Mengenal Fakta Sains Dalam Al - Qur'an

Mengenal Fakta Sains Dalam Al - Qur'an adalah sebuah buku untuk anak, yang berisi berbagai fakta ilmu pengetahuan yang ada dalam Al-Qur'an. Buku ini dibuat oleh saya, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang alam sekitarnya yang tercantum dalam Al-Qur'an.

Alhamdulillah, buku ini terbit menjelang Bulan Puasa yang merupakan saat paling tepat, untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an. Buku ini hadir sebagai media untuk menciptakan keluarga yang lebih dekat dan lebih mencintai Al-Qur'an.

Buku Mengenal Fakta Sains dalam Al - Qur'an

 
Judul Buku: Mengenal Fakta Sains Dalam Al-Qur'an
Penulis: Nurul Fitri Fatkhani 
Penerbit: Cerdas Interaktif
Tahun terbit: 2017
Jenis buku: Buku anak

Siapa tidak ingin keluarganya mendapatkan banyak kebaikan dan terhindar dari segala permasalahan? Pasti semua ingin keluarganya bisa lebih berkah dan harmonis. Memiliki anak-anak yang cinta pada kitab-Nya dan hafal ayat-ayat yang terkandung didalamnya.
http://www.nurulfitri.com/2017/06/mengenal-fakta-sains-dalam-al-quran.html

Bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan hubungan antara setiap anggota keluarga dengan Al-Qur'an. Terutama bagi anak-anak. Mereka harus disemangati dengan pengetahuan bahwa bila membaca Al-Qur'an, pahala yang di dapat, akan berlipat

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan oleh orangtua agar anak bisa lebih dekat dengan Al-Qur'an? 

Pertama, ingatkan pada anak-anak untuk memperbanyak tilawah dengan tujuan bisa khatam minimal satu kali saat bulan puasa.
Tidak hanya membacanya, namun perkenalkan pula anak-anak pada pentingnya hukum tajwid serta melakukan tadabbur ayat-ayat Al-Qur'an.

Kedua, perkenalkan adab yang harus dilakukan saat berinteraksi dengan Al-Qur'an. Misalnya, ajak anak untuk wudhu atau bersiwak terlebih dahulu sebelum bertilawah. 
Ajarkan anak untuk tartil dalam membacanya dan hadirkan suasana yang khusyuk ketika bersama-sama membaca Qur'an. Lalu, ketika selesai bertilawah ajarkan pula untuk membaca doa dan bershalawat kepada Rasulullah saw.

Ketiga, beri anak penghargaan atas usahanya memperbanyak tilawah, beri hadiah pada anak yang menghafal Al-Qur'an serta bagi anak yang bisa menjaga adab berinteraksi dengan kitab Allah tersebut. Hadiahnya bisa berupa Al-Qur'an atau buku-buku yang dapat membuat mereka lebih mencintai Al-Qur'an.

Berbicara tentang buku yang dapat membuat anak dekat dengan Al-Qur'an, menyambung kembali pada buku saya yaitu, Mengenal Fakta Sains Dalam Al-Qur'an. Bagi ayah bunda, yang menginginkan anaknya mengetahui kandungan dalam Al-Qur'an, dapat memberikan buku ini sebagai bahan bacaan.
Karena buku ini mengungkapkan, fakta sains menarik yang ada dalam Al-Qur'an. 

Oh, ya, orangtua tidak perlu khawatir jika anak akan bosan atau jenuh membaca buku ini. Karena di dalamnya dilengkapi dengan kisah seru serta ilustrasi menarik yang sesuai dengan fakta sains yang dijelaskan.

Ilustrasi di Buku Mengenal Fakta Sains dalam Al - Qur'an

Misalnya saja, anak akan diajak untuk mengenal musim yang ada di dunia. Mereka akan belajar mengetahui dua macam musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Buku ini menjelaskan, jika kedua musim itu terjadi pada waktu yang berbeda dan pada tempat yang berbeda pula.

Tidak hanya pengetahuan tentang bagaimana terjadinya musim panas dan musim dingin saja, buku ini juga memaparkan bahwa ternyata, ada juga pengetahuan tentang musim di dalam Al-Qur'an. Jadi melalui ilmu pengetahuan yang di dapat oleh mereka, anak pun bisa lebih mencintai Al-Qur'an.

Selain membahas tentang musim panas dan musim dingin, Buku Mengenal Fakta Sains dalam Al-Qur'an juga menyajikan ilmu pengetahuan lainnya. Seperti membahas tentang gunung berapi, gugusan bintang, manfaat sayur dan buah, mengenal anatomi burung, hidup gajah yang sangat istimewa dan ilmu pengetahuan menarik lainnya.

Ada 20 pengetahuan yang terdapat dalam Al-Qur'an dan bisa dipelajari oleh anak-anak berusia 8 tahun hingga 12 tahun, melalui buku ini. 

Lalu, bagaimana dengan anak yang usianya lebih kecil? Sebenarnya tidak masalah, bacakan saja oleh ayah dan bunda. Dengan membacakan sebuah cerita atau dongeng, anak akan bertambah kosa katanya. Dia pun akan lebih merasa mendapat perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya. Mendongeng bisa mempererat bonding antara anak dan orang tua, bukan?

Bedah Buku Mengenal Fakta Sains dalam Al - Qur'an

Nah, untuk teman-teman yang ingin memiliki buku ini, bisa diperoleh di toko buku. Atau boleh juga memesan lewat saya. Silakan kontak saja, ya...

Terima kasih, selamat menjalankan ibadah puasa dan mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca Al-Qur'an.

Salam takzim


Post a Comment

22 Comments

  1. bagus ya teh bukunya, jadi pengen punya. nggak papa lah ya, walau buat usia 8+ tinggal cara nyeritainnya aja.. thx teteh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak...anak juga bisa belajar dengan cara dibacakan :)

      Delete
  2. Sukses ya mba bukunya, semoga semakin banyak anak anak yang pintar denganbaca

    ReplyDelete
  3. mengenalkan anak cinta alquran memang harus dari orang tua dlu ya mba..aku masih sering lalai nih..hikss..mau coba ah beli bukunya sapa tau anakku tertarik nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas yang tidak ringan ya, mbak, untuk mengenalkan anak kita pada Al-Qur'an

      Delete
  4. Bukunya keren!! DSuatu saat kalau punya anak pasti aku beli buat bacain ke mereka.

    ReplyDelete
  5. Wah bukunya bagus. Jadi pengen belikan buat Rani, dia lagi suka sukanya baca ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibeli Mbak..sudah ada di toko buku besar, loh! Hehehe

      Delete
  6. Waaah keren kak nurul. Kalau boleh saya minta kontak nya dong :D
    Ingin beli untuk anak anak di rumah belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mbak..bisa hubungi saya di WA 085220646566 atau di telegram yang ada di grup ya.. :)

      Delete
  7. Nunggu anak agak besar dulu kalo gitu :)

    ReplyDelete
  8. Sejak kecil memang sebaiknya anak diajarkan dan dikenalkan tentang Alquran. Bisa melalui buku. Ilustrasi dalam buku menarik ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. Kalau dari kecil biasanya lebih mudah untuk diajarkan

      Delete
  9. Whaaa bukunya Mba, ya. Aku lagi cari buku seperti ini buat referensi mengajarkan sains ke anak. Berapa ya harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, buku saya hehehe.. di Toko Buku harganya 64 ribu Mbak :)

      Delete
  10. wahhh selamat mba, buku kece. Buat referensi ntar kalo punya anak.
    Ajarin nulis islami mba :-D

    ReplyDelete
  11. Selamat ya mbaaakk
    Anakku juga suka belajar agama dari buku2 seperti itu.
    Kapan2 mau cari ah buku mbk Nurul :D

    ReplyDelete
  12. Barakallah Mb Nurul, kereeen ih angkat tema Al Qur'an jadi buku untuk dibaca anak-anak, semoga pahala jariyah terus mengalir *dan aku ketular nulis buku lagi, aamiin

    ReplyDelete
  13. Keren sekali mba Nurul ini, sukses terus yaa... Penambahan ilustrasi gambar maupun tokoh komik kartun memang menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk membaca, daripada isinya tulisan melulu, kan bisa bikin si anak jadi bosan dan jenuh.

    BTW, yang bikin gambarnya mba Nurul juga kah?? Harganya lewat mba Nurul berapa ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^