Tuesday, 27 November 2018

Mengapa Berobat ke Penang Semakin Diminati?

Mengapa berobat ke Penang semakin diminati? Pertanyaan itu sudah berulangkali muncul dalam pikiran saya. Bahkan dalam fakta yang bersumber dari Malaysia Healthcare Travel Council dikatakan jika setiap tahun ada 500.000 pasien dari Indonesia yang berobat ke Malaysia, terutama ke Penang.

Rasa penasaran saya bermula saat menonton sebuah acara reality show di sebuah televisi swasta. Acara tersebut menceritakan kisah seorang wanita yang memiliki riwayat penyakit kista di rahimnya.




Dikisahkan, setelah menjalani beberapa kali pengobatan di dalam negeri, wanita itu akhirnya memutuskan berobat ke Penang dengan tujuan mencari second opinion. Wanita tersebut tampak penasaran dengan penyakit yang dideritanya. Dia ingin mengetahui lebih jauh tentang penyakit kista dan pengobatannya dari pendapat dokter yang ada di negara tetangga itu.

Selain itu, saya juga mendengar kabar dari seorang teman yang menceritakan  keadaan bundanya yang sedang menjalani pengobatan di Penang. Menurut kawan saya tersebut, keputusan bundanya untuk berobat ke negara Malaysia atas rekomendasi beberapa temannya yang juga memiliki pengalaman berobat di sana.

Nah, semakin banyak saja yang memilih berobat ke Penang, bukan? Hal inilah yang membuat saya bertambah penasaran, apa alasan masyarakat Indonesia berobat ke Penang? Ada apa sih, di sana?

Berdasarkan cerita teman saya dan beberapa artikel yang saya baca, ternyata alasan tingginya minat masyarakat Indonesia berobat ke Penang adalah:

Pelayanan yang Profesional dan Ramah
Menurut kabarnya, semua personel yang ada di rumah sakit di Penang seperti dokter, perawat dan staff di sana sangat ramah melayani pasien yang berobat atau hendak medical check up. Mereka berlaku dengan profesional, bahkan untuk warga Indonesia yang hendak berkonsultasi tidak perlu khawatir karena semua dokternya bisa berbahasa Indonesia. Hal ini bisa memperlancar komunikasi antara dokter dan pasien.

Hasil Diagnosa yang Tepat dan Cepat
Pasien yang datang juga akan mendapatkan hasil diagnosa tentang penyakitnya secara tepat dan cepat, karena hampir semua rumah sakit di Penang menggunakan alat medis yang canggih.

Dokter Lulusan Universitas Terbaik
Hampir semua dokter spesialis yang bertugas di Penang, memiliki latar belakang pendidikan  di Amerika, Inggris, Singapura atau Australia. Seperti kita ketahui, keempat negara tersebut bidang kedokterannya sudah tergolong maju.

Anggaran Berobat yang Terjangkau
Siapa pun pasti ingin mendapatkan fasilitas yang terbaik dengan biaya yang terjangkau, bukan? Nah, biaya berobat di Penang hampir sama dengan anggaran berobat di Indonesia. Jadi biayanya cukup terjangkau. 

Yang membuat saya lebih tertarik, rumah sakit di Penang tidak akan meminta pasiennya menjalani perawatan inap jika mereka bisa melakukan perawatan jalan. Jadi bila ada pasien yang dirasa cukup sehat, maka akan diminta untuk pulang. 




Ketika mengetahui beberapa alasan mengapa peminat orang Indonesia yang berobat ke Penang semakin meningkat, saya bertambah mengerti. Ternyata memang banyak kelebihan yang bisa dinikmati oleh pasien yang berkunjung ke sana.

Lalu, apakah prosedur untuk bisa berobat ke Penang itu begitu mudah? Karena begitu banyaknya peminat yang berobat ke sana, tentu perlu ada penunjang yang memadai, dong!

Menurut informasi yang saya dapatkan, di sana ada BerobatKePenang.com sebagai perwakilan resmi dari rumah sakit yang terbaik di Penang. Beberapa rumah sakit tersebut yaitu Insland Hospital, Pantai Hospital, Mount Miriam, Gleneagles dan Loh Guan Lye.

Sebagai perwakilan yang resmi, BerobatKePenang.com dapat membantu masyarakat yang ingin berobat dengan cara:

1. Memberikan Rekomendasi Dokter Terbaik
Bagi yang ingin berobat atau medical check up di Penang, dapat berkonsultasi mengenai keluhan atau penyakitnya secara detail kepada tim dokter umum yang dimiliki oleh BerobatKePenang.com. Selanjutnya tim dokter tersebut akan memberikan rekomedasi dokter spesialis yang bisa menangani keluhan pasien dengan lebih akurat.

2. Menjelaskan Perkiraan Anggaran Berobat
Hal yang paling penting dipikirkan ketika akan berobat salah satunya adalah biaya berobat. Melalui BerobatKePenang.com. pasien dapat memperoleh gambaran mengenai besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya ketika ada rencana untuk melakukan tindakan operasi di Penang, maka pasien bisa mendapatkan perkiraan biaya sebagai persiapan.

Namun perlu diperhatikan dengan baik, bahwa semua perkiraan tersebut hanya sebagai acuan saja. Dalam kenyataannya bisa lebih atau malah bisa lebih murah. Semua tergantung dari kondisi pasien, obat yang akan digunakan atau jenis operasi yang akan dilakukan.

Selain itu, BerobatKePenang.com tidak bisa memberikan perkiraan biaya kepada setiap pasien, karena terkadang dokter ingin bertemu langsung dengan pasien. Dokter yang bertemu langsung dengan pasien bisa mengetahui lebih pasti apa saja tindakan yang akan diberikan dan anggaran biaya yang akan dihabiskan berdasarkan keputusan dokter. 

3. Menyediakan Jadwal Dokter dan Membantu Proses Appointment
Untuk pasien yang akan berobat ke Penang, lebih baik konfirmasi terlebih dahulu ke BerobatKePenang.com. Setelah menerima tanggal berangkat segera kirim biodata ke sana sebelum membeli tiket/ hotel terlebih dahulu.

4. Mengatur Jadwal Jemputan dari Bandara Penang ke RS. Perwakilan resmi beberapa rumah sakit di Penang ini dapat mengatur jemputan untuk pasien setelah menerima reservasi minimal 1hari kerja sebelumnya. Dan disarankan pasien naik Grab Car dengan 1 pendamping. Selain 1 pasien harus didampingi oleh satu pendamping, jemputan tersebut hanya ada di hari kerja, yaitu Hari Senin- Jumat dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore dan Hari Sabtu (dari jam 9-jam 12).






Nah, semua bantuan yang diberikan oleh BerobatKePenang.com bisa mendatangkan kemudahan untuk yang ingin berobat di Penang, bukan? Saya jadi semakin jelas, mengapa berobat ke Penang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Alasan lain mengapa Penang dijadikan tempat tujuan berobat adalah karena tahapan untuk berobat ke negeri Jiran ini cukup mudah. Setelah memilih rumah sakit yang akan dituju, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh pasien, yaitu:

Memilih Dokter
Cukup berikan keluhan yang dirasakan atau mengirimkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, maka pasien akan mendapatkan rekomendasi dokter yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien.

Cek Jadwal Dokter
Untuk mengantisipasi dokter yang akan dituju sedang tidak ada di tempat (cuti) atau sedang melakukan operasi sehingga tidak bisa ditemui, maka pastikan untuk mengecheck jadwal dokter.

Buat Janji Untuk Bertemu
Setelah mendapatkan jadwal yang cocok, segera membuat janji untuk bertemu dokter. Caranya pun mudah, cukup mengirimkan data pasien ke tim berobatkepenang.com dan appoinment pasien akan dikonfirmasi paling lambat  1X24 jam

Pesan Hotel dan Tiket Pesawat
Setelah ada konfirmasi waktu bertemu dengan dokter, langkah selanjutnya memesan hotel dan membeli tiket pesawat. Apabila memerlukan rekomendasi hotel terdekat, pasien bisa memintanya ke berobatkeppenang.com

Semua prosedur dan tahapan untuk berobat yang begitu mudah, membuat saya semakin mengerti mengapa banyak yang berminat untuk berobat ke Penang. Selain itu, tenaga medis, fasilitas yang lebih modern dan kenyamanan yang disediakan memang menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk berobat ke Penang.

35 comments:

  1. saya baru tahu ternyata Penang memiliki RS2 yang baik ya...

    ReplyDelete
  2. Sodara2ku banyak yg berobat ke penang dan pada puas

    ReplyDelete
  3. Biayanya juga lebih murah drpd berobat di tanah air loh ternyata kata orang2

    ReplyDelete
  4. Kalau mau berobat ke Penang, sebelumnya sudah membuat janjikah dengan dokter atau rumah sakit di sana? atau datang dulu ke Penang?

    ReplyDelete
  5. Memilih pengobatan 2nd opinion adalah haknsetiap pasien. Dan berobat apapun harus sesuai dngn hati pasien jd bila RS Penang sdh ada di hati teruskanlah berobat di sana. Kesembuhan juga terkafang tergantung kata hati juga.

    ReplyDelete
  6. Mungkin karena lebih banyak kemudahan dan keunggulan jadi lebih baik berobat ke Penang saja ya.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu ada situs seperti ini.
    Kirain pasien cari informasi secara mandiri.

    ReplyDelete
  8. Maunya sih sehat selalu ya, tapi kalau ada tempat pengobatan yang bagus kaya Penang jadi tenang juga ya

    ReplyDelete
  9. Sakit memang membuat sedih seseorang.
    Tapi jangan sampai kesedihan keluarga terlihat sehingga membuat pasien makin drop.

    Dengan berobat ke Penang, semoga makin banyak alternatif pengobatan dan opini dokter yang terpecaya, sehingga positive vibes bisa menjadi obat bagi sang pasien.

    ReplyDelete
  10. Nah dengan pelayanan semaksimal seperti ini seharusnya pelayanan rumah sakit di negara kita bs menirunya ya

    ReplyDelete
  11. Kuliner Penang juga katanya enak-enak. Jadi kalau ada anggota keluarga yang sakit dan dirawat di Penang, juga gak susah mencari makanan bagi yang menunggu :)

    ReplyDelete
  12. Pantesan banyak peminatnya, secara ada banyak kemudahan yang diberikan di penang. Bahkan sampai ada pelayanan jemputan dr bandara ke rs. Keren rs2 di penang

    ReplyDelete
  13. saya sudah 2 kali ke penang untuk menemani mama saya berobat. Dokter di sana memang lulusan luar negeri semua dan profesional. Prosedur berobatnya juga tidak ribet.

    ReplyDelete
  14. Aku belum kesampaian main ke Penang. Padahal ga terlalu jauh ya dari KL

    ReplyDelete
  15. RS Penang terkenal karena dedikasinya yang luar biasa sama para pasiennya

    ReplyDelete
  16. Demi kesehatan, berobat ke luar negeri pun gak penasaran ya. Demi obat, teknologi, ahli, dan yang lainnya. Sehat-sehat selalu ya kita semua. :)

    ReplyDelete
  17. Iya mbak, saya juga heran, kenapa orang orang Indonesia pada berobat ke Penang? Pernah jumpa dengan rombongan dari indonesia yang mau ke Penang, nengok keluarganya yang di rawat di sana. Waktu itu saya masih tinggal di Malaysia. Eh ternyata ya, ini jawabannya.

    ReplyDelete
  18. Ya ampun ada fasilitas jemput dari bandara ke RS ya.... SUngguh bermanfaat banget ya Mbak, apalagi kalau pasiennya juga sudah lemah dan keluarga belum berpengalaman ke kota ini....

    ReplyDelete
  19. karena di RS Penang dokter-dokternya lebih sigap dan benar-benar bikin puas hati pasien yang pengin tahu penyakitnya.

    ReplyDelete
  20. Sudah banyak temen2ku yg bawa ortunya berobat ke Penang, bisa sekalian wisata juga. Dan memang Penang punya RS dg kualitas bagus :)

    ReplyDelete
  21. Keakuratan diagnosa dokter penting karena jadi rujukan pengambilan keputusan selanjutnya ya. Pantes aja beberapa teman suami selalu ke Malaysia atau Penang kalo berobat

    ReplyDelete
  22. Penang tuh emang sekarang makin diminati deh mba. Apalagi kan sangat terpercya untuk dapat mengobati ya mba

    ReplyDelete
  23. Buat yang pertama kali berobat ke Penang enak baiknya pakai jasa situs seperti BerobatkePenang.com itu ya mbak, supaya dibantu bikin janji temu dan atur penginapan. Jd fokus ke pengobatan plus jalan2 aja hehe

    ReplyDelete
  24. Okesip, doain aku ya mba moga bisa ke Penang untuk medical checkup ataupun berobat hehe

    ReplyDelete
  25. kalau memang hasil diagnosanya akurat kita jadi tenang ya mba sebagai pasien. Itu juga berarti dokter-dokternya pintar-pintar dan berpengalaman

    ReplyDelete
  26. Penang ini memang terkenal dengan pengobatannya ya mba. Prosedur dan tahapan berobat di sana ngga pake ribet. Banyak juga yang pengalaman berobat ke sana dan jadi rekomendasi.

    ReplyDelete
  27. Ceritanya lengkap sekali Mba Nurul. Terima kasih sudah berbagi. setidaknya saya jadi sedikit tahu soal berobat ke Penang seperti apa

    ReplyDelete
  28. Penang sangat siap sebagai destinasi untuk wisata medis ya mba, kayaknya sudah mulai dari tahun 2014 gitu promosinya. Keren bgt

    ReplyDelete
  29. Boleh nih jadi second opinion ya kalau pengobatan di Indonesia masih terasa kurang.

    ReplyDelete
  30. GA perlu jauh2 ke negara lain ya kalau mau cari second opinion. Di Penang ini pilihannya udah oke banget bagi yang berikhtiar untuk kesembuhannya.

    ReplyDelete
  31. Berobat ke Penang sekarang jadi bisa alternatif ya Mbak. Nggak melulu mengandalkan yang di dalam negeri.

    ReplyDelete
  32. Wah, sekarang semakin mudah ya berobat ke luar negeri. Jadi nggak repot nih kalau udah dibikinin janji dulu dan bisa tahu perkiraan biayanya. Sangat menghemat waktu dan juga biaya.

    ReplyDelete
  33. nah ini bagus nih bisa ada konfirmasi dulu ke websitenya
    biar gak kecele udah jauh2 datang ke penang ternyata ada syarat yg gabisa di penuhi untuk tindakannya

    ReplyDelete
  34. Iya mba aku pernah denger berobat Penang bagus dan banyak yang sembuh

    ReplyDelete
  35. Udah banyak baca review dan memang ya Penang lagi banyak dicari untuk berobat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^