7 Kunci Agar Fokus Menjalani Ibadah Di Bulan Ramadhan

Tinggal beberapa hari lagi, umat Islam akan menghadapi Bulan Ramadhan. Waktu baik yang mewajibkan muslim dan muslimat untuk berpuasa selama sebulan penuh. Bagi yang tidak biasa menjalaninya, puasa terkadang dianggap aktivitas yang sangat berat. Padahal jika dijalankan dengan benar, maka banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan jiwa dan fisik.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kunci-sukses-menjalani-ibadah-Ramadhan.html
Puasa di Bulan Ramadhan, dapat menjadi terapi kesehatan yang manjur. Di bulan ini pula, semestinya kita menganggap sebagai waktu untuk lebih fokus beribadah. Bagaimana caranya agar kita fokus menjalani ibadah di Bulan Ramadhan? Ada 7 kunci agar fokus menjalani ibadah di Bulan Ramadhan, yaitu :


1. Menentukan Target 

Supaya kita lebih fokus beribadah di Bulan Ramadhan, buatlah target pencapaian, agar bulan penuh berkah tahun ini lebih baik daripada Ramadhan tahun lalu. Memperbaiki cara sholat, lebih tepat waktu ketika menjalankan shalat dan lebih khusyu menjalankannya. Selain itu, miliki target untuk menambah ilmu lebih banyak daripada waktu biasanya. Hal ini bisa membantu kita lebih fokus beribadah.

2. Mempersiapkan kebersihan rumah

Apabila sebagian orang melakukan kegiatan membersihkan rumah ketika menjelang lebaran, kini sudah saatnya kita mempersiapkannya sebelum Bulan Ramdhan. Kita akan lebih fokus dan tenang, jika beribadah di dalam rumah yang bersih dan nyaman, bukan? Oleh karena itu lebih baik kita mempersiapkan kebersihan rumah agar fokus dan nyaman menjalani Ibadah di Bulan Ramadhan.

Bila bersih-bersih rumah  dilakukan pada saat Ramadhan, dapat dipastikan bisa menghabiskan banyak waktu. Padahal kita perlu waktu yang lebih banyak untuk beribadah dengan tenang.
Membersihkan rumah
3. Menjaga Kesehatan

Tentu saja, kesehatan merupakan segalanya. Apapun aktivitas kita, tidak akan maksimal jika tubuh kita sedang tidak sehat. Hindari makanan yang dapat menimbulkan penyakit seperti makanan pedas, berkolesterol atau makanan yang mengandung minyak berlebihan. 

Namun, bagaimana jika kita terlanjur sakit? Tidak perlu khawatir, menurut penelitian, puasa terbukti dapat menjadi terapi kesehatan yang sangat manjur. Dengan berpuasa, tubuh kembali sehat, maka kita pun dapat tenang menjalani ibadah di Bulan Ramadhan

4. Mempersiapkan keperluan sehari-hari

Persiapkan kebutuhan sehari-hari menjelang bulan puasa. Apabila memungkinkan, sediakan stok untuk sebulan atau bahkan untuk dua bulan. Mengapa kita perlu membuat persediaan sebanyak itu? Hal ini bisa menghemat waktu untuk berbelanja, bila ada satu atau dua kebutuhan yang habis. Selain itu dapat menghindari harga yang akan semakin melonjak menjelang hari raya.

Mempersiapkan urusan dapur juga bisa menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Agar urusan memasak makanan untuk berbuka dan bersahur bisa lebih cepat dan praktis, lakukan persiapan dahulu. Misalnya, kita bisa mempersiapkan bumbu-bumbu untuk dua minggu atau untuk sebulan. Mengiris atau menghaluskan bumbu seperti bawang merah dan bawang putih lalu kemudian disimpan dalam wadah agar tahan lama, dapat menghemat waktu kita ketika menyiapkan hidangan. Masak lebih cepat, waktu yang tersisa pun dapat kita gunakan untuk lebih fokus menjalani ibadah di bulan penuh berkah ini.

5. Lebih awal menyediakan perlengkapan menghadapi hari raya

Untuk kebutuhan perlengkapan sholat atau berbelanja baju untuk lebaran, bisa dilakukan lebih awal sebelum berpuasa. Sekali lagi, membeli semua kebutuhan itu, bisa memakan banyak waktu. Bahkan ada beberapa orang yang bisa menghabiskan waktu seharian, dua hari atau lebih untuk membeli alat sholat dan pakaian hari raya.

Sebaiknya kita penuhi kebutuhan itu, sekarang. Mengapa? Selain agar waktu untuk beribadah kita tidak banyak berkurang, perlengkapan itu juga bisa kita gunakan di Bulan Ramadhan.

Sepertinya, akan lebih baik jika perlengkapan sholat seperti mukena, sarung, sajadah bisa kita pergunakan untuk beribadah di sepanjang hari pada Bulan Ramadhan. Tentunya akan lebih bermanfaat dan lebih berkah. Dibandingkan jika perlengkapan sholat itu dipergunakan hanya sehari saja, ketika hari raya saja. Tentunya, harta yang kita miliki akan lebih berkah, betul?

Nah, barangkali akan timbul pernyataan, jika membeli perlengkapan untuk hari raya mendekati lebaran, akan banyak diskon yang bisa menghemat dan menguntungkan. Tidak perlu khawatir, menjelang bulan puasa pun ada diskon menarik yang bisa digunakan. Saat ini ada  Ramadhan Sale di Lazada.co.id. Diskon yang ada di e commerce terpercaya ini bisa mencapai 80%, loh! Lumayan menghemat.

Karena sifatnya online, kita bisa membeli segala kebutuhan untuk Ramadhan dan hari raya ini dari dalam rumah. Selain hemat biaya ongkos, juga bisa menghemat waktu serta memberi kesempatan kita agar lebih fokus beribadah.

Untuk yang menyangsikan sistem belanja secara online, tidak perlu khawatir. Apabila segan untuk melakukan tranfer, kini Lazada (sponsored post, refers to disclosure) menyediakan layanan Cash On Delivery (COD). Konsumen dapat melakukan pembayaran ketika barang telah sampai ke tangan pembeli. Sistem ini lebih menjamin keamanan, bukan?

6. Membatasi acara "Buka Bersama"

Sudah menjadi kebiasaan di Bulan Ramadhan, acara makan bersama ketika berbuka puasa akan terlihat sering diadakan dimana-mana. Dengan komunitas, bersama keluarga besar atau makan bersama teman-teman lama. 
Sebaiknya kegiatan ini lebih bisa dibatasi. Tidak harus semua acara tersebut harus kita ikuti, loh! Lebih baik batasi untuk yang lebih penting.

Biasanya, acara buka bersama yang dilakukan pada waktu maghrib ini, tidak selesai hanya sebentar. Dengan alasan silaturahmi, acara akan berlangsung hingga beberapa jam menjelang malam. Tentu saja, hal ini diperbolehkan, namun apabila terlalu sering (pengalaman seorang teman yang hari-harinya begitu padat dengan acara buka bersama) maka waktu untuk beribadah pun akan menjadi berkurang. 

7. Ubah kebiasaan menyediakan jenis makanan yang berlebih

Menjalankan puasa dan tidak melakukan puasa, sebenarnya jadwal makan kita sama. Hanya dipindahkan waktunya saja. Namun, jangan sampai kita malah menyediakan makanan yang lebih dari biasanya. Hal ini selain bisa menambah pengeluaran uang belanja kita, juga memerlukan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Lebih baik, sediakan makanan seadanya dan sewajarnya saja.

Tentu masih banyak lagi, persiapan yang dapat kita lakukan untuk bersiap menghadapi Ramadhan. Dengan berusaha menjalankan beberapa hal yang telah diuraikan, semoga kita bisa lebih fokus menjalani ibadah di Bulan Ramadhan tahun ini. Agar bulan puasa kali ini, bisa lebih baik dari tahun kemarin.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kunci-sukses-menjalani-ibadah-Ramadhan.html
7 Kunci Agar Fokus Menjalani Ibadah di Bulan Ramadhan
Apakah ada hal lain yang biasa dilakukan oleh teman-teman untuk membantu kita lebih fokus beribadah? Sharing, yuk!

39 comments:

  1. buka bersamanya di rumah aja ya mbaa, bareng keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Ophi, lebih hemat dan menciptakan bonding :)

      Delete
  2. Sama mba, saya juga memang setiap Ramadan membatasi acara buka bersama. Kalau gak sama keluarga atau sama tetangga aja, itu juga harus benar-benar dekat. Jadi, ibadah tetap optimal ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, terlalu sering buka bersama, selain menghabiskan waktu juga bisa lebih boros he..he..

      Delete
  3. Jika tips di atas diterapkan maka tak akan ada "saf tambah maju" selama shalat tarawih bulan Ramadhan.
    Terima kasih tipsnya yang bermanfaat
    Salam hangatdari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pakde, semoga kejadian "saf tambah maju", bisa diminimalisir.
      Terima kasih sudah berkunjung, De :)

      Delete
  4. Membatasi acara buka bersama ini yg kadang sulit di tolak mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mbak...apalagi kalo kita aktif bersosialisasi ya...

      Delete
  5. wah kalo baca tipsnya jadi nambah semangat buat sambut ramadhan alhamdulillah semangat berlomba dalam kebaikan... makasih mbak tipsnya mantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Angki, kita sama-sama berlomba dalam kebaikan...semoga diberikan kemudahan. Aamiin.

      Delete
  6. Kalau tips aku: batasi bersosmed heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah...bener bangeet nih, memang kadang sosmed bisa mengganggu ya...makasih tipsnya mbak :)

      Delete
  7. Sepakat Mba Nurul, Ramadhan bulan mulia, sayang banget kalau dilewatkan tanpa persiapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ety, sayang sekali kalau sampai gak ada persiapan.

      Delete
  8. Sudah kebayang nih 2 minggu menjelang Lebaran, supermarket full. Kalo bisa belanja online, jadinya lebih praktis ya. Apalagi kalo ada promo, asyik! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..kebayang penuhnya, kalau saya sih..mending via online :)

      Delete
  9. Mbaaak. Posting di rocking mama nih, mak carra lagi nyari artikel seputar ramadhan!

    ReplyDelete
  10. rata2 kalau buka bersama keterusan haha hihi ya mbak.. aku kalau buka bersama sama temen deket ajah gak semuanya diikutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... saking asiknya, kadang sampe keterusan ya..hi..hi..

      Delete
  11. iyak, aku jg nyiapin keperluan lebih awal mbk, terutama baju lebrn bwt si kecil, jd nih langsung ke lazada aja yak, oke cus

    ReplyDelete
  12. tambahan satu mbak, kalau ketika berbuka puasa itu jangan terlalu berlebihan, jangan semua makan dihabisin karena yg ada setelah makan banyak jadinya malas untuk pergi sholat tarawih ke masjid *pengalaman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..iya, betul Mas Robby, kalo udah kenyang biasanya jadi ngantuk ya.. Makasih masukannya ya..

      Delete
  13. Semoga bisa belajar dari pengalaman2 yll, trimakasi yaa Mbk, tipsnya amat mbantu sekali☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..pengalaman adalah guru yang paling berharga :)

      Delete
  14. tipsnya pas banget nih buat yang akan menjalani ibadah puasa.
    semoga puasanya lancar ya mbak. :)

    ReplyDelete
  15. Lebih awal menyediakan perlengkapan menghadapi hari raya,..

    masih terlalu cepat mbak, nanti saja kalau lebaran dah dekat, seru2 rebutan bahan kue di pasar karena semua sudah serba kepepet, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...kalo harus berebutan, takutnya malah kehabisan dong..hi..hi

      Delete
  16. Suka deh ma yang sale-sale gini .... Cuss ke Lazada #emak

    ReplyDelete
  17. Aku juga membatasi buka puasa bersama karena nggak tega ninggal keluarga. Buka puasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  18. Kalau terlalu rajin "buka bersama" bisa jadi sering kelewat isya' dan tarawihnya, ya, Mbak... Mungkin bukber di masjid atau mushalla terdekat bisa jadi pilihan paling aman. :)

    ReplyDelete
  19. jaga kesehatan, penting banget biar ibadahnya lancar kan cuma setaun sekali Ramadannya makanya saya membatasi keluar rumah biar hemat tenaga :)

    ReplyDelete
  20. saya tiap hari bersih-bersih rumah terus :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}