Menikmati Sate Maranggi Cibungur Yang Fenomenal


Menikmati Sate Maranggi Cibungur Yang Fenomenal. Apa sih, yang membuat Sate Maranggi dikatakan sebagai salah satu kuliner yang fenomenal? Tentu saja karena rasa hidangan yang disajikan disana, terkenal dapat memuaskan lidah para penikmat kuliner. Kenikmatan olahan daging yang satu ini, tidak hanya dikenal oleh warga di dalam Kota Purwakarta saja. Bahkan bagi warga yang tinggal di kota sekitarnya, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Cikampek, Subang dan kota lainnya, tempat ini sangat familiar.

http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html


Jadi wajar saja kalau pelataran parkir tempat makan ini, banyak dipenuhi mobil berplat B, D, F, A atau plat dari daerah lainnya. Tidak hanya lahan parkirnya yang luas, tempat makannya pun menyediakan banyak meja dan kursi. Kalau boleh saya bilang, saking luasnya tempat itu hampir mirip dengan sebuah aula. Coba saja, lihat dua buah foto yang saya unggah di bawah ini, luas bukan?


http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html


http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Lalu bagaimana pelayanan rumah makan ini, menghadapi banyaknya pelanggan yang datang? Apakah penikmat kuliner harus bersabar menunggu antrian untuk dilayani? Ternyata rumah makan Sate Maranggi Haji Yetty ini, cukup cekatan dalam melayani pengunjung yang menanti hidangan tersedia di atas meja.

Tidak sampai lima belas menit, hidangan yang kami pesan sudah tersedia untuk bisa segera dinikmati. Anak-anak saya juga sampai keheranan, ternyata mereka tidak perlu menahan lapar, yang tiba-tiba timbul karena menghirup semilir asap daging yang sedang dibakar. Semua makanan yang kami pesan, sudah siap tersedia untuk kami santap.

http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Sate Maranggi Cibungur
Salah satu yang menjadi ciri khas dari Sate Maranggi Cibungur Haji Yetty ini, menggunakan sambal tomat untuk melengkapi sate kambing atau sate sapi yang disajikan. Jika pada umumnya sate disajikan dengan sambal kacang atau sambal kecap, di rumah makan ini pengunjung tidak akan menemukan sambal kacang itu. 

Bagaimana rasa sambalnya? Cita rasa sambalnya pedas, manis dan sedikit asam yang keluar dari tomat segar. Dipadukan dengan satenya yang gurih, rasa pedas dan segar sambal itu terasa sangat memanjakan lidah. Tekstur dagingnya pun terasa empuk. Wajar saja, jika tusukan sate yang kami pesan pada saat itu, tidak bertahan lama di atas piring saji. ^~^
http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Irisan tomat 

Selain sate kambing, kami juga memesan gulai kambing dan sop sapi. Entah kenapa, menu ini menjadi pilihan favorit keluarga kami jika makan di tempat yang menyediakan daging sapi dan daging kambing. Sate yang disajikan kering dikonsumsi dengan gulai atau sop yang memiliki kuah gurih, merupakan perpaduan khas gaya kuliner kami.

Apalagi, keluarga kami memiliki tekanan darah rendah. Jadi kami merasa aman untuk mengonsumsi olahan daging kambing. Sedangkan untuk olahan daging sapi, kami agak membatasinya. 


Gulai kambing di rumah makan ini, berisi potongan daging dan lemak kambing. Tekstur dagingnya cukup lembut, bumbu rempah yang ada di kaldu pun terasa gurih. Anak  bungsu saya sebagai penggemar sayur gulai, mengakui kenikmatan gulai kambing yang disajikan.

http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Gule kambing
Bagaimana dengan sop sapi yang disajikan di tempat kuliner ini? Sayang sekali, daging sapinya tidak begitu ramah digigi. Kebetulan sekali, potongan daging yang saya ambil, teksturnya sedikit alot. Kaldunya pun tidak terasa gurih. Jika boleh dibandingkan, saya akan memilih gulainya dibandingkan sop kambingnya.

Baca : Cara Membuat Tongseng Kambing
http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Sop daging sapi
Oh iya, rumah makan Sate Maranggi Cibungur ini, juga menyediakan makanan pendamping yang sayang untuk dilewatkan, loh! Ada olahan nasi yang bisa dinikmati seperti nasi tutug oncom. Atau makanan pelengkap lainnya seperti jengkol, tutut, asinan dan colenak, bisa juga kita nikmati.

Semua itu bisa kita nikmati dengan harga yang terjangkau. Sate maranggi sapi, kambing atau ayam diberi harga Rp. 4.000 per tusuk. Ayam dan ikan gurame bakar diberi harga antara 100 ribu hingga 120 ribu rupiah, tergantung besarnya.

Sedangkan sop, gulai, soto sapi harganya 30 ribu rupiah. Kalau soto ayam dan soto babat diberi harga Rp. 20.000. Pepes ikan mas harganya 40 ribu. Ayam dan bebek goreng antara 25 ribu hingga 20 ribu. Untuk yang menyukai sayuran hijau, rumah makan ini menyediakan sayur asem, karedok dan gado-gado seharga 15 ribu rupiah.


Sebagai pelengkap, es kelapa, es jeruk, es buah atau es campur bisa kita nikmati dengan harga 14 ribu hingga 18 ribu. Colenak, asinan dan rujak harganya 15 ribu rupiah.

http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Aneka makanan yang dapat dinikmati di rumah makan Sate Maranggi

Semua makanan yang diinginkan, tinggal kita pesan saja melalui pelayan yang jumlahnya tidak sedikit. Kita akan bisa dengan mudah menemukan pelayan yang sigap membantu para pelanggan. 

Berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya cari tempat duduk yang tidak dekat dengan dapur atau gerobak yang ada di sebelah utara rumah makan ini. Ya, di bagian utara, berjejer gerobak yang berfungsi sebagai dapur kecil.

Gerobak-gerobak itu digunakan para koki untuk mempersiapkan sajian soto daging sapi, soto dengkul, soto ayam, soto babat, gulai, sop, gado-gado, karedok, tahu tempe mendoan, goreng-gorengan dan makanan lainnya.
Jika ada yang memesan, pelayan akan berteriak kepada petugas yang ada di depan gerobak. Sebagai jawabannya, sang koki pun akan berteriak, menyanggupinya.
Nah, aktivitas seperti itu memang agak mengganggu bagi kami yang sedang bersantap di meja sebelahnya. Terlalu, riuh!

http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Gerobak yang menyediakan menu pendamping selain sate 

Seperti rumah makan lainnya, Sate Maranggi Cibungur, juga  ramah untuk dinikmati bersama keluarga. Selain tempat makannya yang cukup luas, toilet yang terjaga kebersihannya, musala untuk beribadah, rumah makan ini juga menyediakan arena permainan. 

Jenis permainan yang ada di sana, cukup aman. Namun, lebih baik anak-anak tetap didampingi oleh orangtuanya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Arena permainan anak
Bagi pengunjung yang datang dari luar kota, tidak perlu khawatir akan merasa kesulitan jika mau membawa buah tangan khas Kota Purwakarta. Di bagian utara, pengunjung bisa menemukan tempat yang menyediakan berbagai kerajinan khas Jawa Barat.

Ada kerajinan yang terbuat dari kayu, rotan, tempurung kelapa bahkan keramik dengan ukuran besar pun tersedia di tempat makan ini. Harga yang disediakan pun cukup beragam. Pengunjung bisa membeli yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada.
http://www.nurulfitri.com/2017/05/menikmati-sate-maranggi-cibungur.html
Toko oleh-oleh yang menyediakan kerajinan khas Indonesia
Berkunjung ke rumah makan Sate Maranggi Cibungur yang fenomenal itu, memang tidak hanya bisa menikmati kelezatan sate dan makanan lainnya saja. Kita juga bisa menikmati kesegaran udara di belakang rumah makan yang ditumbuhi pepohonan besar dan berbelanja aneka kerajinan khas Indonesia.

Bagaimana teman-teman, tertarik berkunjung ke sana? Rumah makan ini terletak di Jl. Raya Cibungur Purwakarta. Dan tempatnya tidak jauh dari pintu tol Purwakarta. Mudah ditemukan, bukan? Okey ... selamat berkunjung!

21 comments:

  1. Ooh dari Purwakarta ya sate Maranggi, dilihat dari namanya saya pikir dari daerah luar pulau Jawa. Kalo saya mah nggak doyan daging kambing mba, mau dimasak gimana juga, tetap nggak doyan. Kalo sapi bolehlah bolehlah...

    Harganya worth it lah ya... Mantap bikin lapar

    ReplyDelete
  2. Wah... Mas Hendra gak doyan daging kambing ya..padahal enak, loh! Hihihi...
    Iya harganya nyaman di kantong :)

    ReplyDelete
  3. malam malam mampir kesini, dapat tempat bagus untuk makan makan lagi. hehehe

    ReplyDelete
  4. malam malam, gini. jadi laper lihat postingan mbak :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Nurul, sambal tomat di sate itu kesukaan mas bojo Mbak hehe. Btw, kok satunya legam gitu? apa resepna dikasih lada hitam ya? pensaran aku, biar aromanya yahud?

    ReplyDelete
  6. Saya paling kesal itu terkadang dengan pelayanannya, yang lama banget. Namun di sate maranggi ini kayaknya pelayanannya cukup baik ya buu,, saya kira tempat ini, juga daerah jabar ehh ternyata dari purwakarta hehehehe.

    ReplyDelete
  7. Saya baru sekali kesini mba dan emang maknyusss tenan.. saya dulu sama teman2 pesen sate, sop dan gulai. Emang luar biasa enaknya. Pantesan aja rame yaa

    ReplyDelete
  8. waduh kami sekeluarga hipertensi semua ahahahha, ya ampun.. padahal kayaknya enak banget.eh tp ada sate sapi kan ya. sapi insyaALLAH BISA.. Semoga nanti bisa mampir kemari

    ReplyDelete
  9. wah enak banget, sukses bikin lapar pagi-pagi nich hikz. Enak banget tuchhh

    ReplyDelete
  10. duh, lagi hujan dan jauh... udah ngga mungkin buat icip icip sate maranggi. jadi akunya cuman ntyari sate deket rumah aja deh

    ReplyDelete
  11. Ini sate Maranggi cibungur saya sering lewat + emang bikin kenyang perut mba heee
    Terutama kalo pas maen ke kosan temen pasti malamnya ngehabisis waktu di sate maranggi cibungur

    ReplyDelete
  12. adoh adoooh,,, ini postingan bikin ngiler deh, ngebayangin sambelnya yang pedas segar itu.
    btw, colenak itu apaan ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Dulu oenasaran banget sama yang namnaya sate maranggi. Ee pas sekalinya nyoba ternyata emang bikin ketagihan. Emang deh setuju mba, Uenakk tenan mba..

    ReplyDelete
  14. Mantap ituuh sate maranggi Cibungur.
    Aku suka sate kambing juga...alasannya sama kaya teh Nurul...darah rendah.

    Dan pasti setelah makan begini langsung ngantuk deeh...hahha...dan bubu nyenyak.
    Asseekk~~

    ReplyDelete
  15. Sate maranggi ini unik, ya. tak seperti sate daging biasanya. Saya penasaran banget dengan rasanya. kelihatannya pakai pala, ya? AH nebak-nebak saja.

    Tampaknya tempat makan ini ngehits banget, ya. Komplit.... daan...
    Hmm... irisan tomatnya bikin laper.

    ReplyDelete
  16. Ampuuuun salah banget kunjungan tengah malam gini :") sop sapinya itu loh bikin ngiler heheh
    Gurih-gurih gimana gituh heheh

    ReplyDelete
  17. Ini sate top markotop. Sate maranggi Purwakarta tuh thebest banget. Cuma sayang aku gak bisa makan daging banyak

    ReplyDelete
  18. Pernah diajakin ke Purwakarta juga Mba, buat nyobain sate maranggi. Cuma dulu kutak bisa ikut. Sekarang ternyata banyak yg ngereview satenya enak. Jadi pengen. :D

    ReplyDelete
  19. Sate maranggi memang is the best. Apalagi dimakan waktu malam hari. Apalagi kalau minumnya teh panas... mantapz...

    ReplyDelete
  20. Sate maranggi cibungur memang melegenda... Cepet bgt penyajiannya.. saya sering kesini waktu masih berdomilisi di cikampek..

    ReplyDelete
  21. sate maranggi itu sate minimalis bumbu tp enak. .

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}