Kenangan Berkesan Saat Merayakan HUT Kemerdekaan RI

Setiap tahunnya HUT Kemerdekaan RI dirayakan secara meriah di seluruh pelosok negeri. Adapun cara menyambut hari kemerdekaan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, disesuaikan dengan ciri khas daerah masing-masing. Meskipun berbeda-beda, tujuannya tetap sama yaitu ingin mengisi hari kemerdekaan dengan hal yang positif dan membangkitkan rasa cinta pada tanah air.

Begitu juga di lingkungan tempat tinggal saya yang sudah terlihat sibuk menyambut hari kemerdekaan RI. Kegiatan yang identik dengan HUT Kemerdekaan RI sehingga menimbulkan kesan tersendiri. Bahkan jadi salah satu momen yang menyenangkan dalam hidup saya. Memberi kesan yang mendalam dan berbeda dengan hari-hari lainnya.

Kenangan Berkesan Saat Merayakan HUT Kemerdekaan RI

Kegiatan Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Jadi bisa dibilang, ada beberapa aktivitas yang dilakukan dan hanya terjadi ketika kita menyambut hari kemerdekaan RI. Saking jarangnya dilakukan pada hari lainnya, kegiatan menyambut hari kemerdekaan bisa jadi kenangan berkesan tersendiri. Kegiatan apa sajakah itu? 

Menghiasi Lingkungan Rumah

Menyambut HUT Kemerdekaan RI identik dengan bendera merah putih dan segala hal yang berwarna merah serta putih. Selain dipasang di setiap rumah, bendera merah putih juga menghiasi jalanan atau gang-gang yang menjadi akses menuju pemukiman warga. Mulai pemasangan umbul-umbul, gapura dengan desain yang unik dan menarik, hiasan bendera segitiga kecil yang dibentangkan di atas jalan hingga lampu warna warni, semua dipasang guna memeriahkan momen satu tahun sekali itu.

Masih teringat waktu kecil, diajak ibu dan bapak untuk ikut membantu merangkai bendera kecil pada seutas tali. Saya dan adik-adik diajarkan menggunting kertas minyak berwarna merah dan putih kemudian merekatkannya pada tali. Kesan yang tertanam sampai sekarang bukan hanya pada aktivitas membuat bendera kertas itu saja. Bukan! Bercengkerama, ngobrol bersama bahkan diiringi canda tawa menjadi kesan yang mendalam. Rukun dengan tetangga memang akan selalu menjadi momen yang sangat berkesan, deh!

Upacara Bendera di Istana Negara

Kenangan berkesan saat menyambut hari kemerdekaan yang pastinya juga dirasakan oleh warga negara Indonesia lainnya yaitu mengikuti prosesi upacara bendera di Istana Negara. Momen yang satu ini biasanya dilihat langsung oleh masyarakat Indonesia baik yang bisa hadir di Istana Negara atau yang menyaksikannya melalui siaran di televisi.

Saya termasuk yang senang mengikuti jalannya upacara bendera dari televisi. Meskipun tidak berada di tempat kejadian, tapi atmosfer hikmat suasananya bisa terasa sampai di rumah. Melihat kesigapan para petugas upacara dengan jumlah banyak, rangkaian acara yang spesial, lagu kebangsaaan yang dinyanyikan oleh tim paduan suara dan diiringi pasukan marching band membuat saya merinding bercampur bangga.

Selain itu melihat kemampuan baris berbaris anak terbaik pilihan bangsa, suguhan kepiawaian anggota marching band dan beragam pakaian adat yang dikenakan para tamu undangan memberi kesan tersendiri. Seakan menggugah kesadaran dalam diri bahwa begitu kayanya budaya dan sumber daya alam negara Indonesia tercinta.

Perlombaan Tujuh Belasan

Perayaan HUT kemerdekaan RI juga tidak pernah terpisahkan dengan kegiatan perlombaan. Hampir di setiap penjuru daerah di negeri ini, mengadakan perlombaan untuk memeriahkan suasana. Ada yang sudah diadakan sejak awal Bulan Agustus hingga tepat di tanggal 17 Agustus.

Kenangan berkesan merayakan HUT RI

Dulu rumah orang tua saya tepat berada di depan lapangan yang ada di komplek perumahan. Semua kegiatan perlombaan diadakan di lapangan tersebut. Jadi saya bisa leluasa melihat semua perlombaan. Jenis perlombaan yang diadakan tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa pun ikut mengikuti perlombaan tujuh belasan.

Mengikuti berbagai jenis perlombaan tujuh belasan pun menjadi kenangan yang berkesan dan mendalam. Bukan hanya ketika mengikuti perlombaannya, kumpul bersama tetangga, saling mendukung dipinggir lapang dan tertawa bersama melihat peserta lomba menjadi daya tarik tersendiri. Kalau diingat-ingat, saya bisa tertawa terpingkal-pingkal saat melihat orang yang sedang berlomba, lucu kelihatannya. Padahal ketika menjalaninya gak semudah yang dilihat, benar, kan? Jadi suka ngerasa malu kalau ingat kelakuan diri sendiri hahaha..

Hiburan

Usai mengikuti mengadakan perlombaan tujuh belasan, biasanya pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni di panggung hiburan. Momen ini pun tidak kalah asyiknya. Menikmati suguhan musik, tari dan drama yang bisa membangkitkan rasa cinta pada tanah air.

Ingat waktu dulu, latihan bermain drama sebagai pejuang yang melawan penjajah Belanda. Bersama teman-teman di perumahan berlatih dan mempersiapkan kostum untuk pentas drama. Kalau diingat-ingat, kami rajin berlatih dan bisa tampil dengan sempurna. Namun begitu di atas pentas, kejadiannya malah suka ada yang lucu. Jadi suka senyum-senyum sendiri kalau ingat masa itu hehehe…

HUT RI ke-78

Hari Kamis 17 Agustus 2023 ini, Indonesia memperingati hari kemerdekaannya yang ke-78. Bagaimana keseruan perayaannya? Alhamdulillah di lingkungan perumahan saya, pemudanya aktif mengordinir adik-adik mereka untuk berlomba memeriahkan hari kemerdekaan RI. Berbagai lomba diadakan secara meriah dan penuh kebersamaan. Hanya bedanya ada beberapa perlombaan yang tidak diadakan seperti panjat pinang dan tarik tambang. 

Perlombaan seperti balap kelereng, makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam lubang botol dan balap karung, semua permainan itu masih diadakan. Bersyukur sekali, anak-anak masih bisa ikut merasakan kemeriahan dan keseruan perlombaan menyambut hari kemerdekaan RI. Semoga saja semua acara kemeriahan menyambut HUT RI ke-78 hari ini bisa membangkitkan rasa cinta pada tanah air dan bangsanya, aamiin.

Seiring dengan itu, saya juga berharap semoga Indonesia bisa semakin maju. Rakyatnya bisa makmur, sejahtera, tenang dan tidak ada lagi kesenjangan perekonomian. Negeri kita bisa tambah nyaman dengan udara bersihnya, lingkungan yang asri dan bebas polusi.

Yuk, bersamaan dengan hari kemerdekaan RI ke-78 ini, kita bersama-sama menjaga negeri hingga menjadi rumah yang nyaman dan aman bagi anak cucu kita kelak!

Bagaimana dengan perayaan HUT RI ke-78 di tempat tinggal sobat?

#𝑯𝑼𝑻 𝑹𝑰
#π‘«π’Šπ’“π’ˆπ’‚π’‰π’‚π’šπ’– π‘°π’π’…π’π’π’†π’”π’Šπ’‚ 2023
#π‘¬π’Žπ’‚π’Œ2π‘©π’π’π’ˆπ’ˆπ’†π’“

Salam takzim


Post a Comment

5 Comments

  1. Memang banyak banget ya kegiatan yang bisa dilakukan untuk memeriahkan kemerdekaan

    ReplyDelete
  2. Wah sama nih, Kak. Kalau di tempat saya juga ada kegiatan jalan sehat tapi masih minggu hihi

    ReplyDelete
  3. Sepertinya memang lomba makan kerupuk sudah menjadi salah satu lomba wajib nih ya hihi

    ReplyDelete
  4. Lomba untuk mengisi kemerdekaan ini memang harus diadakan setiap tahunnya nih hehe

    ReplyDelete
  5. Menghiasi lingkungan ini biasanya banyak dilakukan dengan menambahkan bendera ya, Kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^