6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Saat menjelang Bulan Ramadhan seperti ini, buah kurma menjadi salah satu makanan yang banyak diperjualbelikan. Buah khas Arab ini dikenal memiliki banyak manfaat, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/6-manfaat-kurma-bagi-kesehatan.html
6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
Sebenarnya Rasulullah, tidak hanya mengkonsumsi kurma untuk berbuka saja. Konon, beliau mempunyai pola makan sehat dengan memakan 7 butir kurma pada saat sarapan. Mengapa beliau tidak melewatkan sarapan dengan kurma? Karena banyak manfaat kurma bagi kesehatan.
Sebagaimana kita ketahui, kurma sarat dengan berbagai macam zat yang bermanfaat untuk tubuh. Zat yang terkandung dalam kurma diantaranya yaitu, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, kalsium, potasium, sodium. dan vitamin lainnya.

Rasa penasaran pun timbul dalam benak saya, mengenai manfaat kurma untuk tubuh. Dan membuat saya mencari tahu apa saja, kandungannya yang dapat menyehatkan itu.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/6-manfaat-kurma-bagi-kesehatan.html
Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
Dan menurut Buku Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah harian untuk Kesehatan Jiwa dan Fisik, ada 6 manfaat kurma bagi kesehatan, yaitu :

1. Melancarkan Peredaran Darah
Kalium bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengatur denyut jantung agar bekerja dengan baik, membantu kerja otot dan menstabilkan tekanan darah. Oleh karena itu, kurma bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Perlu kita ketahui, dalam 100 gram kurma kering, terkandung 666 mg kalium.

2. Sumber Kalori
Pada umumnya kurma mengandung gula glukosa (jenis gula yang ada dalam darah) dan fruktosa ( gula yang terkandung dalam buah-buahan). Glukosa dan fruktosa mudah di bakar dan dicerna oleh tubuh sehingga menghasilkan tenaga yang tinggi tanpa membuat tubuh kesulitan untuk mengolah dan mencernanya.

Kurma yang baru di panen dan masih mentah serta lembek, mengandung karbohidrat sebanyak 60%. Sedangkan pada kurma yang telah kering, kandungan karbohidratnya sekitar 70%. Oleh karena itu, kandungan karbohidrat pada kurma dapat menghasilkan 230 kcal energi.

Lalu, berbahayakah, kandungan gula yang besar itu? Ternyata, zat gula dalam kurma tidak berbahaya bagi kesehatan. Apabila diambil perumpamaan, antara segelas air gula dan kurma maka diketahui, air yang mengandung glukosa akan diserap oleh tubuh dalam waktu 20-30 menit, sedangkan gula dalam kurma baru habis diserap oleh tubuh dalam waktu 45-60 menit. 

3. Mencegah Pendarahan
Kurma juga mengandung magnesium, potassium dan kalsium serta mengandung semacam hormon potuchsin. Hormon ini dapat menciutkan pembuluh darah di dalam rahim sehingga dapat mencegah adanya pendarahan bagi perempuan.

4. Mengatasi Serangan Stroke
Resiko penyakit stroke juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi kurma. Serangan stroke dapat dihindari dengan mengkonsumsi satu porsi makanan yang mengandung kalium minimal 400 mg/pehari. Kandungan lemak dalam kurma sangat rendah, yaitu 0.4 g per 100 gr kurma. Apabila mengkonsumsi kurma kering sekitar 65 gram atau sebanyak 5 buah, maka dapat memenuhi kebutuhan kalium minimal 400 mg/hari tersebut. 
http://www.nurulfitri.com/2016/06/6-manfaat-kurma-bagi-kesehatan.html

5. Menjaga Fungsi Jantung
Zat gizi yang terdapat pada buah kurma bermanfaat untuk membantu melepaskan energi, menjaga saraf dan kulit agar tetap sehat serta berfungsi menjaga fungsi organ jantung. 
Dalam setiap 100 gram kurma kering terdapat 50 IU viamin A, 0,4 mg vitamin C, 2,20 mg niasin, zat besi dan zat gizi lainnya.

6. Penghilang Rasa Nyeri
Manfaat kurma bagi kesehatan yang lainnya yaitu sebagai anti sakit. Pada kurma yang kering biasanya ditemukan salisilat yang bersifat mencegah pembekuan darah dan menghilangkan rasa nyeri. Salisilat juga merupakan zat bahan baku untuk membuat aspirin.

Seperti kita ketahui, aspirin adalah obat untuk mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri dan demam. Salisilat juga dapat mempengaruhi prostaglandin yaitu sejenis asam lemak hidroksida yang dapat menurunkan tekanan darah dan merangsang konstraksi otot polos.

Itulah kandungan yang ada dalam kurma yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini semakin membuktikan jika cara hidup Rasulullah sangatlah sehat dan patut menjadi suri tauladan. Cara hidupnya banyak memberikan contoh yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bagaimana teman-teman, sudah menyediakan kurma di rumah untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan? 
 

38 comments:

  1. Dulu waktu kecil kalo ada yang pulang haji trus dikasih oleh2 kurma rasanya seneng banget, auranya beda dengan kurma yang dibeli di pasar... :))

    Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan mba, dari kami sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..saya juga seneng sekali kalo dapet oleh-oleh kurma dari yang pulang haji. Kalau sekarang, kita bisa lebih mudah menemukan kurma di mana-mana ya...

      Delete
  2. kurma makanan favorit saat berbuka :-)

    ReplyDelete
  3. wah.. baru tau. ternyata glukosa di kurma jenis yg lepas lambat ya. keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu dari buku itu mbak :)

      Delete
  4. kurma juga bisa menghilangkan nyeri? aku baru tahu, semua jenis nyerikah? kalau nyeri pas datang bulan bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, juga baik untuk ibu yang habis melahirkan

      Delete
  5. kurma memang sangat berguna banget,.. saat sahur kita mengkuonsumsi kurba, engga ada ceritanya laper.. soalnya kurma banyak manfaatnya di bulan ramadhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Naufal, karena kalorinya lumayan banyak ya..

      Delete
  6. kurma emang banyak manfaatnya, terutama pas puasa kerasa banget manfaatnya di dalam tubuh kita

    ReplyDelete
  7. iya banyak sekali manfaatnya, terutama buat orang hamil, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak sekarang banyak orang hamil yang selalu sedia kurma :)

      Delete
  8. makasih infonya Mbak, mumpung sekarang masih ramadan, dan kurma ini yang paling dicari heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, iya saat ini kurma memang mudah dicari :)

      Delete
  9. Alhamdulillah saya suka banget sama buah yg satu ini.
    apalagi makanya pas buka puasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah merasakan manfaatnya ya.. :)

      Delete
  10. Aku suka kurma dan kalau dikasih suka abis, apalagi kalau kurma arab yang segede gaban itu hehe. Tapi kalau mau beli suka lupa aja, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..Teh Efi, suka ngehabisin kurma arab yang segede gaban ya..hi..hi..

      Delete
  11. kalo Romadon, kurma pasti selalu ada di kulkas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeey...kurmanya manis dan dingin dong..yummy..

      Delete
  12. Aku selalu sedia kurma sejak sebelum hamil sampai menyusi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mantap mbak. Berarti udah tau manfaatnya ya..

      Delete
  13. Subhanallah manfaat kurma untuk kesehatan.
    Kalau kurma yang udah dicampur gula itu kayaknya nggak terlalu bagus ya. Yang bagus itu kurma yang masih ada tangkainya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, yang dicampur gula itu, kurang bagus. Lagipula saya juga gak terlalu suka yang terlalu manis, suka giung.

      Delete
  14. Wiiihh...mengetahui manfaatnya berarti saya harus segera membeli Kurma pulang kerja nanti, gak nyangkah manfaatnya sebanyak itu padahal saya kurang suka :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibiasakan supaya suka Mas..hi..hi..supaya bisa merasakan manfaatnya.

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. mantap emang kurma ini. ini juga jadi salah satu makanan yang nabi suka. tapi kalau pas bulan Ramadan gini, harganya mahal ya mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks..hiks...bener juga, harganya gak seperti biasa.

      Delete
  17. top banget nih manfaat kurma
    tapi aku lbh suka kurma yang asli, maskudnya blom ditambahi gula gt
    banyak yang beredar di kita kan manisan kurma jatohnya..
    gulanya terlalu banyak. klo yg asli manisnya asli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kurang suka dengan kurma yang sudah ditambah dengan gula mbak..saya kurang suka yang manis sekali.

      Delete
  18. Menjauhkan dari stroke mbak? Wah-wah... Baru tau nih. Apalagi bisa membuat perederan darah jadi lancar. Pasti hidup jadi lebih sehat.

    Nah, keknya kelar baca ini nanti pas berbuka pengen makan kurma aja. Biar sehat juga. :)

    ReplyDelete
  19. Di rumahku, walaupun gak ramadan, selalu nyetok kurma karena anakku doyan buangeeet. Banyak manfaatnya yaa ternyata :D

    ReplyDelete
  20. selama ini akau gak begitu tahu manfaatnya segitu banyaknya. Udah mulai sekarang stok buah kurma yang banyak deh dirumah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga, begitu tahu manfaatnya, langsung nyetok di rumah, mbak :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}