Sunday, 9 February 2020

Kiat Agar Produktif Menulis di Blog

Bismillah ...
Akhirnya saya ucapkan alhamdulillah karena bisa buka dan menulis di blog ini lagi. Setelah sejenak melipir dari kegiatan ngeblog untuk menyelesaikan pekerjaan offline. Sebelum mengambil kesempatan yang ditawarkan seorang teman untuk mengedit naskah dua buah buku, saya sebenarnya sudah mempertimbangkan baik-baik. Kalau saya ambil kesempatan jadi editor, berarti saya rehat ngeblog. Fokus edit naskah. Saya pikir gak akan memakan waktu yang lama.

Perkiraan saya salah! 😂😂 Tulisan para mahasiswa yang saya koreksi jauh dari dugaan. Saya kira akan lebih mudah mengoreksinya. Faktanya saya tidak hanya mengoreksi tanda baca atau penggunaan kata yang baku, tetapi juga harus mengoreksi susunan kalimat perkalimat. Ternyata butuh waktu lama huhuhu...!
kiat agar produktif menulis di blog

Setelah rehat sekian lama, saya mulai agak kaku lagi, deh! Bingung mau nulis apa? Akhirnya baca-baca lagi buku yang berhubungan dengan narablog. Di bagian agak akhir saya menemukan materi yang sangat saya butuhkan, yaitu mengenai cara supaya tetap produktif menulis di blog. Dengan membaca materi tersebut, saya yang sudah lama hiatus jadi semangat lagi untuk mulai menulis.

Nah, materi tentang cara produktif menulis di blog akan saya tuliskan juga di sini. Supaya jika suatu saat nanti, saya lagi butuh pemicu semangat, bisa membacanya di sini. Dan mudah-mudahan tulisan ini juga bisa bermanfaat untuk pembaca blog ini, tentunya.

So ... pada dasarnya tidak sulit untuk bisa produktif menulis. Ada 3 kiat agar kita bisa selalu produktif menulis (tidak hanya sebatas di blog tetapi untuk semua kegiatan menulis).

Punya Banyak Ide

Bahan utama sebuah tulisan adalah ide. Tidak ada ide tentu kita tidak akan bisa menulis, bukan? So, perlu kiat-kiat untuk selalu bisa memiliki ide, yaitu:

Membaca buku di waktu senggang
Seorang penulis atau narablog perlu sering membaca agar bisa produktif menulis. Karena membaca adalah satu kegiatan yang bisa menjadikan kita banyak ide. Semakin banyak bacaan kita yang berkualitas, maka semakin banyak juga pengetahuan yang kita dapatkan. Dengan ide dan pengetahuan tersebut, kita bisa semakin kreatif, termasuk kreatif dalam menulis.

Membaca blog lain yang relevan
Ada bagusnya juga kalau kita selalu membaca blog/website lain yang topiknya berkaitan dengan blog kita. Melalui blog yang memiliki tema sama dengan blog kita bisa mendatangkan ide dan pengetahuan baru. Ide dan pengetahuan tersebut sangat mendukung kita untuk menulis di blog.


Mencari tahu kebutuhan dan masalah yang dihadapi target pembaca blog
Kita juga bisa mendapatkan ide menulis dari masalah yang dihadapi oleh pembaca blog kita. Contohnya ketika saya menulis tentang cara belajar anak dengan tipe kinestetik, di kolom komentar ada pembaca yang menanyakan cara belajar anaknya yang memiliki tipe auditori atau tipe visual. Nah, berdasarkan kebutuhan pembaca tersebut, kita bisa menuliskan artikel tentang cara belajar anak dengan tipe visual atau auditori.

Dengan cara begitu, sudah pasti tulisan kita akan menjadi solusi dan sangat bermanfaat bagi pembaca.
Ada Bahan Tulisan

Selain harus memiliki ide, agar kita produktif menulis di blog yaitu kita juga harus punya bahan tulisan. Berbeda dengan ide, bahan tulisan adalah sesuatu yang jauh lebih detail. Bahan tulisan tersebut juga dapat diartikan sebagai informasi yang akan kita bagikan dalam tulisan. Jika ide itu sifatnya umum dan luas, maka bahan tulisan sifatnya lebih spesifik dan detail.

Di Buku Blog Gratis dan Praktis Omzet Fantastis memberi contoh ide yaitu mengenai cara menghasilkan passive income dari rumah.  Sedangkan bahan tulisannya merupakan informasi apa saja yang akan kita sampaikan berkaitan dengan ide tadi. Contoh bahan tulisan dari ide cara menghasilkan passive income dari rumah yaitu :
  • Mengapa perlu menghasilkan passive income dari rumah?
  • Profesi apa saja yang bisa dijalankan agar bisa menghasilkan passive income dari rumah?
  • Pengalaman kita dalam mencapai passive income dari rumah
Jadi, bisa dikatakan bahan tulisan bisa berupa sub topik yang akan kita bahas di dalam tulisan. Dengan memiliki ide beserta bahan tulisan, tentunya akan mempermudah kita untuk menulis sebuah artikel, bukan?
Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki bahan tulisan?
Banyak hal yang bisa menjadi sumber bahan tulisan, seperti pengalaman pribadi. Sebenarnya bahan tulisan yang paling kuat dan ampuh itu berdasarkan pengalaman pribadi.
Selain berasal dari pengalaman, bahan tulisan juga berasal dari buku bacaan kita, materi seminar, topik diskusi dan dari berbagai sumber belajar lainnya.

Lancar Menulis

Produktif menulis memiliki arti kita mampu menghasilkan banyak tulisan dalam waktu relatif singkat. Meskipun kita bisa menghasilkan 10 artikel tetapi dalam jangka 15 tahun misalnya, bisa dibilang kita tidak produktif. Berbeda jika kita bisa menghasilkan 5 artikel dalam satu minggu, bisa dikatakan sebagai penulis yang produktif.
Supaya bisa produktif menulis, kita perlu mengembangkan kemampuan menulis dengan lancar. Kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan menghasilkan tulisan dengan lancar, tanpa hambatan dalam jangka waktu yang singkat. Ketika kita punya kemampuan tersebut, berarti kita bisa menulis dengan mudah dan cepat. Tidak perlu menunggu berhari-hari atau berbulan-bulan untuk menyelesaikan sebuah tulisan.
Sayangnya kemampuan menulis seperti itu hanya bisa didapatkan dengan cara berlatih. Sering latihan menulis. Semakin sering berlatih, semakin tinggi kemampuan kita untuk menulis, semakin tinggi juga kemampuan kita untuk lancar dalam menulis.
kiat agar produktif menulis di blog
Itulah beberapa kiat untuk bisa tetap produktif menulis di blog yang saya baca dalam buku Blog Gratis dan Praktis Omzet Fantastis. Semua kiat tersebut tetap tergantung dari niat masing-masing individu. Jika memiliki ide, mempunyai bahan tulisan tetapi tidak langsung dieksekusi alias dibiarkan hanya di dalam pikiran saja, tentu tidak bisa menjadi sebuah tulisan.
Bagaimana dengan teman-teman, sudah cukup produktifkah kegiatan menulisnya selama ini? Adakah tips atau kiat lainnya untuk melengkapi kiat-kiat yang sudah saya sampaikan? Sharing, yuuk!
                 Salam takzim

42 comments:

  1. Wah untuk dapat menjadi produktif dalam menulis di blog memang saya rasa susah-susah gampang loh mba. Saat muncul ide, kadang idenya terlalu banyak sehingga kewalahan untuk menulisnya. Giliran sedang sempat menulis,,,,malahan idenya hilang. Kendalanya,,,walaupun saat menemukan ide hanya ditulis kata kuncinya,,,giliran mau menulis sudah kurang selera.

    ReplyDelete
  2. Siap praktekkan, Mbaaaa
    Baca buku ini pentiiingg bgt. Supaya "teko pikiran" kita ada isinya yaa

    ReplyDelete
  3. setuju banget - termasuk blog walking ini kan juga sarana melatih jari jemari dan otak berlatih, jadi terbiasa baca dan mikir cepat, sekaligus mikirin balasan komentar yaaa Nurul

    begitu juga dengan gambar, aku biasakan SETIAP HARI harus menghasilkan karya, karena alah bisa karena biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. dibiasakan. niat ajah gak cukup kalau gak ada realisasi. kudu ada waktu yg tetap agar terbiasa isi blog. jd agendakan rutin gitu

      Delete
  4. Penting bnagte buat aku ih, lagi kendor semangat buat nulis blog, ma kasih sharingnya ya Mba

    ReplyDelete
  5. JAdi ingat bahwa mau membaca buku ah. Dan menurutku emang bener kalau dengan membaca buku, kita semakin produktif untuk menulis di blog ya )

    ReplyDelete
  6. Selamat ya udah jadi editor sekarang. Aku belum seproduktif itu sih, nulis artikelnya. Paling 2 artikel aja seminggu.

    ReplyDelete
  7. Pantesan lama menghilang ternyata lagi fokus ngedit Mbak Nurul..
    Tips yang jitu memang, maka saya usahakan selalu BW setiap hari untuk mendapat referensi dari blog yang relevan
    dan tips tambahan, enggak lama-lama rehat. Karena bikin mager tingkat tinggi saat kita kembali hihihi

    ReplyDelete
  8. Iya mbak bener banget, aku pernah tuh rehat sejenak nulis blog karena ada project ghostwriter buku dan ebook, ngak lama sih sekitar dua bulan lebih, pas mau nulis di blog lagi jadi blank, 300 kata aja lama banget nulisnya...memang harus produktif yah ala bisa karena biasa.

    ReplyDelete
  9. Aku nih padahal banyak banget yang pengen di tulis tapi kadang kalau pas di rumah sudah mager duluan. Makanya lebih senang kalau ke kopisyop gitu, kayak sekarang ini aku pas banget lagi di kopisyop.

    ReplyDelete
  10. Kata2 imam gazali ini sering jadi motivasi aku kalo lagi mager berat menulis. Mencari ide sebanyak2nya memang penting banget agar trus produktif

    ReplyDelete
  11. Betul sekali, ide yang tidak dieksekusi tidak akan menghasilkan sebuah tulisan. Aku sendiri juga sering nih pas ada ide, tidak cepat ditulis, tidak buat draft garis besarnya juga. Nah setelah sekian lama, waktu akhirnya mau menulis, malah bingung, lupa semua yang mau ditulis haha *kebiasaan buruk.

    ReplyDelete
  12. Daku sedang mengurangi aktivitas ngeblog nih, pengen kembali fokus menulis buku, semoga lancar dan produktif lagi, tapi insya Allah tetap ngeblog karena aktivitas ini ngangenin

    ReplyDelete
  13. Aku kalau ada ide harusnya ditangkap. Tapi kadang kubiarin dan malah lupa, hahaha. Tapi kalau lagi semangat, yuk lah buru-buru dituangkan

    ReplyDelete
  14. Pengen banget bisa produktif nulis... udah banyak ide di kepala, tapi eksekusinya lambat, masih harus belajar manajemen waktu nih...

    ReplyDelete
  15. Menulis yang saya sukai dan yang dicari oleh pembaca Cakrawala Susindra, itu alasan saya rajin menulis, Mbak. Selain memang sudah jadi lahan rezeki. Jadi harus dipelihara dengan sangat baik.

    ReplyDelete
  16. aku lagi menurun membacanya mba karena lagi kejar target buat ajarin anakku yang pertama hehehe

    ReplyDelete
  17. harus ada target juga sih kalau aku
    misal seminggu harus tayang 3 tulisan, sesuai jadwal-niche, dan kesukaan
    tapi kalau lagi sibuk ya, diskip aja dulu. atau cek draft yang mungkin bisa dipublish

    aku gak tega kalau temen2 datang ke blogku tapi isinya belum apdet

    ReplyDelete
  18. Aku nih lagi banyak bahan tapi eksekusi suka 0 mbak haha, apalagi ngikut lomba udah gak kepegang. Dapat tawaran kerjaan kalau gak worth it amat yawda bhay aha wkwkwk. Ini aku baca kiatnya moga aku bisa praktikin, lumayan lha lg rajin nulis organik aku tu saat ini :D

    ReplyDelete
  19. Ini sejenis kayak habis nulis beauty trus mau nulis parenting rasanya blank. Ambyar, hahahaha. Aku suka gitu sih. Makanya sekarang kalau lagi mood-nya nulis A yawdah tak banyakin artikel tema A. Atau enggak kalau lagi fokus fiksi ya fiksi aja. Gak gampang pindah ke lain hati akutuh.

    ReplyDelete
  20. Untuk bisa produktif nulis itu memang harus dilatih dengan kebiasaan ya. Kalau sudah macet ide, biasanya trus mager dan jadi keterusan deh..hehe.. *curcol*

    ReplyDelete
  21. Buat saya tetep modal utama menulis adalah membaca sebanyak - banyaknya lalu segera menulis meski hanya 1 halaman setiap hari 😁

    ReplyDelete
  22. Aku suka baca, suka nonton film jugak. Kadang Ada ide melintas di kepala.. iseng bikin outlonenya.. tapi ya itu tetep aja jasi draft.. padahal suka baca tips u rajin Nulis.. aish sedih jg kadang.kok ya malas betul

    ReplyDelete
  23. naini nih, harusnya ya jadi motivasi biar lebih produktif nulis, tapi kadang eh gak kadang sih hehehe, seringnya faktor m alias malas begitu kuat huhuhu

    ReplyDelete
  24. Kalau saya bahan dan judul tulisan blog untuk 2 bulan ke depan sudah ada dan dibuatkan listnya. Tapi ya gitu terkadang malas menyerang, apalagi kalau sedang banyak kuota yang dilakukan hanya nonton youtube aja bukannya menulis blog.

    ReplyDelete
  25. Keren euy merambah ke dunia editor juga 😍

    Aku masih belum termasuk penulis produktif, belajar konsisten dulu. Yuk mbak saling menyemangati

    ReplyDelete
  26. Kalau aku mbak kadang2 punya ide tapi nggak langsung ditulis, kemudian lupa deh. Mau nulis lagi udah males. Jadinya batal ngeblog deh.

    ReplyDelete
  27. Merasa terbantu dengan saling bw sekarang ini karema mau gak mau jadi mengunjungi blog lain dan itu sangat menambah wawasan

    ReplyDelete
  28. Benet bngt tipsnya mba cuma itu kadang malessnya dan mood yg turun Naik pdhl ide tulisan dh bnyak... semoga tetep semangat nih kyk mba nurul fitri

    ReplyDelete
  29. Naaah, perlu nih materi seperti ini. Menjaga konsisten itu memang butuh perjuangan ya, Teh...

    ReplyDelete
  30. Nah tentang ide ini. Saya mau menambahkan. Karena ide biasanya datang sembarang waktu, maka harus langsung dicatat. Kalau tidak mungkin keburu lupa lagi. Jika sudah punya catatan ide2, enak bisa langsung dibuka ketika ingin menulis.

    ReplyDelete
  31. untuk jadi produktif memang harus jadi konsisten menulis. Terkadang saya sendiri merasa buntu dengan topik yang mau ditulis, terkadang saat menulispun tiba tiba hilang. dengan begini .... saya bisa mulai mempraktekkan untuk rajin menulis. Penting nih

    ReplyDelete
  32. Sebisa mungkin sih aku seminggu sekali update artikel di blog. Kalau rajin bisa per 2 hari. Tapi ini jarang...hehe...Kadang-kadang dari obrolan atau chat di grup, nemu aja ide untuk artikel. Atau liat-liat foto hasil jepretan di HP, trus ditulis deh...

    ReplyDelete
  33. Aku sedang membangkitkan semangat nulis lewat menulis pengalaman pribadi n curhat mba. Kadang malah sebagian aku simpen sbg draft aja. Karena bagi pembaca yg 'gimana' akan beranggapan bahwa sharing masalah keluarga adl aib. Padahal kadang menulis begitu adl healing version. Wkkw

    ReplyDelete
  34. Iya nie aku juga sekarang lagi naikin semangat buat nulis blog kak soalnya biar banyak tulisan organiknya juga kan gitu.. Aku suka

    ReplyDelete
  35. Hehe milenials.. mahasiswa jaman skrg ya. Memang perlu diasah menulisnya krn sdh trbiasa mnulis singkat

    ReplyDelete
  36. wah iya aku juga suka membaca buku sekaligus memberi jeda kak biar nggak ngeblog terus biar nggak jenuh gitu lho hehe, tapi kadang selain baca buku dengerin podcast juga :3

    ReplyDelete
  37. Kadang aku suka kesulitan nyari waktu membaca buku teh. Tapi aku siasatin dengan membaca ebook atau media online lagi sih. Dan memang utk bisa produktif nulis itu harus dipaksain ya hehe.. chiayooo!!!

    ReplyDelete
  38. Saya banget nih, ada ide ada bahan tapi minim eksekusi. Harus berubah. Bismillah ingin jadi blogger produktif yang rutin update. Harus tetap semangat meskipun menulis sembari mangku bayi ya mbak. Terima kasih sudah mengingatkan. Kudu banyak baca buku euy

    ReplyDelete
  39. Kayanya hiatusnya ga lama, teh...
    Hihii...teteh selalu produktif buatku. Bahkan aku sering menemukan teteh share link dengan 2 judul berbeda di masing-masing grup.
    Amaziiing~

    ReplyDelete
  40. Aku lagi mulai baca buku lagi nih, biar ada kegiatan yang bikin aku semangat! Malah udah ngelist buku apa aja yang lagi mau aku baca.

    ReplyDelete
  41. wah bener banget si, makin banyak baca, makin bisa nulis.. tapi harus rutin si menurutku, biar tangan sama otak luwes. hhi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^