CFC Penyebab Pencemaran Udara

CFC dapat menyebabkan pencemaran udara? Siapa yang sudah mengetahui tentang zat berbahaya ini? Eits, jangan langsung berpikir tentang produk makanan ya.. Ini bukan salah satu olahan ayam goreng yang renyah dan krispi itu ya..hi..hi..
http://www.nurulfitri.com/2016/05/cfc-penyebab-pencemaran-udara.html
Barangkali teman-teman sudah mengenal apa itu CFC ya?  Kalo saya, baru tahu tentang salah satu penyebab pencemaran ini, setelah anak perempuan saya pulang sekolah. Gadis kecil saya itu bercerita soal CFC ini dengan hebohnya.
Ternyata, CFC banyak terdapat di lingkungan sekitar kita. Terutama terdapat pada barang elektronik yang digunakan oleh kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Coba, kita tengok barang-barang elektronik di dalam rumah kita. Apakah bahan yang digunakan sudah aman?

Seperti yang dilakukan oleh si sulung yang heboh bertanya dengan rentetan pertanyaan. Kehebohan apa yang dibuat anak perempuan saya itu?
Ya, gimana gak heboh! Pulang sekolah, langsung ribut nanyain soal AC, dispenser dan peralatan elektronik lainnya di rumah. 

" AC kita, bebas CFC gak bu? Kalo dispenser? Lemari es? Peralatan lainnya?" Anak sulung saya itu, terus bertanya tanpa menunggu jawaban ibunya.

Ibunya yang gak tau soal itu, hanya bengong aja, dong! Maksud kakak ini, apa, sih?
Ternyata, CFC itu singkatan dari Cloro Fluoro Carbon, yaitu asap hasil pembakaran yang dapat mencemarkan udara. 
Ilmu yang baru saja kakak dapat dari sekolah, langsung dipraktekin rupanya. Anak perempuan saya itu, memang terlihat begitu peduli dengan lingkungan. Pelajaran yang paling digemarinya di sekolah, adalah pelajaran IPA. Pokoknya, semua ilmu yang berhubungan dengan alam, dia sangat suka.
http://www.nurulfitri.com/2016/05/cfc-penyebab-pencemaran-udara.html
Logo bebas CFC dan HCFC
CFC merupakan salah satu unsur yang dapat mengotori udara. Unsur ini biasa ditemukan di pendingin ruangan (AC), lemari pendingin, dan busa jok mobil. Yang membuat kakak tidak senang, CFC  merusak lapisan ozon dan juga menyebabkan pemanasan global.
Anak saya itu, telah mengerti mengenai pemanasan global dan dampaknya. Oleh karena itu, dia takut sekali bila terjadi pemanasan global. Yang ada dalam bayangannya, suhu udara di bumi akan naik. Suhu udara yang naik menghasilkan panas yang dapat mengubah pola iklim bumi dan mencairkan es di kutub.  

Nah, kalo es di kutub mencair, permukaan air laut akan naik, bukan? Dan, apa yang terjadi? Lautan semakin luas dan bagian daratan pun akan semakin berkurang. Loh, lalu kita akan tinggal dimana?
Oleh karena itu, dia sangat perhatian dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya saja, jika kami sedang melakukan perjalanan dan dia lihat ada orang yang membuang sampah sembarangan, dia paling tidak suka lalu mulai protes.
Namun, sebelum menyalahkan orang lain, lebih baik kita mulai bebenah dari diri sendiri dulu, dong! Salah satunya dengan memakai barang elektronik yang bebas CFC. Karena letak AC di rumah tinggi, saya tidak bisa memenuhi keingintahuan kakak, mengenai kondisi pendingin ruangan di rumah kami. Beruntung ada dispenser milik kami, yang ternyata bebas dari CFC. 


http://www.nurulfitri.com/2016/05/cfc-penyebab-pencemaran-udara.html
Dispenser dengan tanda bebas CFC
Setidaknya ada  salah satu barang elektronik di rumah yang bebas CFC ya, kak.. Jadi kita bisa berperan mengurangi pencemaran udara. Dan semoga pemanasan global tidak semakin meluas.
Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkah barang-barang di rumah bebas CFC?

17 comments:

  1. Kalau AC, seingat aku emang CFC. Tapi kalau kulkas aku belum ngecek, mba. Terima kasih ya sudah mengingat ya, mba :)

    ReplyDelete
  2. Wah iya. Kadang kita ga nyadar klo kita juga jadi penyebab efek rumah kaca ya mmba. Sayangnya produk ramah lingkungan masih terbatas bgt. Sementara ya jadib konsumen bijak dulu aja biar ga makin merusak.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kita harus bijak untuk menggunakan produk untuk keperluan kita sehari-hari, karena terbatasnya produk yang ramah lingkungan.

      Delete
  3. dilema juga yaa..
    disatu sisi butuh banget pake AC dan kulkas, tapi di sisi lain kita juga turut ikut mencemarkan udara :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya, kita harus cari produk yang ramah lingkungan ya..:)

      Delete
  4. Aku baru tau istilah CFC ._. ternyata AC pun bisa mencemarkan udara ya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu dari anak saya, Mas :)

      Delete
  5. Bener, kita harus pandai memilah dan memilih, beli barang dengan bijak. Seminimal mungkin kita bantu untuk tidak mencemari lingkungan.
    Sayangi bumi, sayangi semesta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak, jika bukan kita yang menjaga dan menyayangi bumi, siapa lagi?

      Delete
  6. bener mba..kadang kita kurang aware soal ini yaa. pdhal pilihan yg tepat bisa membantu menjaga bumi.

    ReplyDelete
  7. Sebenernya udh tau lama ttg ini.. tapi susah sih, kalo ga pake ac, ga mungkin juga secara aku ga kuat panas, tp blm prnh dgr ada ac bebas cfc.. dispenser ama kulkas pun msih cfc kalo yg punyaku.. hadeuuh, mungkin kalo brg2nya udh rusak, baru deh cari produk yg bebas.. dispensermu bebas cfc, boleh tau merk nya mbak?

    ReplyDelete
  8. aku tau munculnya CFC cuma dari kulkas sama AC, katanya sih yang pakai freon gitu.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}