Mengenal Metode Montessori untuk Pendidikan Anak Usia Dini



            Bunda memiliki anak yang masih kecil? Terutama balita? Sebagai orang tua, tentu bunda sangat begitu memperhatikan dan perduli akan pendidikan anak-anak kita. Bagaimana mereka akan hidup di masa dewasa nanti sangat dipengaruhi oleh pendidikan dari masa kecilnya. Dengan stimulasi yang baik, semua bakat dan kecerdasan anak akan semakin terasah dan berkembang.
            Terutama di usia golden age, anak akan mudah untuk dibimbing ke arah yang lebih baik. Sekolah preschool yang berkualitas dan memperhatikan perkembangan anak, menjadi sekolah yang paling banyak diincar oleh para orang tua. Metode Montessori yang diberlakukan di sebuah sekolah, bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi bunda untuk mendidik anak-anaknya.
            Metode Montessori adalah metode pendekatan di dalam mendidik anak. Yang ditemukan oleh Maria Montessori seorang dokter dan pendidik asal Italia. Menurutnya, masa yang dilalui seorang anak adalah masa yang peka. Di masa itu, anak mengalami kematangan tertentu yang menjadi modal bagi seorang anak untuk belajar.
            Metode ini mengajarkan anak untuk bisa lebih mandiri. Sekolah yang menggunakan metode ini menyediakan fasilitas yang membuat anak bisa lebih mandiri. Kamar mandi, wastafel, penyimpanan barang di atas rak yang semuanya disesuaikan dengan ukuran anak-anak untuk melatih kemandiriannya. Selain itu, metode ini memberikan kebebasan pada anak dengan batasan tertentu dan menghargai perkembangan anak sebagai individu yang utuh. Apabila di sekolah lain dalam sekelas anak memiliki usia yang sama, untuk metode ini anak umur 2,5 tahun disatukan dengan anak 6 tahun. Di sini diharapkan anak yang lebih kecil bisa belajar dari anak yang lebih besar.
            Guru yang menggunakan metode ini, selalu siap menerangkan apa saja yang ditanyakan oleh muridnya tanpa harus selalu memberikan intruksi. Murid diberikan kebebasan untuk memilih kegiatannya sendiri yang sudah dirancang untuk rentang usianya.
            Menilik Metode Montessori ini, sepertinya kita sebagai orang tua akan sangat mempercayakan sekolah untuk mendidik anak kita yang masih berada di usia golden age. Belakangan semakin banyak sekolah yang menggunakan metode ini. Salah satunya dapat kita temui di Kota Bekasi. Di sana ada sekolah bernama Kiwikids Preschool & Kindergarten dan Kiwi School. Pemilik sekolahnya adalah seorang wanita muda yang sangat memperhatikan pendidikan anak usia dini. Stefi Siera Ngangi seorang entrepreneur muda yang sudah memulai usahanya sejak berumur 18 thn. Keperdulian yang ditunjukan oleh Siera tentu saja dapat memberikan manfaat bagi pendidikan anak-anak di lingkungannya. Untuk bunda yang berada di sekitar Bekasi, tentu saja bisa memilih sekolah ini untuk tempat belajar anak-anak balita bunda. 
                                                                    Stefi Siera Ngangi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}