Cara Membersihkan TV LED dengan Benar

Saat ini, banyak rumah yang telah menggunakan TV LED sebagai salah satu perangkat hiburan di dalam rumah. TV LED sendiri memang bisa dibilang sebuah perangkat elektronik yang tergolong baru dengan kemampuan yang canggih. Dengan kecanggihannya tersebut, membuat TV LED atau yang biasa disebut dengan smart tv ini tidak hanya bisa untuk menonton saluran televisi saja. Bahkan, melalui smart tv tersebut kita juga bisa melakukan browsing di internet.


https://www.nurulfitri.com/2018/03/cara-membersihkan-tv-led-dengan-benar.html

TV LED sendiri biasanya diletakan menempel pada dinding dengan menggunakan breket atau alat penyemat. Meskipun sebenarnya tidak jarang pula TV LED yang diletakan di meja biasa. Meskipun memiliki kecanggihan yang tinggi dibanding dengan TV jadul, namun TV LED pun perlu mendapatkan perawatan yang teratur.
Salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah dengan cara membersihkan debu di rumah agar tidak mengotori TV LED tersebut. Tak hanya itu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan TV LED, diantaranya adalah berikut ini:
1.  Cara Membersihkan TV LED dengan Cairan Screen Clean
Cairan screen clean merupakan cairan yang paling direkomendasikan untuk digunakan dalam membersihkan TV LED. Cairan khusus ini biasanya kita dapatkan ketika pertama kali membeli TV LED. Nah, untuk menggunakan cairan khusus layar ini, caanya sangat mudah, yakni hanya perlu menyempotkan saja ke layar. Namun ada beberapa hal yang perlu kita ingat ketika akan melakukan pembersihan menggunakan cairan khusus ini.
Yang perlu diperhatikan ketika akan mulai membersihkan, matikan terlebih dahulu TV LED tersebut. Tidak hanya itu saja, lepaskan pula sambungan arus listrik dari colokan yang ada. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga dan mencegah resiko yang mungkin saja terjadi. Selain itu, ketika akan melakukan penyemprotan cairan, tunggulah TV beberapa saat, hingga layar tidak panas lagi. Penyemprotan pada layar LED yang panas, disebut-sebut bisa menimbulkan kerusakan.
  2. Cara Membesihkan TV LED dengan Cuka dan Air
Ketika pertama kali diberitahu, saya agak ragu-ragu ketika melakukan pembersihan TV LED dengan cuka dan air. Namun demikian, berdasarkan pengalaman nyatanya bahan ini memang bisa digunakan untuk membersihkan layar TV LED. Namun, tentu ada cara tertentu yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan pembersihan menggunakan bahan-bahan ini. Yang pertama tentu lepaskan sambungan listrik untuk meminimalisir terjadinya konsleting.
Siapkan larutan cuka yang sudah dicampur dengan air dan celupkan kain lap bersih ke dalamnya. Setelah itu, peras lap yang sudah dicelupkan tersebut sampai kering dan mulailah mengelap bagian demi bagian dari TV LED kita. Saat akan melakukan pengelapan, sebaiknya dilakukan dengan gerakan searah dan perlahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah goresan yang bisa saja timbul dari pengelapan dengan cara tersebut. Jika sudah, langkah terakhir adalah mengelapnya kembali dengan lap kering bersih.
3.        Cara Membersihkan TV LED dengan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih memang dikenal bisa digunakan untuk membersihkan layar elektronik tidak terkecuali pada TV LED. Bahkan, banyak yang menggunakan minyak kayu putih ini untuk membersihkan komponen-komponen dalam perangkat elektronik. Dengan demikian, minyak kayu putih memang sudah terbukti aman digunakan untuk membersihkan perangkat-perangkat elektronik.
Sama halnya ketika menggunakan minyak kayu putih ini untuk membersihkan perangkat gadget smartphone. Pada TV LED kita juga hanya perlu mengelapnya menggunakan tisu atau lap bersih yang sudah di tetesi minyak kayu putih. Yang pelu dicatat adalah, lakukan pengelapan secara perlahan agar tidak menimbulkan goresan atau bekas.
Nah, beberapa cara membersihkan TV LED yang dijelaskan di atas bisa kita praktekkan di rumah. Yang perlu dicatat dari beberapa cara di atas adalah melakukannya dengan hati-hati agar tidak menggores atau menimbulkan bekas pada TV yang dibersihkan. Selain itu, perawatan yang dilakukan dengan benar juga akan membuat TV menjadi lebih kinclong.


https://www.nurulfitri.com/2018/03/cara-membersihkan-tv-led-dengan-benar.html

Sebaiknya perawatan ini dilakukan secara teratur agar TV LED yang kita miliki tetap awet dan bertahan lama. Dan satu hal yang sebenarnya bisa dilakukan agar TV LED yang kita miliki tetap bersih, adalah menempatkannya pada ruangan yang tidak banyak debu.

Bagaimana dengan teman-teman, bahan apa yang digunakan untuk membersihkan layar TV LED yang ada di rumah? Sharing, yuk!

20 comments:

  1. saya mau pake tisue basah aja udah merasa cukup hehe, nuhun teh informasinya

    ReplyDelete
  2. Ternyata perawatannya mudah dan tidak merepotkan

    ReplyDelete
  3. Wah makasih tipsnya ya, pas banget nih hihi

    ReplyDelete
  4. oh pake minyak kayu putih bisa juga ya? Gampang ini mah nyarinya, hihihi

    ReplyDelete
  5. Wah, makasih untuk share-nya yah Teh,
    Aku biasanya di rumah kalo bersihin TV cuma pake kanebo basah doang hehehe.

    Nanti mau cobain pake cuka ah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun pertamanya hanya pakai kanebo, Teh

      Delete
  6. Wah ternyata gak ribet juga ya caranya... makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  7. Dirumah TVnya belum LED sih teh, di kantor ada, palingan bersihinnya pakai kanebo atau tissue basah, ternyata minyak kayu putih juga bisa yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya pakai kanebo ya..padahal minyak kayu putih juga bisa

      Delete
  8. Oh bisa jg ya pake cuka atau minyak kayu putih

    ReplyDelete
  9. Wah, ilmu baru nih, ada cuka juga kayu putih, makasih say, aku catet ya

    ReplyDelete
  10. Wah, baru tahu, membersihkan layar LED bisa memakai kayu putih. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata bisa pakai minyak kayu putih yaa. Hehe, baru tahu nih.

    ReplyDelete
  12. belum pernah nyoba kesemuanya padahal d rumah tv led *tutup muka. biasa pake kanebo atau ga tissue basah teh hihi salah banget ya. next mau nyoba pake minyak kayu putih deh. tfs teh fit..

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}