lebih berkualitas, yaitu dengan memberinya permainan yang mendidik dan tidak membuat dia kecanduan untuk bermain terus.
Jadi waktu saya menemukan game baru yaitu Colour to Life dari Faber Castell, saya senang sekali. Apalagi permainan ini bisa dimainkan untuk semua umur, dari anak-anak hingga orang dewasa.



Mengapa Faber Castell Colour to Life?
Dalam memilih suatu produk untuk anak, sebagai seorang ibu, saya harus berhati-hati. Karena saya tidak ingin anak terkena dampak negatif dari sebuah produk. Oleh karena itu, saat saya memilih Faber Castell Colour to Life, ada kelebihan yang bisa diberikan oleh Faber Castell untuk saya dan buah hati yaitu :
  1. Dengan Faber Castell, kegiatan mewarnai menjadi lebih menarik. Karena setelah gambar diwarnai, kita bisa bermain dengan hasil karya tersebut.
  2. Menghadirkan teknologi augmented reality, yang berarti hasil karya yang telah selesai diwarnai bisa berubah menjadi gambar 3 D. 
  3. Ketika mewarnai objek yang kecil, anak dilatih untuk fokus, sabar dan melatih motorik halusnya.
  4. Kegiatan mewarnai objek dan menjadikannya menjadi tokoh dalam permainan, dapat merangsang daya kreativitas anak.
  5. Menggunakan Faber Castell, kita tidak perlu takut jika warnanya tercampur dengan warna lain. Karena tintanya cepat kering.
  6. Anak diberi pengetahuan cara mewarnai dengan teknik baru selain dengan teknik blok atau gradasi. Faber Castell mengajak anak untuk mewarnai dengan teknik patterning, pointilism, squiggling, shading dan contouring. Sehingga dengan teknik mewarnai seperti itu, anak-anak menjadi lebih senang.
  7. Permainan serunya juga bisa membuat keseimbangan otak kanan dan kiri anak.
  8. Jika dalam permainan lain anak menjadi objeknya, permainan yang disediakan oleh Faber Castell memposisikan anak sebagai kontributornya. Hal ini bisa membantu mengembangkan daya imajinasi anak.
  9. Bentuk connector colouring pens-nya unik. Anak bisa membuat berbagai bentuk dari spidol warnanya, loh! Asyik bangeet!
  10. Tutup connector colouring pens yang saling mengait satu sama lain, memudahkan saat mengumpulkan alat gambar yang sudah selesai digunakan. Spidolnya tidak berceceran dan bisa membuat rumah tetap rapih. 
Wah ... banyak sekali hal positif yang bisa saya dan buah hati tercinta dapatkan, bukan? 

Asyiknya Mewarnai dan Bermain Bersama Faber Castell Colour to Life

Sejak pertama melihat produknya saja, anak-anak sudah tertarik. Kedua anak saya langsung bersemangat mewarnainya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengetahuan anak-anak saya tentang teknik mewarnai jadi semakin bertambah sejak kenal Faber Castell. Mereka sebelumnya sudah pernah belajar  menggambar dan mewarnai dengan teknik gradasi. Kini mereka asyik bereksplorasi dengan teknik baru yang diberikan oleh Faber Castell.

Oh iya, jadi bagaimana cara bermain dengan Faber Castell Colour to Life? Jadi, anak-anak saya langsung mempraktekkan cara bermain sesuai petunjuk yang ada di bagian depan Augmented Reality Colouring Book, yaitu:

1. Memilih karakter yang disukai di antara 15 gambar yang tersedia, kemudian mewarnainya.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

Dan tara .... inilah hasil mewarnai karakter-karakter yang ada di game Fabel Castell Colour to Life.
ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

2. Selanjutnya, mengunduh aplikasi Colour to Life. Bisa diunduh di android atau di IOS. Atau bisa juga dengan cara scan barcode yang ada di kemasan Colour to Life. 

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


3. Setelah berhasil diunggah, kita bisa memilih karakter yang ada di Augmented Reality Colouring Book, kemudian di-scan sesuai karakter masing-masing. Di buku tersebut ada 5 pilihan karakter yang bisa dimainkan.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


Saat pertama kali, saya dan anak-anak agak kesulitan ketika akan memindai karakter yang ada di game. Ternyata posisi kami memindai kurang tepat.
Seharusnya gambar di-scan dengan jarak minimal 30 cm, lalu tunggu hingga muncul warna hijau yang menandakan foto sudah fokus dan siap di-scan.


ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

Asyik, deh! Setelah itu, kita bisa berinteraksi dengan tokoh 2 dimensi yang berubah jadi 3 dimensi dan seakan-akan terlihat hidup. 

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


Ada lagi yang buat saya dan anak-anak senang dengan permainan Faber Castell Colour to Life, yaitu ada fitur yang menyediakan kita untuk selfie bareng karakter yang kita sukai.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


Saya dan adek sempat seru-seruan berfoto bersama dengan karakter yang kita pilih.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life


Oh iya, satu paket dari Faber Castell berupa Augmented Reality Colouring Book yang berisi 15 gambar beserta 20 pen warna ini menyediakan permainan yang bisa bermanfaat bagi anak-anak, loh. Apa saja permainan itu?

1. Giddy Up, permainan yang menggunakan ketangkasan seorang ksatria yang sedang menaiki seekor kuda. Kita mengarahkan sang ksatria untuk mengambil koin dan permata untuk mendapatkan poin.
Saat memainkannya, anak-anak belajar untuk fokus dan berkonsentrasi. Selain itu, keterampilan  motorik halus anak bisa terasah dan memperkuat koordinasi tangan dan mata.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

2. Safe Flight, permainan yang melibatkan ketangkasan seorang pilot dalam mengendalikan pesawat. Dari permainan ini, anak juga dilatih untuk fokus dan melatih daya refleks anak. Kekuatan koordinasi antara tangan dan mata pun bisa diasah melalui permainan safe flight.
ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

3. Balance Your Brain, karakter dari permainan ini adalah kucing yang pandai melukis. Kita diajak bermain untuk mencocokkan warna dengan menggunakan Bahasa Inggris. Permainan ini bisa  mengasah koordinasi otak kanan dan otak kiri anak.


ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

4.  Dress Up Challenge, permainan yang menarik dengan karakter seorang putri cantik yang sedang memilih baju yang akan dikenakannya. Permainan ini melatih daya ingat dan konsentrasi. 

5. Pogo Boy, karakter di permainan yang satu ini adalah seorang anak lelaki yang loncat dari satu batu ke batu yang lainnya. Bermain dengan game yang satu ini, anak akan dilatih koordinasi antara mata dan tangannya, serta melatih konsentrasi dan daya refleksnya.

ciptakan waktu berkualitas bersama faber castell colour to life

Nah, semua permainannya seru, bukan? Tidak hanya anak-anak yang bisa memainkannya, orang dewasa pun bisa memainkan game dari Faber Castell ini. Anak akan dilatih ketrampilannya, orang dewasa pun bisa memainkannya untuk melepas penat, menghilangkan kebosanan atau melepas stress dari semua rutinitas. 

Untuk lebih jelas mengetahui tentang cara mengunggah Faber Castell Colour to Life dan cara memainkannya, bisa dilihat di video berikut ini :



Faber Castell Colour to Life Bagi Kami
Akhirnya saya bisa menemukan permainan yang sangat menyenangkan bagi saya dan anak-anak. 
Kegiatan mewarnai bisa menjadi hiburan tersendiri bagi saya setelah menghadapi beberapa tugas dan DL menulis. 

Bagi anak-anak, selain melatih motorik halus saat mewarnai, bermain dengan Faber Castell Colour to Life juga bisa mengendalikan waktu mereka. Karena saat kalah, untuk memainkannya lagi, karakter yang akan dimainkan harus di-scan ulang.
Kondisi ini dimanfaatkan oleh saya. Ketika anak bermain dengan gawainya, saya beri kesempatan mereka 5 kali bermain. Setelah kalah sebanyak 5 kali, dia harus beristirahat, tidak bisa bermain lagi.

Yang paling membuat saya senang, Faber Castell Colour to Life bisa meningkatkan bonding antara saya dengan anak-anak. Misalnya saja, saat saya dan anak-anak bekerja sama mewarnai karakter yang kami pilih. Juga ketika saya bermain mode selfie bersama adek, seruu!! Hihihi ...  saat kami melihat bersama hasilnya, ternyata lucu juga
Well, secara keseluruhan saya puas dengan hadirnya Faber Castell Colour to Life. 

Oh iya, saya hampir lupa memberi informasi yang penting, saking senangnya. ^~^
Teman-teman, produk Faber Castell Colour to Life ini mudah didapatkannya, kok! Bisa beli di Gramedia atau di toko buku terdekat, atau bisa beli secara online di Tokopedia dengan harga sekitar Rp. 100.000 - Rp. 120.000.
Nah, teman-teman mau mencoba keseruan bermain bersama Faber Castell Colour to Life juga? 
Yuk, ciptakan waktu berkualitas bersama keluarga dengan Faber Castell Colour to Life!

54 comments:

  1. Aku sudah mencoba keseruan bermain bersama colour to life ini teh. Seru banget. Dari mulai mewarnai sampai bermain games. aku paling suka game Pogo Boy tapi kalau selfie sukanya sama karakter Giddy Up hehehe

    ReplyDelete
  2. Permainan safe flight seru juga, nabrak - nabrak awan

    ReplyDelete
  3. Wow, seru banget ya adek bisa main games edukatif tanpa kecanduan, makin pinter, deh

    ReplyDelete
  4. Seru banget ini Colour to Life. Jadi berebut deh sama Al xD

    ReplyDelete
  5. Udah coba semua gamesnya tapi paling suka sama Giddy Up, berasa pangeran berkuda lagi mau nyusulin aku di istana hahahaha

    ReplyDelete
  6. Seru banget, teh. Aku ketagihan mainnya, karena bukan anak aja yg suka, hihihi

    ReplyDelete
  7. Harusnya buku mewarnainya banyaaaak banget. Biar anak-anak yang senengnya main game online mewarnai terus. Dan biar emaknya kebagian mewarnai juga. Huhu, punyaku habis sama anak-anak. :D

    ReplyDelete
  8. Iya semuanya seru, saya paling suka yg dress up challenge

    ReplyDelete
  9. Minat aahhh...mewarnai gini mah emaknya paling suka. Hahaha...

    ReplyDelete
  10. Permainan yang recommended buat belajar si kecil, jadi kepoin di tokopedia😍 makasi infonya mbak Nurul..

    ReplyDelete
  11. Seru ya teh, bukan cuma anak happy tapi mamaknya juga. :D

    ReplyDelete
  12. sebagai ibu pasti senang ya teh liat anak bermain dengan hal yang positif

    ReplyDelete
  13. Wah keren teh...pengen cobain buat anak-anak nie jadinya

    ReplyDelete
  14. Wah seru baca tulisan mb Nurul...jadi penasaran dengan Faber castell Colours to Life. Pengen nyoba mewarna dan main game nya bersama anak-anak. Wuihh ada selfi dengan tokohnya juga. Cuz ahh ke Gramedia...keren mb Nurul tulisannya...

    ReplyDelete
  15. Colour to life memang asyik..Maghfira seneng banget dapat ini sampai bikin video unboxing segala hehe..

    ReplyDelete
  16. Waah seru banget ini, baru tahu saya mbak. Makasih ya infonya bisa jadi pilihan buat game edukatif biar anak berjarak dari gawai.

    ReplyDelete
  17. Permainan yang kreatif dan edukatif ya

    ReplyDelete
  18. Kolaborasi warnanya bagusbagus, Teh. Saya juga suka produk CTL ini

    ReplyDelete
  19. Wah...anak saya pengen tuuuh. Penasaran juga nih...bakalan asyik tuh mainnya...

    ReplyDelete
  20. Gara2 CTL aku jadi tahu teknik2 mewarnai yg bisa dicoba. Seru yah

    ReplyDelete
  21. Seru banget teh pengalamannya, emang bermanfaat banget ya Colour to Life :)

    ReplyDelete
  22. Wah ini merk kegemaran anak-anakku mba, tapi mereka masih nggak telaten euy...ngewarnain. cepet bosan hehe. Harus pake trik kali ya..

    ReplyDelete
  23. Ini yah permainan jaman now?

    Duh anak saya belum dapat permainan itu hihihi...taunya hanya main layangan doang di lapangan.

    ReplyDelete
  24. Keren banget bun permainannya, jadi kepengin coba juga buat ponakan. Terima kasih banyak infonya ya bun. Keren ulasannya jelas banget 👍🏻

    ReplyDelete
  25. Waah... Emang seru banget nih. Sayangny udah dicorat coret sama si kecil. Hehe

    ReplyDelete
  26. Kayaknya aisha bakalan suka nih sama permainan ini, dia emang kalo udah mewarnai ga mau diganggu. Apalagi bisa seu-seruan dengan aplikasinya.

    ReplyDelete
  27. Ya ampuuun ... Kok aku baru tahu, sih? Infonya bermanfaat banget nih, Mbak.

    ReplyDelete
  28. Ini mah, enggak cuma buat anaknya..emaknya juga suka , bonding beneran dah jadinya:)

    ReplyDelete
  29. Ah, kalau ini mah emaknya juga seneng. Jadi kloplah bisa refreshing brg2 wkwkwkwk

    ReplyDelete
  30. Tampaknya tidak hanya bagi anak, bagi orang dewasa Faber-Castell dengan Colour to Life memberikan pengalaman menyenangkan saat mewarnai. Selesai mewarnai dengan aplikasi bisa terlihat hidup, karakternya juga bisa diajak berfoto. Keren dan edukatif.

    ReplyDelete
  31. Seru kayaknya...jadi pengen cobain. Kebetulan anakku lg bosen mewarnai, mgkn bs cobain ini. Tengkyu infonya n salam kenal jg

    ReplyDelete
  32. Benar mbak ... dengan mewarnai melatih anak berimajinasi juga belajar fokus pada obyek kecil. Sehingga anak bisa belajar bersabar dan melatih motorik halusnya.
    Uniknya jika memakai faber castell colours rumah tetap rapi ya mbak? Wahh boleh dicoba nih ;)

    ReplyDelete
  33. anaknya seru banget ya mewarnai dan antusias banget mewarnainya. Terus setelah diwarnain gambarnya bisa di scan lagi pake aplikasi colour to life untuk di scan dan dijadikan AR buat mainan sang anak lucu lucuan gitu asli seru dan keren nih si Faber Castel

    ReplyDelete
  34. teknologi memang membuat semua menjadi luar biasa. semua menjadi nyata kak. Yang palinh penting mencegah hilang nih. tutupnya saling terkoneksi heheh jadi aman

    ReplyDelete
  35. Masya Allah.. bagus-bagus banget hasil mewarnai adek.. dan seruuu ya pastinya mengikuti step by step aktivitas di CTL ini. Main gawainya jadi berkualitas ya, Dek :)

    ReplyDelete
  36. Bagus2 hasil warnanya mba, kontras warna warni nya. Kalo di jadikan AR pasti cakep ya

    ReplyDelete
  37. Nah ini nih inovatif jd bocils main hp bs smbl berkreasi n blajar

    ReplyDelete
  38. belum pernah kebayang sebelumnya bakalan ada pensil warna yang bisa beginian, kok jadi ingat film Doraemon

    ReplyDelete
  39. Harganya affordabel banget yaaa...
    Suka sekali kalau anak-anak mampu mengembangkan kreatifitas.

    ReplyDelete
  40. Kalau beli harus sepaket ya? Bisa beli kertasnya aja nggak ya? Aku punya faber castelnya tapi belinya sudah lama. Sebelum ada paket 3D ini.

    ReplyDelete
  41. Seru yaaaaaa, bisa mainin karakter 3D-nya. Anak2 juga bisa berkreasi sendiri mau mewarnai karakternya kyk apa :D

    ReplyDelete
  42. Uwaaa ternyata ada mode selfie bareng karakter yaa. Keren nih. Btw karakternya apa aja mbak?

    Hmm mungkin akan lebih keren kali ya kalo karakternya mengarah ke profesi. Misal polisi tentara dokter, petugas pemadam kebakaran, guru, apoteker, dll

    ReplyDelete
  43. Harus beli neh biar bisa lebih dekat dgn anak

    ReplyDelete
  44. Anak laki-lakinya serius sekali mewarnainya dan main AR nya

    ReplyDelete
  45. Aku pengen bisa mewarnai bagus kaya gitu. Apalah daya kemarin Faber Castellnya disita ponakanku. Aku kebagian 1 halaman doang

    ReplyDelete
  46. colour to life memang seru banget ya mbak nurul, entah permainannya atau saat mewarnai

    ReplyDelete
  47. Uwuwuw
    Aku jadi pengen beli ini gara-gara liat banyak dari tadi. Hehe
    Btw, itu apk-nya bisa dipake di buku mewarnai lainnya gak?

    ReplyDelete
  48. Dengan adanya faber castle colour the life, sepertinya anak-anak bisa diarahkan untuk belajar dan bermain serta meningkatkan imajinasi dan kreatifitas ya mba.. semoga anaknya nanti tambah pinter semua mba

    ReplyDelete
  49. Benar banget, Faber castel ctl ini bukan sekedar mewarnai biasa.. aku juga suka dgn efek augmented reality nya

    ReplyDelete
  50. Benar banget, Faber castel ctl ini bukan sekedar mewarnai biasa.. aku juga suka dgn efek augmented reality nya

    ReplyDelete
  51. Masya Allah.. sekolah dimana teh? Udah juz 28.. semoga Allah mudahkan bs hafal 30 juz, aamiin

    ReplyDelete
  52. Heuheu... Sama, Teh. Saya sama Rasi juga pas awal-awal susah memindai gambarnya. Tapi sekali tahu caranya ke sananya sih lancar :)

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}