Cermat Mengelola Keuangan Agar Saldo Tidak Nol Setelah Lebaran

Diskon di mall (sumber gbr dari sini)

Menjelang lebaran, banyak toko dan mall yang menyediakan berbagai macam diskon yang menggiurkan. Selain membeli beberapa barang kebutuhan hidup, pengeluaran untuk keperluan menyambut hari raya kadang tidak begitu terasa. Namun tanpa sadar berakhir dengan saldo nol ketika lebaran telah usai. Lebih parahnya lagi jika meninggalkan utang piutang. Wah, ini tidak boleh terjadi!
Untuk menghindarinya, saya harus memiliki resolusi keuangan. Resolusi lebaran saya kali ini adalah mengatur keuangan untuk lebaran yang detil dan cermat.
Sesuai dengan namanya, resolusi, maka tujuan saya adalah membuat rencana keuangan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.
Manfaat Resolusi Keuangan
Sumber penghasilan keluarga saya bukanlah seperti orang kantoran yang ketika menjelang lebaran mendapat THR. Kami justru mengeluarkan THR untuk karyawan. Hal ini membuat saya harus ekstra cermat dengan kondisi keuangan pasca lebaran. Jadi, saya harus membuat resolusi keuangan, karena banyak manfaatnya jika kita membuat resolusi keuangan, diantaranya yaitu :
1.    Mengetahui sejak awal apa tujuan kita
Tujuan saya, menghindari saldo minim pasca lebaran. Hal ini bisa dijadikan dasar langkah selanjutnya untuk mencapai tujuan.
2.    Lebih fokus mencapai tujuan
Dengan menggunakan resolusi, pikiran dan langkah kita akan lebih fokus dan setiap langkah dan perbuatan kita tidak keluar dari tujuan.
3.    Pemicu semangat mencapai tujuan kita
Ketika kita mulai tergoda dan melakukan hal diluar rencana, resolusi bisa menjadi penyemangat untuk kembali fokus ke jalan yang benar.
Mengetahui begitu bermanfaatnya resolusi keuangan, membuat saya harus mencari tahu tentang perencanaan keuangan melalui googling
Nah, salah satu sumber yang dapat membantu saya membuat resolusi keuangan yaitu www.cermati.com. Di website ini, banyak mengulas seluk beluk keuangan. Termasuk cara menggunakan uang THR.  Meskipun saya tidak mendapat THR, tapi saya juga sudah menyiapkan keuangan untuk keperluan di hari raya. Tentunya dengan mengacu pada artikel Cara Bijak Memakai Uang THR di Cermati.



Resolusi Keuangan Saat lebaran
Lalu, apa resolusi keuangan yang akan saya lakukan untuk mengelola keuangan menyambut lebaran.

1.   Membayar angsuran sebelum jatuh tempo
Karena saya memilki angsuran rumah dan asuransi pendidikan, maka saya utamakan untuk membayarnya terlebih dahulu. Meskipun jatuh temponya akhir bulan, lebih baik saya membayarkannya sebelum lebaran. Hal ini untuk menghindari, biaya yang telah diposkan untuk keperluan tersebut, terpakai.
2.    Memisahkan dana untuk sekolah.
Lebaran tahun ini bertepatan dengan kenaikan kelas. Sebelum libur lebaran dan sekolah, pihak sekolah memberitahukan biaya yang harus dibayarkan. Untuk itu, saya pun harus mempersiapkannya. Dananya, saya pisahkan terlebih dahulu dan disimpan di bank. Iya sih, di bank. Masih bisa diambil lewat ATM kan? Nah, menghindari “kegatelan” menggosok ATM, lebih baik ATM tidak usah dibawa-bawa ketika bepergian ya… he..he..
3.    Menabung di awal
Setelah membayar semua angsuran dan menyiapkan biaya sekolah, sisihkan sejumlah dana untuk ditabungkan. Hal ini juga merupakan salah satu cara agar dana yang saya miliki tidak menjadi nol setelah lebaran nanti. Lebih baik menabung di awal. Karena jika kita menabung setelah lebaran, belum tentu bisa kan? Takutnya malah habis sebelum sempat ditabung. Nah, loh!  
4.    Membayar zakat dan shodaqoh
Sebenarnya, ini hal yang paling penting dan jangan sampai terlupakan. Karena Zakat Fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim. Seperti yang tertera dalam Al-Qur’an :
Dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku." (QS: Al-Baqarah 2:43)
Maka, dana untuk zakat fitrah harus masuk dalam rencana keuangan saya menyambut lebaran.
5.    Cermat dan hemat ketika berbelanja untuk kebutuhan lebaran.
Hari raya identik dengan baju baru. Sebagai orang dewasa, barangkali bisa menahan diri untuk tidak selalu memakai baju baru di saat lebaran. Tapi, tidak bagi anak-anak bukan? Oke deh, kita beli baju baru ya Nak…
Meskipun baru, tapi saya harus lebih bijak ketika berbelanja. Pilih baju yang multifungsi. Baju yang juga bisa digunakan selain saat berlebaran. Selain itu, manfaatkan diskon yang sedang berlangsung. 
Eh, iya saya juga dapat Tips Jago Nawar dari cermati.com, jika berbelanja selain di mall. 

Beberapa tipsnya yaitu
-    Menawar setengah harga ketika berbelanja.
-   Gunakan bahasa daerah. Hal ini dapat membuat hubungan penjual dan pembeli terasa lebih dekat. Biasanya penjual bisa luluh dan memberikan harga yang lebih rendah he..he..
-   Bandingkan dengan toko sebelah.
-   Ajak teman yang jago menawar.
Nah, belanja bisa lebih cermat bukan?
 
6.    Membuat tabungan anak
Hal yang paling ditunggu oleh anak-anak, selain berkumpul dengan keluarga besar, mendapatkan THR dari sanak saudara. Jauh sebelum lebaran, saya  mengingatkan mereka untuk bijak menggunakan uang. Salah satunya dengan membuka tabungan di bank.
Ternyata, mereka sangat antusias. Mengapa? Karena mereka mengetahui dari website Cermati, jika dapat memiliki ATM dengan nama mereka. Selain itu, kami bisa melihat syarat dan keuntungan dari tabungan anak yang berlaku di bank.

Itulah, resolusi keuangan saya untuk menghadapi lebaran kali ini. Beberapa telah berjalan sesuai dengan rencana. Dengan perencanaan keuangan ini, saya berharap saldo tabungan tidak nol setelah lebaran nanti.
Terima kasih Cermati, karena kehadiranmu bisa membantu saya membuat resolusi keuangan. Saya percaya dengan website yang  berumur lebih dari 12 tahun ini. Oh, ya Cermati telah digunakan lebih dari ratusan juta user di seluruh dunia juga loh!

Cukup terpercaya bukan? Selain itu, Cermati didirikan oleh para teknologis dari Silicon Valley dengan tim yang sudah berpengalaman di perusahaan-perusahaan teknologi global terkemuka seperti Google, Linkedln, Microsoft dan Oracle. Terima kasih, Cermati..
         
Lomba Blog Resolusi Lebaran

19 comments:

  1. Perencanaan yang matang memang sangat diperlukan dalam mengelola keuangan. Apalagi mba ngeluarin THR, bukan malah mendapatkan THR. Makasih untuk tipsnya dan resolusinya. Semoga menang GA nya yaa

    ReplyDelete
  2. Waduh, kalo saldo nol setelah lebaran bisa pusing palaberbie....

    ReplyDelete
  3. Wah, saya juga harus bikin resolusi keuangan juga nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mbak..supaya saldo kita gak nol..hi..hi

      Delete
  4. Mbak sama kita mbak, saya juga bikin tabungan untuk anak setelah lebaran soalnya Alfi mulai gede nih dapet THR nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya...bisa dapet THR yang gede :)

      Delete
  5. Emang penting banget nih mensiasati agar sesudah lebaran gak jd kere...

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak dari blogger Malang/
    Kalau saya biasanya menyisihkan uang untuk ditabung dan sebagian di untuk kebutuhan sosial :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...bagus tuh, untuk kebutuhan sosial..mantap deh

      Delete
  7. resolusi oh resolusi..saya juga udah bikin resolusi mba, mudah2an bisa konsisten ya kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak...mudah-mudahan kita bisa konsisten ya..

      Delete
  8. Emang kudu cermat ya mbak dalam pengelolaan keuangan.

    ReplyDelete
  9. ya mbak..supaya saldo kita gak nol :)

    ReplyDelete
  10. sedih juga abis seneng-sneneg lebaran malah dapet nol saldonya wkwk

    ReplyDelete
  11. :)salam kenal mbak, rada susah kayanya apa lagi kalu sudah tanggal tua ..

    negara bebas visa untuk Indonesia

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}