Tips Mengatasi Mata Lelah

Bahan alami untuk mengatasi mata lelah
Wortel dan Daun Sirih


            Belakangan ini, suami saya selalu mengeluhkan kepalanya terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Terutama di daerah belakang matanya. Untuk menghilangkan sakitnya, kami mengambil cara yang termudah yaitu dengan cara mengkonsumsi obat sakit kepala. Hasilnya, dalam beberapa saat sakit kepala yang dirasakan oleh suami hilang. Tapi bagaimana jika sakit kepala ini  datang lagi? Pastilah cukup mengganggu. Agar tidak terus menerus bergantung dengan obat anti nyeri, kami coba teliti dahulu apa yang menyebabkan kepala suami menjadi sakit. Apa karena memang ada gangguan di kepala atau karena sebab yang lain. Pekerjaan suami yang mengharuskannya selalu berada di depan komputer selama berjam-jam, kami curigai sebagai salah satu penyebabnya. Kondisi itu dapat membuat indera penglihatan menjadi lelah.

Banyak hal yang menyebabkan mata kita terasa lelah. Berada di depan komputer atau laptop dalam jangka waktu yang lama tanpa beristirahat, dapat menyebabkan mata kita lelah karena radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer atau laptop. 
 
Selain radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer/laptop, keadaan ruangan yang sempit dan kurang pencahayaan juga dapat menimbulkan kelelahan pada mata. Keadaan ruangan yang sempit mengakibatkan mata terlalu fokus melihat pada objek yang dekat. Untuk menghindarinya, latih mata untuk melakukan olahraga. Seperti dengan cara melihat objek yang jauh selama kurang lebih 20 menit setelah kita melihat objek yang dekat. Alihkan pandangan kita dari komputer ke arah jendela lalu memandang pohon-pohon yang hijau ke luar jendela sehingga mata menjadi segar kembali.
 
Setelah olahraga mata, untuk mengobati dari dalam, kita juga dapat mengkonsumsi jus wortel. Wortel diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bagi beberapa orang yang tidak menyukai rasa wortel, dapat menyiasatinya dengan cara mencampurkan buah yang lebih segar rasanya. Seperti dicampur dengan buah tomat atau strawberry yang berasa asam dan segar.
 
Untuk pengobatan dari luar, kita pun dapat menggunakan daun sirih. Caranya ambil selembar daun sirih, cuci bersih kemudian dikompreskan pada mata menjelang tidur. Selain dikompres, menurut hasil googling, bisa juga menggunakan daun sirih yang  direbus. Kemudian air hasil rebusan diteteskan pada mata yang lelah.
 
Apabila telah menjalani berbagai macam cara untuk mengatasi mata lelah ini, sakit kepala atau mata perih dan lelah masih dirasakan, sebaiknya konsultas kepada dokter mata. Barangkali memang harus menggunakan kaca mata untuk membantu penglihatan kita. Selamat mencoba.
 
Salam takzim 

Post a Comment

3 Comments

  1. Tks Teh Fitri...tipsnya perlu dy coba niiy :)

    ReplyDelete
  2. tetesin propolis, atau OTM juga boleh tuuh... termasuk bahan alami ;-)

    ReplyDelete
  3. ih, ini si burung biru, ngajakin ngetwit mulu....hihihi :-p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^