7 Manfaat Bergabung dalam Komunitas Bagi Blogger

Hari Selasa tanggal 27 Oktober kemarin diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Sebagai bagian dari orang-orang yang senang nulis di blog, adanya peringatan hari blogger merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya. Dalam rangka meramaikan hari peringatan tersebut, beberapa teman pun mengunggah kegiatan mereka yang berhubungan dengan aktivitas ngeblog di media sosial masing-masing. 

7-manfaat-bergabung-dalam-komunitas-bagi-blogger

Selama ini, aktivitas saya menulis di blog tidak lepas dari interaksi dengan teman-teman sesama blogger di komunitas.  Bagi saya, bergabung dalam komunitas blogger itu penting sekali, karena di dalam komunitas saya bisa mendapatkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa saya dapatkan ketika bergabung dalam komunitas blogger, diantaranya:

1. Sumber Ilmu dan Wawasan

Blogger-blogger yang tergabung dalam satu komunitas pastinya memiliki wawasan yang berbeda-beda. Selama berinteraksi di dalam komunitas, para anggotanya tidak sungkan berbagi pengalaman selama menekuni dunia ngeblog. Sehingga ilmu tentang blogging bertebaran setiap saat di dalam grup  komunitas. 

Tidak hanya pengetahuan tentang ngeblog, beberapa blogger juga ada yang mempunyai pengalaman menulis buku, mengabdikan dirinya sebagai pembicara materi pengasuhan anak atau pemerhati lingkungan hidup. Semua pengalaman mereka tentunya bisa menambah wawasan untuk anggota komunitas lainnya, bukan?

2. Memperluas jaringan dan menambah pertemanan

Salah satu manfaat bergabung dalam komunitas yang paling saya sukai yaitu bisa menambah banyak kawan. Senang sekali, meski banyak beraktivitas di rumah, tapi saya bisa punya banyak teman dari banyak penjuru daerah, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

3. Komunitas sebagai sumber ide dan inspirasi menulis

Berawal dari obrolan di dalam grup atau diskusi yang sering dilakukan anggota komunitas, bisa dijadikan sumber ide untuk sebuah tulisan. Atau ketika ada program blogwalking, kita bisa mendapatkan sumber ide menulis setelah membaca beberapa tulisan dari blogger lainnya.

4. Media promosi blog dan branding 

Saat berinteraksi dengan anggota komunitas lainnya, secara tidak langsung kita juga memperkenalkan diri sendiri beserta blog kita. Semakin kita aktif berinteraksi dengan anggota lainnya maka lambat laun nama kita akan dikenal. Dan hal ini suatu hal yang berharga untuk alat personal branding.

5. Membangkitkan motivasi ngeblog

Tidak dipungkiri terkadang ada rasa malas menyelinap ketika hendak menulis di blog. Ada saja alasan dan kendala yang dijadikan alasan untuk tidak jadi mengisi blog (eh, pengalaman saya banget, nih!) :D. Dengan bergabung dalam komunitas yang anggotanya selalu rajin mengisi blog, biasanya bisa memacu semangat ketika ada yang selalu rajin setor postingan terbaru di blognya dan ketika ada yang berprestasi memenangkan lomba blog.

6. Tempat memecahkan masalah

Ngeblog itu tidak sekedar menulis saja. Banyak printilan yang mesti diperhatikan agar blog bisa selalu sehat dan disukai oleh pembaca serta klien yang ingin mengajak bekerja sama. 

Bagaimana caranya mendatangkan banyak trafik pengunjung? Bagaimana mendesain blog agar nyaman dilihat dan makin menarik? Dan masih banyak masalah seputar blog lainnya. Nah, dengan bergabung dalam satu komunitas, kita bisa menanyakan semua masalah tersebut. Biasanya banyak teman-teman yang senang hati membantu memberikan solusi terhadap masalah yang ditanyakan.

7. Peluang mendapatkan job

Beberapa blogger memiliki hubungan yang dekat dengan brand, klien atau advertiser. Nah di saat klien ingin mengajak bekerja sama, akan dilihat blogger mana yang memiliki jaringan kuat dan visitor blog yang tinggi. Biasanya klien meminta blogger yang sudah pernah bekerja sama untuk mencarikan teman blogger lainnya bergabung dalam proyek mereka. 

7-manfaat-bergabung-dalam-komunitas-bagi-blogger

 

Nah, dari ketujuh manfaat bergabung dalam komunitas, poin terakhir tentunya paling ditunggu-tunggu, bukan? Hehehe. Lalu bagaimana dengan teman-teman? Apakah ada yang ingin ditambahkan mengenai manfaat berkomunitas? Sharing, yuuk!

Komunitas Warung Blogger

Berbicara tentang komunitas, saya ingat betul pertama kali bergabung dalam sebuah grup blogger. Dahulu di awal ngeblog, saya memerlukan teman untuk saling bertukar pikiran mengenai printilan yang melengkapi sebuah blog. Seingat saya, komunitas pertama yang saya ikuti di media sosial facebook adalah Warung Blogger.

Saat ini sebagian besar komunitas blogger tempat saya bergabung, beranggotakan perempuan. Namun Warung Blogger beranggotakan pria dan wanita dari segala rentang umur serta berbagai kalangan. Anggotanya heterogen. Menurut pendapat saya komunitas blogger yang satu ini, berbeda dengan kelompok penulis blog lainnya. Ya iyalah berbeda, karena di sana semua perbincangan tidak hanya melibatkan kaum perempuan saja. Mengerti, kan, maksud saya? ^~^

Di grup Warung Blogger saya banyak belajar tentang dunia blog. Banyak ilmu yang bisa didapatkan dari blogger yang lebih senior di sana dan tidak pelit berbagi pengalaman. Saya masih ingat, ada Pakde Kholik, Om NH, Mas Lozz, Mas Belalang Cerewet, Mbak Susi, duo kembar Teh Eva dan Evi serta masih banyak lagi yang lainnya. Sayangnya, beberapa di antaranya kini sudah tidak aktif lagi di dunia ngeblog. :(

Setelah bergabung di facebook Warung Blogger, saya pun ikut juga bergabung dalam grup WhatsApp-nya yang diberi nama Pojok Warung Blogger. Bagaimana keadaan di sana?

Seru, asyik dan gokil, itu yang saya rasakan ketika membaca obrolan di dalam grup WA tersebut. Apalagi kalau Kak Ucha, Kak Yos dan Mas Wanda saling bercanda, sampai ngakak bacanya. Dan seperti kaum pria kebanyakan, meski sepedas apapun mereka melontarkan banyolan, tidak ada yang merasa tersingggung. Setidaknya itu yang saya tangkap di dalam grup WA PWB. Entah kalau mereka kopdar, hahaha ...
Bagaimana dengan kaum perempuannya? Hampir sama, semua bisa ngobrol dengan santai. Dari mulai curhatan ala emak-emak sampai ungkapan hati yang masih melajang, campur jadi satu. 

Oh iya, WAG Pojok WB ini ada jadwal hariannya, loh! Hari Senin, kami anggotanya diwajibkan Berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hari Selasa dan Jumat adalah hari untuk berbagi list postingan untuk kegiatan blogwalking. Di Hari Rabu, kami bebas ngobrol tentang film dan buku. Sedangkan Hari Kamis, kami diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris.
Bagaimana dengan Hari Sabtu dan Minggu? Kedua hari tersebut digunakan untuk ngobrol santai, bahkan untuk curhat juga boleh, hihihi

Sudah sekitar 6 minggu belakangan, di Pojok WB diadakan One Week One Post. Dan di minggu ini merupakan OWOP dengan tema Pojok WB.

Okey ... itulah cerita saya tentang salah satu komunitas blogger yang saya ikuti untuk belajar lebih banyak lagi tentang blog. Bagaimana dengan keseruan teman-teman saat bergabung dalam komunitas blogger? Pastinya gak kalah seru, ya!

                Salam takzim

Post a comment

41 Comments

  1. Seruuu banget memang ya ber-Komunitas blogging itu.
    AKu juga ngerasakan banyak bgt faedahnya.
    Yg jelas, interaksi sesama blogger jadi sumber konten banget haghaghag

    ReplyDelete
  2. Bener banget, pas jadi blogger dan gabung ke komunitas banyak ilmu yg aku dapet

    ReplyDelete
  3. Memang bermanfaat sekali mb ikut komunitas blogger ini. Komunitas blogger pertama yg saya ikutan itu blogger anging mammiri makassar karena kebetulan ikut suami dinas disana. Dari komunitas ini saya jd banyak teman di makassar 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, saya jadi tahu banyak tentang dunia blogging juga karena ikut komunitas lho...jadi banyak kenal dengan sesama blogger juga. Seru jadinya..

      Delete
  4. alhamdulillah dengan bergabung komunitas blogger banyak manfaat dan berkah yang didapat, networking, ilmu juga, trus bisa aktualisasi diri

    ReplyDelete
  5. Waah, seneng banget berkomunitas tuh , bener banget teh banyak manfaatnya khusus aku sebagai Blogger.
    Apalagi Warung Blogger, komunitas pertama dan jadi admin di sana , seru banget.
    Semoga saja selalu terjalin silaturahminya yaa, meski up n down ngeblognya .

    ReplyDelete
  6. Tergabung dengan komunitas blogger memang banyak sekali manfaatnya. Selain menambah teman, tentu kita tambah ilmu ngeblog, wawasan secara umum dll. Ada juga job2 yang menarik. Bahkan dari ngeblog pertemanan bisa makin akrba satu sama lain dan itu menyenangkan sekali :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak, saya udah kenal blog dari duluuuu banget. tapi, gabung di komunitas baru akhir2 ini dan kerasa banget motivasinya lebih gedeee...selain tambahan ilmu tentunya.

    ReplyDelete
  8. Saya suka kangen dengan suasana WB beberapa tahun silam. Suka saling ngobrol di group. Banyak yang bikin giveaway kecil-kecilan biar makin semangat menulis. Seru aja gitu rasanya

    ReplyDelete
  9. Manfaat komunitas dalam tulisan ini benar banget, Saya juga merasakannya.
    Saya pernah nongkrong di grup FB WB juga ... tahun berapa ya ... sudah lama. Waktu Pakde Cholik dan Mas Lozz masih aktif2nya ngeblog. Eh sekarang ada kegiatan ya di sana? Lama gak mampir lagi di grup FB.

    ReplyDelete
  10. Bener banget Mbk, untuk yang dagang komunitas bisa menjadi media untuk promosi, memperbanyak link, dan memnajangkan silaturahim. Nggak ada ruginya kalau kita aktif di komunitas ya mb. Apalagi komunitas blogger.

    ReplyDelete
  11. emang benar mbak, sbg blogger bergabung dgn komunitas itu banyak manfaatknya ....sarana belajar dan networking

    ReplyDelete
  12. Banyak hal yang bisa diambil dari bergabung di komunitas ya, selain silaturahmi. Kita juga bisa saling berbagi & belajar bersama

    ReplyDelete
  13. Memang seru ya tergabung dalam komunitas, dapat ilmu baru, job, sampai teman baru.
    Jd keinget pesan bahwa seseorang gak bisa sukses sendirian, tapi kalau bersama2 pasti bisa, salah satunya soal blogging, saling support kyk bewe2an dll itu jg salah satu caranya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah aku merasa bersyukur banget bergabung ke komunitas. Jadi banyak berkah dan teman :)

    ReplyDelete
  15. Iya banget deh, komunitas ini banyak berandil besar ya bagi kita. Kalo aku, pertama kali masuk komunitas itu ya di KEB. Aku yang asalnya malu2, dengan masuk komunitas jadi pede. Dan setuju banget dengan 7 manfaat bergabung dalam komunitas yang disebutkan Teh Nurul.

    ReplyDelete
  16. Gabung komunitas tuh memang mantep ya, aku sendiri ngerasain banyak sekali manfaat gabung komunitas.

    ReplyDelete
  17. Kominitasmemang selalu banyak membantu kita untuk yerus maju dan mengembangkan diri ya mba

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi pengin gabung di WAG Pojok WB, seru juga tema hariannya. Gak kebayang kalau pas hari Kamis, aku pasti melempem karena bingung mau ngomong apa, kekeke. KOmunitas Blogger memang banyak manfaatnya. Saya bertumbuh hingga hari ini juga karena komunitas.

    ReplyDelete
  19. Aihh jadi ingat nih saya sama Warung Blogger. Grup fbnya tuh gak pernah sepi. Jadi ingat tiap pagi selalu bw, baca-baca postingan Pakde Cholik yang kolom komennya ramainya udah macam WAG wkwkwk. Kangen giveaway ala ala kita zaman dulu. BTW, saya sepertinya belum gabung nih di WAGnya Warung Blogger~

    ReplyDelete
  20. Aku pertama kali kenal sama komunitas selain Blogger Bandung lalu Warung Blogger.
    MashaAllah~
    Kompak selalu...bermanfaat selalu.
    Laaff~

    ReplyDelete
  21. Yang paling kerasa tuh emang jadi semangat banget dalam ngeblog mba kalau bareng teman-teman komunitas. Kalau sendirian tuh banyak magernya deh.

    ReplyDelete
  22. Duh aku sudah merasakan banget nih gabung di beberapa komunitas..Ya ada sih yang kadang ngisruh..tapi lebih banyak senengnya...

    ReplyDelete
  23. Betul,saya juga merasakan dampak positif berkomunitas. Selain memperluas relasi dan jaringan pertemanan, berkomunitas juga menambah ilmu dan peluang. Btw asyik tuh programnya. Jadi menambah semangat ngeblog. Masih menerima pendaftaran member baru tidak? Hihi...

    ReplyDelete
  24. memecahkan masalah, ini salah satu yang paling mantab. nanya apa aja apalagi masalah blog pasti ada jawabnya hehehe

    ReplyDelete
  25. Berkomunitas itu memang seseru itu ta Mbak. Kita jadi punya banyak teman dari berbagai penjuru daerah. Banyak ide juga jadinya. Keren.

    ReplyDelete
  26. Bergabung di komunitas blogger memang banyak manfaatnya. Kita bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu seputar blogging. Dari sini kemampuan menulis terus diasah ya.

    ReplyDelete
  27. Setuju banget nih Mbak, selama bergabung di komunitas blogger jaringan pertemanan semakin luas dan banyak dan mereka pun kadang memberikan ide2 yang menarik saat saya lagi butuh ide

    ReplyDelete
  28. banyak ya mbak manfaat ngeblog. Yang paling saya rasakan manfaatnya adalah memperluas jaringan pertemanan karena saya termasuk orang yang kurang bisa komunikasi jika harus bertemu banyak orang secara langsung. Terus gimana caranya gabung dengan Pojok WB di WA mbak?

    ReplyDelete
  29. Tujuh-tujuhny bener semua. Komunitas itu saling tolong-menolong dan berkolaborasi. Paling seneng siiih, kalo dapet job dari komunitas. Hehe...

    ReplyDelete
  30. Sepakat, dengan bergabung di komunitas blogger maka Semangat kita Ngeblog juga semakin bertambah dan meningkat juga.

    ReplyDelete
  31. Wah warung blogger saya cuma ikut di facebook aja, ternyata ada whatsapp groupnya juga ya...

    ReplyDelete
  32. Setuju banget kak, gabung di komunitas lebih banyak manfaatnya daripada mandiri, info² terbaru seputar blogging cepat dapatnya

    ReplyDelete
  33. Sejak bergabung komunitas Blogger, saya mendapatkan banyak masukan dan motivasi buat blogging, gak rugi banget aplg kalau teman2 Blogger suka sharing ilmu

    ReplyDelete
  34. hai kak... kita satu grup WAG nih. Pojok WB memang memberikan banyak manfaat dan ilmu baru, manambah pertemanan juga sih... seru

    ReplyDelete
  35. Saat ini semakin banyak ya komunitas blogger di Indonesia. tanda semakin bertumbuhnya dunia blogging. Banyak positifnya jika kita tergabung dalam komunitas. Untuk saling berkembang.

    Btw selamat hari blogger nasonal kak.

    ReplyDelete
  36. Merasa bersyukur sekali bisa gabung di
    berbagai komunitas blogger. Manfaatnya memang banyak sekali, tentunya dengan bertemu teman-teman sepassion dalam grup bisa bikin aktivitas blogging jadi menyenangkan.

    ReplyDelete
  37. Banyak dampak positifnya ya memang berkomunitas, selain punya banyak teman, juga bisa nambah ilmu pengetahuan biar bisa sama-sama berkembang

    ReplyDelete
  38. setuju mba nurul, saya baru bergabung dengan komunitas blogger kurang lebih satu tahun, dengan berkomunitas itu banyak manfaatnya, teman baru, ilmu baru dan bikin semangat nulis

    ReplyDelete
  39. Memang agar nggak seru sendirian dan lebih cepat belajar pd apa yg kita sukai, sebaiknya bergabung dg komunitas yg bs membuat kita berkembang juga ya. Terus tentunya jd menambah kenalan baru :)

    ReplyDelete
  40. setuju bgt mbak...
    buat ey komunitas blogger itu berperan penting bagi kesuksesan ngeblog selama ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^