Dunia Blogger Indonesia

Dunia Blogger di Indonesia

Dari waktu ke waktu, media blog di Indonesia menjadi semakin popular. Dibutuhkan keseriusan dalam mengelola sebuah blog terutama ketika mengangkat tema yang informatif. Pengelolaannya pun kini lebih professional. Individu yang mengelola blog yaitu blogger, kini dalam mengelola blognya lebih menekankan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Blog tidak lagi dijadikan sebagai tempat curahan hati tetapi juga dijadikan pintu untuk membuka peluang bisnis yang menghasilkan. 
 
Dunia blogger Indonesia

 

Peranan Seorang Blogger di Indonesia

Semakin berkembangnya internet di Indonesia, mendorong tumbuhnya jumlah blogger di Indonesia. Sebagai orang-orang yang suka menulis di media online, dapat dikatakan jika blogger itu sebagai penyebar informasi dan pengetahuan yang tidak terbatas. 

Peranan blogger juga disebut sebagai penyeimbang. Mengapa? Karena ketika ada media yang cenderung subjektif, blogger bisa menuliskan sesuatu sebagai penyeimbang dengan gaya tulisan yang menyentuh dan lebih personal.

Dalam berbagai bidang, blogger kerap dijadikan sebagai public relation yang bertugas menyebarkan informasi kepada masyarakat. Dalam dunia bisnis, blogger berperan dalam strategi marketnya. Instansi pemerintahan juga kerap kali menggunakan peran blogger dalam mensosialisasikan program kerjanya.
 

Memutuskan Terjun di Dunia Blogger

Menyadari besarnya peran blogger di berbagai lini kehidupan membuat saya juga ingin menjadi individu yang bemanfaat untuk orang lain. 

Dengan menulis di blog, saya berharap tulisan yang dibuat bisa terus bermanfaat untuk banyak orang. Berharap sekali semua tulisan di blog bisa menjadi amalan yang terus mengalir meski saya sudah tidak ada di dunia ini. Aamiin. 

Selain itu, menjadi seorang blogger, saya bisa dapat banyak pengalaman,  menambah pengetahuan bahkan bisa bertemu dengan teman baru. Jadi bertambah relasi, deh! Alhamdulillah. 

Cara Memulai Ngeblog

Ketika memutuskan terjun ke dunia blogger beserta berbagai tujuan yang melatarbelakanginya, saya pun memutuskan untuk mulai ngeblog. 

Hal pertama yang saya lakukan setelah menentukan tujuan menjadi blogger adalah memilih tema apa yang akan saya tuliskan di dalam blog. Dengan menentukan tema, diharapkan nantinya tulisan-tulisan saya akan terarah. Sehingga bisa membawa manfaat bagi pembaca.

Dan yang terpenting bagi saya, untuk bisa lebih baik menulis, saya harus terus meningkatkan skill. Terus belajar hal yang baru dan membangun jaringan pertemanan yang luas. 
 
Menjaga konsistensi menulis di blog


Pemilihan Niche Blog

Untuk membuat tulisan di blog, saya lebih banyak menulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya alami dalam keseharian. Bagi saya lebih mudah menulis berdasarkan pengalaman, hehehe

Cerita yang beragam, mulai dari kegiatan saya sebagai seorang istri dan ibu dua anak, tumbuh kembang anak hingga pengalaman berkunjung ke tempat wisata dan kulineran. Banyak hal yamg bisa saya tuliskan dan ceritakan.

Dengan berbagai tema tulisan tersebut, akhirnya diputuskan untuk memilih lifestyle sebagai niche blog saya. Sesuai dengan namanya, menceritakan gaya hidup sehari-hari.

Langkah Menulis Hingga Publish di Blog

Setelah memutuskan tipe niche yang dipilih, saatnya mengisi blog dengan konsisten. Untuk membuat tulisan yang menarik tetapi tidak kaku, sebaiknya tentukan dahulu kerangka tulisan secara garis besar. 

Tuliskan saja ide yang ada di kepala dan tuangkan sebebas-bebasnya. Setelah selesai, ambil waktu sejenak kemudian baca kembali. Lakukan mengedit tulisan yang sudah dibuat. Meskipun menulis di blog itu sifatnya bebas dan bukan karya ilmiah tetapi kaidah penulisannya tetap harus sesuai kaidah Bahasa.

Agar lebih menarik, sertakan gambar yang berkaitan dengan tema tulisan. Perhatikan kembali format konten di blog kita. Yang terpenting tulisannya mencakup bagian pembuka, isi dan penutup. Setelah semua lengkap dan bebas typo, segera publish artikel tersebut.

Tips Menjaga Konsistensi dalam Menulis

Dapat dikatakan bahwa membuat blog itu mudah, tetapi bagi saya menjaga konsistensi dalam menulis itu butuh usaha yang kuat. 

Berikut ini 5 kiat yang bisa digunakan agar selalu produktif menulis yaitu: 
  1. Mencatat semua ide yang muncul di pikiran. 
  2. Membuat jadwal menulis.
  3. Buat target menulis sebagai penyemangat 
  4. Mencoba konsisten menulis setiap hari.
  5. Banyak membaca buku atau blog lain untuk menjaring ide.
Dengan kiat-kiat tersebut diharapkan konsistensi saya dalam menulis di blog bisa selalu terjaga.

Blog Etalase

Barangkali teman-teman pernah mendengar blog etalase? Yang sering dikatakan blog etalase yaitu blog yang isinya dominan berupa artikel bersponsor. 

Artikel organiknya hampir tidak ada. Sependek pengetahuan saya, blog etalase itu tidak bagus. Terlaku banyak link yang dikaitkan dengan blog lain. Ini membuat blog jadi kurang sehat.

Semestinya blog kita berisi konten artikel yang seimbang. Antara link ke luar blog dan link yang berkaitan antara artikel di dalam blog, sebaiknya lebih banyak link antara artikel yang satu dengan artikel lain di blog kita. Dengan begitu blog kita bisa mendapat penilaian bagus dari Google.
 

Perlukah Blogger Paham SEO?

Membicarakan konten yang bagus dan disenangi oleh google tidak terlepas dari SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk mengoptimasi blog kita supaya meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke blog. 

Cukup banyak tahapan-tahapan SEO yang digunakan untuk membuat blog lebih berkualitas. Blog lebih mudah ditemukan oleh pembaca.

Semua perlu dipahami oleh blogger dan diterapkan supaya blognya berada di posisi teratas di hasil pencarian Google. Selain itu pembaca jadi lebih mudah mencari hal-hal yang mereka butuhkan.

SEO untuk performa blog
 

SEO (Search Engine Optimization)

Sebagai blogger tentunya saya juga ingin memiliki blog yang berkualitas dan berpotensi menyedot banyak traffic. Oleh karenanya saya terus belajar untuk mengoptimalkan blog milik saya. Belajar untuk memahami tahapan-tahapan SEO on page dan SEO off page.

Secara garis besar, optimasi blog berdasarkan SEO di antaranya meliputi penulisan keyword di dalam artikel, penggunaan alt text img pada gambar, terdapat internal link di artikel dan indikator lainnya. 

Indikator-indikator tersebut saya usahakan ada dalam artikel, dengan harapan bisa cepat terindeks oleh google. Dengan begitu manfaat tulisan tersebut bisa sampai kepada pembaca blog. 

Memperbaiki Blog

Setelah beberapa lama menulis di blog, saya lihat traffic-nya belum begitu bagus. Sedangkan saya ingin tulisan saya bisa mudah ditemukan sehingga dapat bermanfaat untuk orang banyak. 

Nilai domain authority blog saya pun tidak bagus. Nilainya bukannya naik tetapi belakangan ini justru turun. Saya hanya mengerti sedikit apa saja yang harus diperbaiki di dalam blog tersebut. Dan itu belum membuat hasil yang maksimal.

Namun saya bertekad ingin memperbaiki blog saya agar performanya lebih bagus dan terlihat nyaman di mata pengunjung. Oleh karena itu saya harus terus belajar mencari kekurangan dan memperbaikinya.

Mengenal Site Audit

Menyadari ada yang masih kurang dari blog saya, membuat saya ingin mempelajarinya lebih jauh. Menyimak beberapa obrolan dari teman-teman blogger bahwa untuk melihat performa blog dibutuhkan site audit. 

Site audit itu adalah analisis lengkap dari semua faktor yang memengaruhi kinerja sebuah blog. Bermanfaat memeriksa dan memperbaiki berbagai aspek blog kita secara menyeluruh. 

Dengan mengetahui kekurangan yang ada, diharapkan bisa diketahui pula cara memperbaikinya. Dan semoga usaha tersebut bisa membuat blog saya bermanfaat bagi pembacanya. 

Saya harus Mempelajari Site Audit Web

Mengetahui manfaat Site Audit membuat saya harus mempelajarinya dengan baik. Performa blog saya yang belum bagus, pasti ada penyebabnya. 

Dengan mempelajari site audit, saya bisa melihat apa yang salah di blog tersebut dan melakukan perbaikan. 

Besar harapan saya, dengan perbaikan-perbaikan tersebut bisa membuat performa blog menjadi lebih baik dan pengunjung blog pun senang dan betah membaca tulisan saya. 
 
Site Audit Untuk Kesehatan Blog

Saya Harus Ikut Pelatihan Site Audit

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat informasi tentang adanya kelas Pelatihan Site Audit. Kabar tersebut tentu saja saya tanggapi dengan baik. Ini kesempatan besar bagi saya untuk memperbaiki performa blog. 

Saya berharap dengan mengikuti pelatihan ini bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti: 
  1. Jadi tahu masalah yang ada di blog saya dan cara memperbaikinya 
  2. Di dalam kelas, kita bisa bertanya pada coach yang lebih paham tentang seluk beluk blog. Berbeda apabila kita belajar tanpa guru, hanya bisa searching dan kadang malah bingung sendiri hehehe.
Semoga saja saya bisa ikut dalam kelas pelatihan audit site tersebut. Supaya performa blog saya bisa lebih baik lagi.

Harapan untuk Dunia Blogger

Semakin berkembangnya dunia blogger di Indonesia ditandai dengan bertambah banyaknya jumlah blogger. Dengan jumlah yang semakin banyak tentunya bisa menimbulkan persaingan antar para blogger. 

Namun besar harapan saya agar semua bisa bersaing dengan sehat. Tidak ada saling sikut atau menjelek-jelekkan yang lain.

Semoga dunia blogger bisa berkembang semakin bagus, baik dalam menyajikan konten yang bermanfaat, menampilkan visual blog yang nyaman dan mengindari plagiasi. Dalam hal attitude semoga para blogger bisa saling membantu, menyemangati dan menjaga nama baik blogger. Semakin banyak blogger yang menyajikan tulisan yang berfaedah semoga manfaatnya bisa menyebar ke seluruh dunia. Aamiin.

Salam takzim

 
 

Post a Comment

2 Comments

  1. wiii, masih semangat bun, ngeblog na. :) semoga semakin lancar terus berbagi literasi na :)

    ReplyDelete
  2. Hemm jadi bangga kalau ingat blogger itu penting, memang gak musah di dunia blogger tapi ada kesenangan sendiri buat belajar ngeblog dan terus jadi blogger. Mantep, semangat!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^