Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Anak

Kemampuan mengelola keuangan ini tidak hanya penting bagi orang dewasa saja. Anak-anak juga seharusnya sudah diperkenalkan mengenai pengelolaan keuangan sejak dini.

Sayangnya beberapa orang tua beranggapan jika belum merasa perlu mengenalkan konsep uang kepada anak mereka yang masih berusia dini. Anak-anak dianggap belum cukup mengerti mengenai topik keuangan. Padahal kemampuan menata dan mengelola suber daya yang dimiliki merupakan salah satu kecakapan yang penting. Dan salah satu sumber daya yang penting untuk dikelola adalah kemampuan dalam mengelola keuangan.

Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Anak

Literasi dan edukasi keuangan untuk anak usia dini sangat penting karena bisa membentuk perilaku dan kebiasaan mengelola keuangan ketika memasuki usia dewasa. Anak-anak perlu dibiasakan untuk menerapkan essential life skills seperti literasi keuangan. Mengingat semua aktivitas hidup sehari-hari, sejak mulai bangun tidur hingga kembali ke kamar tidur tidak terlepas dari transaksi keuangan.

Benarkah topik keuangan tidak terlalu berat bagi anak usia dini?

Sebenarnya literasi keuangan bagi anak akan terasa ringan dan menyenangkan apabila diberikan dengan cara yang menyenangkan. Sebaiknya ajarkan tentang konsep keuangan dengan cara sambil bermain atau mendongeng.

Pentingnya Memahami Literasi Keuangan

Literasi atau pengetahuan tentang keuangan sangat diperlukan untuk mendidik siapa saja supaya menyadari pentingnya mengelola keuangan dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Itulah sebabnya anak-anak perlu dikenalkan mengenai literasi keuangan. Anak-anak yang paham cara mengelola keuangan akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya:

1. Memupuk Kebiasaan yang Positif

Mengenalkan literasi keuangan sejak dini kepada anak dapat memupuk kebiasaan positif mereka, Anak menjadi bijak dan cerdas memahami cara mengelola keuangan dengan baik. Selain itu, anak juga dapat belajar disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan berani mengambil keputusan finansial yang bijak.

2. Aman Secara Finansial di Masa Depan

Mengelola keuangan dengan bijak bisa membantu anak mengamankan masa depan keuangannya. Anak akan belajar bagaimana menghindari utang yang berlebihan, mengelola pengeluaran, dan memahami pentingnya memiliki perencanaan keuangan. Dengan begitu masalah finansialnya akan lebih aman di masa depan.

3. Terampil Mengelola Keuangan

Dengan mempelajari literasi keuangan, anak akan belajar mengelola keuangan dan memahami perbedaan antara keinginan serta kebutuhan. Anak akan terampil mengelola pengeluaran, belajar cara menabung, membuat rencana keuangan serta belajar investasi.

4. Mandiri Secara Finansial

Memahami literasi keuangan membuat anak menjadi lebih mandiri secara finansial. Mereka bisa belajar mengatur uang milik mereka sendiri, membuat keputusan mengenai cara menggunakan dan menabungnya, serta memahami konsekuensi dari setiap pilihan yang dibuat. Sehingga anak akan menjadi lebih mandiri secara finansial saat dewasa.

Mengingat pentingnya literasi keuangan bagi anak, sebaiknya orang tua mulai peduli dengan kemampuan mengelola keuangan pada anak-anak. Lebih baik mengenalkan literasi keuangan sejak dini karena di masa itu anak lebih mudah menyerap, mengamati dan meniru.

Lalu apa yang dapat dilakukan oleh orang tua?

Peran Orang Tua Mengenalkan Literasi Keuangan

Konsep keuangan yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak, dapat dikenalkan melalui kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Ajak dan libatkan anak ketika berbelanja kebutuhan keluarga di warung atau minimarket. Perlihatkan pada mereka proses transaksi yang terjadi. Anak akan belajar mengenai konsep dasar tentang uang.

Berikut ini berapa kegiatan sederhana yang dapat dilakukan bersama anak untuk mengenalkan literasi keuangan.

1. Mengenalkan Kosakata tentang Keuangan

Membuat anak lebih paham tentang keuangan bisa dilakukan dengan cara mengenalkan beberapa kosakata yang berhubungan dengan keuangan. Istilah keuangan itu bisa juga disosialisasikan sedini mungkin. 

2. Ajarkan Anak Menabung. 

Cara paling sederhana untuk mengajarkan anak menabung yaitu memberikan celengan berbentuk karakter favorit mereka. Mengajak anak menabung di celengan bisa dijadikan sarana membentuk kebiasaan menabung.

3. Berdiskusi tentang Keuangan 

Berdiskusi dengan anak mengenai pentingnya uang, konsep kerja untuk mendapatkan uang, menggunakan uang dengan bijak, menabung, bersedekah dan lainnya.

4. Membedakan Konsep Kebutuhan dan Keinginan

Diskusikan juga mengenai konsep kebutuhan dan keinginan. Ajari anak memilah kebutuhan seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal dibandingkan keinginan seperti membeli mainan atau cemilan. Ajari anak untuk mengutamakan kebutuhan dan membuat keputusan bijak dalam mengelola pengeluaran.

5. Libatkan Anak dalam Aktivitas Keuangan

Melibatkan anak ketika mengelola pengeluaran rumah tangga, seperti membagi pengeluaran untuk membeli kebutuhan harian keluarga, membayar tagihan listrik dan air, menabung serta berinvestasi.

6. Membaca Buku dan Menonton Konten

Ajak anak membaca buku atau menonton konten yang membahas mengenai literasi keuangan. Nikmati keseruannya dan diskusikan isi cerita/konten dengan cara menyenangkan bersama anak.

7. Bermain Game Edukasi Keuangan

Mengajarkan literasi keuangan melalui permainan edukatif tentang keuangan, misalnya monopoli atau games online seperti Mortgage Calculator Money Games. Permainan yang bisa membantu anak mengenal konsep pendapatan, pengeluaran, dan investasi.

Belajar Literasi Keuangan Melalui Mortgage Calculator Money Games

Seperti yang sudah diketahui bersama, dunia anak adalah dunia bermain. Anak akan merasa bosan atau bahkan menolak belajar tentang keuangan jika diajarkan dengan cara belajarnya orang dewasa. Cara mengajarkan yang menyenangkan bagi anak yaitu dengan mengajak mereka bermain games online yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Berikut ini rekomendasi games online tentang keuangan yang ada di Mortgage Calculator yang bisa dimainkan bersama anak.

Money Games 

Pada bagian Money Games, kita akan diajak bermain sambil belajar menghitung uang dan menghitung kembalian. Permainan ini adalah cara yang menyenangkan untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil belajar tentang uang.

Grocery Cashier

Pada permainan Grocery Cashier, kita bermain peran mengoperasikan mesin kasir virtual. Pemain diminta menghitung setiap barang yang dibeli dan menjumlahkan semua belanjaan pelanggan. Setelah diketahui jumlah total belanja pelanggan, selanjutnya pelanggan akan memberikan sejumlah uang untuk pembayarannya. Sebagai petugas kasir, kita kemudian menghitung jumlah kembalian.

Permainan ini melatih anak mengenal moneter dengan mengoperasikan mesin kasir virtual. Anak pun juga berlatih konsep jual dan beli, mengenal jumlah uang serta bermain kognitif dengan cara yang menyenangkan.

Belajar Literasi Keuangan melalui game Grocery Cashier

Cash Back

Permainan berikutnya ada Cash Back yang melatih pemain memberikan kembalian sejumlah uang kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin. Pada permainan ini, anak akan dilatih menghitung dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan.

Pemain game Cash Back akan dikenalkan pada bentuk mata uang dan proses transaksi jual beli. Permainan ini juga membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam berhitung. Di setiap tahapannya ada pelanggan yang memberitahu jumlah belanjaannya dan uang yang akan diberikan. Kemudian kita yang berperan menjadi cashier membantu pemain yang menghitung jumlah kembaliannya.

Belajar literasi keuangan dengan game Cash Back

Selain permainan yang mengenalkan keuangan dan literasi keuangan, Mortgage Calculator juga menyediakan beberapa games menarik lainnya, yang tentu saja sayang sekali kalau dilewatkan.

Restaurant Simulation Games

Ice Cream Bar 

Permainan Ice Cream Bar ini merupakan simulasi jual beli di toko es krim. Kita berperan membantu tokoh utama dalam menyediakan pesanan es krim dari pelanggan. Pemain game ini harus cepat dan cermat dalam melayani pelanggan.

Ada 4 jenis es krim yang tersedia. Kita harus jeli melihat urutan tumpukan es krim yang dipesan pelanggan. Selain jenis es krim, kita juga harus memperhatikan jenis wadah yang diminta pelanggan. Ada yang berbentuk gelas dan ada juga yang bentuknya segitiga seperti cone.

Jangan sampai salah memberi jenis es krimnya karena kalau salah pesanan, es krim itu harus dibuang ke tempat sampah. Sayang sekali, bikin stok es krimnya jadi habis dan kita harus memesan kembali stok yang habis. Dan ini memakan waktu, sedangkan pelanggan minta dilayani pesanannya dengan cepat. 
Ketelitian dan kecepatan kita dilatih dalam permainan ini. Semakin cepat kita melayani pelanggan dengan es krim yang sesuai pesanan, maka semakin cepat juga level permainan itu dapat diselesaikan. Saat bermain Ice Cream Bar, anak juga akan mengenal konsep usaha mendapatkan uang dengan cara berjualan atau berwirausaha. Belajar bekerja dengan cepat dan benar sehingga dapat membuat pelanggan merasa puas.

Game Ice Cream Bar Mortgage Calculator

Environmental Games

Selain permainan yang mengenalkan keuangan, di website Mortage Calculator juga tersedia permainan yang berhubungan dengan lingkungan alam. Kita akan dikenalkan dengan proses daur ulang, energi hijau, dan manajemen sumber daya.

Wind & Solar

Game Wind and Solar mengenalkan tentang energi berkelanjutan dan pilihan sumber daya yang dibutuhkan. Permainan ini meminta pemain untuk menyesuaikan letak kincir angin dan panel surya untuk bisa mendapatkan sumber energi yang maksimal.

Gerakkan kincir angin ke atas atau ke bawah untuk menangkap sumber angin. Kincir akan berputar apabila ada angin yang bisa diambil energinya.

Sedangkan untuk menangkap energi dari panel surya, kita harus mengamati pergerakan awan. Posisikan letak panel surya tepat di bawah sinar matahari, jangan terhalang oleh awan. Apabila panel surya menangkap sinar matahari langsung, indikator akan menunjukkan warna hijau. Bila energinya habis,indikator di panel surya akan menunjukkan warna kuning.

Wind & solar game Mortgage Calculator

Non – Food Businesses Simulation Games

Satu lagi permainan di Game online Mortage Calculator yang menarik. Yaitu ada permainan tentang cara membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi tuan perusahaan. Saya tertarik dengan peri kecil penjual bunga, seruu juga melayani pembeli yang memesan aneka macam bunga yang indah. Dan akhirnya saya malah keasyikan mainnya, deh, hehehe


Flower Shop adalah game simulasi bisnis bunga di mana kita harus cepat melayani pelanggan yang memesan bunga. Berikan setiap pelanggan daftar pilihan kemudian sediakan bunga yang mereka pesan.

Permainan ini mengharuskan kita bergerak cepat mengambil bunga yang sesuai dengan pesanan pelanggan. Setelah pelanggan memberikan koin untuk membayarnya, segera ambil dan kumpulkan. Apabila ada stok bunga yang kosong, kita harus segera memesan ulang. Supaya barang selalu tersedia apabila ada pelanggan yang memesan bunga tertentu.

Manfaat permainan flowers shop bagi anak yaitu mengenalkan konsep jual beli. Anak juga belajar bahwa untuk mendapatkan uang, diperlukan usaha, bisa dengan menjalankan usaha jualan bunga atau bekerja di toko bunga.

Flower shop game Mortgage Calculator

Nah, itulah beberapa permainan yang ada di Mortgage Calculator. Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang seru dan cukup menantang. Dari permainan yang menantang kecepatan dan ketelitian sampai permainan yang melatih keterampilan berhitung. Seruu, deh! Cuss cobain di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/

Mengenalkan Literasi Keuangan Sejak Dini

Usia dini merupakan masa pembentukan perilaku dan kebiasaan anak. Anak-anak mengobservasi tindakan orang lain dan lingkungan di sekitarnya untuk ditiru. Sehingga semua perilaku dan perkataan orang tua, saudara dan temannya bisa membentuk perilaku serta kebiasaan mereka sejak kecil kemudian dibawa sampai tumbuh dewasa.

Oleh karena itu, literasi keuangan penting sekali ditanamkan sejak dini karena pengetahuan dan pengalaman keuangan akan membentuk karakter dan kebiasaan yang baik. Kebiasaan mengenal makna uang, kebiasaan menabung hingga mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan serta kebiasaan berbagi dapat terinternalisasi dalam diri anak. Dengan begitu kemampuan mengelola keuangan di masa depan mereka akan menjadi budaya yang baik.

Salam takzim

Post a Comment

22 Comments

  1. Nah, setuju banget mbak, anak2 mesti diperkenalnya literasi keuangan sedini mungkin. Melalui aneka permainan seru di Mortgage Calculator Money Games ini, anak maupun orangtua bisa langsung bermain bersama. Belajar sambil bermain secara menyenangkan. Praktis ya ga usah diunduh segala. Langsung aja buka websitenya bisa di hp atau laptop dll mantap! Aku suka main yang supermarket hehehe :D

    ReplyDelete
  2. Wah iya, literasi keuangan itu penting banget untuk diajarkan semenjak dini ya mbak
    Apalagi klo belajarnya dengan main game seperti ini
    Anak pasti suka

    ReplyDelete
  3. Membedakan kebutuhan dan keinginan juga bisa dengan praktek sehari-hari, misalnya jajan. Saya selalu tegas membatasi jajanan anak. Biar sekalian mereka belajar untuk tau mana butuh dan ingin. Gak semua keinginan juga harus dipenuhi.

    ReplyDelete
  4. Sejak anakku kecil, aku juga selalu ajarkan anak biar lebih mandiri juga untuk mengelola keuangan mba. Bagaimanapun, dididik sejak kecil. Termasuk ajarkan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan

    ReplyDelete
  5. Wah jadi nambah literasi buat aku bermain sama anak teh, makasi ya teh infonya. Ternyata banyak hal yang bisa aku ajarkan soal keuangan bahkan itu melalui game ya

    ReplyDelete
  6. Literasi itu memang perlu diberikan sejak dini kpd anak2 agar mereka menyukai aktivitas membaca yg pastinya kelak diikuti dengan aktivitas menulis. Namun sejauh yg bunda liat anak2 milenial sedikit sekali yg menyukai aktivitas ini. Aplg dngn kecanggihan teknologi yg semakin mambuar anak2 lebih menyukai aktivitas online ketimbang aktiviras.

    ReplyDelete
  7. Penting banget literasi keuangan sejak kecil, minimal kenal uang, cara menyimpannya. supaya ia juga bisa menghargai uang jajannya, hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku sangat sependapat bahwa sejak kecil anak-anak harus punya literasi keuangan. Peribahasa mengatakan alah bisa karena biasa. Dengan mengenal konsep-konsep keuangan mulai dari sederhana sampai nanti kompleks, mereka akan tumbuh sebagai orang dewasa yang mengerti banget gimana uang bekerja untuk kehidupan kita. Semoga nanti mereka juga sejahtera secara ekonomi. Amin

    ReplyDelete
  9. Wah, belum pernah nyobain games ini. kayaknya menarik nih dan cocok buat ngajarin anak2 tentang hitung2an uang. Kebetulan anakku yang gede agak nge-blank soal duit. Dari kecil sampai SMP gak mau bawa uang saku jadi suka bingung kalau beli terus ada kembalian, hihi. Padahal literasi keuangan penting banget nih. Mau cobain dah, biar anak2 melek keuangan.

    ReplyDelete
  10. Jujurly aku suka bingung gimana memulai literasi keuangan ke anak2 secara emang akupun dulu type yang paham soal keuangan ya dangkal2 aja dan agak syulit memanaje keuangan, tp klo pake money games kayak mortgage calculator ini bakalan seru dan lebih mudah kali ya buat anak2

    ReplyDelete
  11. Bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain pastinya asyik buat anak, terutama mengajarkan hal yang tidak biasa seperti tentang literasi keuangan ini. Semoga sambil bermain ini anak-anak tidak hanya mendapatkan permainannya semata, tetapi yg utama pelajarannya.

    ReplyDelete
  12. Bagus-bagus dan seru-seru ya games di mortagage calculator... Belajar literasi keuangan jadi menyenangkan...

    ReplyDelete
  13. betul banget mbak, literasi keuangan itu penting agar anak-anak bisa bijak mengelola keuangannya sejak dini. pembiasaan sejak kecil akan berpengaruh pada pola pikir kedepannya.
    aku juga beberapa waktu yg lalu main game di mortgage calculator. banyak banget ternyata permainan seru yang bisa dimainkan anak

    ReplyDelete
  14. Wah seru banget ya ngenalin literasi keuangan anak dengan cara yang seru nih. Gimanapun juga besok besok mereka harus paham betul cara mengelola keuangan biar gak boncos

    ReplyDelete
  15. Aku dulu paling diajarin nabung uang di celengan. Dan karena sekarang zamannya sudah makin maju, jadi banyak cara ya buat belajar. Termasuk dengan main game

    ReplyDelete
  16. Seru banget nih Mortgage Calculator Money Games, buat mengenalkan literasi keuangan pada anak tapi sambil main. Kan kadang orang tua suka kehabisan ide juga ya mau ngenalin konsep uang itu gimana. Game ini bakal ngebantu banget, sih.

    ReplyDelete
  17. Ini nih cara yang bikin happy untuk mengenalkan literasi keuangan ke anak...main Mortgage Calculator Money Games yang bisa membantu anak mengenal konsep pendapatan, pengeluaran, dan investasi.

    ReplyDelete
  18. Mengenalkan literasi keuangan pada anak menjadi lebih menyenangkan dengan bermain Mortgage Calculator game. Anak juga bisa belajar berhitung lewat game. Anakku suka main game cashback ama Treze Coin

    ReplyDelete
  19. Ternyata di mortage calculator ada gamesnya juga yaa... bagus nih untuk mengenalkan konsep keuangan pada anak secara tidak langsung. Saat bermain, anak-anak jadi punya memori tentang transaksi keuangan yang ada pada games tersebut.

    ReplyDelete
  20. Wah jadi penasaran nih sama games mortagage calculator ini. Dengan manfaat yang cukup besar untuk Literasi finansial anak tentu bisa meringankan tugas ortu untuk mengajari anak belajar finansial

    ReplyDelete
  21. Setuju mba bahwa pengenalan keuangan memang harus sedari dini. Memgenalkan kebutuhan dan keinginan saja kadang orang dewasa belum mampu, karena tidak dilatih sedari dini. Mortagage calculator ini sangat membantu yaa.. pengenalan keuangan dengan games pasti anak2 suka deh

    ReplyDelete
  22. Literasi keuangan perlu banget dikenalkan ke anak-anak sejak dini. Pembahasannya tentu saja melalui cara yang fun biar gak terasa berat. Kalau ada games-games yang bisa mengenalkan & belajar tentang keuangan gini oke juga ya mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^