Realme Series Untuk Pecinta Game

 "Bermain game itu me time bagi saya!"

Ungkapan seperti itu barangkali sudah tidak aneh lagi didengar. Bermain game sudah menjadi hal yang cukup familiar di telinga masyarakat segala usia dan kalangan. Terlebih lagi dikaitkan dengan masa pandemi yang sedang melanda dunia saat ini, bermain game merupakan hiburan tersendiri untuk mengganti kejenuhan ketika harus berada di rumah dalam jangka waktu yang lama.

andalkan-narzo20series-untuk-yang-muda-pecinta-game

Pada umumnya game dimainkan menggunakan ponsel atau perangkat alat tertentu, baik secara offline maupun online menggunakan koneksi internet. Tidak hanya kalangan orang dewasa, anak-anak pun gemar dengan game. Dalam kenyataannya justru anak-anak yang lebih banyak bermain game.

Perjalanan Game dari Hiburan Mengisi Waktu Luang hingga Menjadi Sebuah Profesi yang Menjanjikan

Dahulu masyarakat memberikan stigma buruk terhadap game terutama untuk anak-anak karena dikhawatirkan bisa mengganggu kegiatan sekolah. Game bisa dikatakan hampir sama dengan media sosial yang dalam penggunaannya bagai pisau bermata dua.

Game bisa memiliki dampak buruk jika digunakan dengan tidak bijaksana. Namun bisa juga menjadi sesuatu yang memiliki potensi, menjanjikan dan lebih kompetitif jika bisa dipakai secara bijaksana.

Kini tidak jarang ada orang tua yang mendukung anak mereka untuk bermain game karena kini gaming bukan hanya sekedar alat hiburan tetapi sudah menjadi sebuah profesi dengan kehadiran eSport.

Secara harfiah yang dimaksud eSport itu electronic sport atau olahraga elektronik yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif. Seperti catur, olahraga yang satu ini tidak dominan menggunakan fisik, tetapi lebih menggunakan otak sebagai senjata utama.

Keseharian Anak Yang Tidak Terlepas dari Game

Dalam kehidupan seorang anak, perkembangannya selalu dipenuhi oleh kegiatan bermain. 

"Sebaiknya jangan melarang anak untuk bermain. Karena dalam batasan normal dan seimbang, permainan punya dampak positif untuk anak."
(Evangeline I. Suaidy, Msi -Psikolog)

Melihat anak lelaki saya yang senang bermain game sebenarnya menimbulkan rasa khawatir tersendiri, takut dengan dampak negatifnya. Apalagi saya maklum jika perilaku anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Oleh karena itu peran tanggung jawab orang tua terhadap perkembangan perilaku dan mental anak sangat mutlak. 

Mengingat masa perkembangan psikis anak dapat dengan mudah menyerap segala hal yang ada di sekitarnya, selaku orang tua kita harus selalu meluangkan waktu dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bersama anak, memahami kebutuhan anak dan membimbing saat anak melakukan aktivitas di rumah.

Sisi Positif Bermain Game Bagi Anak

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa game bagai dua mata pisau yang membutuhkan kebijakan dalam penggunaannya. Selain ada akibat negatif, bermain game juga memiliki dampak positif. Ada penelitian yang mengatakan jika bermain game dapat mengembangkan IQ seorang anak selama game tersebut merupakan hiburan. 

Manfaat positif  bermain game bagi anak yaitu:

  1. Melatih kemampuan berbahasa anak. Saat ini industri game lebih banyak dikuasai oleh pengembang asing. Penggunaan Bahasa Inggris di dalam permainan menjadi sarana anak dalam penggunaan bahasa asing. Kosa kata Bahasa Inggris anak saya bertambah banyak sejak suka bermain game. Hal ini tentunya membuat saya senang, karena dia seringkali menolak jika saya mengajak dia belajar menghafal kosa kata dari kamus.
  2. Menguasai teknologi. Dibandingkan dengan saya sebagai orang yang lebih dahulu mengenal teknologi, anak saya lebih paham berbicara teknologi. Ketika bermain game, secara bertahap anak mengenal teknologi.
  3. Stimulasi otak. Dalam memainkan game PUBG, anak saya memerlukan strategi dalam memecahkan masalah yang ada di game. Otaknya bekerja lebih keras untuk mencari solusi masalah. Stimulasi otak ini berperan juga untuk melatih kemampuan motorik anak.
  4. Mengembangkan imajinasi. Visual yang tersaji dalam game dibuat sedemikian rupa memiliki daya tarik yang tinggi agar bisa membuat anak tertarik untuk memainkannya. Daya tarik visual tersebut bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi visual seorang anak serta mengasah kreativitas anak sejak dini.
  5. Melatih kerjasama. Game PUBG yang sering dimainkan oleh anak saya memerlukan pemain lebih dari seorang. Diperlukan kerjasama yang baik untuk bisa memenangkan permainan. Dengan permainan game tersebut anak juga dilatih untuk mengurangi sifat egois pada diri anak.
  6. Melatih kemampuan spasial. Game juga bisa melatih kecerdasan spasial anak. Berinteraksi dengan gambar dan ruang dalam game melatih anak mengenal dan mengingat sebuah bentuk visual. Kemampuan tersebut bisa mengasah anak mengingat bentuk visual dan ruang yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan spasial juga berhubungan dengan kemampuan memecahkan masalah.
  7. Melatih logika. Anak harus menggunakan strategi untuk bisa memenangkan game. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa dan mencari solusi untuk memecahkan masalah.
Mengingat ada juga dampak positif game bagi anak, membuat saya tidak terlalu bersikap kaku dalam menghadapi kebiasaan tersebut. Bahkan ketika anak lelaki saya meminta untuk bisa ikut kelas online pun akhirnya saya izinkan. Tentunya dengan segudang syarat yang harus dipenuhi olehnya.

Belajar di Kelas Online Untuk Menjadi Atlit eSport.

Ya, akhirnya anak saya ikut kelas online yang diselenggarakan oleh RRQ eSports Academy. Dia tertarik untuk mendalami ranah eSport. Saya selalu mengingatkan pada anak saya jika gaming dan eSport merupakan dunia yang berbeda. Jika gaming lebih kepada hiburan, sedangkan eSport sudah menjadi sebuah profesi.
OOTD dengan seragam RRQ eSports Academy


Selain mengenakan seragam seperti atlet cabang olahraga lainnya, atlet eSport juga dilatih secara profesional, termasuk kesehatan tubuh para atlitnya. 
Ada syarat lain yang paling penting bagi para gamers, tersedianya perangkat yang mumpuni untuk bermain game. Perangkat yang digunakan tentunya bukan ponsel sembarangan, tetapi harus berteknologi tinggi dengan spesifikasi yang lengkap.

Smartphone realme narzo 20 series Sebagai Perangkat Wajib untuk Kaum Muda Melakukan Aktivitas Keseharian seperti Gaming

Menurut anak saya, ketika mengikuti kelas online di RRQ eSports Academy, selain perkenalan game, strategi yang diperlukan untuk memenangkan permainan juga diberi pengetahuan mengenai perangkat yang diperlukan dalam memainkan sebuah game. Profesionalitas seorang atlet eSport juga ditentukan dari perangkat yang digunakan.

Saat ini anak saya menggunakan realme 2 untuk berlatih mengikuti turnamen yang diselenggarakan oleh academy. Menurut bungsu saya ini, dia butuh perangkat yang lebih terkini dan mendukung saat digunakan mengikuti turnamen. Pilihan dia tetap pada realme. Karena baginya smartphone tersebut favoritnya anak muda. Dia ingin memiliki realme narzo 20 agar bisa menjadi bagian Leap to Next Gen.

 
 
Pilihan anak saya bukan tanpa alasan, menurutnya realme narzo 20 pro merupakan perangkat yang boost the power dan menempatkan dirinya sebagai Best Value for Money Smartphone for Gaming in 2 million.
 
Mari kita mengenal lebih jauh mengenai smartphone yang jadi andalan para gamers, yaitu:
  • Seri narzo merupakan smartphone yang berorientasi pada kinerja untuk gamer muda. Dihadirkan prosesor game terbaik di segmennya, baterai besar dengan pengisian daya cepat.
  • realme narzo 20 dihadirkan dengan spesifikasi yang kencang di kelasnya agar menjadi pilihan smartphone terbaik dari spesifikasi dan harga yang diberikan di harga 2 jutaan.
  • realme narzo 20 dilengkapi dengan baterai besar 6000mAh dengan pengisian daya cepat
  • Prosesor gaming Helio G85 disematkan menjadikan realme narzo 20 sebagai pilihan smartphone powerful oleh gamer muda yang menginginkan smartphone kencang dengan harga 2 jutaan.
  • realme narzo 20 ini dijual secara ekslusif online di realme 11.11 Salebration, menjadikan realme narzo 20 ini adalah smartphone untuk gaming paling terjangkau di harga 2 jutaan saat 11.11

 
Baterai Besar
A.  Baterai Kapasitas Besar, 6000mAh
realme narzo 20 memiliki fitur baterai mega 6000mAh. Dengan fasilitas tersebut kita dapat menikmati penggunaan tanpa henti, kapan pun kita mau. Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, realme narzo 20 juga dapat menjadi penghemat baterai kita. realme narzo 20 dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 29%. Nah, fasilitas ini yang paling disukai oleh anak saya, karena tidak perlu lama-lama saat nge-charge.

B. Optimisasi Daya Tahan Baterai
6000mAh adalah fondasinya, optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar. Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization) diterapkan pada realme narzo 20. App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. 
 
Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Kita juga dapat mengaktifkan Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur. loh! Jika ingin daya tahan lebih lama lagi, kita dapat mengaktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.
 


C. Super Power Saving Mode
Dalam mode ini, kita bisa memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif. Menurut penelitian pada perilaku pengguna, kebanyakan orang hanya menggunakan 6 aplikasi ini di 70-80% dari semua waktu penggunaan telepon. Jadi, mode hemat daya super sangat meningkatkan masa pakai baterai tetapi tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

Sudah teruji bahwa realme narzo 20 dalam mode hemat daya super, hasilnya sangat mengesankan. Kita menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 2 jam. Jika memiliki sesuatu yang darurat, waktu panggilan 2 jam lebih sudah cukup untuk sebagian besar keadaan. Dan jika kitaa ingin mencari tempat untuk mengisi daya telepon, 2 hari lebih sangat mudah untuk menemukan tempat pengisi daya.

Performa
A. MediaTek Helio G85
realme narzo 20 adalah teman bermain game yang sempurna untuk anak muda dengan prosesor Helio G85 yang bertenaga. Prosesor ini memiliki fitur octa-core yang kuat dengan clock hingga 2.0GHz dan dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang kuat untuk menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa. Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di Antutu Benchmark, memberikan daya yang cukup untuk pengalaman gaming yang mulus.
 
B Memori / Slot 3 Kartu
realme narzo 20 memiliki varian memori 4GB+64GB yang didukung slot 3 kartu: 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB.

C. Pemindai Sidik Jari Instan
realme narzo 20 selain mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi kita pada saat yang bersamaan.

Desain
A. 6.5” Mini-drop Fullscreen
6.5-inci bidang pandang ekstra luas. Dilengkapi dengan layar 6,5 inci dengan rasio 20: 9, realme narzo 20 menghadirkan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman bermain game, audio dan video yang luar biasa, memungkinkan penggunanya menikmati layar besar dan gangguan visual yang lebih sedikit, sekaligus memberi kita pengalaman layar fullscreen.

Desain Mini-drop
Struktur internal layar realme narzo 20 mengadopsi proses tumpukan yang ditingkatkan, berdasarkan fungsi, secara kreatif menarik bagian dan komponen lebih dekat satu sama lain sehingga area poni berkurang (sebesar 30,9% dibandingkan dengan dewdrop) dan menghadirkan rasio layar hingga 88,7%, memungkinkan pengguna untuk mengurangi gangguan visual sembari menikmati kenyamanan yang dibawa oleh layar penuh berukuran 6,5 inci.

B. Desain V untuk Victory (Kemenangan)
Desain realme narzo 20 terinspirasi oleh isyarat Victory (kemenangan) dan menggunakan teknik tekstur khusus untuk mendapatkan sentuhan dan nuansa premium di bagian belakang smartphone, dengan efek visual yang berubah seiring cahaya. realme narzo 20 menawarkan dua varian warna: Blue Blade dan Silver Sword.

Kamera
A. 48MP AI Triple Camera
realme narzo 20 hadir dengan empat kamera, terdiri dari 48MP kamera utama, 8MP ultra-wide-angle 119° dan 2MP lensa makro dengan model rumah kamera yang baru dan kekinian.

Kamera Utama 48MP:
Kamera utama realme narzo 20 memiliki sensor 48MP, apertur besar f/1.8, dan lensa 6P. Kamera ini menerapkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi piksel besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan mewujudkan rentang sensasional dari detail yang kaya.

8MP Ultra-wide Angle Lens
realme narzo 20 memiliki fitur kamera sudut lebar dengan piksel 8MP, aperture f/2.25 dan bidang pandang ultra-wide-angle 119 ° , yang dapat menangkap tampilan lebih luas. Saat mengambil foto pemandangan, gedung, foto grup dengan banyak orang, dan pemandangan jauh lainnya, kita tidak perlu mundur. Kita dapat beralih ke mode sudut ultra lebar hanya dengan satu klik. Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang disesuaikan oleh realme memecahkan titik nyeri distorsi tepi dalam foto sudut ultra lebar tradisional, menjadikan foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan.

Lensa Makro
Lensa ultra makro 2MP memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Mode Nightscape
Mode Nightscape akan membuat realme narzo 20 menjadi night shooter terbaik di segmen ini.  algoritme mode bentangan malam akan mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu bidikan tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto. Sebagai hasil dari mode bentangan malam, bidikan malam hari akan menjadi jauh lebih cerah dan jernih.

B. 8MP Selfie Camera
Di bagian depan, kamera selfie 8MP bisa mengambil foto selfie sejernih kristal. Kameranya juga mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang bisa membantu kita mengambil foto selfie dengan sudut lebih luas. Secara keseluruhan memberi kita pengalaman kamera terbaik di segmennya.
 
Kesimpulan yang bisa diambil setelah melihat spesifikasi dari realme narzo 20, bahwa smartphone yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai alat pendukung untuk menjadi seorang atlet eSport yang profesional. Sesuai dengan keinginan anak saya untuk mengenal lebih jauh sebagai atlet pemain game.

Sebagai orang tua saya mendukung apa yang menjadi cita-cita anak.  Memberikan perangkat dengan teknologi bagus dan performa yang mumpuni sebagai bentuk dukungan pada anak agar dia bisa lebih fokus dan tercapai cita-citanya. Meskipun saya juga memberikan banyak syarat agar dia tidak melupakan tugas utamanya yaitu menuntut ilmu.

        Salam takzim
 

 

Post a comment

35 Comments

  1. Aku baru denger tentang smartphone satu ini Mba. Kalo baca reviewnya kayaknya layak buat dijajal nih, speknya bagus soalnya :D

    ReplyDelete
  2. 6000 mAh wih canggih banget ya baterainya. Bisa awet main game nya seharian 😁

    ReplyDelete
  3. smartphone Realme ini sedang naik daun yaa sekarang. Adik, suami dan anakku juga pakai realme, tapi bukan realme narzo20, hehehe

    ReplyDelete
  4. super saving power modenya itu bisa menyelamatkan saya saat mau nonton drakor nonstop mba :) jadi bukan buat main game doank hahaha

    ReplyDelete
  5. Adik aku nih pakai hp realme, kalau udah ngegame duuuh suka lupa jam soalnya batrenya awet

    ReplyDelete
  6. Realme memang salah satu android terbaik dan harga terjangkau ya, teh. Memang sekarang anak2 butuh gadget, tinggal bagaimana cara kita mengatur mereka untuk bisa mengatur penggunaan dengan baik ya teh :)

    ReplyDelete
  7. Wah perlu kusampaikan info ini ke adik2ku nih..mereka berdua pecinta game..hehe.. TFS mba..

    ReplyDelete
  8. para pecinta games sekarang memang benar - benar dimanjakan yaa mba dengan adanya perangkat yang canggih dan okeee

    ReplyDelete
  9. Realme Narzo 20 series bagus banget performanya mbak. Cocok buat yang suka main game, bahkan untuk pekerjaan lain seperti belajar online juga tak kalah mumpuninya. Patut dicoba nih hp. Kalau aku sih tidak melarang anak untuk bermain game di hpnya....toh pada akhirnya dia akan bisan dengan sendirinya dan tidak selamanya bawa hp saat bepergian...

    ReplyDelete
  10. Wahh tambah lagi nih henpon mumpuni buat ngegame apalagi buat kawula muda, duh makin pede ya pas pegang henpon kece ini.
    Bener banget nih, anak main game lebih baik di dampingi soale kayak akan manfaat bahkan bisa ngasilin pundi2 juga.

    ReplyDelete
  11. 6000 mah ya ampuuuunnn favorit ini mah. Satu kelebihan dan ditambah kelebihan lainnya yang nggak kalah kece. Harganya dibandrol 2 jutaan pula ya mbak. Terlove. Btw aku jadi penasaran sama kelas online RRQ eSports Academy. Cari infonya dulu ah. Makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Sebagai Realme user Aku jadi pengen beli lagi Teh hihihi... Emang Realme ini top banget buat gamer soalnya puass gitu mainnya.

    ReplyDelete
  13. Kalau putranya emang mau jadi atlet esport sih, memang harus didukung dengan gawai yang handal begini, ya

    ReplyDelete
  14. tetehhh... inna baru datang lagi buat mampir. maapken hihihi
    aih di rumah juga pake realme buat si bungsu pjj. asik banget ya punya realme narzo 20 yg tahan banting buat main game.
    sukses terus buat aa di esport-nya :)

    ReplyDelete
  15. Spek yang lengkap. HP yang bisa untuk PJJ dan hiburan sekalian gaming yang dapat menstimulasi otak ya. Mantap deh nih Realme

    ReplyDelete
  16. Desainnya kece ya mbak, btw buat para gamer emang butuh gadget khusus ya biar mainnya juga aman. Realme ini juga lumayan terjangkau juga kan ya?

    ReplyDelete
  17. Maen game ada positifnya kok, intinya anak memang harus tetap diawasi maen game. yg jadi bahaya tuh kalau sampe "nyandu" maen game hiksss.. soalnya anak sodaraku maen game tanpa control dari orangtua jadi gitu dehhh.. Btw realme keren banget!

    ReplyDelete
  18. Setuju Teh. Menurut aku gapapa kasih games ke anak yang penting kan bijaksana ya dalam penggunaanya dan sesuai usia anak. Anak aku belajar bahasa inggris juga dari games hihihi. Jadi penasaran aku soal hp ini. Apalagi batrenya gede banget ya Teh. Jadi cocok buat yang suka maen games. Ga cepet abis batrenya

    ReplyDelete
  19. benar mbak, main game juga punya dampak positif buat perkembangan anak..
    wah hp gaming yg cukup terkangkau tapi kualitasnya g kalah kece ya ini mbak, jadi pgn beli buat anakku

    ReplyDelete
  20. wah bisa nih jd pilihan buat anak mbarep yang juga menyukai game. Saat ini saya juga dihadapkan pada tantangan serupa, bagaimana tetap mendukung tapi juga mengarahkan. Macem maen layangan. Ntar saya tanya2 mbak nurul ttg klub/sekolah esport ah...

    ReplyDelete
  21. Ini mah kudu di share infonya ke cucu-cucu, specnya, tampilannya, kehebatan daya tahan battery- nya booo...rruuaarr biasa.Biar mereka berbisnis di hpnya dp di komputer yg ngeborosin token listrik. Realme Narzo 20 idaman. Kan cucu2ku udah bisa ngasilin tuh dari games. Salut sm cucu2 aplg kl udah ada Realme Narzo 20 dlm genggamannya.

    ReplyDelete
  22. Shiaaappp, mau berburu RealMe juga ahhh
    banyak review positif tentang brand ini
    Cuss markicusss!

    ReplyDelete
  23. Enak ya kalo batre besar, jadi gak harus sering2 ngecharge. Main game kalo di masa pandemi gini juga asik buat isi waktu biar gak boring

    ReplyDelete
  24. Mantap nih anaknya sampai ikutan kelas online untuk gaming. Semoga jadi gamer yang handal ya dek, berbekal hape gaming yang oke banget kayak realme Narzo ini.

    ReplyDelete
  25. Bener banget buat sebaian orang main games bisa dianggap sebagia me time ya, aku gak suka main games paling lihat aja kalo di rumah. Supaya main gamesnya tanpa kendala butuh banget device yang mumpuni ya. Kemarin ini aku bar lihat juga nih review Realme Narzo 20 yang diulas youtuber.

    ReplyDelete
  26. Games kalau dilatih secara profesional memang menghasilkan cuan ya, Mba. Saya sepakat kita harus bijak saat anak memainkan games. Ada waktu dia rral life dan ada waktunya dia bermain games. Btw itu realme narzo 20 emang di desain buat games ya? Mantab lah yaa.. bisa dipake buat saya tuh yg hobi main games juga hahahaha.. ga boleh buat bocah.

    ReplyDelete
  27. Bermain game bagi anak itu gak selalu negatif ya, Mbak. Selama kita masih bisa mengontrolnya dan anak bermain dalam jangka waktu yang seimbang, tentunya gak masalah.

    Bermain game juga bisa jadi buat belajar bahasa asing nih. Setuju banget. Karena option yang ada di dalam game seringnya menggunakan bahasa asing.

    ReplyDelete
  28. Zaman dulu main game terus diomelin ibuk, zaman now mah mau main game asalkan ingat waktu atau kalau emang niat jd atlet esport malah didukung ya mbak hehe.
    Cakep hapenya mbak, aku baru tahu ada merek Narzo ini.
    Semoga anaknya sukses di kelas onlen belajar gamingnya, kali aja beneran bisa serius di dunia esport mengharumkan nama bangsa :D

    ReplyDelete
  29. Spesifikasi hp nya lumayan banget ya mbk. Hp gaming dengan kamera yang mumpuni, lumayan kalo punya satu. Bisa buat gaming, foto foto dan bikin konten. Suka banget sama desain realme narzo 20,pingin punya satu

    ReplyDelete
  30. Wah ini pas buat adikku tuh suka main games. Makasih rekomendasinya mba. Spesifikasinya bagus

    ReplyDelete
  31. Wah ada sekolahnya ya untuk jadi atlet e sport, jadi pengen masukin anak saya Alde buat ikutan, pengen banget dia jadi atlet e-sport..tapi dia masih SD..

    ReplyDelete
  32. Saya tertarik dengan RRQ esport academy,ada batasan usia nggak mbak untuk bisa bergabun

    ReplyDelete
  33. Semakin variatif ya sekarang hape khusus gaming. Fiturnya membantu para gamers menghasilkan performanya yang terbaik

    ReplyDelete
  34. Temen kantor banyak yang naksir narzo. Namanya juga unik dan kalo harga sih terjangkau ya

    ReplyDelete
  35. Terpukau dengan speknya realme narzo 20 series.
    Terutama pada bagian baterai. Rasanya puas banget yaa..bisa main tanpa harus charging bolak-balik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^