Pengaruh Lamanya Mandi Serta Manfaatnya

Lamanya mandi dan manfaatnya (Illustrasi : miulan-store.com)
Mandi ternyata tidak hanya baik untuk kebersihan badan, tapi juga memiliki peran penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat menyembuhkan masalah medis.
Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan penderita diabetes yang berendam dalam bak hangat dalam waktu setengah jam dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%. Sedangkan peneliti dari Jepang mengatakan jika berendam dalam air hangat dalam waktu 10 menit baik bagi kesehatan jantung dan mengurangi rasa sakit.
Lalu berapa lama seharusnya kita mandi dan apa manfaatnya?
  1. Mengeluarkan Racun. Mandi sekitar 10-20 menit dengan menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 32-35 derajat celsius, akan membuka pori-pori kulit. Hal ini dapat membantu pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Keadaan tubuh kita akan lebih sehat tanpa adanya toksin di dalamnya.
  2. Menurunkan Stres. Ketika seseorang mengalami stres, mandi dengan menggunakan air dingin dapat membuat badan kita lebih rileks. Dianjurkan menggunakan air dengan temperatur sekitar 12-18 derajat celsius. Mandi dengan menggunakan air dingin dipercaya dapat meredakan ketegangan, mempersempit aliran darah dan meningkatkan tingkat gula darah. 
  3. Menghilangkan Infeksi. Berendam dengan air hangat selama 15-20 menit juga dapat menghilangkan infeksi. Dengan cara menambahkan 3-4 sendok cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Cuka dapat menyeimbangkan asam sehingga baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. 
  4. Meredakan Eksim. Penyakit kulit seperti eksim, ruam atau gatal-gatal dapat dikurangi rasa gatalnya dengan cara mandi menggunakan air yang ditambahkan baking soda. Karena baking soda berfungsi sebagai antiseptik. Caranya dengan menambahkan 1 sendok baking soda ke dalam air yang hangat lalu diaduk sampai rata. Dianjurkan berendam dalam waktu 10-20 menit.
  5. Memperlancar Sirkulasi Darah. Selain dengan mandi, sirkulasi  darah dapat dilancarkan dengan merendamkan kaki di air hangat dan air dingin secara bergantian. Mulailah merendam kaki selama 1-2 menit dalam air hangat, kemudian rendam kaki dalam air dingin selama 30 menit. Lakukan secara bergantian sampai dirasa cukup.
  6. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala. Aktivitas merendam kaki dalam air hangat juga dapat membantu menyembuhkan penyakit flu, sakit kepala dan menghilangkan rasa pegal pada kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merendam kaki di air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Lakukan selama 10 hingga 20 menit.
Ternyata mandi dengan air hangat atau air dingin dalam waktu tertentu, dapat membuat badan terasa lebih segar dan menyehatkan. Jadi kenali keadaan diri kita, kemudian tentukan lamanya mandi yang tepat untuk diri sendiri.
Sumber : Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian
Related Post :
Tips Mengatasi Mata Lelah
Cegah Penuaan Dini Dengan Vitamin C
Cara Alami Mengatasi Influenza
Waspada Dengan Penyakit Sesulitis

Khasiat Tanaman Lidah Buaya

8 comments:

  1. wah baru tahu saya mbk...penting infonya ini *_*

    ReplyDelete
  2. Ternyata baking soda bisa juga bermanfaat utk mandi sehat yaa..:)

    ReplyDelete
  3. waah baru tau nih ternyata mandi lama juga banyak manfaatnya ya :)
    terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
  4. makasih mbak infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. makasih infonya mbak, jadi lebih tahu manfaat lamanya mandi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}