Apa yang Harus Dilakukan Jika Bisnis Mengalami Kegagalan?




Jika bisnis yang sudah kita bangun dengan susah payah kemudian ternyata gagal, apa yang harus kita lakukan? Sebenarnya, kegagalan merupakan guru yang terbaik dan dapat dijadikan acuan langkah kita untuk masa depan. (Baca :Cara Jitu Merintis Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga)
Banyak pengusaha sukses yang harus jatuh, gagal berkali-kali sebelum mencapai kesuksesan. Mulai dari usahanya yang bangkrut, tertipu atau kesulitan mencari partner dalam bisnis. Namun, apapun masalahnya, kegagalan itu tidak pernah menghambat langkah mereka untuk terus berjalan, dan terus mencoba.
Ada beberapa langkah yang dapat diambil ketika bisnis yang kita geluti mengalami kegagalan, yaitu :

Lakukan Evaluasi Diri
Telusurilah apa yang menyebabkan usaha kita menjadi gagal. Apakah sistem manajemen kita yang kurang tepat? Keuangan yang kurang tepat? Atau cara pemasaran serta jenis produk yang kurang diminati?

Segera Lakukan Perbaikan
Setelah mengetahui inti permasalahannya, segera selesaikan. Jika ada pengeluaran yang tidak efektif, maka pangkaslah. Fokus pada produk yang banyak diminati atau produk yang terus-menerus dibutuhkan.

Teruslah Berinovasi
Kunci utama seorang pebisnis yang sukses adalah tidak pernah berhenti berinovasi. Kegagalan yang telah terjadi barangkali karena inovasi yang telah kita buat, gagal. Maka teruslah beinovasi. Amati, tiru dan modifikasi sehingga menjadi pembaharuan yang menjanjikan di masa mendatang.

Cari investor
Bila kegagalan karena berkurangnya modal usaha, uang bisa didapatkan melalui pinjaman atau kolaborasi dengan investor. Kehadirannya dapat membantu bisnis kita. Dalam menjalankan bisnis, investor sangat bermanfaat untuk :
·       1.  Membiayai usaha yang sedang dijalankan.

·   2. Pengembangan usaha, beberapa diantaranya seperti penambahan alat kerja untuk menunjang keefektivitasan karyawan, menambah luas kantor agar dapat menampung lebih banyak karyawan, pembelian kendaraan untuk pengiriman dan lain sebagainya.
      3. Menjaga kelangsungan ketika bisnis sedang lesu. Ketika bisnis yang kita jalani mengalami kelesuan, maka kita memerlukan orang lain untuk membantu mengatasinya. Kerja sama dengan investor dapat memberikan peluang yang lebih baik bagi kelangsungan bisnis.
Memang tidak mudah mengajak orang lain terutama orang yang belum dikenal untuk menaruh uangnya pada bisnis yang kita jalani. Karena faktor kepercayaan menjadi faktor utama.

Tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan investor demi kelangsungan bisnis kita. Perusahaan-perusahaan besar pun banyak bekerja sama dengan investor demi kelangsungan bisnisnya.
Sebut saja, proyek pengembangan sumur minyak di Malo yang dimiliki oleh putra Setiawan Djody. Hingga saat ini, proyek dapat berjalan dengan lancar, bahkan memasuki proyek untuk sumur ketiga dengan bantuan investor.
Investor yang ikut berperan dalam pengembagan sumur minyak itu adalah Cakradhara Group. Perusahaan ini juga yang memberi suntikan dana usaha jasa Travella Tour, Paditeras Condotel di Bali dan Quo Space Soho-Fatmawati. 

Aldi Ferdian adalah owner Cakradhara Group yang membantu dalam segi pendanaan para pebisnis dengan berbagai macam bidang usaha. Mulai dari perkebunan jamur tiram, cabe, media digital, integrated media promotion, property, dan energy.
Pria yang berprofesi sebagai Financial Engineering & Consultant dan Investor ini sangat senang membantu orang yang hendak mengembangkan bisnisnya. Dengan cara memberikan suntikan dana, mengawal pebisnis dalam menjalani usahanya atau mempertemukan mereka dengan nasabah yang berniat mendanai.

Apapun masalah yang membuat bisnis kita gagal, janganlah melunturkan semangat untuk berbisnis. Mari belajar dari orang lain. Banyak orang yang memiliki banyak masalah, namun bersabar dan belajar dari masalah itu sendiri.
Mintalah dukungan dari keluarga, karena di dalamnya terdapat sumber semangat.  Hindari terlalu fokus dengan kekecewaan. Mari perlakukan diri kita lebih istimewa dengan melakukan penenangan diri, berekreasi atau sekedar berolahraga. Hal ini dapat dijadikan alternatif penjaga semangat.Selamat berbisnis.

17 comments:

  1. siippp. bener sekali nih..evaluasi diri emang perlu....

    ReplyDelete
  2. banyak poin2 penting yang saya noted dari artikel berharga ini mba, tentang kegagalan bisnis. Maturnuwun mbak Nurul :)

    ReplyDelete
  3. Point penting dalam berisnis ada di sini.
    Top Mbak tulisannya mencerahkan

    ReplyDelete
  4. Ganti partner bisnis gak termasuk yaa? Kadang ada faktor penghambat "dari dalam" yaitu partner kita sendiri, dan kalo memang demikian menurutku partner yg seperti ini juga harus diganti..

    IMHO aja sih, hehe :D

    ReplyDelete
  5. artikel yang memotivasi, terimakasih Mbak Nurul :)

    oya, sekalian info ya, aku lg syukuran blogku, ikut yuk mba giveaway-nya http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    ReplyDelete
  6. bermanfaat..noted ! tengkyu for sharing mba Nurul.. :D

    ReplyDelete
  7. Artikelnya mantab....jadi termotivasi, makasih mba Nurul

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}