7 Persiapan Interior Rumah Untuk Menghidupkan Suasana Nan Fitri

7 Persiapan interior rumah untuk menghidupkan suasana nan fitri. Saat ini, kita telah memasuki penghujung Bulan Ramadhan. Dan tentu saja, kita akan menghadapi hari yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Lebaran merupakan saat yang sangat dirindukan oleh semua orang. Karena pada saat tersebut kita akan bertemu dengan kerabat atau saling berkunjung dengan tetangga serta bersilaturahmi dengan teman-teman.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-interior-rumah-menyambut-lebaran.html
Banyak yang perlu disiapkan untuk menyambut Hari Raya. Persiapan yang akan dilakukan diantaranya, menyiapkan baju yang bagus, menyediakan kue kering untuk disuguhkan pada tamu yang berkunjung, serta mempersiapkan suasana ruangan yang hangat dan ceria, di dalam rumah.

Nah, teman-teman, apakah suasana interior rumah sudah mendukung untuk menghadapi acara di hari lebaran? Berikut ini, saya akan mencoba menuliskan kiat agar kita bisa menghidupkan suasana nan fitri di rumah.

1. Membersihkan Seluruh Ruangan Yang Ada di Rumah.
Kita bisa mulai membersihkan bidang yang paling luas, seperti lantai, dinding dan plafon rumah. Bersihkan dari debu dan sawang yang kerap muncul di sudut ruangan. Bila memungkinkan, lakukan pengecatan ulang pada dinding dan plafon, agar ruangan terlihat lebih fresh dan bersih. 

Setelah membersihkan elemen interior yang luas, lanjutkan kegiatan membersihkan perabotan yang ada dalam rumah. Kita bisa memulainya dengan membersihkan sofa, lemari, rak atau cabinet agar terhindar dari tumpukan debu. 
Yang terakhir, bersihkan elemen interior yang lebih kecil, seperti pernak-pernik dekorasi yang ada di dinding, di atas rak atau yang ada di dalam lemari.

2. Mengubah Suasana Ruangan
Tidak ada salahnya jika kita ingin memperbaharui tata letak perabotan dan dekorasi lainnya. Diharapkan dengan perubahan letak furniture maka dapat menghindari kebosanan dan bisa menciptakan hubungan keluarga yang lebih hangat lagi. Jadi, untuk menciptakan suasana yang baru, kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Dengan mengubah letak furniture saja, maka suasana dalam rumah pun akan nampak berbeda.

3. Mempersiapkan Pencahayaan Dalam Ruangan
Pencahayaan merupakan elemen yang sangat penting. Ruang tamu yang kecil akan terlihat sempit dan suram apabila kurang pencahayaannya. Buka jendela dengan lebar jika ruang tamu memiliki jendela yang besar. Namun, apabila jendela tidak cukup lebar, maka siapkan lampu yang terang, agar ruangan terhindar dari kesan yang suram.
Tata Cahaya Yang Memadai
 4. Menyingkirkan Barang Yang Tidak Digunakan
Untuk tempat berkumpulnya keluarga besar atau para sahabat, tentu saja diperlukan ruangan yang lebih luas dari biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mempersiapkan rumah dengan mulai menyisihkan barang-barang yang tidak digunakan lagi. Utamakan menyisihkan barang yang memakan banyak tempat. Contohnya, kursi, meja, konsol atau wadah-wadah yang terbuat dari kayu dan kondisinya sudah lapuk. Lebih baik barang-barang tersebut, dibuang saja.

Apabila dirasakan masih mau digunakan lagi atau masih bisa diperbaiki, serta kita memiliki gudang yang memadai, barang-barang tersebut bisa dipindahkan ke dalam gudang untuk sementara waktu.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-interior-rumah-menyambut-lebaran.html
Kursi Yang Telah Lapuk
Setelah menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai, aturlah kursi di ruang tamu atau ruang keluarga dengan lebih efisien. Yang pertama kali harus dilakukan yaitu memasang sofa yang paling besar, kemudian mengatur kursi yang lainnya. Atur tata letak kursi hingga memudahkan ketika digunakan untuk berbincang-bincang. Diantara kursi tersebut, bisa ditempatkan meja kecil untuk menyimpan kue kering. Pastikan penempatan semua perabotan tersebut tidak menghalangi jalan.

Penataan letak kursi yang baik akan sangat menunjang di saat kita melepas rindu, bersilaturahmi dengan kerabat dan akan terasa lebih bebas serta tidak menghalangi orang yang lalu lalang.

5. Ciptakan Warna-warna Yang Hangat
Faktor pembentuk suasana ruangan secara garis besar, adalah warna yang menghiasinya. Agar tercipta suasana yang hangat dan dapat menghidupkan suasana nan fitri, kita bisa menggunakan warna pastel atau warna yang cerah. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas. 

Lebih baik menggunakan satu warna saja, karena jika menggunakan banyak warna, maka dapat menimbulkan kesan ruangan yang terbagi-bagi. Ruang keluarga biasanya merupakan ruangan yang paling sering digunakan untuk berkumpul dengan segenap keluarga dan handai tolan. Oleh karena itu, sebaiknya berikan perhatian yang lebih pada dinding ruang keluarga.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-interior-rumah-menyambut-lebaran.html

6. Berinovasi, Berkreasi Dalam Dekorasi
Elemen yang khas di hari lebaran adalah ketupat. Manfaatkan bentuk uniknya untuk dijadikan pelengkap dekorasi pada ruangan. Kita bisa menempatkan kreasi berbentuk ketupat yang ditempatkan di sudut ruangan. Atau mengaplikasikan corak ketupat pada motif kertas dinding, pelapis sofa dan bantal pada sofa.
Warna ketupat yang hijau menyegarkan, juga bisa dijadikan ide untuk pemilihan warna dinding ruangan.

7. Tempatkan Cermin Besar
Sedangkan untuk pemilik ruang tamu yang kecil, untuk mendesain ruangan tersebut, biasanya dengan cara menempatkan cermin agar ruangan terlihat lebih besar dibandingkan dengan ruangan aslinya. Dengan ruangan yang tampak luas, diharapkan dapat menghidupkan suasana yang hangat bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

Nah, teman-teman, itulah beberapa persiapan yang dapat kita lakukan untuk menghidupkan suasana nan fitri di rumah kita. Bagaimana dengan persiapan yang telah dilakukan oleh teman-teman?  Sharing, yuk!

 Salam Hangat



 

15 comments:

  1. Biasanya kalo mau lebaran seluruh lantai ruang tamu dibentang permadani... lali ditambahi bunga plastik di sudut ruangan. Jadi tampil berbeda dan semarak deh rumah pas lebaran... beda dari biasa dan bikin adem... hihi.. menyingkirkan benda yg tak perlu sperti tips mba juga bener bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suasana adem, kumpul bersama keluarga jadi makin asyik ya mbak..

      Delete
  2. lihat ini jadi pengen cepat beberes rumah mbak
    kece nih tipsnya..

    ReplyDelete
  3. Setuju banget dengan penempatan cermin yg besar, ruangan jadi terlihat luas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampak luas, jadi terasa nyaman ya Mbak :)

      Delete
  4. jadi ingat masa2 sebelum menikah, biasanya kalau menyambut lebaran saya dan adik sibuk bebenah rumah, ada yang ngecat, beresin rak2,ganti gorden dan karpet, jadi seru dan bikin rindu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...seru juga bisa gotong royong. Semoga kompak terus ya Mbak :)

      Delete
  5. Aku sudah beres2 sebagian sebelum puasa, mba. Apalgi tumpukan buku yang berdebu harus di bersihkan stau per satu, mba. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lebih baik dicicil, supaya gak terlalu capek ketika menjelang lebaran :)

      Delete
  6. Alhamdulilah, udah semua nih :) insyaallah nyaman pas lebaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...udah semuanya ya. Berarti udah terasa nyaman mulai dari sekarang ya mbak ..

      Delete
  7. Lupaaaaa belum bersih2 rumah kemaren2 fokus kemakanan xD. Beres2 ah biar enak nerima tamu-tamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he..selamat bersih-bersih Mbak :)

      Delete
  8. makasih Mba, sudah diingatkan, belum bersih-bersih rumah nih.. dua pekan kemarin baru ada proyek peninggian jalan di depan rumah, dan debunya tebaaal nempel dimana-mana sayang blm sempat bersihin total

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}