Tips Sehat Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan saat yang istimewa dan sangat dinantikan oleh sebagian besar ibu. Begitu istimewanya sehingga ibu merasa perlu tetap sehat saat hamil. Termasuk menjaga janinnya selalu sehat dan tumbuh hingga waktu kelahiran. Lalu bagaimana menjaga kesehatan saat hamil? Menerapkan pola hidup sehat, tentunya.

Tips Sehat Saat Hamil
Source : Pixabay.com

Pentingnya Sehat Saat Hamil

Bagi saya sendiri, menjaga kesehatan saat hamil menjadi perhatian yang sangat penting. Dengan kondisi tubuh yang sehat, akan mempermudah proses melahirkan, bukan? Dulu waktu sedang hamil, banyak sekali pendapat-pendapat tentang kehamilan yang saya dapatkan. Pendapat dari orang tua dan kerabat yang bagi saya sendiri masih simpang siur kebenarannya.

Ya, berita kehamilan memang mengundang suka cita dari semua orang. Sehingga memunculkan beragam pendapat tentang kehamilan. Ada yang berdasarkan fakta tetapi ada juga yang berupa mitos saja. Sebagai calon ibu, tentunya saya jadi bingung, dong! Mana informasi yang benar dan mana yang hanya mitos.

Pesatnya pertumbuhan teknologi membuat pembahasan kehamilan bisa dengan mudah kita dapatkan. Dari internet kita bisa tahu bagaimana caranya ibu melalui masa kehamilan, cara sehat saat hamil, menjaga kesehatan janin hingga proses melahirkan yang aman. Semua itu bisa dengan mudah didapatkan di internet.

Namun, apakah semua itu sudah cukup? Informasi tersebut memang sudah benar-benar mewakili kondisi yang kita alami.

Mengutip pernyataan dari Bapak Agus Jatmika Soegiarto pemilik Klinik PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, ibu hamil membutuhkan informasi yang benar-benar akurat tentang kondisi kehamilannya. Masing-masing ibu hamil memiliki kondisi kehamilan yang tidak sama. Jadi kurang tepat apabila hanya mencari informasi seputar kehamilan di media online saja. Perlu ada pemeriksaan khusus menggunakan USG untuk mengetahui kondisi di dalam rahimnya.

Menjaga Kehamilan Selalu Sehat

Selain mengetahui kondisi kehamilan dan bayi dalam kandungannya, ibu juga perlu memperhatikan kesehatannya. Bagaimana menjaga supaya kehamilan tetap sehat? Berikut ini tips kehamilan sehat yang perlu diketahui oleh ibu hamil yaitu:

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selama hamil, kondisi kesehatan ibu hamil tergantung pada pola hidup sehat yang diterapkannya. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi dan mengandung gizi yang tinggi untuk mendukung kesehatan dirinya dan janin yang ada dalam kandungan.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, ibu hamil dapat menjaga staminanya, terhindar dari resiko komplikasi kehamilan, mengatur berat badannya agar tetap sehat dan mendukung proses tumbuh kembang bayi. Selain itu, ibu hamil yang menerapkan pola makan sehat biasanya bisa membantu menstabilkan mood ibu di sepanjang kehamilannya.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Source : Pixabay.com

Olahraga

Berolahraga merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Berolahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, memperkuat otot serta bisa mengurangi stress saat hamil.

Sebaiknya ibu hamil meluangkan waktunya sekitar 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Ada berbagai pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Pilihlah jenis olahraga yang menggunakan kegiatan fisik ringan dan aman dilakukan saat sedang hamil seperti renang, jalan santai atau yoga.

Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Tips sehat hamil berikutnya yaitu menghindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko bayi lahir premature, lahir cacat atau lahir dengan berat badan yang rendah.

Minum Air Putih

Supaya kesehatan saat hamil terjaga dengan baik, ibu hamil dianjurkan cukup minum air putih setiapharinya. Asupan cairan dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh termasuk ke dalam rahim. Selain itu, rajin minum air putih bisa meningkatkan system imun tubuh dan membantu mencegah berbagai masalah pada kesehatan ibu hamil seperti kelelahan, dehidrasi, anemia, infeksi saluran kencing atau sembelit.

Usahakan minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas dalam sehari. Supaya tidak bosan terlalu banyak minum air putih, bisa juga dicampurkan dengan potongan buah seperti lemon, stroberi, atau jeruk nipis.

Minum Air Putih untuk Ibu Hamil
Source : Pixabay.com

 Cukup Tidur

Tips sehat saat hamil selanjutnya yaitu cukup tidur. Masalah yang umum dialami oleh ibu hamil akibat perubahan hormone yaitu mudah mengantuk di siang hari dan sulit tidur saat malam hari. Padahal kurang tidur pada ibu hamil bisa memicu komplikasi seperti preeklampsia. Oleh karenanya usahakan segera tidur apabila mulai merasa capek atau mengantuk. Seringlah tidur siang untuk mencukupi waktu tidur ibu hamil.

Untuk menerapkan pola hidup sehat, ibu hamil membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Apabil merasa sulit dalam menerapkannya, mintalah dukungan dari keluarga terdekat seperti pasangan supaya bisa lebih mudah menjalaninya.

 

 Ciri Kehamilan yang Sehat dan Normal

Setelah menerapkan pola hidup yang sehat, ibu hamil juga perlu mengetahui tanda-tanda kehamilan yang sehat. Mengetahui tanda kehamilan sehat sangat penting karena saat ada perubahan yang terjadi bisa diketahui apakah perubahan yang dialami itu normal atau tidak?

Ciri kehamilan sehat pada umumnya diketahui melalui pemeriksaan oleh dokter menggunakan peralatan yang mumpuni. Beberapa tanda kehamilan bersifat subjektif dan hanya dirasakan olah ibu hamil itu sendiri. Tanda-tada kehamilan sehat yang perlu diketahui oleh ibu hamil di antaranya:

Mual dan Muntah

Mual, muntah saat hamil atau morning sickness biasanya dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Tidak hanya di pagi hari, mual muntah juga bisa dirasakan pada siang atau malam hari. Gejala mual muntah akan hilang saat memasuki trimester kedua. Kondisi mual muntah ini dipengaruhi oleh perubahan hormon.

Namun tidak semua ibu hamil mengalami morning sickness. Banyak juga yang tidak mengalaminya dan kehamilannya tetap sehat. Kondisi yang patut diwaspadai oleh ibu hamil yaitu apabila mual muntah ini tidak hilang setelah usia kehamilan mencapai 9 minggu. Keadaan ini bisa memicu timbulnya dehidrasi dan biasanya diperlukan perawatan di rumah sakit.

Sering Buang Air Kecil

Meningkatnya volume darah selama kehamilan membuat ginjal harus bekerja ekstra sehingga menghasilkan lebih banyak urine. Itulah sebabnya saat hamil frekuensi buang air kecil jadi semakin sering. Selain itu semakin besar ukuran janin dapat menekan kandung kemih dan membuat ibu hamil jadi sering buang air kecil.

Ibu Hamil Yang Sehat
Source : Pixabay.com

Payudara Terasa Nyeri

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil berikutnya yaitu terjadi pada payudara. Ukuran payudara yang semakin besar, sensitif dan agak nyeri biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon estrogen serta progesterone. Biasanya kondisi ini akan hilang ketika tubuh sudah beradaptasi dengan hormon kehamilan.

Mudah Lelah

Tanda kehamilan sehat yang biasa terjadi pada ibu hamil yaitu perasaan lelah. Meningkatnya kadar hormon progesterone saat awal kehamilan seringkali menyebabkan kantuk. Hal ini merupakan tanda yang biasa dan bisa diatasi dengan istirahat yang cukup.

Yang patut diwaspadai yaitu ketika rasa lelah ditambah gejala lain seperti sering sakit kepala, jantung berdebar, sakit dada, pucat atau kaki tangan terasa dingin. Tanda tersebut merupakan gejala anemia yang harus segera ditangani.

Sensitif pada Makanan dan Bau-bauan

Beberapa ibu hamil merasakan indera penciumannya semakin sensitif di awal kehamilan. Kondisi tersebut bisa memicu mual dan muntah serta dapat menurunkan nafsu makan. Penyebabnya diduga karena perubahan hormon dan morning sickness. Dan cara untuk mengatasi mual muntah karena sensitivitas yaitu dengan menghindari aroma yang kuat atau menyengat.

Semua tanda-tanda kehamilan yang alami setiap ibu hamil bisa berbeda-beda. Apabila ibu hamil tidak mengalami tanda-tanda kehamilan yang telah disebutkan bukan berarti kehamilannya tidak sehat. Semua kondisi tersebut  karena tubuh menyesuaikan diri dengan kehadiran janin dalam rahim.  Oleh karenanya ibu hamil harus siap dengan segala perubahan yang dialaminya.

Mual pada Ibu Hamil

Klinik Kehamilan Sehat

Dan untuk memastikan tanda kehamilan sehat atau tidak, sebaiknya periksakan kondisi ibu hamil secara langsung ke dokter. Ibu hamil akan merasa tenang menjalani kehamilan apabila ditangani oleh dokter dengan didukung peralatan yang lengkap. Salah satu klinik yang bisa dijadikan rekomendasi ibu hamil yaitu Klinik Kehamilan Sehat.

Klinik yang diprakarsai oleh Bapak Agus Jatmika Soegiarto merupakan klinik yang mengutamakan pelayanan dan kenyamanan bagi ibu hamil. Memiliki 15 cabang, di antaranya di Bandung, Palembang, Jabodetabek dan Surabaya. Dengan fasilitas dan perlengkapan yang lengkap bisa menemukan gejala yang dialami ibu hamil lebih akurat.

Dengan memeriksakan kehamilan secara rutin dapat mencegah terjadinya gangguan kehamilan. Kehamilan sehat membuat ibu lebih bahagia dalam menjalani kehamilannya.

Salam takzim


Post a Comment

14 Comments

  1. Masa hamil disambut dengan sukacita oleh seluruh keluarga ketika mendengarnya. Suport dari keluarga dan pengetahuan yang memadai membuat Bunda dapat menjalani kehamilan dengan bahagia dan tenang.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak dapat menambah pengetahuan. Pernah mengalami sensitif ketika mencium aroma tempat cuci piring dan masuk kamar mandi he ... he

    ReplyDelete
  3. Noted banget sama ciri kehamilan normal. Kadang kalau ada keluhan menganggapnya kelainan, padahal itu bisa jadi ciri kalau kehamilan kita sehat, ya?

    ReplyDelete
  4. Sangat lengkap infonya seputar kehamilan bun. Insyaa allah bermanfaat bagi calon ibu :)

    ReplyDelete
  5. Rasanya kalau hamil nggak mengalami muntah itu aneh ya mbak hehe, minimal perut mual di pagi hari sampai bau bumbu masak aja marah marah ke suami hehe

    ReplyDelete
  6. lengkap banget nih mba informasi dan tips terkait menjaga kesehatan saat hamil, aku waktu hamil dulu parah banget muntah-muntah terus

    ReplyDelete
  7. Rasanya jadi teringat masa2 aku hamil dulu, ngalami morning sick parah sampe harus di rawat di rs sepekan. Tp pas kehamilan anak bungsu malah gak ngalami morning sick lagi, aman damai.emang kesehatan saat hamil sangat penting ya

    ReplyDelete
  8. Bagi saya menjaga pola makan sehat itu penting banget selama masa kehamilan. Alhamdulillah selama kehamilan ini saya tidak memiliki keluhan berarti. Selalu rutin mengkonsumsi makanan sehat, beragam, bergizi, berimbang dan tentu saja harus rutin periksa kandungan ke tenaga kesehatan

    ReplyDelete
  9. Aku jadi ingat waktu awal hamil tuh aku sempat nggak bisa minum air putih. Tapi setelah periksa ke dokter dan disarankan untuk minum air putih ya aku memaksakan diri supaya kehamilannya tetap sehat.

    ReplyDelete
  10. Jaadii nostalgia masa - masa hamil trakir 10 tahun laluu, Alhamdulillah termasuk hamil kebo alias tidak mengalami apa apa.

    Berasa mimpi ada yang gerak gerak di dalam perut. Nikmatnya ya jadi seorang ibu.

    ReplyDelete
  11. Mba mbak...hamil mbak? Serius nanya 😂😂😂
    Tapi meemang periksa rutin kudu ya biar tahu ibu dan anak sehat

    ReplyDelete
  12. Dulu suka ngeluh banget sama kehamilan trimester pertama. Aku bener-bener mabok, gak kuat sama bau-bauan bumbu dapur dan nasi.
    Sedih banget...pas makan susah, eh...giliran sudah berhasil masuk, malah ambyar.

    Ternyata mual dan muntah termasuk salah satu ciri kehamilan yang sehat.
    MashaAllah~
    Senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah di berbagai suasana.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dua kali kehamilan tidak mengalami sensivitas bau-bauan. Apa aja bau makanan malah menggoda iman untuk jajan hehehe... termasuk ngebo gitu kata orang. Tapi seringnya kalau malam kaki kram loh, itu yang paling berat yang pernah terjadi. Tiba-tiba kebangun dengan kondisi kaki kram, duh laahh sakit dan kaget banget itu.

    ReplyDelete
  14. Dua kali hamil selalu mabok di Trimetser pertama. Maboknya parah pula sampai BB turun. Tapi prinsipku, muntah ya muntah aja, trus makan lagi. Baru tahu kalau muntah ,mual justru sehat, pantesan dulu DSOG tenang2 aja lihat aku muntah2. Kata beliau, yang penting tetap makan apa saja. Ntar muntah lagi, ya makanlagi biar gak lemes.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^