Tips Mengatasi Mata Lelah

Wortel dan Daun Sirih


            Belakangan ini, suami saya selalu mengeluhkan kepalanya terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Terutama di daerah belakang matanya. Untuk menghilangkan sakitnya, kami mengambil cara yang termudah yaitu dengan cara mengkonsumsi obat sakit kepala. Hasilnya, dalam beberapa saat sakit kepala yang dirasakan oleh suami hilang. Tapi bagaimana jika sakit kepala ini  datang lagi? Pastilah cukup mengganggu. Agar tidak terus menerus bergantung dengan obat anti nyeri, kami coba teliti dahulu apa yang menyebabkan kepala suami menjadi sakit. Apa karena memang ada gangguan di kepala atau karena sebab yang lain. Pekerjaan suami yang mengharuskannya selalu berada di depan komputer selama berjam-jam, kami curigai sebagai salah satu penyebabnya. Kondisi itu dapat membuat indera penglihatan menjadi lelah.

Banyak hal yang menyebabkan mata kita terasa lelah. Berada di depan komputer atau laptop dalam jangka waktu yang lama tanpa beristirahat, dapat menyebabkan mata kita lelah karena radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer atau laptop.
Selain radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer/laptop, keadaan ruangan yang sempit dan kurang pencahayaan juga dapat menimbulkan kelelahan pada mata. Keadaan ruangan yang sempit mengakibatkan mata terlalu fokus melihat pada objek yang dekat. Untuk menghindarinya, latih mata untuk melakukan olahraga. Seperti dengan cara melihat objek yang jauh selama kurang lebih 20 menit setelah kita melihat objek yang dekat. Alihkan pandangan kita dari komputer ke arah jendela lalu memandang pohon-pohon yang hijau ke luar jendela sehingga mata menjadi segar kembali.
Setelah olahraga mata, untuk mengobati dari dalam, kita juga dapat mengkonsumsi jus wortel. Wortel diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bagi beberapa orang yang tidak menyukai rasa wortel, dapat menyiasatinya dengan cara mencampurkan buah yang lebih segar rasanya. Seperti dicampur dengan buah tomat atau strawberry yang berasa asam dan segar.
Untuk pengobatan dari luar, kita pun dapat menggunakan daun sirih. Caranya ambil selembar daun sirih, cuci bersih kemudian di kompreskan pada mata menjelang tidur. Selain di kompres, menurut hasil googling, daun sirih juga dapat  direbus. Kemudian airnya diteteskan pada mata yang lelah.
Apabila telah menjalani berbagai macam cara untuk mengatasi mata lelah ini, sakit kepala atau mata perih dan lelah masih dirasakan, sebaiknya di konsultasikan kepada dokter mata. Barangkali memang harus menggunakan kaca mata untuk membantu penglihatan kita. Selamat mencoba.

Artikel Terkait :
Cara Alami Mengatasi Jerawat 
Waspada Dengan Penyakit Seluitis
Cegah Penuaan Dini Dengan Vitamin C
Pengaruh Lamanya Mandi serta Manfaatnya
Cara Alami Mengatasi Influenza

4 comments:

  1. Tks Teh Fitri...tipsnya perlu dy coba niiy :)

    ReplyDelete
  2. tetesin propolis, atau OTM juga boleh tuuh... termasuk bahan alami ;-)

    ReplyDelete
  3. ih, ini si burung biru, ngajakin ngetwit mulu....hihihi :-p

    ReplyDelete
  4. terimakasih mbak tipsnya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}