Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi dengan Olahraga

Di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini daya tahan tubuh harus benar-benar diperhatikan. Karena daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi virus corona. Olahraga teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran, kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun kita juga perlu memperhatikan teknik olahraga yang baik agar latihan yang dilakukan tidak sia-sia. Kita tetap harus melakukan pemanasan sebelum berolahraga, mengetahui teknik dasar olahraga yang benar seperti  teknik dasar lari yang baik  atau teknik dasar senam agar terhindar dari cidera saat melakukan olah tubuh.

jaga-daya-tahan-tubuh-dengan-olahraga

Menurut International Journal of Cardiovascular Science, aktivitas fisik seperti olahraga dengan intensitas dan durasi sedang, dapat membantu respon imun tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sedangkan olahraga dengan intensitas tinggi dan terus-menerus, sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan imunitas tubuh menjadi turun.

Dari hasil beberapa penelitian, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa mencegah gangguan mental, seperti kecemasan, drepesi, kelelahan dan stres. Apalagi bagi mereka yang diharuskan menjalani karantina dan isolasi mandiri.

Manfaat olahraga lainnya yaitu dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya yang timbul di masa pandemi, di saat orang-orang harus banyak berdiam diri di rumah.

Ya, penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi biasanya dialami mereka yang kurang aktivitas fisiknya. Penyakit bisa datang karena masyarakat cenderung kurang beraktivitas dan lebih memilih menghabiskan waktu di rumah seperti main smartphone, bermain game online atau nonton di televisi.

Olahraga apa yang cocok selama pandemi?

Jenis olahraga yang cocok dilakukan di masa pandemi yaitu aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas dan durasi waktu sedang, olahraga yang bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam ruangan yaitu jalan cepat atau jalan santai di sekitar rumah, naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 3 kali sehari, lompat tali, yoga, senam atau menari.
Sedangkan olahraga yang biasa dilakukan di luar ruangan yaitu berjalan cepat, lari, dan bersepeda, .

1. Jalan santai

Olahraga yang paling mudah dilakukan di rumah adalah jalan santai. Meski hanya berada di dalam rumah saja, menjauhi kerumunan dan menjaga jarak dengan orang lain, kita masih bisa berolahraga jalan santai di rumah.

Sebaiknya jalan santai dilakukan dengan kecepatan stabil, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat. Jalan santai juga bisa dijadikan sebagai bagian dari pemanasan jika kita ingin melakukan olahraga lainnya. 

2. Naik turun tangga di rumah

Memanfaatkan apa yang ada di rumah untuk melakukan olahraga tidak ada salahnya, bukan? Kita bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk kebugaran tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa naik turun tangga bisa menyehatkan jantung. Olahraga ini cukup mudah dan praktis, sesuai dilakukan saat pandemi seperti saat ini.

3. Push Up

Siapa yang tidak mengenal push up? Semua orang tentunya paling familiar dengan gerakan olahraga yang satu ini. Gerakannya cukup mudah untuk dilakukan dan juga bermanfaat bagi otot tubuh jika dilakukan secara rutin.

Melakukan push up cukup mudah yaitu dengan cara berbaring tengkurap di atas lantai. Setelah tengkurap letakkan tangan di samping dada lalu tumpukan kaki pada jari kaki. Kemudian angkat perlahan tubuh kita dalam posisi lurus dan turunkan kembali. Lakukan gerakan tersebut berulangkali.

4. Melakukan teknik "cruch" untuk mengecilkan otot pinggang

Gerakan olahraga yang bisa mengecilkan otot pinggang sangat sesuai untuk mereka yang sudah lama di rumah dan mengalami kenaikan ukuran lingkar pinggang. Gerakan cruch sangat mudah, cukup berbaring di atas matras dengan posisi kaki ditekuk. Letakkan kedua tangan kita di belakang kepala dengan jari-jari menyatu. Angkat bagian tubuh dari kepala hingga pinggang kemudian turunkan lagi. Lakukan secara berulang dalam beberapa hitungan.

5. Jumping Jack

Jumping jack merupakan salah satu gerakan olahraga yang bisa kita lakukan di rumah. Gerakan olah tubuh yang satu ini sering dilakukan dalam pelajaran olahraga di sekolah. Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan cara berdiri tegak, melompat lalu menyatukan tangan di atas kepala. Saat kaki memijak kembali ke tanah, regangkan kaki sejajar dengan bahu. Lalu melompat sekali lagi dan hempaskan tangan ke samping sembari posisi kaki dirapatkan kembali.

Itulah 5 contoh gerakan olahraga yang bisa kita lakukan di rumah. Meskipun gerakan-gerakannya terlihat sederhana tetapi bisa membuat badan kita terasa lebih bugar. Dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga fisik secara berlebihan dengan intensitas tinggi, karena dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan.

Dan tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan asupan air agar hidrasi bisa selalu terjaga. Minum 30 menit sebelum olahraga dan setelahnya bisa berguna mengganti jumlah cairan yang keluar melalui keringat.

Salam sehat, selalu jaga kesehatan, ya!


Post a comment

7 Comments

  1. Saya coba jalan kaki dulu dan selalu disapa tetangga. Hihihi
    Kayaknya mending yang aktivitas di umah semaam jumping jack sambil bermain dengan si 2 tahun. Hihihihi.
    Makasih idenya Mbak

    ReplyDelete
  2. Kalau aku cocoknya yoga atau sepedaan utk olahraga luar ruang karena ada cidera di kaki

    ReplyDelete
  3. Olah raga tuh memang bagus banget sih buat kebugaran tubuh dan aku punya sinus ya dan kadang flu plus pusing gt terus olahraga rutin jadi jarangggggg banget kambuh lagi.

    ReplyDelete
  4. duhhh jadi merasa diingatkan lagi, jangan malas untuk berolah raga. sudah mulai mencoba untuk olahraga sih akhir akhir ini namun belum rutin. semoga nanti bisa rutin

    ReplyDelete
  5. Kayanya aku palung sering sih jalan santai sama naik turun tangga rumah, yang lain gak kuat aku, berat bawa perut wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Benar sekali, di tengah pandemi seperti ini sangat penting untuk terus menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga setiap minggunya. Jika pun tidak bisa olahraga outdoor, olahraga indoor bisa jadi pilihan. Apalagi jika ditambah dengan ketentuan untuk mencegah kerumunan, olahraga di rumah bisa jadi solusi.

    Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah Plank. Melakukan plank rutin setiap pagi, ya minimal setelah subuh, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun terlihat simpel dan sederhana, ketika melakukan plank, waktu 30 detik bisa terasa begitu lama.

    ReplyDelete
  7. Jaalan santai ke pasar sama jalan ke depan dan belakang rumah olahraga yang aku lakukan mba Nurul eheheh. Lumayan bikin energi kekuras, jauh soalnya bolak baliknya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^