Inilah 5 Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Sehat yang Perlu Diketahui

Sebagai orang tua yang baru memiliki buah hati, kita tentu merasa sangat bahagia. Kekhawatiran dan kecemasan yang dirasakan saat hamil pun berganti dengan kebahagiaan karena kini bisa melihat wajah si kecil dan memeluknya secara langsung. Tapi di sisi lain, kecemasan belum sepenuhnya hilang. Kita semua pasti sering bertanya-tanya mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi.
tanda tumbuh kembang bayi yang sehat

Terutama bagi orang tua baru, pasti banyak ketidaktahuan mengenai perkembangan bayi dan bingung apakah buah hatinya tumbuh dengan baik atau tidak.

Nah, semua orang sebenarnya bisa mengetahui hal ini dengan sangat mudah. Tak perlu ke dokter kok, untuk mengecek apakah anak tumbuh dan berkembang dengan baik, tinggal ketahui hal-hal berikut ini:
Bayi akan merasa tenang saat didekap orang tuanya
Bayi baru lahir memang akan sering menangis, hal ini wajar saja dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk menghentikan tangisan bayi sebenarnya sangat mudah, kita tinggal mendekapnya dan juga menenangkannya dengan suara kita.

Jika pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan normal, maka ia akan langsung merasa tenang. Hal ini dikarenakan sejak dalam kandungan bayi sudah terbiasa terhadap suara dan aroma orang tuanya, sehingga saat lahir pun ia langsung merasa aman begitu dekat dengan orang tuanya. Hal ini juga menandakan kalau bayi memiliki hubungan emosional yang erat dengan orang tuanya dan hal tersebut sangatlah baik.
Sering buang air besar dan kecil
Manusia dewasa mungkin hanya buang air kecil beberapa kali sehari dan buang air besar satu hari sekali. Itulah yang membuat banyak orang tua baru khawatir saat bayinya sangat sering pipis dan buang air besar. Tapi hal ini sebenarnya sangatlah wajar dalam bulan-bulan pertama pertumbuhan dan pekembangan bayi.

Justru kita harus cemas jika bayi tidak sering buang air kecil dan air besar, sebab itu tandanya ia kekurangan asupan makanan. Ketika banyak ampas yang dikeluarkan dan ia bisa tidur dengan nyenyak, itu artinya kebutuhan makan si kecil sudah tercukupi.
Bisa mengenali gerakan, warna, dan suara
Saat baru lahir, bayi memang masih memiliki penglihatan yang sangat terbatas. Tapi dalam beberapa minggu, kemampuannya sudah jauh bertambah dan ia pun seharusnya bisa melihat dengan lebih jelas. Maka dari itu tak jarang bayi akan diam memperhatikan saat ada sesuatu yang bergerak di depannya atau ada suara yang cukup keras di sekitarnya. Ketika ia mulai memperhatikan, ini tandanya pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan baik. Hal tersebut juga menjadi pertanda bahwa kemampuan otaknya telah meningkat dengan pesat.
Si kecil akan tertawa dan berusaha menyentuh Anda
Memasuki usia 5 bulan, ada pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sangat pesat misalnya saja ia sudah mulai bisa tertawa dan menyentuh orang tuanya. Kalau bayi sering tertawa, maka menandakan ia merasa bahagia dan tidak stres. Ya, jangan salah, bayi juga bisa merasakan stres. Saat ia dibiarkan kelaparan terlalu lama atau ditinggal sendiri dalam keadaan menangis misalnya, maka hal tersebut bisa menimbulkan rasa stres.
Tidur lebih teratur dan lama
Di awal-awal kelahirannya, bayi memang sering terjaga karena siklus tidurnya yang masih belum teratur. Tapi saat memasuki usia 3 bulan, ia harusnya sudah memiliki jam tidur yang teratur. Orang tuanya pun sudah mulai bisa istirahat dengan tenang di malam hari karena biasanya si kecil hanya terbangun untuk meminta minum dan bukan karena merasa rewel atau tidak  nyaman.

2 comments:

  1. Jadi pengen cepat-cepat nikah...
    makkkk nikah makk

    ReplyDelete
  2. Si kecil akan tertawa dan berusaha menyentuh Anda, kalau lagi gini suka ngegemesin hehehhe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}