Friday, 8 August 2014

Tips dan Trik Sukses Berbisnis Tulisan atau Writerpreneur


            
Bisnis tulisan? Ya, hasil karya seorang penulis bisa menjadi bisnis yang begitu menguntungkan. Pengusaha tulisan atau writerpreneur mungkin agak kurang familiar kita dengar. Di Indonesia sendiri, belum banyak pebisnis yang menawarkan jasa ini. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis tulisan  dengan menawarkan jasa kepenulisan yaitu Indscript Copywriting. 

Perusahaan ini dibangun oleh Indari Mastuti, seorang penulis yang telah menelorkan 100 lebih judul buku. Untuk meningkatkan brand Indscript sebagai perusahaan yang menjadi leader di Indonesia dengan inovasi terbarunya, Indari kemudian mengembangkan bisnisnya dengan membangun Indari Mastuti Management (IMM) pada tanggal 13 Juli 2014. Meskipun IMM tidak berada di bawah naungan Indscript, tapi karena berada dalam binaan founder yang sama, maka kedua perusahaan ini akan terus bersinergi dalam perkembangannya.

IMM yang berpusat di Kualalumpur, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa training, coaching untuk creative writing, creative bussines serta public speaking tema kreatif. Target pemasarannya adalah perorangan atau perusahaan kelas menengah ke atas yang berada di wilayah Indonesia, Singapura dan Malaysia. Salah satu program yang menarik di bidang creative writing adalah memberikan bimbingan kepenulisan buku bagi perorangan atau kelompok tertentu yang berskala kecil. Selain itu diadakan juga training pembekalan teknik menulis untuk kebutuhan perusahaan atau instansi.
Untuk program di bidang creative bussines, IMM memiliki tiga program. Yang pertama mengadakan pelatihan bagi ibu rumah tangga untuk memulai bisnisnya.  Kedua, personal branding, dan yang ketiga public speaker untuk creative bussines. Di samping program-program tersebut, IMM juga memiliki program sosial education di bidang kepenulisan. 

Target dari program ini adalah para mahasiswa baik yang ada di dalam maupun di luar negeri. Tujuannya untuk berkontribusi di dunia kependidikan serta mengasah ketrampilan menulis di kalangan pelajar atau mahasiswa.
Rencana jangka panjang IMM adalah mendirikan sekolah perempuan yang bergerak di bidang kepenulisan dan bisnis kreatif. Selain itu, juga menjalin kerjasama dengan perusahaan asing yang membutuhkan jasa IMM sebagai partnernya di Indonesia. 

Jasa penulisan yang ditawarkan kini semakin marambah ke berbagai lini, seperti jasa penulisan skripsi, naskah buku, ghostwriting, tulisan di iklan, penerjemahan, skenario film atau drama, desain website dan jasa penulisan lainnya.

Bagi yang ingin terjun ke bisnis di bidang kepenulisan, harus bisa memilah jenis penulisan mana yang akan ditawarkan. Tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan dan minat yang kita miliki.

Cara Memulai Berbisnis Tulisan

Lalu, bagaimanan cara memulai bisnis tulisan ini? Sebenarnya dalam memulai bisnis tulisan tidaklah begitu sulit. Cukup dengan bidang kepenulisan yang kita kuasai, bisnis pun sudah bisa mulai jalan. Berikut ini tahapan yang perlu diperhatikan saat akan melakukan bisnis tulisan:
  • Memilih bidang penulisan yang kita kuasai. Apakah lebih menguasai menulis buku atau menulis materi iklan, hanya kita sendiri yang tahu.
  • Membidik pasar yang tepat dengan mengumpulkan jaringan atau networking yang kita miliki. Misalnya, apakah kita memiliki teman yang bekerja di bagian penerbitan buku? Atau kita lebih banyak memiliki kenalan di jaringan production house?
  • Bisa dikatakan, bisnis tulisan ini merupakan bisnis yang paling gampang untuk memulainya. Asalkan memiliki perangkat internet dan komputer, kita bisa promosi. Karena yang paling penting dalam bisnis tulisan adalah jaringan dan keahlian yang ditawarkan.

Tips dan Trik untuk Sukses Berbisnis Tulisan

Tingkat keberhasilan bisnis tulisan ini tergantung dari sasaran yang mau dibidik. Contohnya saja ketika kita hendak menetapkan penerbit sebagai sasaran utamanya, maka yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. Penentuan setajam apa ide atau konsep penggarapan buku yang ingin kita tawarkan.
  2. Sebanyak apa pengetahuan kita tentang kebutuhan penerbit.
  3. Temukan naskah yang tepat dan bisa menarik perhatian penerbit.
  4. Sekompak apa kita bisa bekerja sama dengan penerbit.
  5. Kelebihan atau keunikan apa yang bisa kita tawarkan pada penerbit.
Diakui atau tidak, berbisnis tulisan ini sangat fluktuatif dan ketat dalam menentukan jadwal. Sehingga kita harus bisa memastikan bahwa tawaran yang kita terima, dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. 
Sebaiknya tidak menerima banyak tawaran, jika kondisi dan situasi tidak memungkinkan. Terlalu lama atau tenaga terlalu diforsir bisa mempengaruhi kesehatan . Uapayakan agar ada keseimbangan antara waktu bekerja dan istirahat.
Bagaimana? Sudah siap untuk terjun ke dalam bisnis tulisan? 
                 Salam takzim

0 komentar:

Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^