Misteri Gunung Puntang

Mengisi liburan bermain bersama dengan anggota keluarga memang mengasyikkan. Tidak hanya indoor, berlibur di outdoor pun selalu kami nikmati.
Beberapa waktu yang lalu, kami berlibur ke Gunung Puntang. Berkemah di sana dengan tujuan mendekatkan anak-anak pada alam. Alhamdulillah, anak-anak sangat menikmati bermalam di alam bebas. Mereka bermain dan bergembira dengan bebas tanpa beban. Lain halnya dengan kami orang tuanya, harus lebih waspada dengan lingkungan di sana. 

Hal itu dikarenakan kami sebelumnya telah mendengar beberapa cerita yang terjadi di gunung tersebut. Seperti gunung lainnya, hal-hal mistis kadang dialami oleh para pendaki. 
Gunung Puntang yang kami kunjungi, merupakan gunung yang berada di Banjaran. Dahulu ketika Bangsa Belanda masih menjajah negara ini, Gunung Puntang dijadikan salah satu markas oleh mereka. Hal ini dapat terlihat dari bekas bangunan di sana. Di gunung ini kita juga dapat menemukan gua yang di bangun oleh Belanda sebagai gudang penyimpanan. Akses jalan menuju ke gunung ini juga sudah teratur. Tebing di gunung ini pun terlihat kokoh, terpasang batu-batu yang menahan untuk menghindari longsor.
Ketika menikmati keindahan alam dan bangunan bekas Belanda, beberapa pendaki yang telah berkunjung di sana, kerap mengalami kejadian yang berhubungan dengan makhluk astral.
Misalnya peristiwa yang terjadi di bekas bangunan radio Belanda. Konon, radio ini merupakan stasiun radio terbesar di dunia pada saat itu. Karena jangkauan siarannya bisa mencapai Negeri Belanda.
Beberapa pendaki yang bermalam di sekitar bangunan itu pernah mengalami kejadian aneh. Pada malam hari terdengar suara seperti pasukan yang sedang berlatih. Terdengar derap langkah kaki dan orang yang memberi komando dengan menggunakan Bahasa Belanda.
Bekas bangunan Radio di Jaman Belanda
Kejadian yang berhubungan dengan dunia lain juga kerap terjadi di sekitar gua. Gua ini sebenarnya dibuat oleh Belanda namun pembangunannya tidak selesai. Terhenti sejak serangan Jepang yang hendak menduduki Negara Indonesia. Konon, di gua ini Bangsa Jepang melakukan kerja paksa terhadap Bangsa Belanda untuk meneruskan pembangunan gua. Akibatnya, banyak orang Belanda yang menjadi korban dari kerja paksa tersebut. Yang tidak  biasa, orang-orang di sekitar gua kadang mendengar jeritan kesakitan dari arah dalam gua.
Mulut Gua di Gunung Puntang
Gua di Gunung Puntang
Tempat lain yang sering diceritakan tentang kejadian mistiknya yaitu Puncak Mega. Di puncak Gunung Puntang ini kerap terlihat harimau putih. Yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai titisan Prabu Siliwangi.
Begitu pula dengan air terjun yang ada di puncak gunung, beberapa kejadian mistis dialami oleh pengunjung yang menikmati segarnya air terjun itu. Bagi orang yang memiliki indera keenam, beberapa makhluk astral dapat terlihat memenuhi air terjun itu. Seorang teman yang indigo mengatakan jika air terjun itu merupakan istana para makhluk gaib tersebut.
Namun teman kami mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mereka tidak akan mengganggu selama kita tidak mengusik ketenangan mereka.
Tentu saja kami percaya, di setiap tempat pasti ada penghuni lain selain kita, manusia. Kita tidak perlu mengganggu mereka, dan mereka pun tidak akan mengganggu kita. 
Segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini atas kehendak Yang Maha Kuasa, maka sudah selayaknyalah kita menyerahkan diri dan mohon perlindungan pada Allah SWT.
Bagaimana dengan teman-teman? Pernah mengalami kejadian yang di luar nalar kita?

Artikel Lainnya :
Berpetualang di Gunung Puntang
Mengajarkan Anak Bersahabat dengan Alam
Alam Wisata Cimahi
Menikmati Taman Bunga dan Kulineran di Dusun Bambu
Berendam Air Panas di Ciater 



32 comments:

  1. Horor Mbak...
    Aku percaya bahwa masih ada makhluk gaib, kadang kalau ke tempat yang singup bikin buu kuduk berdiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..ngebayanginnya aja , berasa horornya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Setelah tahu ceritanya baru berasa serem

      Delete
  3. saya sih selama ini belum pernah mengalami hal mistis seperti itu, tapi kalo denger cerita orang sih udah sering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih memilih untuk tidak pernah mengalaminya ya..

      Delete
  4. merinding bacanya....huhu....istana makhluk astral...

    ReplyDelete
  5. ngeri juga ya hehehe....rada merinding bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi yang mengalaminya ya mbak he..he..

      Delete
  6. ngeri ngeri gimaaan gitu pas bacanya hehehe

    ReplyDelete
  7. wiii..atut mak, dunia lain memang ada ya

    ReplyDelete
  8. Pantes mba nurul suasanya agak serem gitu dan sepi kalau cuma berkunjung berdua kesana takut juga :) hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mending rame-rame ke sananya he..he..

      Delete
    2. Iya, mending rame-rame ke sananya he..he..

      Delete
  9. Hampir semua gunung mempunya cerita misteri tersendiri mbak Nurul.. Tapi selama kita menjaga etika saat berperilaku di alam bebas, insya Allah tak akan terjadi apa-apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, tetap harus menjaga etika ketika di alam bebas

      Delete
    2. Betul mas, tetap harus menjaga etika ketika di alam bebas

      Delete
  10. Gua nya cocok buat uji nyali yakak..kesannya horor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesan horornya terasa sekali waktu di dalam gua. Suasananya gelap, hawanya dingin.. pas sekali...

      Delete
    2. Kesan horornya terasa sekali waktu di dalam gua. Suasananya gelap, hawanya dingin.. pas sekali...

      Delete
  11. Alhamdulillah nggak pernah, dan nggak mau Mbak he he. Temen saya lho ada yang sengaja ikut acara apa tu, yang pesertanya datang ke tempat yang dikenal angker, sekeliling dipasangi kamera lalu ditinggal sendirian huaaa. Tempat ini mungkin bisa jadi lokasi acara itu :D Meskipun saya kurang setuju si sama acara semacam itu. Karena IMHO itu masuk kategori kita yang menganggu mereka.

    ReplyDelete
  12. Tapi mbak makam PRABU SILIWANGI nya emang nya dijaga sama harimau putih ????

    ReplyDelete
  13. Wahk seru banget ceritq nya. Jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  14. saatnya menaklukan gunung puntang

    ReplyDelete
  15. Waktu kuliah pernah kemping 3 malem di Gunung Puntang. Ada beberapa temen yang kesurupan, banyak yang melihat penampakan makhluk halus, malah ada yang dikuntit sampe ke rumahnya.

    ETapi yang serem-serem gitu mah ada di mana-mana, sih. Di angkot di tengah kota Bandung siang hari aja aku pernah ngeliat penumpang gaib :) Salam serem eh salam kenal, Mbak :)

    ReplyDelete
  16. serem sekali mbak tempatnya. disana apa juga di pakai untuk tempat pendakian?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}