6 Fakta Tentang Personal Branding


6-fakta-tentang-personal-branding
Personal Branding
Banyak orang mengira, jika brand atau merek hanya sebatas produk, jasa dan segala hal yang berhubungan dengan dunia bisnis. Padahal brand juga meliputi deskripsi dari individu itu sendiri..
Personal branding adalah segala aktivitas, tingkah laku yang mencerminkan identitas diri dan dapat membentuk pandangan orang lain mengenai siapa diri kita sebenarnya. 
Menurut Wikipedia, Personal Branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka ditandai sebagai merek. Sementara teknik manajemen swadaya sebelumnya adalah tentang perbaikan diri, konsep personal branding menunjukkan sebaliknya bahwa kesusksesan datang dari diri-kemasan.
 
Ada 6 fakta tentang Personal Branding yang perlu kita ketahui: 
Pertama, Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan menerapkan personal branding yaitu dapat meningkatkan kepuasan kerja, bisnis lebih fokus, pendapatan naik, mengurangi konflik serta terciptanya hubungan yang harmonis antar personal. 

Kedua, Tingkatkan personal branding dengan cara memperkenalkan identitas diri kita dan apa yang menjadi kelebihannya dibandingkan dengan yang lain kepada teman-teman 

Ketiga, Jangan lupa menyebarluaskan pendapat teman tentang brand diri. Tujuannya, agar lebih banyak yang percaya pada brand kita

Keempat, terus pacu peningkatkan personal branding dengan cara membangun jaringan. Semakin besar jaringan maka peluang untuk lebih sukses dapat segera tercapai. 

Kelima, bergabunglah dengan komunitas yang sejalan dengan personal branding kita dan memiliki kesamaan dalam visi-misi kita Dengan bergabung dalam komunitas, kita dapat mengambil inspirasi atau semangat yang ada dalam diri anggota lain di komunitas. 

Keenam, bagikanlah ilmu yang bermanfaat di komunitas sesuai dengan branding yang kita miliki. Siapa tahu, dengan kemampuan dan wawasan yang kita miliki dapat melahirkan kerja sama di masa yang akan datang nanti.

Berdasarkan pengalaman Julie Nava seorang konsultan personal branding dan Direktur Indscript Personal Branding Agency, melalui personal branding karakter individu dapat berubah. Beberapa kliennya yang temperamental, sering marah dan bahkan jadi kutu loncat atau pindah-pindah tempat kerja berubah menjadi lebih nyaman dengan diri mereka sendiri setelah menjalani proses branding.
 
Ada juga yang mendapatkan lonjakan omzet yang cukup tajam dan lebih fokus dalam menjalankan bisnisnya setelah menjalani branding diri. Mereka juga bisa mengetahui bagaimana memadukan visi perusahaan dan visi pribadi mereka.
 
Dalam profesi apapun, branding memiliki peran yang penting. Karena sebenarnya aset terbesar justru diri sendiri. Menurut Julie Nava, sukses tidaknya seseorang, juga sangat ditentukan oleh sejauh mana mereka mengenal dan mengoptimalkan brand dirinya.
So, meningkatkan personal branding itu cukup penting bukan?
 
Salam takzim

Post a Comment

12 Comments

  1. Postingannya menarik, jadi bertambah ilmu personal branding saya.
    Mau praktekin ah :)

    ReplyDelete
  2. Keren juga yaa bisa terkenal dengan personal branding diri kita sendiri :D

    ReplyDelete
  3. Ilmu marketing nih, bermanfaat Mbak. Nice Post :)

    ReplyDelete
  4. Sekecil apapun ilmu yang kita miliki jika kita sebarkan maka akan berkah.

    ReplyDelete
  5. nice post mbak, terima kasih sudah sharing :)

    ReplyDelete
  6. brandingku masih serabutan hihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^