Proses Pembuatan Rendang, Makanan Terlezat di Dunia

Nyaris tidak ada orang Indonesia yang tak pernah mendengar tentang masakan rendang. Masakan khas etnik Minangkabau dari Sumatera Barat ini, bahkan didapuk sebagai masakan paling lezat sedunia menurut CNN International. Ini tentunya suatu prestasi sendiri, karena tak sembarang masakan bisa mendapatkan status tersebut. Makanan yang begitu dicintai oleh begitu banyak orang dari seluruh dunia.
Gambar dari bukalapak
Namun apa sebenarnya rahasia yang membuat masakan daging ini menjadi begitu enak? Bahan-bahan yang menjadi pelengkap masakannya dan juga cara memasaknya adalah faktor utama yang membuatnya menjadi sangat enak. Ini ditambah dengan daging yang padat, santan yang melimpah, bumbu yang sangat beragam dengan jumlah yang banyak, serta penggunaan kuali tebal yang berada di atas tungku kayu. Semua itu membantu memberikan rasa yang khas pada masakan ini serta aromanya yang tajam.

Agar lebih mengetahui bagaimana caranya proses pembuatan rendang hingga menjadi masakan yang lezat, maka ada hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1.   Siapkan daging pilihan dan masak hingga empuk
Gunakan daging paha agar tak gampang hancur, lantaran masakan ini membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Rebus dulu sampai empuk atau baluri daging dengan nanas sehingga asamnya membuat daging lebih empuk. Selain dengan nanas, daging juga bisa lebih empuk dengan cara dibaluri dengan daun pepaya.
2.   Gunakan bumbu segar
Hindari bumbu yang instan dan pakai bumbu yang masih segar, dari cabai, rempah-rempah, bawang, dan kelapa.
3.   Pilih kelapa yang tepat untuk santan
Santan adalah komponen penting dalam memasak masakan ini, sehingga untuk memasaknya harus mencari kelapa yang tepat . Ambil dari kelapa yang sudah tua, sehingga menghasilkan santan kental. Parut kelapa dan peras untuk ambil santannya.
4.   Pergunakan kayu bakar
Untuk hasil yang lebih mantap, sebaiknya rendang dimasak dengan kayu bakar atau arang dari batok kelapa. Hasilnya lebih gurih dan aromanya lebih harum.
5.   Gunakan api sedang
Hindari menggunakan api yang besar, karena dapat menyebabkan bumbu jadi hangus. Cukup pakai api sedang saja. Selain itu, pakai kuali besi untuk menghasilkan daging yang lebih mantap. Masakan terasa lebih nikmat dibandingkan memasak menggunakan kuali dari alumunium.
6.   Aduk pelan-pelan tanpa berhenti
Daging biasanya dimasak sampai 4-6 jam. Karena itulah, selama memasak, kita harus mengaduknya pelan-pelan. Hal ini juga bisa membuat santan dan bumbu menyerap ke daging. Terus aduk perlahan agar santannya tidak pecah.

Untuk mendapatkan makanan terlezat di dunia ini, selain cara memasaknya yang tepat, ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan. Beberapa tips lain yang perlu diperhatikan ketika memasak daging yaitu:
  • Kalau dagingnya banyak, masak bumbu dan santan bersamaan. Namun jika daging hanya sedikit, masukkan santan terakhir.
  • Jika kita ingin daging yang basah, masak menggunakan api yang kecil. Tapi kalau menginginkan daging kering, pakai api sedang atau agak besar.
  • Cicipi daging 5 menit sebelum diangkat untuk tahu apa yang kurang. Tambah bumbu jika kurang mantap.

Jika memasak daging, perhatikan pula agar jangan melakukan kesalahan seperti ini:
  • Memasak langsung dengan api besar. Ini akan membuat teksturnya jadi kurang menarik dan bumbu tak menyerap sempurna.
  • Memotong daging dengan ukuran terlalu besar. Potong kecil-kecil saja agar cepat empuk dan bumbunya menyerap.
  • Kurang lama memasak. Waktu untuk membuat masakan ini butuh berjam-jam, tak bisa hanya 1-2 jam saja.

Itulah proses untuk membuat rendang dan juga cara yang terbaik dalam memasaknya. Hati-hati, jaga jangan sampai santan yang Anda masak tersebut pecah. Hal ini akan mempengaruhi rasanya dan juga membuat tekstur daging menjadi kurang mantap. Kalau Anda masih ragu-ragu, cukup masak dengan menggunakan api kecil sampai sedang, jangan sampai menggunakan api besar.


42 comments:

  1. Kupikir masak rendang lama. Ternyata nggak begitu lama, ya?

    ReplyDelete
  2. Rendang memang masakan paling enak sedunia

    ReplyDelete
  3. Lihat foto rendangnya jadi laper ... :'D

    ReplyDelete
  4. Ada resepnya juga. Bisa dipraktekin di rumah dong?

    ReplyDelete
  5. Aku pernah bikin, tapi gagal :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi Mbak Liza, mudah-mudahan bisa berhasil

      Delete
  6. Asisten rumah tanggaku jago banget bikin rendang mba :)
    Enak pula

    ReplyDelete
  7. Kayaknya mending beli jadi ya Mbak. Lama banget masaknya :) keburu laper hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...untuk yang lagi laper, memang mending langsung beli.

      Delete
  8. aduh..jadi laper bacanya... smar2 nyium aroma rendang...hi2

    ReplyDelete
  9. Makanan favoritku, rendang sama kalio. Kalo makan ini, udah satu mejikjer abis sendirian ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah,,,satu mejikjer..?? hihihi, emang enak banget ya..

      Delete
  10. sepertinya makanan yg enak itu yg apinya jgn langsung jreeeeng gede ya. mesti dgn api kecil dan itu artinya nungguinnya mesti sabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, kayaknya semua makanan enak, dimasaknya harus pake api yang kecil. Supaya matangnya merata.

      Delete
  11. AKu suka makan rendang tapi belum pernah bikin sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lianny kan pinter masak, sekali-kali buat rendang Mbak. Selingan buat kue he he he

      Delete
  12. aku suka rendang, suka makannya karena gak bisa masaknya hehe, untuk membuat rendang dibutuhkan proses lama, makanya itu jadi masakan terlezat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lebih sering beli Mbak. Kalau masak, lama soalnya he he he

      Delete
  13. Anakku sukanya yg nyemek/sdkt ada kuahnya klo aku yg kering hehe d bgi dua klo buat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, kalo yang nyemek, lebih banyak bumbunya ya...

      Delete
  14. Haduh, masak pake kayu bakar tuh bukan aku banget deh. Ga bakal sabar. Hahaha ...
    Udah lah cuuss aja ke warung nasi Padang. Slurp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kayu bakar harus siap kena asapnya ya.. he he he

      Delete
  15. Holla rendang!! salam sayang dari orang padang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..pasti Mbak Shona, lebih jago masaknya ya...

      Delete
  16. aduuuh pake kayu bakaaar..ribeet juga ya..pantesan aja rendang enak, proses pembuatannya lama gtu. Langsung cuss aja deh ke warung nasi Padang...huehehe

    ReplyDelete
  17. ini dia nih makanan favorit saya RENDANG apalagi klo yang masak bunda, yummyyy

    ReplyDelete
  18. aku kadang kalo dgingnya dikit, dibuat pake santan, ditambaha ma yang lain bukan daging aja, mungkin lebih mirip kliyo ya mba, hehehe

    ReplyDelete
  19. kebetulan yang pas, memang lagi mau bikin rendang :)

    ReplyDelete
  20. Jangankan rendang, masakan simple aja yg masaknya bentar aku mah gagap. Hehe. Jadi mending beli aja laah. Apalagi di Buka Lapak udah ada yg jual rendang juga yaa

    ReplyDelete
  21. Simpen ah!^^
    Selama ini masih suka minta buatin ibuk ahhahaa...
    gagal mulu :D asa kurang pas terus :D

    ReplyDelete
  22. kuliner satu ini emang tiada taranya sedunia.Tapi harus kuat iman deh makan rendang yg kaya kolestrol santan hehhe

    ReplyDelete
  23. Masak rendang sendiri sama beli rendang di restoran Padang, rasanya bisa beda mba hehe...

    ReplyDelete
  24. Ngebaca step by step karena kepengen nyoba buat sendiri sambil ngences. lalu di akhir kalimat berpikir untuk menuju Sari Bundo saja hihhi

    ReplyDelete
  25. Makan rendang langsung dari ranah minang enak bangett Mbk, aku 2 tahun puas makan rendang haha...

    ReplyDelete
  26. Hmmmmm, setelah membaca, kok prosesnya ribet dan cukup lama, akhirnya saya putusin beli aja di restoran padang, hahahahaha...

    Bayangin 4-6 jam untuk memasak rendang agar menghasilkan kualitas rendang yang mantap. Belum lagi kuali harus pakai yang besi.

    Nice sharing mba, selamat, mba udah bikin saya ngeces tak berkesudahan membaca tulisan ini, padahal saya bacanya pas puasa pertama di jam 2 pula 😢

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}