Trik Jitu Mendongkrak Pengunjung Blog

Trik Jitu Mendongkrak Pengunjung Blog merupakan salah satu materi yang pernah saya pelajari, ketika berguru dengan salah seorang senior di dunia blogging. Saya mendapatkan materi ini, bersama sekitar 30 orang teman secara online di media sosial facebook. 
http://www.nurulfitri.com/2017/03/trik-jitu-mendongkrak-pengunjung-blog.html

Kelas yang dinamakan Kelas Optimasi Sosial Media ini, sebenarnya sudah diadakan sekitar dua tahun lalu. Seriring waktu, materi kelas mulai tenggelam dengan grup-grup facebook baru yang saya ikuti. Materi yang penting pun mulai sulit untuk ditemukan karena banyaknya postingan terkini. Well, kayaknya sayang sekali kalau ilmu yang saya dapatkan hilang begitu saja. Oleh karena itu, lebih baik saya tuliskan saja di sini untuk memudahkan, bila saya ingin membacanya kembali. Syukur-syukur bisa berguna juga untuk orang lain.


Pemateri mengatakan, untuk mendongkrak pengunjung blog, blogger semestinya mempromosikan tulisan di dalam blognya.  Boleh dibilang promosi yang dilakukan, sama halnya dengan pedagang yang berjualan barang ataupun jasa. Salah satu cara berpromosi untuk mengundang banyak pengunjung, yaitu dengan cara menyebar link blog. Lalu, bagaimana caranya agar blog yang kita miliki mendapat ratusan hingga ribuan pembaca? Berikut ini cara booster pengunjung blog, yaitu :

1. Booster Melalui Media Sosial

Memiliki media sosial merupakan salah satu syarat tak tersurat, yang harus dimiliki seseorang yang ingin menekuni dunia blogging. Dengan media sosial, blogger bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk menyebar link artikel/blog. Kita bisa memanfaatkan facebook, twitter, G+ atau media lain untuk mempromosikan tulisan yang telah dibuat. 

Masing-masing media sosial ini memiliki kecenderungan yang berbeda. Setiap personal memiliki pilihan sendiri untuk menggunakan media sosial yang dimilikinya. Bagi yang lebih aktif menggunakan twitter, bisa lebih optimal jika menggunakan media tersebut untuk mem-booster postingan terbarunya. Begitu pula dengan media sosial lainnya.

http://www.nurulfitri.com/2017/03/trik-jitu-mendongkrak-pengunjung-blog.html

2. Bergabung dengan Komunitas

Saat ini, banyak sekali komunitas blogger. Jika berkenan, kita bisa saja bergabung di semua komunitas yang ada. Biasanya, di dalam sebuah komunitas memiliki aturan mainnya masing-masing. Di beberapa komunitas blogger, juga menyediakan fasilitas tertentu untuk membantu anggota komunitas mendongkrak pengunjung di blog mereka. 

Contohnya saja, Warung Blogger, KEB (Kumpulan Emak Blogger), atau BP (Blogger Perempuan) yang memberikan fasilitas untuk membantu meretwitt link blog yang sudah kita sebar melalui twitter. Dengan demikian, besar kemungkinan blog kita bisa dikunjungi orang lain, meskipun tidak termasuk follower kita. Sehingga dengan bantuan akun komunitas, maka link blog kita akan tersebar lebih luas. Apalagi jika caption yang disertakan bisa menarik perhatian.

3. Sharing di Komunitas Khusus

Dari sekian banyak komunitas blogger, ada beberapa diantaranya merupakan komunitas tematik/khusus. Di dalamnya beranggotakan orang-orang yang memiliki tujuan atau minat yang sama. Misalnya saja, menyebarkan link tentang cara membuat kue di komunitas pecinta makanan. Atau ketika kita menulis tentang wisata, bisa saja kita membagikan link di komunitas pecinta travelling.

4. Blogwalking

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh seorang blogger selain menulis , adalah melakukan blogwalking. Dengan berkunjung ke blog teman, maka kita bisa meninggalkan jejak dengan cara berkomentar di artikel yang ada. 

Pemberi materi yaitu Mbak Nunu, juga  memberikan tips melakukan blogwalking yang efektif. Beberapa tips yang diberikan yaitu :
  • Untuk mendongkrak pengunjung blog, disarankan untuk blogwalking ke blog yang banyak pengunjungnya. Jadi, bisa memunculkan peluang pengunjung blog tersebut akan mengunjungi balik.
  • Berkomentar yang sopan, namun bisa menarik perhatian orang lain. Mau berkomentar yang antimainstream juga boleh. Siapa tau, bisa menarik perhatian pengunjung blog lainnya untuk mampir ke blog kita. 😁
  • Jadi komentator pertama. Ketika ada teman yang baru mengupdate artikel di blognya, berusahalah sebagai pemberi komentar yang pertama. Sebagai komentator yang pertama, bisa mendapatkan peluang bagi blog kita untuk dikunjungi oleh komentator berikutnya.

5. Balik Berkunjung

Ketika blog kita dikunjungi, lebih baik kita berkunjung balik ke blog milik teman tersebut. Selain untuk meningkatkan intensitas dan kekuatan link yang kita tanam di blog kawan, kita juga bisa mempererat tali pertemanan. Apabila link yang kita tanam di blog kawan tersebut sering diklik (digunakan untuk mengunjungi blog), maka back link akan kuat. Jika kita jarang berkunjung balik, bisa saja link kita tidak akan sering diklik, bukan?

6. Bergabung Di Media Online

Selain blogwalking dan berkunjung balik ke blog kawan, kita juga bisa mendongkrak pengunjung blog dengan cara bergabung di media online. Contohnya saja vivalog yang menyediakan fasilitas booster bagi blogger yang tergabung di dalamnya. Cara bergabung dengan vivalog cukup mudah. Daftar menjadi anggotanya, kemudian kita kirim postingan blog. 

Setelah di setujui oleh admin vivalog, maka artikel kita pun akan tayang di media tersebut. Karena anggota atau follower viva news grup begitu banyak, maka postingan kita pun akan tersebar luas. Siap-siap deh, mendapat boom viewer. Saya sendiri sudah merasakan lonjakan pengunjung yang datang ketika artikel saya ditayangkan oleh vivalog. Lumayan banget, loh!

7. GiveAway

Menurut Mbak Nunu, ada boom viewer yang lebih dahsyat lagi, yaitu giveaway. Bolehlah sekali-kali mmebuat giveway di blog kita. Tujuan para blogger membuat giveway bukan karena mereka banyak uang dan ingin membagikan uangnya. Justru itu merupakan salah satu cara mereka mencari duit. Dengan giveaway, pembaca blog akan tetap stabil atau semakin meningkat. Selain itu, giveaway merupakan cara menambah backlink dari peserta yang mengikutinya.

Biasanya salah satu syarat mengikuti giveaway, adalah mencantumkan link. Nah, inilah alasan yang sebenarnya. Apalagi jika pesertanya banyak, dapat dipastikan viewer meningkat dan back link pun ikut bertambah. Apakah harus menyediakan hadiah yang mahal? Kalau bisa sih, yang menarik dan pantas untuk mengikat tali asih kepada pemenang. Syukur-syukur bisa menyediakan hadiah yang mahal atau uang tunai yang besar..hihihi...

Itulah beberapa trik jitu mendongkrak pengunjung blog yang saya dapatkan ketika mengikuti kelas online bersama Mbak Nunu El Fasa. Sebenarnya ada satu cara lagi yang diberikan oleh ibu berputri satu ini, yaitu free url service dan ping url service

Tapi karena saya tidak begitu menguasainya, maka lebih baik tidak saya tuliskan di sini. Oh iya...dari 7 cara yang diberikan, cara yang terakhir belum pernah saya lakukan. Enggak tau nih, belum pede aja hehehe...
Bagaimana dengan teman-teman? Sudah melakukan 7 trik tersebut untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog? Sharing, yuk!

104 comments:

  1. kadang saya lupa share di sosial media, hihi suka males . Tapi ini cara buat narik pengunjung sih mbak ya

    ReplyDelete
  2. Iyayaa...
    Aku newbie niih, teh Nurul.

    Dulu hobiii banget ikutan GA.
    Trus jadi kepikiran, iya juga yaa..dengan GA kan..minimal ada syarat, follow my sosmed.
    Jadi makin femes di kalangan blogger.

    Apalagi kalo GA nya unik.


    Nice tips, teh..
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaah! Teh Lendy newbie..?? Serius? Ah becanda ini mah hahaha...

      Delete
  3. Yess jadi komentator pertama di postingan ini hhahahaa..

    Daku sekarang jarang bw mbak huhuhuu.. Pengen buat giveaway malah takut nggak ada yang ikut -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..itu Mbak, gak pede ngadain GA itu, takut gak ada yang ikut hihihi

      Delete
  4. Saya sendiri belum pernah melakukan yg no 6. Bolehlah nanti dicoba gabung dg media online. Biar pengunjung blog makin bnyak. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mendongkrak trafiik loh, Mbak. Coba gabung dengan media online, deh!

      Delete
  5. Wah ini yang belum saya lakukan giveaway. Bisa nich dicoba bikin

    ReplyDelete
  6. Ada yang bilang salah satu trik lagi adalah nulis artikel yang sedang booming alias viral. Itu gimana, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel yang sedang viral memang pasti akan menarik pengunjung Dek Ayi. Bisa dicoba juga tuh...

      Delete
  7. apakah boost melalui media sosial tidak berdampak buruk bagi blog? dan kayanya giveaway paling bagus deh metodenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini, gak berdampak buruk kok. Soalnya yang diklik itu, link yang kita share di medsos

      Delete
  8. akhir akhir ini blog saya makin sepi, nah saya harus belajar bagaimana menaikkan trafik di blog saya lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dijalanin trik jitu yang saya uraikan, Mas. Semoga trafiknya naik :)

      Delete
  9. sama mba aku juga belum pernah nyobain bikin giveaway karna masih kurang pd hehe, mudah2an bisa segera terealisasi nih bikin giveaway..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa terealisasi ya, Mbak :) Sukses ya..

      Delete
  10. Wah tulisan yang menarik sekali untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Akan saya coba praktekan tips-tipsnya ini.. :)

    ReplyDelete
  11. Sepakat sama semua tips-tipsnya. Tapi harus diimbangi dengan kualitas tulisan yang bagus. Supaya bisa bikin pembaca yang pernah berkunjung bakal balik berkunjung lagi dan notice sama blog kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak Noni. Kalau tulisannya gak bagus, nanti malah mengecewakan ya...

      Delete
  12. Yup, buat yg doyannya blog pakai hati, ngga cuma ngandelin SEO on page, tips ini memang manjur. Thanks ya, Nurul.. ngingetin lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..yang senengnya curhat ya Mbak :)

      Delete
  13. wihii makasih mba Nurul.. ilmu banget ini. pengingat dan penyemangat baru... dan 7 tips mba nurul emang kerasa banget. Sayangnya sekarang saya belum bisa optimal lagi di blogwalking padahal memang mayan banget buat silaturahmi. Mudah2an nanti setelah kerepotan dengan 3 krucils menemukan ritme yang pas bisa kembali aktif blogwalking..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus Mbak Ira...! Nanti lama-lama bisa ketemu ritme yang pas, kok :)

      Delete
  14. aku udah praktekin dri dulu tp blm berhasil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin belum optimal, Ky...ayo semangat, coba terus..:)

      Delete
  15. Kebetulan sudah saya terapkan beberapa. Next time mau mencoba memberikan give away. Nunggu sponsor dulu ah. Siapa tahu ada yang mau ikutan ngasih heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih...Mas Dodon mau bikin GA, hadiahnya tiket wisata atau tiket makan ya..hihihi :)

      Delete
  16. Artikel yang informatif mba, makasih pencerahannya

    ReplyDelete
  17. Aku belum sempet bikin GA :(
    Pengen sih tapi khaatir gak sempet menilainya.
    Btw mungkin satu lagi kali ya, menulis dengan SEO. Hehehe dari duu penasaran sama SEO ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum mudeng sama SEO, Mbak. Masih harus terus belajar :)

      Delete
  18. Tipsnya mantep Mbak. Yg terakhir belum pernah hehehe. Gimana kabarnya Mbak. AKu masih teler 2 hari perjalanan. BAwaanny ngantuk dan baru terasa capeknya :) seneng banget bisa ketemuan kemarin ya, tapi waktunya ngobrol kuran :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, badan belum fit bener...
      Iya ya..waktunya terasa kurang. Belum sempet ngobrol-ngobrol banyak. Semoga lain waktu bisa ketemuan lagi ya... :)

      Delete
  19. Nomor 7 saya belum kesampaian, doain ya. Kira-kira kalo saya blog walking ke blog mba Nurul, pengunjung saya bakalan membludag nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas Hendra, coba buat GA, siapa tau, bisa menarik pengunjung lebih banyak.

      Delete
  20. Aku juga lagi berupaya nih mba buat menambah traffic blog

    ReplyDelete
  21. Makasih tips nya ya, saya belum pernah ngadain GA nih heheh

    ReplyDelete
  22. Yang belum nomer 7 mba saya masih penyuka ikutan GA-nya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih senang ikut GA daripada mengadakannya ya, Mbak :)

      Delete
  23. Waaa... Makasih tipsnya mbak nurul.. duh aku mesti belajar banyak nih, supaya naik terus da/pa nya hehe..salam kenal ya mbaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya...salam kenal juga :)

      Delete
  24. Emm... Gabung di vivalog ya, btw gak semua artikel bisa ditayangkan kan ya dek? Cuma kalau tembus oke tuh 😊
    Makasih ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beberapa kali ditayangkan, dan beberapa kali juga gak lolos, Kak :)

      Delete
  25. Bismillah semoga bisa konsol dan fokus mempraktekkan tips diatas dengan sebaik mungkin agar trafik blog meningkat.makasi ya mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita praktekan ilmu yang pernah kita dapatkan dulu, ya, Mbak. Masih ingat kan, ya? he he he

      Delete
  26. Yg belum aku lakuin yg kasih giveaway mba :D. Ide udh ada, tp eksekusinya nunda mulu :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..udah ada idenya? Ayuuk, segera buat GA-nya, Mbak :)

      Delete
  27. Kayaknya usaha saya untuk meningkatkan pengunjung kurang maksimal. Thanks sharing ilmunya ya :)

    ReplyDelete
  28. Makasih ibu atas infonya. Menarik sekali.

    Salam kenal. Yuk singgah ke kidalnarsis.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat. Salam kenal juga, nanti saya mampir ya...

      Delete
  29. Aku kadang maled bewe #lah hahaha

    ReplyDelete
  30. Saya sedang mencoba melakukannya, hehehe

    Makasih infonya

    ReplyDelete
  31. Sangat bermanfaat terutama untuk pemula seperti saya. Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Sepertinya tips Ini kudu dicoba, mengingat blog sya masih sangat baru dan masih sedikit pengunjung.

    ReplyDelete
  33. Saya yang masih newbie harus banyak belajar lagi nih. Untuk trik yang terakhir itu saya belum mampu, pembaca kek gitu yang kasih hadiah. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...saya juga mau, kalo ada pembaca yang ngasih hadiah ^_^

      Delete
  34. Thanks tipsnya Nurul :) bermanfaat banget buat saya yang newbie ;)

    ReplyDelete
  35. Makasi tios nya mbak, salam kenal 😊
    Pengen praktek pke giveaway,ntpi takut nggak ad yg ikutan 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga maju mundur buat GA, takut gak ada yang ikutan hahaha

      Delete
  36. Wah ada tips jitu nih untuk dongkrak pengunjung blog dengan cepat. Ijin coba ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mencoba. semoga bermanfaat. Pak Indra :)

      Delete
  37. Makasih tipsnya say baru praktek no.1 sama gabung dI komunitas blogger

    ReplyDelete
  38. Udah lama banget nich, enggak ikutan Giveaway yang diadakan sahabat blogger

    ReplyDelete
  39. Boleh di coba banget nih. Makasih infonya ya Mak. :)

    www.fennysugih.com

    ReplyDelete
  40. Trik diatas memang ampuh, beberapa tipsnya udah aku lakukan.. Thank..
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..pasti pengunjung blognya Mas Andi sudah banyak ya...

      Delete
  41. Saya lagi mereka yakin tips nomor 4 nih hehehe...

    ReplyDelete
  42. Halo mbak Nurul, salam kenal. Saya newbie mbak ^^; baru akhir akhir ini mau serius ngeblog. Terima kasih mbak tipsnya. Saya belum ngelakuin tips no 3,6 dan 7. Hehe^^v harus lebih banyak belajar lagi nih.

    ReplyDelete
  43. Waini. Buat saya yg masih baru, naikin traffic ini susah banget. Hehe. Terima kasih banyak mbak infonya... :)

    ReplyDelete
  44. Terima kasih mbak nurul tips tipsnya, lagi belajar blogging lagi nih mbak, pengunjungnya belum banyak juga,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo..semangat Mbak.. rajin berkunjung bisa menaikkan pengunjung, loh!

      Delete
  45. Assalamualaikum Mbak Nurul, sharingnya sangat bermanfaat untuk saya secara pribadi, sebagai orang yang sedang terus belajar blogging..

    Makasih banyak untuk ilmunya yang berharga ini.

    Oh iya, mbak Nurul, saya penasaran banget sama penjelasannya tentang orang yang mengadakan give away sebenarnya ingin banyak trafic kunjungan agar mendapatkan penghasilan, bagaimana caranya agar saya juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog pribadi yang dibuat nebeng ke wordpress.com?

    Mohon masukan dan pencerahannya.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan mengadakan Give Away, biasanya peserta akan berkunjung ke blog kita. Jadi traficnya bisa naik. Jika trafic naik, akan berpengaruh pada nilai DA (Domain Authority). Nah, biasanya blog dengan DA tinggi akan mendapat tawaran kerjasama dari pihak luar. Selain tawaran kerja sama, blog yang ramai pengunjung juga bisa dipasang iklan, Mas Rizqi...

      Delete
  46. dari semuanya, saya cuman andelin blogwalking aja soalnya saya sudah jarang banget main media sosial. yah walaupun tidak naik drastis setidaknya bisa menarik pengunjung blog sudah seneng banget. satu lagi nih mbak yang harus diingat, selalu membalas komentar blog yah masuk, itu bisa menjadi relasi yang baik antara pemilik blog dan penujung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas...berinteraksi dengan pengunjung blog ya.. :)

      Delete
  47. Untuk masalah BW balik, aku selalu mengusahakannya pas lagi selo, Mbak. Ya bertahap lah. Jadi, kalau misalnya lama BW baliknya ya, maaf.

    ReplyDelete
  48. Saya dulu banget sering bikin GA. Iyah, blog jadi rame. Kalau masalah hadiah mahal, gak juga sih...cari yg murah bermanfaat di priceza.co.id. Tapi masa itu berlalu, udah jarang banget bikin GA. Sekalinya bikin bulan lalu, eh sepi banget. Gak kayak dulu. Mungkin semya ada masanya yaaa

    ReplyDelete
  49. Tipsnya bermanfaat banget nih, aku baru nyoba blogwalking aja. Booster dengan medsos masih belum pede. Apalagi sampe GA, beneran makin ciut Dengan kondisi blog yang masih acak adut. Salam kenal mbak Nurul

    ReplyDelete
  50. Giveaway yah ? Cara ini belum saya coba nih. Boleh dicoba :)

    ReplyDelete
  51. Sudah melakukan semua... Tapi yg terakhir belum. Hanya sebatas medsos aja giveawaynya ;)

    ReplyDelete
  52. Sudah melakukan semua... Tapi yg terakhir belum. Hanya sebatas medsos aja giveawaynya ;)

    ReplyDelete
  53. terima kasih mbak atas ilmunya... dapat pelajaran lebih banyak...

    ReplyDelete
  54. Yang vivalog kayaknya riskan buat blog diadsense karena frame in frame, itu kata mastah blog monetisasi adsense sih

    ReplyDelete
  55. Giveaway + promote di sosmed sudah bagus banget. Tapi yah kita kan nggak bisa bikin giveaway tiap hari :") Selain vivalog ada media mana lagi ya mba? Aku coba Kompasiana tapi sepertinya nggak seberapa menarik traffic meski jadi tulisan pilihan.

    ReplyDelete
  56. Patut segera dicoba ne.,thanks informasinya ya mbak!

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}