Tips Mempersiapkan Resepsi Pernikahan di Malam Hari

Beberapa hari ini pusat perhatian kita tertuju pada pesta pernikahan dua selebriti tanah air. Selain pasangan pengantin ini merupakan figure yang memiliki bakat mengagumkan, prosesi pernikahannya pun begitu meriah. Prosesi pernikahan digelar dari siang hingga malam hari. Tentunya tidak mudah mempersiapkan resepsi pernikahan yang memakan waktu selama itu.

Tips Mempersiapkan Resepsi Pernikahan di Malam Hari

Mempersiapkan Resepsi Pernikahan

Menggelar pernikahan di siang atau di malam hari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terutama resepsi pernikahan yang diadakan di malam hari. Meskipun resepsi pernikahan di malam hari akan memberikan kesan romantis, resepsi pernikahan di malam hari, memerlukan persiapan yang lebih ekstra. Karena menyelanggarakan resepsi di malam hari itu ada beberapa tantangannya.

Lalu apa saja tantangan yang harus dipersiapkan untuk mengadakan resepsi pernikahan di malam hari?
 

Tantangan Resepsi Pernikahan di Malam Hari

Menggelar resepsi pernikahan di malam hari berbeda dengan menyelenggarakannya di siang hari. Biasanya calon pengantin memilih waktu di malam hari karena suasananya bisa memberikan nuansa romantis dibandingkan menggelar acara di siang hari. Namun ada kondisi tertentu seperti cahaya malam yang minim, membuat persiapan perayaan memiliki beberapa tantangan.

1. Pencahayaan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, faktor kunci perayaan pernikahan malam hari adalah pencahayaannya. Berbeda dengan resepsi pernikahan di siang hari yang lebih terang karena adanya cahaya alami dari matahari.

2. Kenyamanan Para Undangan

Tantangan menggelar resepsi di malam hari berikutnya yaitu akses yang harus dilalui oleh para undangan tidak sebebas ketika dilakukan di siang hari. Selain itu kenyamanan tamu undangan juga jadi tantangan tersendiri karena malam hari seharusnya digunakan untuk beristirahat.

3. Jenis Makanan dan Minuman

Resepsi pernikahan di siang hari cenderung lebih mudah dan bebas dalam pemilihan menu yang akan disajikan. Sedangkan untuk resepsi di malam hari kadang kala harus lebih diperhatikan hidangan yang sebaiknya disajikan dan ada beberapa lainnya yang sebaiknya tidak disajikan di malam hari.

4. Sesi Foto

Tidak tersedianya pencahayaan yang alami di malam hari menjadi tugas tambahan tersendiri bagi para fotografer. Lebih baik memilih fotografer yang sudah terbiasa mengambil foto pernikahan di malam hari dari hasil portofolionya.

5. Biaya Tambahan

Menggelar resepsi pernikahan di malam hari, juga dapat menambah biaya seperti biaya pencahayaannya, biaya keamanan, dan biaya untuk peralatan tambahan. Oleh karenanya biaya resepsi pernikahan harus dianggarkan dengan lebih cermat.

6. Pemilihan Lokasi Resepsi

Untuk menghasilkan suasana resepsi yang romantis, sebaiknya pilih tempat yang pencahayaannya cantik, tamah yang dihiasi dengan lampu-lampu hias, atau pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Pastikan tempat tersebut mempunyai fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah dijangkau.

Tips Menggelar Resepsi Pernikahan di Malam Hari

Beberapa tantangan yang sudah dibahas sebelumnya tentu harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang. Berikut ini beberapa tips supaya bisa menggelar resepsi pernikahan di malam hari dengan maksimal.

1. Pilih Lokasi Resepsi yang Tepat

Untuk mendapatkan nuansa malam yang indah, pilih tempat yang memiliki pencahayaan yang cantik, seperti taman dengan lampu-lampu hias, gedung yang menyediakan tata cahaya yang terang, atau pantai dengan pemandangan yang indah. Perlu dipastikan tempat tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah dijangkau.

2. Lengkapi dengan Musik

Musik yang menyentuh hati bisa memiliki efek besar dalam menciptakan suasana pernikahan. Sediakan lantunan musik untuk suasana syahdu dan memainkan lagu romantis sepanjang malam.

3. Hidangan yang Disajikan

Sajian makanan dan minuman yang lezat merupakan bagian penting dari resepsi pernikahan. Makan malam yang elegan dengan hidangan utama yang lezat akan menambah kehangatan para tamu undangan.

4. Memilih Fotografer yang Berpengalaman

Foto saat resepsi pernikahan merupakan kenang-kenangan yang penting untuk dokumentasi. Oleh karenanya pilihlah fotografer yang berpengalaman mengambil foto di kondisi pencahayaan kurang seperti di malam hari. Di tangan fotografer yang handal, foto-foto di malam hari akan terlihat dramatis dan indah.

5. Membuat Dekorasi Indoor yang Elegan

Cuaca di malam hari cenderung tidak stabil, dari tiupan angin hingga kemungkinan turunnya hujan akan cenderung sulit diatasi. Untuk mengatasinya kita bisa memilih menggelar resepsi pernikahan di dalam ruangan. Tren terbaru yang bisa diikuti yaitu menggelar pesta menggunakan inflatable wedding tent.

Resepsi Pernikahan Indoor Menggunakan Tenda Balon

Mengelar pesta pernikahan di dalam ruangan sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Namun mengadakan pesta di dalam tenda balon tentu sangat unik, bukan? Seperti yang sudah diketahui bersama, hal yang unik biasanya akan berkesan bagi tamu undangan dan menjadi bagian yang tidak dapat dilupakan oleh pasangan pengantin.

Baru-baru ini saya mengetahui tentang inflatable night club party, produk dari Inflatable-zone yang dapat digunakan untuk perayaan pesta di dalam ruangan. Merayakan pesta di dalam tenda balon ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan menciptakan suasana pesta yang tidak terlupakan. Inflatable-zone menyediakan berbagai macam inflatable nightclub, tenda balon tiup dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Siapa saja bisa mengadakan pesta kecil atau acara besar di tenda balon yang berbahan kualitas tinggi.

Mempersiapkan resepsi pernikahan

Tenda balon ini mudah dipasang dan prosesnya tidak merepotkan. Soal kekuatannya pun kita bisa mengandalkan produk inflatable-zone karena tenda ini dapat tahan lama dan bisa menampung tamu pesta yang paling enerjik sekalipun. Gimana? Tertarik juga mengadakan pesta di dalam tenda balon tiup?

Mempersiapkan resepsi pernikahan malam hari

Yup, setiap prosesi pernikahan diharapkan bisa meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Seperti resepsi di malam hari yang bisa memberikan suasana romantis dan lebih sentimental. Namun untuk mendapatkan suasana yang maksimal terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi. Meskipun begitu, kita masih bisa menggelar pernikahan di malam hari sesuai harapan dengan memperhatikan tips yang sudah dibahas sebelumnya.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments