Inilah Alasan Orang Mudik Saat Hari Raya Idul Fitri

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, kesibukan untuk merayakannya sudah dipersiapkan oleh masyarakat sejak beberapa minggu sebelumnya. Acara mudik ke kampung halaman, kini sudah menjadi bagian tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Rela melakukan perjalanan yang terkadang menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk bertemu dan bersilaturahim dengan sanak saudara di kampung halaman. 

http://www.nurulfitri.com/2016/07/inilah-alasan-orang-mudik.html
Inilah Alasan Orang Mudik Saat Hari Raya Idul Fitri
Tujuan mereka mudik sebenarnya, untuk menyambung dan mempererat tali persaudaraan. Tidak hanya untuk mempererat tali persaudaraan, dengan melakukan mudik ke kampung halaman mereka juga berharap dapat melepas rindu pada suasana dan indahnya masa kecil. Selain itu, setelah berkumpul bersama handai tolan, melakukan libur dengan keluarga besar ke tempat wisata, bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. 

Seperti keluarga saya, yang mudik ke sebuah kota yang banyak memiliki tempat wisata. Hal ini dapat memudahkan kami, untuk memilih tempat wisata dalam rangka menikmati liburan Hari Raya Idul Fitri.

Misalnya saja, ketika liburan lebaran beberapa tahun yang lalu, saya beserta keluarga suami mengunjungi tepat wisata yang dekat dengan rumah mertua. Kami memilih berkunjung ke tempat yang luas, memiliki pemandangan yang asri dan menyediakan arena bermain anak, seperti Desa Pangjugjugan di Sumedang. Pergi bersama mertua, keluarga kakak dan nenek, ke tempat yang dikelilingi pepohonan yang hijau, sambil makan bersama di tempat wisata, dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi kami.

http://www.nurulfitri.com/2016/07/inilah-alasan-orang-mudik.html
Melihat kuda di Desa Pangjugjugan, Sumedang
http://www.nurulfitri.com/2016/07/inilah-alasan-orang-mudik.html
Vila yang disewakan di tempat wisata Desa Panjugjugan
Begitu pula ketika berlibur dengan orang tua saya, kami pun memilih tempat wisata yang terdekat dari rumah orang tua. Tahun lalu, kami berkunjung ke Alam Wisata Cimahi. Serupa ketika bepergian dengan mertua, untuk berwisata dengan orang tua saya, kami memilih tempat wisata yang asri, nyaman dan memiliki sarana bermain untuk anak. 
http://www.nurulfitri.com/2016/07/inilah-alasan-orang-mudik.html
Memberi makan rusa di Alam Wisata Cimahi
Ketika berwisata di Alam Wisata Cimahi, anak-anak bisa melihat rusa dari jarak dekat dan memberi makan anak-anak rusa tersebut. Kegiatan yang gak kalah menariknya yaitu menunggang kuda, melintasi jalanan yang terjal berliku dengan off road  menggunakan mobil ATV serta bergelantung ria dengan flying fox. Kegiatan bergantung di tali ini memiliki ketinggian yang menurut saya terlalu tinggi. Jadi, saya memilih gak ikut bergelantungan, deh! #curhat sang phobia ketinggian… halagh. 

http://www.nurulfitri.com/2016/07/inilah-alasan-orang-mudik.html
Arena Flying Fox di Alam Wisata Cimahi

Tidak heran, jika masyarakat rela melakukan perjalanan panjang, bermacet-macetan di jalan, hanya untuk bisa berkumpul dengan keluarga. Menikmati liburan bersama, dapat meninggalkan kesan yang tidak akan terlupakan.

Eh, ternyata, tidak hanya masyarakat luas yang mengikuti ritual mudik, para pemimpin negeri ini pun tidak ketinggalan menjalani tradisi mudik di saat lebaran. Ya, iyalah, mereka juga individu yang punya kampung halaman dan sanak saudara yang ingin mereka kunjungi, bukan?

Contohnya saja, orang nomor satu negeri kita beserta bapak wakil negara. Hari Raya Idul Fitri kali ini, beliau berdua juga pulang ke kampung halamannya masing-masing. Bahkan para pejabat tersebut juga mengadakan acara open house yang mengijinkan rumahnya untuk dikunjungi oleh siapa saja. 

Saya juga sempat membaca media online yang menceritakan mengenai Ahok Gubernur DKI di Okezone, yang menjalani liburan Hari Raya Idul Fitri di daerah asalnya, Belitung Timur.

Okezone News

Orang nomor satu di Ibu kota ini, pergi mudik pada hari pertama lebaran. Rencananya beliau akan berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah saudaranya di pulau penghasil timah tersebut. Dan menurut tulisan tentang Bapak Ahok Gubernur DKI di Okezone itu, beliau bersilaturahmi untuk mengunjungi saudara-saudaranya yang sebagian muslim dan tinggal di Belitung Timur.


Okezone News

Kebiasaan mudik yang dilakukan oleh masyarakat, sebaiknya tetap menjadi tradisi yang perlu dipertahankan. Mudik ke kampung halaman, selain dapat mempererat tali persaudaraan, perasaan bahagia dan terhindar dari stress setelah melakukan liburan, juga dapat meningkatkan produktivitas kerja.
(review post, refers to disclosure)

8 comments:

  1. Mudik itu sesuatu banget mba. Kemarin kami awalnya sudah bulat tahun ini ga mudik. Alasannya ortu agustus ini mau ke jkt juga. Eh pas udah mendekati hari H, semangat mudik tak terbendung. Dan akhirnya jadilah mudik dadakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudik dadakan, saking semangatnya ya mbak :)

      Delete
  2. Iya mudik ini sudah begitu membudaya hingga rela bermacet-macet ria..:) Jadi ingat kisah tragis di tol itu...ihiks...semoga tidak terulang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak semoga tahun depan bisa lebih aman dan nyaman melakukan perjalanan mudiknya

      Delete
  3. Aku alhamdulillah sellau mudik, mba. Menjalin tali silaturahmi dengan keluarga besar alhamdulillah selalu membawa semangat dan kebahagiaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mudik memang ngangenin ya mbak :)

      Delete
  4. Mudik sudah jadi keharusan banget, tapi mudik tahun ini luar biasa. Alhamdulillah ngga naik kendaraan darat. Saya juga kalo mudik juga pasti ke tempat wisata hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak...kalau udah ngumpul lebih asyik berwisata dengan keluarga ya..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}