Ajang Pencari Bakat Sunsilk Hijab Hunt 2018 di Kota Bandung

Saya paling suka kalau ada event pencari bakat di kalangan anak muda. Karena di ajang tersebut, seringkali saya temukan bakat-bakat yang luar biasa dari peserta. Bakat yang jarang dimiliki oleh orang lain dan benar-benar menghibur bagi yang melihatnya. Keren-keren! 

Seperti dalam acara Sunsilk Hijab Hunt 2018 yang diadakan di Kota Bandung. Bertempat di Ballroom Masjid Agung Trans Studio Bandung acara ini mencari hijaber yang ada di sekitar Kota Bandung untuk unjuk kemampuan yang mereka miliki.

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018

Acara pencarian bakat ini merupakan acara yang dipersembahkan oleh detik.com dan Sunsilk. Didukung pula oleh produk kecantikan NourishSkin, Yamaha dan media partner lainnya.

Sunsilk Hijab Hunt 2018 untuk Kota Bandung diadakan pada tanggal 12-13 Mei 2018. Tahukah teman, peserta dari Bandung merupakan peserta terbanyak bila dibandingkan dengan kota lainnya, loh! Mojang priangan keren, kan? Hihihi..

Eh iya, itu berdasarkan hitungan dari mereka yang telah mendaftar secara online. Jika ditambah dengan yang mendaftar on the spot, berarti tambah banyak lagi, ya ...

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018

Barangkali banyak mojang yang antusias karena persyaratan yang diajukan tidak begitu sulit. Wah ... syaratnya mudah? Memang, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta ajang pencarian bakat ini? 

Persyaratan umum yang perlu dipenuhi yaitu :
  • Muslimah berhijab berusia 15 - 28 tahun
  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
  • Memiliki bakat
Sedangkan ketentuan umum audisi ofline yaitu:
  • Mengisi data diri secara lengkap di form pendaftaran.
  • Foto close up dan seluruh badan.
  • Foto yang dikirim berbentuk square (close up) dan potrait (seluruh badan) dengan ukuran file maksimal 5 MB
  • Foto harus jelas, berwarna dan sendiri.
  • Peserta bersedia mengikuti acara di kota yang dipilihnya.
Cukup banyak mojang yang memenuhi syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak penyelenggara. Buktinya, acara yang rencananya dibuka pada jam 10 pagi, tetapi peserta sudah banyak yang mengantri di depan pintu masuk satu jam sebelumnya. Senang dan kagum, deh, melihat antusias mereka!


ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018

Sebenarnya ada sesi apa saja, sih, di ajang pencarian bakat tersebut? Banyak kegiatan yang bisa kita nikmati selama dua hari itu. Tidak hanya peserta, penonton, pengantar atau media yang meliput pun bisa mengikuti berbagai acara yang  telah berlangsung mulai 5 Maret 2018 dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 3 Juni 2018 nanti.

Detik.com telah mengadakan Sunsilk Hijab Hunt, sejak tahun 2012. Dan pada tahun 2018 ini, Kota Bandung merupakan kota keenam setelah Kota Surabaya, Jogjakarta, Medan, Palembang, dan Makasar. Saya beserta teman-teman dari Blogger Bandung berkesempatan menghadiri acara ajang pencarian bakat tersebut pada Hari Sabtu, tanggal 12 Mei 2018.

Hari pertama merupakan audisi tahap awal untuk mencari 20 orang finalis. Dan sekitar jam 10 pagi, peserta yang telah mengantri di depan pintu masuk, melakukan registrasi ulang.

Saya lihat, di tempat pendaftaran ulang dibagi menjadi tiga bagian, pendaftaran on the spot, fast track dan daftar ulang.

Bagian daftar ulang diperuntukkan bagi yang telah mendaftar secara online. Sedangkan pendaftaran on the spot, bagi mereka yang mendaftar langsung saat acara diadakan. Dan fast track adalah jalur bagi mereka yang membawa 1 shampo Sunsilk Hijab Recharge ukuran 170 ml atau conditioner Sunsilk varian apa saja berukuran 170 ml pula. Jalur fast track ini hanya diperuntukkan untuk 100 orang peserta saja. Istimewa sekali, ya :))

Hijaber yang ikut dalam ajang ini, ada yang unjuk kebolehannya bernyanyi, menari, puisi, boxer, monolog, story telling, berdakwah dan bakat lainnya. 

Nah ... sewaktu saya mengintip keseruan peserta di bilik audisi, kebetulan saya bertemu dengan salah satu peserta bernama Rica Permatasari yang berasal Sumedang. Dia menampilkan tari topeng dengan busana hasil buatan bundanya sendiri. Keren, ya, bakat anak didukung penuh oleh ibundanya.

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
Rica dengan tari topengnya
ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
Peserta yang menunggu giliran untuk audisi
Bersamaan dengan acara audisi yang dilakukan secara terpisah, penonton yang hadir disuguhkan juga tayangan acara audisi Sunsilk Hijab Hunt di kota sebelumnya, dilanjutkan peragaan busana oleh Azzura Model dan juga acara tutorial make up dengan tema "Cantik ala Barbie".


ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
Peragaan Busana bersama Azzura Model
Tidak hanya itu,  ada pula penampilan pemenang Sunsilk Hijab Hunt tahun-tahun sebelumnya. Ada Tamara sebagai pemenang ketiga Sunsilk Hijab Hunt tahun 2017. Dia menampilkan suara yang merdu diiringi permainan kontra bass yang begitu cantik. 

Selain itu ada juga penampilan dari Indah Sundari Jayanti pemenang di tahun sebelumnya yang juga merupakan lulusan psikologi. Indah menampilkan lyrical dance yang unik dan terlihat sangat menghayati.

Oh iya, tidak hanya peserta audisi yang mengikuti semua rangkaian acara yang diadakan dari pagi hingga malam hari itu. Pengunjung yang hadir di sana juga berkesempatan mengikuti berbagai kompetisi.

Yup, jadi bagi yang hadir di Ballroom Masjid Agung Trans Studio Bandung, selain menyaksikan audisi para peserta juga bisa mengikuti berbagai kompetisi yang diadakan oleh pendukung acara tersebut. 

Seperti Sunsilk sebagai penyelenggara ajang pencarian bakat, mengadakan juga kontes foto berhadiah Rp. 500.000 untuk 5 orang dan produk Sunsilk untuk 100 orang pertama yang mengikuti kontes. Asyik, kan? Mau tahu bagaimana caranya mendapatkan hadiah-hadiah tersebut? Caranya yaitu :

1. Follow instagram @hijabhunt dan @sunsilkid.
2. Foto di area photobooth yang telah di sediakan.
3. Upload hasil foto ke instagram. Buat caption semenarik mungkin lalu mention ke @hijabhunt & @sunsilkid.
4. Jangan lupa menyertakan hastag #SunsilkHijabHunt2018 dan hastag setiap kota : 
  • Kota Surabaya dengan hastag #SunsilkHijabHuntSBY
  • Kota Jogjakarta dengan hastag #Sunsilk HijabHuntJOG
  • Kota Medan dengan hastag #SunsilkHijabHuntMDN
  • Kota Palembang dengan hastag #SunsilkHijabHuntPLG
  • Kota Makasar dengan hastag #SunsilkHijabHuntMKS
  • Kota Bandung dengan hastag #SunsilkHijabHuntBDG
  • Kota Jakarta dengan hastag #SunsilkHijabHunt JKT
5. Lima Orang yang beruntung akan mendapatkan voucher belanja masing-masing Rp. 500.000 
6. 100 peserta pendaftar pertama berhak mendapatkan produk dari Sunsilk.


ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018

Tidak hanya Sunsilk, ada juga kompetisi seru yang diadakan oleh NourishSkin berhadiah merchandise dari detik.com atau produk kecantikan dari NourishSkin. Caranya pun cukup mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Yang pertama peserta diwajibkan untuk men-download aplikasi detik.com di telepon genggamnya. Sedangkan aturan yang kedua yaitu :
  1. Upload foto kita bersama produk dari NourishSkin di instagram.
  2. Follow instagram @nourishskin
  3. Mention akun @nourishskin
  4. Jangan lupa menyertakan hastag #SHH_nourishskin dan #nourishskinpink
Nah, acara yang sangat menarik, bukan? Tidak hanya peserta, keluarga yang mengantar atau penonton pun berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik.

Acara hari pertama di akhiri dengan pemilihan 20 peserta terbaik yang akan bertanding menunjukan kebolehannya di depan juri di hari kedua. Dan peserta terbaik yang terpilih yaitu: 


1. Rachelia Aisha Linandar
2. Peavey Nadya Iriawan
3. Mia Puspa Gandana
4. Nada Umaya Awaliyah
5. Erika
6. Putri Handayani
7. Lisda Nurdianti
8. Sabine Fatimah Sayidina
9. Widhyana Vanrilla
10. Uchi Qolby
11. Syintia Nur Haliza
12. Zahrah Eza Anggina
13. Ira Ary Monica
14. Dini Andriany
15. Inggit Gustari
16. Putri Nurmaliani Pratiwi
17. Nanda Puspa
18. Marsa Raihana Rifati Putri
19. Gita Millenia Prameswari
20. Lisna Novita

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
20 Peserta Terbaik (sumber: detik.com)

20 peserta terpilih yang sebelumnya menunjukkan kemampuan mereka di bilik audisi, di hari kedua mereka tampil di atas panggung dan dinilai oleh juri. Nycta Gina dan Bella Amira hadir dalam acara tersebut sebagai juri yang akan menilai penampilan peserta. Hadir pula Ricky Kinos sebagai pemandu acara berhadiah ratusan juta tersebut

Ajang pencari bakat Sunsilk Hijab Hunt di hari kedua juga di meriahkan oleh penampilan Redy Pandugo. Euforia penonton begitu terasa saat Rendy beraksi di atas panggung.

Dari 20 peserta terbaik akhirnya terpilih dua finalis yang akan mewakili Kota Bandung. Sabine Fatimah Sayidina yang tampil bernyanyi sambil bermain gitar, ternyata mampu menarik perhatian juri. Begitu pula monolog yang dilakukan oleh Ira Ary Monica, membuat juri menetapkan dirinya sebagai perwakilan dari Kota Bandung.

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
Sabine Fatimah Sayidina (sumber: detik.com)

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018
Ira Ary Monica (sumber: detik.com)
Dua finalis ini akan menjalani masa karantina di Jakarta bersama finalis dari kota lainnya. Peserta yang dikarantina akan mengikuti kegiatan dan ketentuan dari panitia. Mereka harus menjaga attitude, nama baik program Sunsilk. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 29 Mei hingga 2 Juni 2018.

Bagaimana dengan transportasi selama mengikuti karantina? Ternyata peserta menanggung sendiri biaya pulang pergi ke karantina. Sedangkan penginapan di tanggung oleh panitia.

Berbeda dengan audisi sebelumnya, setelah di karantina, peserta yang menjadi Juara 1,2 dan 3 ditentukan oleh juri (70%) dan berdasarkan vote (30%).

Penasaran dengan hadiah yang akan diperoleh peserta di babak final? Untuk juara pertama, peserta akan mendapatkan 100 juta rupiah dan hadiah umroh. Juara kedua mendapatkan 50 juta dan hadiah umroh. Sedangkan juara ketiga mendapatkan hadiah 30 juta dan umroh.

ajang pencari bakat sunsilk hijab hunt 2018

Jadi penasaran, siapa nanti yang akan memenangkan hadiah grand price, ya? Apa bakat yang akan dia tampilkan, nanti? Ikut penasaran juga? Yuk, kita saksikan kebolehan mereka nanti di acara final pada tanggal 25 Mei 2018. Setelah selesai acara final, ajang pencarian bakat akan dilanjutkan dengan voting untuk memilih peserta terbaik pada tanggal 28 Mei sampai 2 Juni 2018. Sedangkan grand final akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2018. 

Oh iya, bagi teman-teman yang mau lihat keseruan acara kemarin, berikut ini ada rangkaian video sederhana liputan acara Sunsilk Hijab Hunt 2018 di Kota Bandung. Selamat menyaksikan :))

21 comments:

  1. Seru banget ya teh nontonnya, muslimah cantik - cantik dan juga berbakat, aku jagoin Ira Ary monica ah heheh

    ReplyDelete
  2. Wow dari dulu saya pengen jadi gadis Sunsilk tapi sekarang udah emak-emak🤗

    ReplyDelete
  3. Ini mah ya, yang jadi juara langsung jadi jutawan. Btw, aku jagoin Sabine di final mah. :D

    ReplyDelete
  4. Acara keren ya, sekarang yang berhijab pun makin eksis ya, kalau zaman dulu, berhijab tuh dianggap aneh, kalau sekarang makin bersinar

    ReplyDelete
  5. Sangat disayangkan neng Rica gak lolos

    ReplyDelete
  6. Tuh kan teteeh, umur kita kebanyakan buat ikotan audisi, jadi penonton deeh..
    Aku suka banget melihat mereka yg daftar, sempat lama di Toilet memperhatikan mereka pada dandan ala2 hijaber, duh pada rempong tapi antusiasnya luar biasaaa...

    Moga Bandung menang nanti yaaa!!

    ReplyDelete
  7. Semoga perwakilan Bandung bisa juara :)

    ReplyDelete
  8. Yaah, kita ga termasuk kriteria ya teteeh, padahal dah hijaber kece dan berbakat menulis hahahahaa

    ReplyDelete
  9. Gareulis ya semua, kinclong gituuu
    Semoga pemenang finalnya dari Bandung ya teh aamiin

    ReplyDelete
  10. Seru banget acaranya yah Teeeeh,
    Sayang jagoanku gak masuk, Nada yang pake baju ijo tea geuning hehehe.

    Mudah2an pemenangnya dari Bandung yah hehe

    ReplyDelete
  11. Cantik dan berbakat. Semoga solehah juga, soalnya kesolehan itu hanya peserta dan Allah SWT yag tahu.

    ReplyDelete
  12. Duh sudah geulis, multitalenta pula.
    Selalu ikut bangga dengan ajang seperti ini..bisa menjadi sarana unjuk prestasi generasi muda. Salut untuk Sunsilk dan penyelenggara terkait lainnya!

    ReplyDelete
  13. Whuiii seru banget acaranya. Yang mana nih jagoannya teh Nurul?

    ReplyDelete
  14. Waaah geulis geulis euy semuanyaa.. selamat untuk para pemenang ya

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget ya senang bisa liat langsung dan kumpul sama remaja putri cantik, sholeha dan smart :)

    ReplyDelete
  16. Sabine menarik.
    Bakatnya umum bernyanyi dan bermain gitar, tapi yang umum ini yang lebih mudah dicerna masyarakat luas

    ReplyDelete
  17. Keren ya kalau ada acara seperti ini jadi banyak anak muda berbakat yg bakal terblow up. Lebih bermanfaat drpada hura2 gak jelas ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Wahh, muda, berbakat... Senang deh melihat antusiasme mereka.

    ReplyDelete
  19. Anak sekarang pada kelihatan bakatnya ya, Mbak. Apalagi kesadaran ortu untuk mensupport juga semakin besar. Kerenlah generasi muda kita.

    ReplyDelete
  20. Wah, ini tho penjelasan komplitnya. Keren euy

    ReplyDelete
  21. Acaranya seru juga tuh....

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}