Tips Aman Berolahraga di Masa Pandemi

Seperti postingan sebelumnya mengenai pentingnya menjaga daya tahan tubuh saat pandemi, kali ini saya masih membahas mengenai cara menjaga kesehatan di masa pandemi. Ketika sebelumnya saya membahas mengenai jenis olahraga yang sesuai di masa wabah covid-19, selanjutnya mari kita membahas mengenai tips aman berolahraga di masa new normal. 

tips-aman-berolahraga-di-masa-pandemi

Tips Berolahraga di Masa Pandemi

Berolahraga itu selain menyehatkan juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi membuat rasa bahagia. Namun karena kita masih berada di suasana yang rawan penyebaran virus, maka kita harus berhati-hati dalam berolahraga. Berikut ini beberapa tips aman berolahraga di masa pandemi.

1. Olahraga di Rumah

Di masa wabah seperti sekarang ini, rumah merupakan tempat yang paling aman untuk berlindung dan terjaga kebersihannya. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, kita juga bisa berolahraga di rumah dengan lebih aman dan leluasa. Meskipun di rumah, kita bisa melakukan olahraga dengan maksimal, tanpa takut tertular virus. 

Sejak pemerintah menganjurkan kita untuk tidak keluar rumah kecuali memiliki kepentingan yang mendesak, berbagai aktivitas menggunakan fasilitas online. Begitu juga dengan kegiatan olahraga, bisa kita lakukan dengan menonton tutorialnya di media online. Dengan begitu kita bisa aman berolahraga di rumah, bukan?

2. Penuhi Hidrasi

Tujuan kita berolahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun jangan sampai lupa untuk minum air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Setidaknya kita harus mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter setiap harinya. Memenuhi hidrasi akan membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu cairan yang masuk juga dapat memperlancar saluran pencernaan serta memperkuat imun tubuh.

3. Olahraga Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Harap memperhatikan tahapan olahraga yang benar. Jangan sampai lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga inti dan pendinginan selama 5 menit. Tahapan latihan fisik yang benar, dapat menghindari terjadinya cidera. Menurut WHO, sebaiknya olahraga dilakukan minimal 30 menit per hari selama masa pandemi ini dan lakukan selama lima kali dalam seminggu.

Kita juga harus memperhatikan waktu ketika akan berolahraga. Memang tidak masalah berolahraga di malam hari tetapi tetap harus diperhatikan agar tidak berolahraga terlalu malam. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur. Melakukan latihan fisik yang dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu. Kita akan merasa sulit tidur, gelisah dan resah karena badan masih panas.

4. Hindari Olahraga Secara Berkelompok

Apabila merasa bosan melakukan olahraga di rumah dan sesekali ingin latihan fisik di luar, sebaiknya kurangi kontak dengan orang lain. Selain itu hindari menggunakan alat olahraga bersama-sama. Sebaiknya dihindari dahulu berolahraga di fasilitas umum seperti pusat kebugaran dan berolahraga dengan komunitas.
 

5. Perhatikan Protokol Kesehatan

Ketika berolahraga di luar rumah tetap perhatikan protokol kesehatan. Gunakan masker untuk menutup hidung dan mulut meskipun awalnya merasa kurang nyaman. Dengan menggunakan masker maka dapat mengurangi risiko tertular Covid 19.
Usahakan  untuk menjaga jarak apabila bertemu dengan banyak orang yang sedang berolahraga. Minimal menjaga jarak sekitar 2 meter dan usahakan tidak berbincang-bincang dengan orang lain.

Setelah selesai berolahraga sebaiknya tidak singgah ke tempat penjual makanan, apalagi berkumpul dengan teman satu komunitas. Lebih baik membawa bekal air minum dan makanan sendiri dari rumah. Ketika sampai rumah segera mandi dan ganti pakaian. Simpan pakaian kotor dan peralatan olahraga di tempat yang aman atau langsung dicuci dengan sabun dan disinfektan.

Itulah beberapa cara berolahraga yang aman di masa pandemi. Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tetap berolahraga di masa pandemi seperti sekarang ini? Kalau saya lebih memilih berolahraga di rumah aja. Selain merasa lebih aman, saya juga agak malas apabila harus berolahraga dengan menggunakan masker, hehehe.

Olahraga Yoga

Latihan fisik yang saya pilih bukan olahraga yang berat. Biasanya sekedar senam aerobik atau yoga. Olahraga yoga ini termasuk latihan fisik yang baru saya tekuni, sejak beberapa teman membicarakannya di WA grup.

Olahraga yoga terkesan mudah dan sederhana. Namun ternyata setelah melakukannya, yoga termasuk olahraga yang efektif membakar lemak dan bikin badan berkeringat. Selain itu, latihan yoga bisa membuat kita jadi lebih tenang dan rilek. Sangat membantu sekali untuk menanggulangi kecemasan yang terkadang muncul di masa pandemi ini, deh!

Mudah, kok, jika ingin berlatih yoga di rumah. Kita bisa mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet. Gimana tertarik ikut latihan yoga, juga? Manfaatnya selain bisa membuat kita tenang juga bisa menjaga metabolisme tubuh, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat vitalitas. Manfaat yoga, banyak bukan?

Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk latihan yoga? Selain pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat, kita juga perlu mempersiapkan matras, gym ball, yoga strap dan yoga blocks. Di antara semua perlengkapan tersebut, saya lebih mengutamakan mempersiapkan pakaian dan matras. Kedua perlengkapan tersebut bagi saya penting sekali untuk latihan yoga. Bukan berarti yang lain tidak penting, ya, tetapi masih bisa ditunda ketersediaannya.

tips-aman-berolahraga-di-masa-pandemi


Cara Memilih Alas Untuk Olahraga

1. Memilih alas sesuai kebutuhan

Memilih alas untuk berolahraga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan tipe tubuh. Untuk tubuh yang kurus tentunya lebih membutuhkan alas yang lebih tebal dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh besar.

2. Bahan yang nyaman

Yang tidak boleh ketinggalan dalam memilih alas olahraga yaitu pemilihan bahan alas itu sendiri. Usahakan menggunakan alas dengan bahan yang ringan, ketebalan yang pas dan melindungi tubuh dari rasa sakit yang tidak dapat dihindari. 

3. Pertimbangan harga

Sudah jadi pandangan umum jika harga sebuah barang berbanding lurus dengan kualitasnya. Jangan sampai ingin mendapatkan barang dengan harga semurah-murahnya hingga tidak memperhatikan keamanan dan kenyamanannya untuk tubuh. Harga sedikit tinggi tidak masalah jika membuat tubuh kita aman, bukan?

Berbicara tentang alas untuk olahraga, saya tertarik dengan alas/matras dari tumblemat. Saya kenal tumblemat sebagai salah satu pemasok terbesar di dunia yang memproduksi air tumble mat outdoor, alas olahraga yang sering digunakan di luar ruangan.

Produk dari tumblemat merupakan produk yang mendapatkan perhatian agar bisa memiliki kualitas terbaik, tahan lama dan aman dengan melalui ratusan pengujian.  Menggunakan matras atau alas yang berkualitas baik, pengguna akan terlindung dari rasa sakit yang sewaktu-waktu bisa saja datang dan tidak dapat dihindari. Alas olahraga dari tumblemat sesuai digunakan para altlet yang menggunakan seluruh energinya untuk berlatih termasuk ketika mendapat tekanan jatuh yang keras.

Dalam hal pemilihan spesifikasi barang, konsumen bisa mendapatkan aneka ukuran, warna , gaya dan harga yang terbaik. Saya lihat grey tumble mat menarik digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan karena warnanya bisa menyamarkan kotoran.

Untuk teman-teman yang ingin melengkapi peralatan olahraga seperti alas/matras yang berkualitas baik, bisa juga mendapatkannya di tumble mat.

tips-aman-berolahraga-di-masa-pandemi


Ketersediaan perlengkapan olahraga yang mumpuni selain bisa menjaga keselamatan, kenyamanan juga bisa menjadi motivasi untuk rajin berolahraga. Jadi bukan masalah ketika kita harus berada di rumah, karena bisa tetap aktif latihan fisik demi memutus penyebaran virus Covid 19.
Bagaimana dengan teman-teman? Masih aktif berolahraga, bukan? Olahraga apa yang kalian pilih? Cerita, yuk!
Salam takzim



Post a comment

7 Comments

  1. Matrasnya cantiik..suka yang warna putih itu. Olah raga di rumah pasti jadi lebih srmangat nih. Si kecil juga pasti lebih tertarik dikenalkan dengan olah raga kalau matrasnya seoke ini.
    Tambah tertariknya itu karena mudah dan irit tempat penyimpanan. Ringkes. Makin srmangat
    Olah raga di rumah yuuk mbak

    ReplyDelete
  2. Saya sebelum pandemi rajin ikut senam seminggu 2 kali, setelah pandemi langsung berhenti sampai sekarang. Pengin olahraga lagi di dalam rumah aja, kayaknya yoga bisa jadi pilihan ya mbak, apalagi pakai matras seperti tumble mat seperti ini, wah nyaman banget kayaknya.

    ReplyDelete
  3. masih semangat teh, meski masih berbekal yutub di dalam rumah aja hehe. Etapi kalo Yoga belum pernah nyoba nih, mulai ceki ceki yutubnya ah. dan pakai matras yang nyaman juga ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah...matrasnya nampak empuk nih. Aku punya matras yoga, tapi kayak engga cocok. Malah punggung sakit semua. Hehe...Betul sih, belum berani olahraga berkelompok. Paling jalan pagi aja keliling sini...

    ReplyDelete
  5. Wah, matras yoganya makin keren. Dulu pas beliin punya temen mah cuma yang tipis gitu ya. Sekarang ada yang tebel. Kayaknya itu bakal nyaman banget.

    ReplyDelete
  6. Biasanya olahraga saya cuma jalan kaki keliling rumah....kalau ada matras Tumble mat ini bisa sering-sering olahraga senam ini...hmm yang warna orange ada ngga ya🤭

    ReplyDelete
  7. Setuju banget Teh untuk berolahraga harus mengutamakan keselamatan dsn kenyamanan ya. Biar tujuan berolahraga tercapai gitu. Btw ini matras udaranya lucu-lucu sih. Bahannya juga enakeun ya .. pas buat aktivitas fisik gitu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^